20 Manfaat Gas Alam

Posted on

20 Manfaat Gas Alam Bagi Kehidupan Manusia – Hay sahabat semua.! Pada perjumpaan kali ini kembali akan kami sampaikan meteri makalah tentang manfaat gas bagi kehidupan manusia. Namun pada perjumpaan sebelumnya, yang mana kami juga telah meyampaikan materi tentang Manfaat Timah Dalam Kehidupan Sehari Hari Nah untuk lebih jelasnya, bisa sahabat sekalian simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Gas Alam

20 Manfaat Gas Alam Bagi Kehidupan Manusia
20 Manfaat Gas Alam Bagi Kehidupan Manusia

Apa yang dimaksud dengan Gas alam? pengertian gas yang merupakan sebuah hasil dari alam yang dikeluarkan dari dalam bumi.

Dimana pada umumnya Gas alam ini kerap diiringi dengan keluar minyak bumi. Selain itu Gas bumi dan juga gas alamialah merupakan sebuah sumber daya alam yang terbatas dan tidak bisa diperbaharui.

Dimana hal ini disebabkan oleh karena pada sumber daya ini untuk dapat menghasilkannya memerlaukan waktu yang cukup lama, yakni hingga mencapai ratusan untuk proses pembentukannya.

Dimana dalam kehidupan manusia sehari hari, Minyak bumi merupakan sebuah kebutuhan dan hal tersebut terbukti karena manfaatnya sehingga memberikan kemudahan kita dalam melangsungkan kehidupan.

Komposisi Gas Alam

Kemudian mengenai Komposisi yang paling utama pada gas alam sendiri ialah metana sekitar (80%), kemudian etana sekitar (7%), lalu pada propana berkisar (6%), untuk butana (4%), kemudian sisanya dibagi pada isobotana, dan juga pentana.

Kemudian dari sejumlah keterangan mengenai sejumlah komposisi tersebut, dimana kandungan yang terdapat di dalam gas alam ini juga terdapat nitrogen,helium, karbon dioksida, dan juga sejumlah jenis karbon lainnya.

Nah pada jenis Gas alam tersenit, yang mana pada gas alam ini tidak memiliki bau, akan tetapi supaya kita bisa mengetahui apabila ada sebuah kebocoran yang terjadi, maka nantinya akan dikombinasikan dengan menggunakan zat yang mungkin memiliki bau yang tidak sedap, hal itu bertujuan, dimana pada saat terjadi kebocoran secara langsung akan di tandai dengan mengeluarkan aroma yg tidak sedap dan membuat kebocoran menjadi sangat mudah terdeteksi.

Baca Juga :   Arti Mimpi Kecelakaan

Kemudian agar dapat memberikan keringan atau memberikan kemudahan memudahkan dalam proses pengangkutan atau (transportasi), maka gas alam itu akan dijadikan dalam bentuk cair, setelah hal tersebut terjadi, maka gas alam tersebut akan disebut dengan gas cair atau biasa dikenal dengan singkatan LNG (Liquified Natural Gas).

20 Manfaat Gas Alam Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Gas Alam
Bermanfaat Sebagai Pembangkit Listrik
Bermanfaat Sebagai Sebagai Bahan Bakar Kendaraan
Bermanfaat Sebagai Bahan Baku Industri Plastik
Bermanfaat Sebagai LPG
Bermanfaat Sebagai Energi Alternatif
Bermanfaat Sebagai Sumber Energi Alternatif di Rumah
Bermanfaat Sebagai Pengolahan Kertas
Bermanfaat Sebagai Industri Rekayasa Hujan
Bermanfaat Sebagai PLTU
Bermanfaat Sebagai Komoditas Energi yang Diminati
Bermanfaat Sebagai Salah Satu Sumber Pendapatan Negara
Bermanfaat Sebagai Sebagai Energi Ramah Lingkungan
Bermanfaat Sebagai Pemberi Lapangan Kerja
Bermanfaat Sebagai Sebagai Dry Ice
Bermanfaat Sebagai Bahan Baku Minuman
Bermanfaat Sebagai Sebagai Bahan Penelitian

Sifat Gas Alam

Kemudian berdasarkan manfaatnya, yang mana Gas alam ini juga merupakan salah satu sumber energi yang sangat mudah terbakar.

Mengapa demikian? sebab Gas alam yang mana dalam proses pembentukannya terdiri atas senyawa hidrogen dan juga karbon.

Sehingga menjadikan gas alam tersebut termasuk salah satu energi yang memiliki sifat yang cukup bersih dan sangat aman untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Kemudian apabila gas tersebut telah melalui sebuah tahap untuk proses pemurnian (treating), maka pada gas alam tersebut musti dapat mencukupi sejumlah sifat yang dianggap cocok dalam penggunaannya . Lantas apa saja sejumlah sifat-sifat tersebut, nah berikut penjelasannya:

  • Di dalamnya terkandung senyawa hidrokarbon dengan tingkat kemurnian yang cukup tinggi, hal tersebut supaya dapat menjamin akan kuantitas dan juga mengenai kualitas gas alam.
  • Dalam penggunaan tidak akan mengakibatkan timbulnya korosi/karat untuk sejumlah peralatan yang digunakan dalam pengolahannya.
  • Memiliki kandungan atau nilai kalori yang cukup tinggi , yang mana nantinya gas tersebut akan dimanfaatkan untuk dijadikan bahan bakar.
  • Untuk pembentukan Produk gas di utamakan berbentuk cair supaya nantinya tidak mengakibatkan adanya pengendapan (dengan berbentuk hidrokarbon yang memiliki berat)
  • Kemudian dalam penggunaanya tidak akan mengakibatkan adanya asap yang dikeluarkan dalam proses pembakaran, dimana hal ini bertujuan supaya tidak mencemari udara.
  • Kemudian pada gas alam juga musti mempunyai sebuah tekanan uap yang baik supaya nantinya tidak akan terjadi suatu hal yang tidak diinginkan dan dianggap bisa membahayakan dalam proses penyimpanan dan penyalurannya.
Baca Juga :   Arti Mimpi Kerbau

Daerah Persebaran Gas Alam Di Indonesia

1.Kepulauan Aceh
Daerah yang merupakan sebagai penghasil gas yang pertama ialah Arun yang mana daerah ini berada di Lhokseumawe, yakni di Aceh Utara.

Yang dikelolah oleh salah satu perusahaan PT Arun Natural Gas Liquefaction, selain itu perusahaan ini juga mempunyai 6 unit lokasi yang dijadikan sebagai tempat pengolahannya, akan tetap pasa saat ini yang tersisah hanya tinggal 2 unit saja yang masih sampai saat ini dioperasikan .yang man hal tersebit disebabkan oleh mulai menipisnya persedian bahan gas alam yang ada di sana.

2. Daerah Kalimantan Timur
Dimana disana berdiri sebuah perusahaan, yang merupakan salah satu pengelolah gas alam. yakni PT Badak Natural Gas Liquefaction, dan merupakan sebuah yang mengelola gas cair terbesar di negara Indonesia.

3. Daerah Papua Barat
Tangguh yang mana daerah ini menjadi merupakan salah satu ladang gas alam yang berlokasi di Kabupaten Teluk Bintuni, yakni di Provinsi Papua Barat, Indonesia.

4. Kepulauan Riau
Kemudian selanjutnya masuk di Kepulauan Natuna, yang mana pada kepulauan ini memiliki persediaan gas alam yang paling besar yang berada di kawasan Asia Pasifik dan hingga mendunia.

5. Daerah Jawa Barat
Kemudian Daerah Jawa Barat juga merupakan sebuah daerah yang di dalam perut buminya terkandung gas alam yang sangat berlimpah ruah. Sehingga kemudian Pemerintah Indonesia berhasil membangun sebuah PT Nusantara Regas yang menjalin sebuah kerjasama terhadap PT Pertamina dengan PT Perusahaan Gas Negara (PGN)

Sebutkan Beberapa Manfaat Gas Alam bagi Kehidupan Manusia?

-Bermanfaat Sebagai Pembangkit Listrik
-Sebagai Bahan Bakar Kendaran
-Bermanfaat Sebagai LPG
-Bermanfaat Sebagai PLTU
-Bermanfaat Sebagai Pengolahan Kertas

Sebutkan Daerah Persebaran Gas Alam Di Indonesia Adalah?

1. Kepulauan Aceh
– 2. Daerah Kalimantan Timur
– 3. Daerah Papua Barat
– 4. Kepulauan Riau
– 5. Daerah Jawa Barat

Nah itulah materi pembahasan yang bisa quipper.co.id sampaikan mengenai manfaat gas alam dalam kehidupan sehari hari, semoga serangkaian apembahasan kali ini, bisa bermanfaat untuk kita semua.

Baca Juga :