Arti Aamiin Yaa Mujibas Saailiin

Posted on

Arti Aamiin Yaa Mujibas Saailiin – ( Arabic آمينَ يَا مُجِيبَ السَّائِلِينَ? Mungkin kalian ada yang pernah mendengar kalimat ini? Apa arti dan makna Aamiin Yaa mujibassailin. Nah untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, tepat rasanya jika kalian hadir disini, sebab kali ini sudah kami rangkum berbagai jawaban yang menjadi pertanyaan kalian yakni mengenai Arti Aamiin Yaa Mujibassailin Beserta Penjelasan, Tulisan Arab, Tulisan Latin dan Maknanya. Namun pada perjumpaan sebelumnya juga kami telah menyampaikan pembahasan mengenai Arti Ana Uhibbuki Fillah Baiklah untuk melengkapi topik pembahasan kita kali ini, maka simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Arti Aamiin Yaa Mujibas Saailiin

Arti Aamiin Yaa Mujibas Saailiin
Arti Aamiin Yaa Mujibas Saailiin

Apa sih arti dari lahfadz Aamiin Yaa Mujibas Saailiin آمينَ يَا مُجِيبَ السَّائِلِينَ ) ? seba mungkin sebagian dari kita umumnya yhanya mendengar kata/kalimat Aamiin saja.

Nah… bagi sobat yang masih bingung’ berikut ini sedikit saya akan sedikit berbagi mengenai ilmu yang saya ketahui. Bisa kalian simak ulasannya berikut ini.

  • Kata Aamiin (Arab : امين) Artinya adalah = kabulkanlah
  • Kata Yaa (Arab يا ) Artinya adalah = Wahai
  • Kata Mujibasailiin (Arab; مجيبالسائلين ” Artinya adalah = Yang Maha Mengabulkan/Menjawab
  • Kata As-Saailin: Memiliki Arti = Orang-orang yang Meminta atau berdoa.

Apa Arti آمينَ يَا مُجِيبَ السَّائِلِينَ Aamiin Yaa Mujibas Saailiin

Arti Aamiin Yaa Mujibas Saailiin
Arti Aamiin Yaa Mujibas Saailiin

Artinya ” Aamiin Yaa Mujibas Saailiin ” Adalah “ Kabulkanlah doa kami, wahai Dzat (Allah SWT) Yang Maha Mengabulkan para peminta (orang-orang yang berdoa) ” atau  “ Terimalah doa kami, Wahai engkau Tuhan yang mengabulkan segala permintaan orang yang meminta.”

Kalimat ini bukan hanya sekedar Kalimat biasa, melaikan sebuah kalimat yang mempunyai arti yang sangat baik, sebab kata Aamiin Ya Mujibassailin ini merupakan suatu doa’ yang sangat baik yang dapat kita panjatkan apabila kita sedang mempunyai hajat, maka kalian bisa dengan menggunakan /membacakan doa ini.

Baca Juga :   Arti Fii Amanillah

Doa ialah merupakan suatu kekuatan yang sangat besar khususnya bagi umat beragama islam hingga Rasulullah SAW pun bahkan pernah menjelaskan bahwa jika ada yang mampu mengubah takdir maka hal itu hanyalah doa. Dimana Doa ini ialah merupakan suatu bentuk pengharapan dari seorang hamba terhadap sang penciptanya. yang dipanjatkan dengan melalui dari sebuah dengan sepenuh keyakinan.

Manfaat Doa

Dalam agama islam, dimana doa memiliki adab tertentu yakni salah satunya misalnya seperti mengucapkan sejumlah kalimat pada setiap pengakhiran dari sebuah doa. Nah dalam hal ini salah satu kalimat itu ialah Aamiin Ya Rabbal ‘Alamin Istijab Du’ana.

Dimana pada Kalimat diatas memiliki makna yang kurang lebih yakni Kabulkanlah Doa Kami, Ya Allah yang Maha Pengabul Doa Ijabahlah Doa Kami.

Kemudian selain kalimat Aamiin Ya Rabbal ‘Alamin dan Istijab Du’ana, dimana terdapat juga kalimat pengakhiran yang biasanya selalu dijadikan sebagai sebuah penutup dari doa yakni seperti kalimat Aamiin Allahumma Aamiin Artinya yang memiliki arti” Kabulkanlah Wahai Allah Kabulkanlah.

Kumpulan Kalimat dan Doa

الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ  Alhamdulillahirabbil’alamin  Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam. 
 ( إِنْ شَاءَ اللّٰهُ ) Insyaallah  Jika Allah berkehendak 
اللّٰهُ أَكْبَرُ ) Allahhu akbar  Allah Maha Besar 
سُبْحَانَ اللّٰهِ ) Subhanallah  Mahasuci Allah 
سُبْحَانَ اللّٰهِ العَظِيْمِ ) Subhanallahil’azhim  Mahasuci Allah Yang Maha Agung 
سُبْحَانَ اللّٰهِ وَبِحَمْدِهِ ) Subhanallahiwabihamdih  Maha suci Allah dan dengan segala pujian-Nya. 
مَا شَاءَ اللّٰهُ ) Masyaallah  Inilah yang diinginkan oleh Allah/Apa yang dikendaki oleh Allah, maka itulah yang akan terjadi 
أَسْتَغْفِرُ اللّٰهِ ) Astaghfirullah  Aku memohon ampunan kepada Allah 
أَسْتَغْفِرُ اللّٰهِ العَظِيْمِ ) Astaghfirullahal’azhim  Aku memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung 
لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللّٰهِ ) Laa hawla walaa quwwata illaa billah Tiada daya dan upaya melainkan dari Allah 
إِنَّا لِلّٰهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ ) Innalillahiwa inna ilaihiraji’un  Sesungguhnya kami milik Allah, dan sesungguhnya kami kepada-Nya akan kembali 
آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ )  Aamiin ya rabbal’alamin Kabulkanlah Wahai Rabb semesta alam 
جَزَاكَ اللّٰهُ خَيْرًا ) Jazaakallahukhairan  Semoga Allah membalasmu (l) dengan kebaikan 
 ( جَزَاكِ اللّٰهُ خَيْرًا )  Jazaakillahukhairan  Semoga Allah membalasmu (p) dengan kebaikan 
بَارَكَ اللّٰهُ فِيْكَ ) Baarakallahu fiika  Semoga Allah memberkahimu
شُكْرًا كَثِيْرًا ) Syukrankatsiran Terima kasih banyak 
عَفْوًا ) Afwan  Maaf/Sama-sama

Nah Itulah yang bisa kami sampaikan mangenai Arti Aamiin Yaa Mujibas Saailiin, semoga ulasan ini dapat bermanfaat buat kalian semua.

Baca Juga :