Pengertian Dendam

Posted on
Pengertian Dendam
Pengertian Dendam

Pengertian Dendam itu apa sih? Sebagai umat Islam kita selalu diajarkan untuk dapat menjaga perilaku sosial bukan? Karena Islam sangat mendukung yang namanya norma – norma sosial.

Dan juga di Islam itu mengembangkan sikap saling menghargai serta menghormati sesama manusia. Jadi sebagai manusia tentunya kita tidak boleh memiliki sifat – sifat yang merendahkan.

Kenapa? karena itu hanya akan menimbulkan kekacauan yang akan merugikan diri kita dan orang lain. Agar kalian bisa lebih paham lagi dengan norma – norma kebaikan dan menjauhi keburukan, sebaiknya anda baca artikel ini.

Karena di artikel ini quipper akan mengulas lengkap mengenai sikap dendam, ciri – ciri orang pendendam, akibat sikap dendam, bahayanya sikap dendam dan cara menghindari sikap dendam ini.

Jadi anda akan belajar banyak kali ini untuk bisa menjadi orang yang lebih baik lagi. Sudah ya, tidak perlu berlama – lama lagi, langsung saja anda baca artikel yang ada di bawah ini!

Apa Itu Dendam?

Apa Itu Dendam?
Apa Itu Dendam?

Apakah dendam itu? Dendam adalah amarah yang tidak dibuang atau diarahkan sehingga menjadi sedemikian rupa dan menjadi sifat yang buruk di dalam hati dan selalu berusaha untuk membalas perbuatan orang lain.

Sebagai seorang muslim baiknya kita harus berusaha untuk tidak membalas dendam kepada siapa pun. Sebab membalas dendam merupakan sifat yang berbahaya bagi diri anda, keluarga dan juga orang lain.

Iri hati ialah bagian dari rasa kebencian atau keinginan balas dendam yang disebut sebagai kemarahan. Rasulullah (saw) pun pernah mengatakan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim :

Baca Juga :   Ma Fi Qalbi Ghairullah

Kisah nabi dan rasulpun menyebutkan bahwa nabi Yusuf itu meskipun saudara – saudaranya menganiayanya sampai dia dimasukkannya ke dalam sumurpun tetap diam, tenang dan tidak marah.

Tetapi setelahnya itu nabi Yusuf ditunjuk menjadi perdana menteri dan dia tetap tidak memiliki dendam terhadap saudara – saudaranya.

Begitu juga kisah Nabi Muhammad. Meskipun tersinggung, beliau tidak ada niat memukul atau membalaskan dendam orang – orang yang membencinya.

Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) mengatakan :

اَبْغَضُ الرِّجَالُ اِلَى اللهِ اْلأَ لَدُّ الْخِصَامَ

Artinya : “Orang yang paling Allah benci adalah orang yang murka kepadanya.” (HR Bukhari dan Muslim)

لَاتَبَ غَضُوْا وَلَا تَحَاسَدُوْا وَلَا تَدَابَرُوْا وَكُوْنُوْا عِبَادَاللهِ اِخْوَانَالَايَحِلُّ لِمُسْلِ

Artinya : “Jangan saling marah, jangan saling iri dan jangan cuek satu sama lain. Tapi jadilah semua bersaudara. Islam melarang umatnya saling bermusuhan lebih dari tiga hari.” (HR Bukhari dan Muslim)

Bagaimana, apakah anda sudah paham betul dengan pengertian dari sikap dendam ini? Bila belum, di bawah ini ada ciri – ciri untuk seseorang yang mempunyai sifat dendam, sebaiknya anda membacanya!

Cirinya Seseorang Punya Sifat Dendam

Cirinya Seseorang Punya Sifat Dendam
Cirinya Seseorang Punya Sifat Dendam

Nah setelah anda sudah mengetahui apa itu dendam, sekarang saatnya anda mengetahui ciri – ciri seseorang yang mempunyai sifat dendam, diantaranya :

  • Anda tidak ingin kalah bersaing dengan orang lain.
  • Merasa tersakiti ketika orang lain mengambil keuntungan.
  • Anda tidak senang bila orang lain memiliki kelebihan.
  • Anda tidak suka melihat orang lain bahagia.
  • Anda akan merasa bahagia ketika orang lain terluka.
  • Anda suka berbicara buruk tentang orang lain.

Apakah ciri – ciri diatas ada salah – satunya di dalam diri anda? Semoga saja tidak ya, karena kita ini semua saudara, jadi alangkah baiknya jika sifat – sifat tidak terpuji itu kita hindari ya.

Baca Juga :   Pengertian Maf'ul Bih

Selanjutnya yang perlu anda ketahui tentang sikap dendam ini ialah akibat yang akan terjadi bila anda mempunya sifat dendam di dalam hati anda.

Akibat Punya Sifat Dendam

Akibat Punya Sifat Dendam
Akibat Punya Sifat Dendam

Berikut ini ialah penjelasan untuk akibat yang akan terjadi bila anda memiliki sifat dendam di dalam hati anda, yakni diantaranya :

  • Kehilangan kedamaian.
  • Cobalah untuk menghindarinya jika anda bertemu orang yang anda benci.
  • Selalu marah ketika orang lain membicarakan kebaikan orang yang lain.
  • Pembatasan agregasi atau pertemanan.
  • Maaf yang tertunda.

Tentu saja ketika anda menyadari dampak negatif dari sebuah dendam, maka anda harus menghindari sikap dendam ini. Dan jangan tinggalkan sedikitpun rasa dendam itu di hati anda.

Sebagai umat Islam yang baik anda harus selalu mengingat dan meneladani sifat – sifat dari Nabi Muhammad SAW. Siapa lagi yang memberi kita contoh bila bukan beliau.

Dia tidak pernah dendam terhadap orang Quraisy, meskipun orang – orang Quraisy memusuhi dan selalu mengancam Rasulullah.

Buktinya setelah kaum Quraisy ditaklukkan dan Mekah telah dikuasai oleh kaum Muslim, Nabipun tidak menghukum atau berusaha mencelakai mereka. Karena Nabi telah memaafkan mereka dari awal perbuatan mereka.

Kalau ini adalah penjelasan mengenai akibat yang terjadi bila memimiliki sikap dendam, nah di bawah ini selanjutnya kami akan menjelaskan tentang bahaya dari sifat dendam.

Bahaya Punya Sifat Dendam

Bahaya Punya Sifat Dendam
Bahaya Punya Sifat Dendam

Bagaimana, apakah anda sudah takut dengan akibat yang akan terjadi bila anda adalah seorang pendendam? Bila belum, ini ada penjelasan beberapa bahaya yang akan terjadi bila mempunyai rasa pendendam, diantaranya :

  • Itu membuat anda selalu cemburu kepada orang lain.
  • Menciptakan kebencian dan kemarahan terhadap orang lain.
  • Konflik dan permusuhan akan selalu muncul.
  • Anda suka mengutuk, berbohong dan mengungkapkan hal yang memalukan orang lain.
  • Imitasi untuk tujuan mengejek dan menindas orang lain.
  • Ini menghancurkan ikatan kekerabatan dan persahabatan.
  • Allah swt sangat membenci orang yang pendendam.
Baca Juga :   Aamiin Ya Robbal Alamin

Nah itulah tadi penjelasan tentang bahaya dari menyimpan sifat dendam di dalam hati anda. Apakah anda masih mau dendam?

Caranya Menghindari Sifat Pendendam

Caranya Menghindari Sifat Pendendam
Caranya Menghindari Sifat Pendendam

Untuk mengatasi agar terhindar dari yang namanya sifat dendam ini, kami akan memberikan beberapa cara untuk anda bisa menghindari sifat dendam ini, diantaranya :

  • Orang yang memiliki sifat dendam ini harus menghindari marah, menghina ataupun mengolok – olok orang yang berbuat jahat sekalipun.
  • Bersikap baiklah agar selalu bahagia.
  • Dan selalu sopan kepada siapa pun.
  • Anda harus selalu berusaha bekerja sama dengan diri anda untuk dapat melawan nafsu.
  • Orang yang pendendam harus melakukan hal – hal berikut ini :
    • Berbuat baik dan tetap berhubungan dengan orang – orang yang membenci anda.
    • Untuk memenuhi hak – hak mereka yang membenci anda, yaitu seperti membantu dan bersikap baik kepada mereka yang membenci anda.
    • Jangan menindas orang yang membenci anda.

Semoga setelah ini anda bisa langsung mempraktekkan cara menghindarkan diri dari sifat dendam ini ya. Dan selalu baik kepada semua orang tanpa melihat keburukan seseorang.

Akhir Kata

Nah itulah tadi tentang memahami apa itu dendam secara lengkap bersama dengan bahayanya, akibatnya dan ciri – ciri dari sifat dendam itu sendiri.

Tidak lupa quipper.co.id juga menyertakan bagaimana cara menghindari sifat dendam ini. Orang harus menghindari sifat dendam dan sifat – sifat penghinaan lainnya.

Yang perlu anda tanamkan di dalam diri adalah akhlak terpuji, bahwa Allah sangat mencintai umatnya yang juga saling menyayangi sesamanya.