Plat D dari Daerah Mana

Posted on

Plat D dari Daerah Mana? Mungkin sebagian penduduk di Indonesia ini masih banyak yang belum tahu plat kendaraan dengan huruf D ini dari mana.

Sehingganya andapun mencari tahunya lewat pencarian di laman internet anda. Dan mungkin juga anda tinggal di daerah yang tidak menggunakan plat kendaraan dengan huruf ini.

Tepat sekali jika anda memilih halaman quipper.co.id untuk mendapatkan informasinya. Sebab di kesempatan kali ini kami memang ingin membahas persoalan plat kendaraan yang menggunakan huruf D.

Tetapi selain kami akan menjawab tentang asal daerah yang menggunakan plat D ini, kami juga akan membahas sedikit mengenai syarat memiliki kendaraan.

Bagaimanakah pembahasannya? Sebaiknya anda menyimak artikel yang kami sediakan ini sampai pada akhir penjelasannya ya.

Syarat Dapat Memiliki Kendaraan

Plat D dari Daerah Mana
Plat D dari Daerah Mana

Tahu KTP kan? Yang belum tahu, coba anda simak ini, karena kami akan sedikit membahasnya. KTP adalah Kartu Tanda Penduduk.

Yang mana di Indonesia ini mewajibkan penduduknya untuk memiliki KTP sebagai identitas kependudukan Negara Idonesia.

Dan tahukah anda, bahwa KTP ini di buat bukan tanpa alasan. Ya KTP dibuat agar penduduk dari Indonesia ini terdaftar dikepemerintahan.

Dan semua syarat – syarat untuk memiliki kendaraan, properti, keperluan pajak, atau hal – hal lainnya itu mewajibkan menggunakan KTP.

Saat membeli kendaraanpun kita akan diminta KTP dan setelah itu identitas kita akan di cetak juga ke STNK. Apa anda juga belum tahu apa itu STNK?

STNK adalah Surat Tanda Nomor Kendaraan. STNK itu dibuat untuk memastikan sebuah kendaraan yang beroperasi dijalanan itu sudah terdaftar atas nama pemiliknya.

Baca Juga :   Nomor Buaya Berapa Ya

Nah STNK ini sangat erat kaitannya dengan plat kendaraan, kenapa? Karena nomor polisi yang di cetak pada STNK itupun akan di cetak di plat kendaraan.

Plat kendaraan juga akan di pasang di kendaraan anda pada bagian depan juga bagian belakang kendaraan. Yang mana plat kendaraan itu terbuat dari plat logam atau alumunium dengan bertuliskan huruf dan juga beberapa angka.

Macam – macam ya huruf dan angka pada plat kendaraan itu, nah di bawah inilah pembahasan mengenai jawaban dari daerah manakah plat D ini berasal.

Plat D dari Daerah Mana?

Ketahuilah plat D ini adalah plat kendaraan yang berasal dari kota Bandung Raya dan sekitarnya. Yang mana kota Bandung ini termasuk wilayah dalam Provinsi Jawa Barat.

Plat D ini akan dituliskan pada plat berdampingan dengan angka dan juga kode belakang. Kode belakang sebuah plat kendaraan juga dengan menggunakan huruf, namun bisa itu 2 sampai 3 huruf.

Dan huruf – huruf pada kode belakang itu juga menjadi identitas suatu pembagian wilayah. Sehingga kode belakang ini memiliki peranan yang penting untuk sebuah plat kendaraan di Indonesia.

Nah untuk penjelasan lengkapnya mengenai kode belakang yang akan di gunakan pada Plat D ini, anda bisa melihatnya di bawah ini.

Daftar Kode Belakang Pada Plat D

Kode belakang sebuah plat kendaraan itu terdiri dari kombinasi antara huruf dan angka, sedangkan pada huruf pertama plat kendaraan akan menandakan data lokasi kendaraan.

Seperti plat kendaraan D, yang mana kendaran tersebut itu asalnya dari wilayah kota Bandung Raya dan sekitarnya. Lalu akan ada 4 angka dan juga 2 – 3 huruf pada akhir plat kendaraan.

Jadi bila anda menginginkan kendaraan anda mempunyai kode angka yang berbeda, anda bisa membuatnya sendiri dengan melakukan pemesanan untuk kode plat kendaraan yang spesial sesuai keinginan anda.

Baca Juga :   19 Arti Mimpi Tentang Beruang - Menurut Primbon & Islam

Ya contohnya seperti anda ingin menggunakan tanggal lahir misalnya, atau tanggal pernikahan, atau juga angka – angka hoki lainnya.

Tapi sebelum anda memikirkan nomor – nomor spesial untuk plat kendaraan anda, berikut ini kami berikan dafta kode belakang untuk plat D, diantaranya :

  • Kota Bandung mempunyai plat kendaraan dengan huruf D dan juga kode belakang A** – B* – C* – D* – E* – F* – G* – H* – I* – J* – K* – L* – M* – N* – O* – P* – R*.
  • Kota Cimahi mempunyai plat kendaraan dengan huruf D dan juga kode belakang S** – T*.
  • Kabupaten Bandung Barat mempunyai plat kendaraan dengan huruf D dan juga kode belakang U** – W* – X**.
  • Kabupaten Bandung mempunyai plat kendaraan dengan huruf D dan juga kode belakang V** – Y** – Z**.

Sedangkan untuk contoh plat D dengan menggunakan kode belakang diatas ialah sebagai berikut :

  • Kota Bandung D 9999 ABC.
  • Kota Cimahi D 9999 STT.
  • Kabupaten Bandung Barat D 9999 UWX.
  • Kabupaten Bandung D 9999 ZYV.

Cara Cek Plat Nomor Via SMS

Dan untuk anda bisa mengecek plat kendaraan anda saat ini, telah dapat dilakukannya dengan sangat simple atau mudah. Anda hanya perlu menggunakan fitur SMS pada handphone anda.

Jadi anda tidak perlu repot – repot lagi mengeceknya dengan harus datang ke Samsat dan juga mengantri. Dengan SMS anda bisa mengetahui kapan tanggal jatuh tempo plat anda dan juga jumlah pajak yang anda bayarkan.

Nah di bawah inilah beberapa contoh dan juga nomor untuk mengecek plat kendaraan dengan SMS yang dapat anda coba, tetapi pastikan anda memiliki pulsa ya.

  • Jakarta : SMSnya dengan mengetik Metro (spasi) Nomor Polisi Kendaraan anda dan kirim ke 1717.
  • Jawa Barat : SMSnya dengan mengetik Info (spasi) Nomor Polisis Kendaraan anda (spasi) Warna Kendaraan dan kirim ke 0811 2119 211.
  • Jawa Tengah : SMSnya dengan mengetik JATENG (spasi) Nomor Polisis Kendaraan anda dan kirim ke 9600.
  • Jawa Timur : SMSnya dengan mengetik JATIM (spasi) Nomor Polisis Kendaraan anda dan kirim ke 7070.
  • Kepulauan Riau : SMSnya dengan mengetik Kepri (spasi) Nomor Polisi Kendaraan anda dan kirim ke 9969.
  • Yogyakarta : SMSnya dengan mengetik DIY (spasi) Nomor Polisis Kendaraan dan kirim ke 9600.
Baca Juga :   Tinggi Net Bola Voli

Daftar Plat Kendaraan Untuk Wilayah Jawa Barat

Pada wilayah Jawa Barat ini memiliki plat – plat kendaraan yang berbeda – beda ya. Semua kode hurufnya akan disesuaikan dengan pembagian wilayah yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Nah, berikut inilah daftar yang sudah kami siapkan untuk anda semuanya lengkap dengan penjelasan pembagian wilayahnya :

  • Plat D khusus digunakan oleh wilayah Cimahi, Bandung Barat dan Bandung. 
  • Plat E khusus digunakan oleh wilayah Cirebpn, Indramayu, Kuningan dan Majalengka.
  • Plat F khusus digunakan oleh wilayah Cianjur, Bogor dan Sukabumi.   
  • Plat T khusus digunakan oleh wilayah Karawang, Subang dan Purwakarta.
  • Plat Z khusus digunakan oleh wilayah Ciamis, Banjar, Garut, Sumedang dan Tasikmalaya. 

Sekian.