Aamiin Allahumma Aamiin

Posted on

Apa Arti Aamiin Allahumma Aamiin Artinya (Tulisan Arab آمِيْن اللّهُمَّ آمِيْن) ? Penggunaan kalimat tersebut adalah akhiran dari sebuah do’a yang kerap di ucapkan pada saat seorang muslim memohonkan sesuatu atau berdo’a kepada Allah Swt.

Namun disadari atau tidak, berdo’a ialah merupakan sebuah ibadah yang tidak memerlukan tenaga dan biaya.

Dimana dalam pelaksanaannya kita hanya perlu menengadahkan kedua tangan, kemudian tinggal kita sebutkan apa yang menjadi keinginan kita dan mohonkan semuanya hanya kepada Allah Swt.

Kemudian setelah kita memohonkan sesuatu maka selanjutnya mengenai nanti akan dikabulkan atau tidaknya permintaan kita tersebut, itu bukan urusan seorang hamba.

Sebab pada Intinya Allah Swt. memerintahkan kepada hambanya agar senantiasa selalu berdo’a.

Aamiin Allahumma Aamiin Artinya

Aamiin Allahumma Aamiin Artinya
Aamiin Allahumma Aamiin Artinya

Sangat banyak sekali keterangan dalam ayat suci Al-Qur’an yang di dalam ayat tersebut Allah S.w.t memerintahkan kita agar selalu berdo’a dan memohon kepadanya, seperti keterangan dalam firman Allah yang terdapat di dalam Surat Al-A’raf Ayat 55 seperti berikut ini.

Aamiin Allahumma Aamiin Artinya
Aamiin Allahumma Aamiin Artinya
Aamiin Allahumma Aamiin Artinya

Penggunaan Kalimat aamiin allahumma aamiin ini hampir menyerupai dengan kalimat Aamiin Yaa Robbal ‘aalamiin yang memiliki makna kabulkanlah do’a kami, yaa Allah engkaulah pengabul do’a.

Perbedaan Aamiin Yaa Robbal Aalamiin dengan Aamiin Allahumma Aamiin

  • Aamiin yaa Robbal aalamiin – Artinya” Kabulkanlah do’a kami, yaa Allah engkaulah pengabul do’a
  • Aamiin Allahumma Aamiin – Artinya Kabulkanlah yaa Allah Kabulkanlah”

Baca Juga: Arti Ana Uhibbuki Fillah

Aamiin Allahumma Aamiin artinya

Aamiin Allahumma Aamiin Artinya
Aamiin Allahumma Aamiin Artinya

Dalam penggunaan Kalimat Aamiin Allahumma Aamiin atau dalam bahasa arab

آمِيْن اللّهُمَّ آمِيْن

Arti kabulkanlah ya Allah kabulkanlah

Kemudian pada Kalimat tersebut merupakan sebuah kalimat yang berhubungan dengan sebuah do’a yang ditujukan kepada Allah Swt. yang berharap segala yang dimohonkan bisa dikabulkan.

Baca Juga :   Arti Aamiin Yaa Mujibas Saailiin

Maka dari itu memperbanyaklah dalam do’a kepada Allah Swt, sebab dengan berdo’a kita juga akan memperoleh beberapa maqnfaat dan kutamaan dari Allah Swt. Seperti keterangan yang ada di bawah ini.

Manfaat Doa

Setidaknya terdapat tujuh keutamaan doa’Syekh Kholid Al-Husainan dalam kitab Aktsaru min Alfi Da’wah f al-Yaumi wa al-Laili, (h. 5-6) yaitu sebagai berikut.

  • Do’a adalah bentuk seorang hamba yang menunjukan bukti dari ketaatannya kepada Allah Swt. Sebab doa ialah merupakan salah satu bagian dari ibadah yang dalam hal ini memang diperintah oelh Allah S.w.t.
  • Doa Juga dapat berguna sebagai sebuah perantara untuk menolak bencana sebelum ia terjadi atau bisa juga menjadi sebab dianngkatnya kembali bencana itu jika sudah turun.
  • Kemudian hasil atau buah dari berdo’a telah dijamin oleh Allah Swt. Yang artinya tidak ada do’a yang sia-sia. Bisa juga saat itu ia berdoa pada saat itu pula doa tersebut dikabulkan atau bisa juga sebagai tabungan buat kita atau simpanan kelak di akhirat Atau bisa sebagai suatu penolak bisa terhindar dari suatu keburukan yang akan menimpanya.
  • Kemudian Doa juga bisa juga sebagai sebab yang memberikan kita ketegaran dan memperolehnya pertolongan dari Allah Swt. Dari berbagai keburukan baik dari serangan musuh atau dari berbagai hal lainnya yang tidak diinginkan.
  • Kemudian Doa juga bisa menjadi simbol/ tanda atau sebuah dalil atas keimanan dari seseorang yang berdoa.
  • Kemudian doa juga sebagai sebuah tanda kepasrahan/bukti penyerahan diri. Yang artinya orang yang berdoa merupakan seorang yang sangat tawakkal kepada Allah Swt. Dimana Ia telah memasrahkan semua apa yang menjadi urusannya kepada Allah Swt.
  • Kemudian manfaat berdoa juga bisa menghindarkan kita dari murka Allah Swt. Yang artinya dengan kita berdoa kepada Allah Swt. Berarti kita mengakui bahwa dirinya tidak mempunyai kemampuan apapun dalam hidup. Sebab kelangsungan Hidupnya semua sangat bergantung dengan takdir Allah Swt. Sehingga dengan berdoa ia berarti ia sadar mengenai keterbatasan yang terdapat dalam dirinya.
Baca Juga :   Arti Istiqomah

Hadist Tentang Anjuran Berdoa

Do’a ialah merupakan sebuah ibadah yang sangat agung, yang mana Nabi shalallahu’alaihi wasallam bersabda:

«الدُّعَاءُ هُوَ العِبَادَةُ»، وَقَرَأَ: ﴿وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ٦٠ ﴾ [غافر: 60]( . رواه الترمذي (رقم: 2969) وقا: «هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ»

“Do’a ialah merupakan sebuah ibadah, lalu beliau membacakan firman Allah (artinya) “Dan Rabbmu berfirman:

Aamiin Allahumma Aamiin artinya
Sebutkan Perbedaan Kata Amin, Aamiin, Amiin?

Amin, Mempunyai arti – aman.
Aamin, Mempunyai arti- meminta perlindungan.
Amiin Mempunyai arti – jujur.

Aamiin Yaa Robbal Aalamiin Artinya?

Artinya adalah ” Kabulkanlah do’a kami, yaa Allah engkaulah pengabul do’a

Arti Aamiin Allahumma Aamiin Adalah?

Artinya adalah “Kabulkanlah yaa Allah Kabulkanlah”

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan pembahasan tentang Aamiin Allahumma Aamiin artinya, semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk sahabat sekalian.

Baca Juga :