Arti Mabruk Alfa Mabruk

Posted on

Mabruk alpha mabruk adalah ungkapan yang sering digunakan untuk menyampaikan ucapan selamat ulang tahun. Ungkapan ini tidak hanya sekedar ucapan, tetapi juga mengandung perasaan dan doa bagi yang berulang tahun.

Saat digunakan, frasa mabruk alfa mabruk ditempatkan berdampingan atau digabungkan dengan frasa kalimat lainnya.

Jika seorang teman Muslim ingin mengucapkan selamat ulang tahun kepada teman dekat, kolega, kerabat atau orang, ia dapat menggunakan kata ini.

Contoh penggunaannya adalah mabruk alfa mabruk ‘alaika mabruk, mabruk alfa mabruk yawm miiladik mabruk yang artinya selamat ulang tahun, semoga mendapat rahmat Allahu di hari minggu agar hidup aman.

Nah untuk melengkapi apa yang menjadi tema pembahasan kita kali ini, maka yuk kita simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Mabruk Alfa Mabruk (مَبْرُوْكْ اَلْفَ مَبَرُوْكْ)

Mabruk Alfa Mabruk
Mabruk Alfa Mabruk

Biasanya kalimat mabruk alfa mabruk yang dalam bahasa arab (مَبْرُوْكْ اَلْفَ مَبَرُوْكْ) ialah kerap digunakan untuk menyatakan sebuah ucapan terhadap seseorang yang sedang merayakan ulang tahun.

Yang mana kalimat مَبْرُوْكْ اَلْفَ مَبَرُوْكْ yang ditulis menggunakan bahasa Arab yang secara harfiah mempuynyai arti “berkah beribu berkah” atau bisa juga dimaknai”Semoga diberkahi dengan ribuan berkah”.

Dimana apbila ada salah seorang teman, saudara, kerabat yang sedang merayakan ulang tahun , maka kalian bisa memberikan selamat dengan mengucapkan = Mabruk alfa mabruk ‘alaika mabruuk. Barakallah fi umrik.

Apabila dimaknai secara kata per kata, maka akan memperoleh sebuah makna yakni seperti berikut:

Mabruk Alfa Mabruk
Mabruk Alfa Mabruk
  • Mabruk (مَبْرُوْكْ) = berkah atau semoga berkah
  • Alfa = Beribu (banyak)
  • Alfa Mabruk (اَلْفَ مَبَرُوْكْ) = Seribu keberkahan 
Baca Juga :   Kaifa Haluk Artinya

Makna Mabruk Alfa Mabruk

Ungkapan mabruk alfa mabruk dalam bahasa arabnya (مَبْرُوْكْ اَلْفَ مَبَرُوْكْ) dapat diartikan sebagai sebuah harapan atau doa yang tertuju terhadap orang yang sedang merayakan hari lahirnya.

Seperti yang kita ketahui, yang mana dalam Islam momen bertambahnya usia menjadi waktu yang yang dianggap tepat untuk merenungi semua yang sudah dilalui di sepanjang perjalanan usianya.

Apakah usia atau umur itu sudah dipergunakan untuk hal-hal yang sangat bermanfaat ataukah justru sebaliknya.

Namun seorang Muslim yang baik ialah muslim yang dapat memanaatkan masa usianya dengan sebaik-baiknya.

Sebab mereka mengerti bahwasannya umur atau usia seorang manusia merupakan anugerah yang diberikan oleh Allah SWT.

Dimana dengan ditetapkan atas usianya tersebut, pada hikatnya manusia diperintahkan supaya senantiasa beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, sesuai dengan tujuan penciptaan manusia. Sebagaimana yang sudah dijelasakn dalam Al-Qur’an Surat Adz Dzariyat Ayat 56, yang artinya:

Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku. (QS. Adz Dzariyat: 56)

Maka dengan mengucapkan mabruk alfa mabruk, diharapkan seseorang yang sedang merayakan hari ulang tahun tersebut, supaya umur atau usianya selalu diberkahi oleh Allah SWT.

Penggunaan Kalimat Mabruk Alfa Mabruk

Sebelumnya sudah quipper jelaskan bahwa mabruk alfa mabruk ini merupakan sebuah kata/kalimat yang sering dipakai untuk memberikan rasa selamat yang berbentuk sebuah doa di ucapkan terhadap seseorang yang sedang berulang tahun / milad atas bertambah usianya.

Nah, berikut ini terdapat sebuah contoh penggunaan kalimatnya kita dapat sedikit menambahkan kalimat tersebut dengan beberapa kalimat lainnya, contohnya seperti berikut ini :

Mabruuk alfa mabruuk ‘alaika mabruuk, Mabruuk alfa mabruuk yawm miiladik mabruuk

Artinya : Selamat hari milad semoga mendapat rahmat dari Allahu Ahad sehingga hidup menjadi selamat.

Nah dengan kita memberikan ucapan selamat ulang tahun (milad) dengan menggunakan bahasa Arab, akan terkesan islami & religius.

Baca Juga :   Belajar Huruf Hijaiyah

Maka mari mulailah kita mengganti ucapan yang biasa kita gunakan pada saat ada salah seorang yang sedang berulang tahun dengan kalimat yang baik.

Hukum Mengucapkan Ulang Tahun

Mungkin kebanyakan orang merayakan ulang tahun. Meski bukan perayaan besar, bisa juga perayaan sederhana. Penting untuk mengiringi doa yang dilantunkan untuk merayakan hari lahir. Bukan hanya sekedar pesta, tapi juga harapan, doa dan kemasan terbaik untuk kehidupan yang lebih baik.

Dari sisi sosial

Sebagai makhluk sosial, tidak mungkin terputus dari interaksi dengan orang lain. Bahkan ketika harus merayakan ulang tahun, karena hari ini adalah hari yang spesial bagi yang merayakannya. Sebagai seorang Muslim yang baik, semua sahabat Muslim juga harus menghargainya dengan mengucapkan selamat ulang tahun dan mendoakannya.

Mengucapkan mabruk alfa mabruk bukan hanya untuk undangan pesta ulang tahun, bisa juga diucapkan langsung saat ulang tahun teman atau orang tersayang. Dengan sikap tersebut, sahabat muslim telah menunjukkan sikap ceria, baik hati dan penuh kasih sayang. Ucapan selamat ulang tahun juga bisa berupa kado, tidak harus dalam bentuk barang.

Dari Sisi Agama

Sahabat Muslim, Islam juga mengatur hukum mengucapkan selamat kepada seseorang sebagai berikut:

  • Pendapat yang membolehkan pemecatan Hal ini didasarkan pada tesis bahwa tidak semua hal yang tidak dicontohkan oleh Nabi Muhammad adalah haram. Katakan mudah (boleh) kecuali ada larangan.
  • Pendapat yang melarang ucapan selamat ulang tahun. Hal ini didasarkan pada kurangnya contoh Nabi Muhammad atau para sahabatnya yang ingin atau mengucapkan selamat padanya pada hari ulang tahunnya.

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan mengenai mabruk alfa mabruk, semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Baca Juga :   Bahasa Arab Peralatan Rumah