Contoh Karangan Argumentasi

Posted on

Contoh Karangan Argumentasi Tentang pendidikan – Hay shabat semua.! diperjumpaan sebelumnya quipper co.id telah menerangkan materi tentang  Kalimat Efektif dan Tidak Efektif Maka pada kesempatan kali ini, dimana quipper co.id akan menerangkan materi tentang contoh argumentasi tentang pendidikan, lingkungan, budaya dan kesehatan secara detail. Untuk lebih jelasnya, simak selengkapnya sebagai berikut ini.

Pengertian Karangan Argumentasi

Contoh Karangan Argumentasi
Contoh Karangan Argumentasi

Apa yang dimaksud dengan karangan argumentasi? yakni merupakan sebuah karangan yang mana gagasan utamanya dapat dikembangkan dengan cara memaparkan pendapat, ulasan, pokok bahasan dan ide pribadi penulisnya.

Kemudian untuk tujuan dari karangan argumentasi yakni guna meyakinkan agar dapat memberikan sebuah pengaruh terhadap yang membacanya agar mempunyai pendapat yang sama dengan penulis.

Kemudian agar tujuan tersebut dapat tercapai, maka karangan argumentasi harus disertai dengan beberapa fakta yang aktual misalnya seperti hasil research, lalu data, dan juga teori ahli, contoh dan lainnya.

Dalam hal ini juga dilaksanakan guna memberikan kekuatan terhadap pendapat yang akan dijelaskan di dalam karangan tersebut, sehingga dengan demikian nantinya pendapat kamu tidak hanya sekedar omong kosong dan pembaca akan merasa yakin hingga kemudian akan menghasilkan sebuah sependapat yang selaras dengan pemikiran kamu .

Ciri-ciri Karangan Argumentasi

Berdasarkan penjabaran di atas tadi, suatu paragraf dapat disebut sebagai paragraf argumentasi apabila memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini.

  • Di dalamnya berisikan suatu sudut pandang, dan juga pendapat serta suatu keyakinan sang penulis terhadap permasalahan.
  • Kemudian didalamnya mempunyai data faktual yang dipakai agar semua pembaca dapat yakin.
  • Menjelaskan suatu masalah dan menyederhanakannya dengan cara menganalisa dan memberi sebuah analogi.
  • Kemudian selalu diakhiri oleh sebuah kesimpulan dengan berupa suatu pendapat yang mempunyai sudut pandang yang luas namun bukan sebuah penegasan ulang terhadap topik utama.

Contoh Karangan Argumentasi

Apabila diperhatikan strukturnya, dimana karangan argumentasi hampir menyerupai dengan struktur pada karangan eksposisi.

Namun pada karangan eksposisi mempunyai suatu tujuan yang di dalamnya hanya sekadar menginfomasikan sesuatu secara faktual tanpa ada di dalamnya suatu unsur dapat memberikan pengaruh terhadap para pembacanya.

Untuk lebih jelasnya simak beberapa contoh yang ada di bawah ini:

Contoh Karangan Argumentasi Tentang Pendidikan

Contoh Karangan Argumentasi Tentang Pendidikan
Contoh Karangan Argumentasi Tentang Pendidikan

Berikut ini sebuah contoh karangan argumentasi tentang pendidikan dengan memakai pengembangan pola sebab dan akibat.

Baca Juga :   Teknik Dasar Bulu Tangkis

Pada kejadian diakhir-akhir ini, ada sesuatu yang terjadi sehingaga menggemparkan dunia pendidikan oleh suatu wacana mengenai sistem sekolah yang akan diberlakukan secar penuh atau dikenal dengan istilah full day school.

Dengan berdasarkan sebuah kebijakan yang nyatakan oleh Muhadjir Effendi yang merupakan selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Dimana beliau mebuat pernyataan bahwa untuk semua para siswa dan siswi di haruskan untuk sudah berada di sekolah sejak pukul 07.00 hingga sampai17.00.

Dengan segala pertimbangan serta beberapa alasan mengapa diberlakukannya sistem ini, yakni agar bisa membentuk suatu kepribadian terhadap para siswa, serta nantinya akan membantu semua siswa dapat semakin fokus dalam menghadapi pelajaran dan juga mencegah para siswa agar tidak berperilaku yang negatif misalnya seperti tawuran, Lalu segala bentuk kenakalan remaja, serta paham radikal.

Akan tetapi, keteapan mengenai kebijakan yang dilakukan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut dinilai sangat kurang efektif serta dianggap tidak memerhatikan beberapa aspek yang terkait.

Misalnya saja seperti keadaan psikologis anak-anak di Indonesia nantinya. Sebab apabila menghadapi pelajaran dengan secara terus-menerus akan dapat menyebabkan anak didik akan mengalami setres yang pada akhirnya dapat merusak konsetrasi terhadap para siswa dalam belajar.

Apalagi, hal tersebut diberikan terhadap anak yang masih menginjak usia dini atau di usia yang masih membutuhkan waktu istirahat yang cukup demi meningkatkan perkembangan otaknya.

Maka oleh sebab itu, untuk para pemerintah kiranya harus mengkaji kembali, sebelum menerapkan kebijakan tersebut.

Misalnya dengan mencukupi segala berbagai fasilitas yang kiranya bisa membantu serta menunjang proses belajar menjadi prioritas utama yang harus diperhatikan.

Adapun tujun dari rangkaian ini ialah agar nantinya bagi para peserta didik tidak mudah bosan berada di sekolah serta lebih aktif dalam segala kegiatan belajar disekolah.

Dan selain itu juga, untuk pemerintah juga harus membentuk suatu program sosialisasi terhadap para pengajar agar dapat mengubah metode pengajaran yang menyenangkan sehingga para peserta didik dapat merasa nyaman dan tidak merasa tertekan atas materi yang disampaikan atau diajarkan.

Contoh Karangan Argumentasi Tentang Lingkungan

Contoh Karangan Argumentasi Tentang Lingkungan
Contoh Karangan Argumentasi Tentang Lingkungan

Di bawah ini terdapat contoh karangan argumentasi tentang bahayanya penumpukan sampah plastik dengan memakai pola sebab dan akibat.

Pada era globaliasasi saat sangat marak pemakaian jenis plastik sehingga menjadikan Indonesia merupakan salah satu negara yang menyumbangkan sebuah sampah plastik terbesar di dunia.

Baca Juga :   Arti Mimpi Kalah

Bagaimana tidak, seperti yang kita ketahui bahwa plastik mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat, pada penggunaanya mulai dari sedotan,lalu kantongan plastik, minuman kemasan, lalu botol minuman plastik, dan pembungkus mainan anak serta masih banyak lagi.

Apabila kita perhatiakan dari tingkat efisiennya, dimana plastik ialah merupakan suatu jenis bahan yang banyak ditemukan, dan sangat mudah untuk dibawa kemana saja sebab bentuknya yang ringan dan juga murah.

Namun dibalik itu semua, terdapat suatu bahaya dari kelebihan yang diberikan plastik, misalnya seperti plastik menjadi bahan yang sulit terurai.

Seperti yang kita ketahui juga bahwa di Indonesia sendiri belum mempunyai suatu rancangan alat yang mampu menguraikan sampah plastik yang kian menumpuk tersebut.

Kemudian ditambah lagi, dengan minimnya ilmu pengetahuan serta kesadaran terhadap masyarakatnya untuk membuang sampah plastik di daerah aliran sungai.

Kemudian dengan penumpukan yang terjadi oleh Limbah plastik maka hal tersebut akan mengakibatkan aliran sungai menjadi tersumbat dan akan berdampak pada lingkungan disekitar.

Kemudian untuk utamanya ialah dapat menjadi sebuah pemicu terjadinya banjir di kota-kota besar di Indonesia.

Contoh Karangan Argumentasi Tentang Budaya

Contoh Karangan Argumentasi Tentang Budaya
Contoh Karangan Argumentasi Tentang Budaya

Di bawah ini terdapat sebuah contoh karangan argumentasi mengenai budaya membaca yang kian hari semakin berkurang.

Seperti yang telah diketahui bahwa membaca ialah merupakan suatu aktivitas dalam upaya agar dapat memperoleh sebuah informasi dengan melalui sesuatu yang tertulis, misalnya seperti buku.

Sebab dengan rajin membaca, maka tentunya kita akan dapat menghasilkan informasi yang sangat luas.

Dan bahkan, ada yang menuturkan bahwa buku ialah merupakan sebuah jendela dunia. Mengapa begitu?

Sebab dengan membaca buku bukan hanya sekedar membantu kita dalam memperoleh suatu informasi dari dalam negeri saja, akan tetapi kita juga akan mendapatkan informasi dari berbagai penjuru dunia hanya dengan melalui buku.

Misalnya saja seperti halnya, dimana kita akan mengetahui keadaan suatu negara yang mempunyai 4 musim hal tersebut dapat kita ketahui dengan hanya dengan kita rajin membaca.

Namun, ketika beranjak dewasa ini kita sudah jarang melihat para pelajar yang mau kiranya meluangkan waktunya untuk membaca.

Malah sebagiannya lebih memilih untuk menghabiskan waktu dengan bermain gadget dibandingkan membaca.

Maka oleh sebab itu, Perlunya tindakan pemerintah agar membentuk suatu sistem hobi membaca khususnya bagi setiap para pelajar.

Baca Juga :   Bhineka Tunggal Ika

adapun beberapa cara yang dapat dilakukan misalnya seperti mengembangkan kualitas sarana dan prasaran perpustakaan,dan juga menciptakan suasana perpustakaan yang nyaman agar siswa tidak mudah bosan, dan kemudian kiranya pemerintah juga menjadikan perpustakan sebagai agenda wajib dalam pembelajaran dan sebagainya.

Contoh Karangan Argumentasi tentang Kesehatan

Berikut ini merupakan sebuah contoh yang biasanya kerap terjadi pada kita semua, dimana pada saat akan menyantap makanan yang masih sangat panas, maka kita akan meniupnya terlebih dahulu. Ternyata hal ini mempunyai dampak yang buruk bagi kesehatan kita semua. Simak berikut ini Penjelasannya.

Tentunya sahabat sekalian juga pernah melakukan suatu hal yakni meniup makanan atau meminum minuman yang panas ? Dalam hal ini hampir hampir dari sebagian orang kerap meniup makanan yang masih panas.

Dilakukannya hal itu tersebut dengan beralasan supaya makanan akan ceat menjadi dingin agar kemudian dapat langsung dinikmati.

Namun padahal, dengan kebiasaan tersebut akan memberikan berbagai efek yang negatif terhadap kesehatan tubuh kita.

Apabila dimatai dari sudut pandang secara agama, Islam dimana sudah sangat jelas mengenai peraturan adab pada saat berada di hapan makanan dan minuman, yakni jangan meniup makanan atau minuman yang masih panas sebab hal tersebut bisa berakibat pada kesehatan tubuh.

Namun selain itu juga, para pakar kesehatan membuat suatu pernyataan bahwasannya dengan meniup makanan yang maswih panas justru akan mengakibatkan adanya bakteri atau virus yang berasal dari mulut berpindah secara lengsung pada makanan yang hendak kita konsumsi.

Adapun bentuk dari akibatnya tersebut, yakni kita akan sangat sensitip serta mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh virus-virus tersebut.

Maka oleh sebab itu, denag kebiasaan meniup makanan yang panas haruslah segera kita hentikan supaya memberikan perlindungan tubuh kita terhadap berbagai penyakit yang dapat membahayakan kita maupun orang lain.

Maka alangkah baiknya agar kita dapat menunggu makanan atau minuman tersebut hingga menjadi hangat.

Apa yang dimaksud dengan Karangan Argumentasi?

yakni merupakan sebuah karangan yang mana gagasan utamanya dapat dikembangkan dengan cara memaparkan pendapat, ulasan, pokok bahasan dan ide pribadi penulisnya.

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan mengenai contoh karangan argumentasi tentang pendidikan, lingkungan, budaya dan kesehatan. semoga tulisan kali ini mejadi serangkaian pembahasan yang dapat bermanfaat bagi sahabat sekalian.

Baca Juga Artikel Lainnya :