Kalimat Efektif dan Tidak Efektif

Posted on

Kalimat Efektif Dan Tidak Efektif – Hay sahabat semua. pada perjumpaan kali ini kembali akan quipper.co.id paparkan materi pembahasan tentang kalimat efektif dan tidak efektif secara detail beserta pengertian, ciri, syarat dan contohnya.

Namun dipertemuan sebelumnya kita juga telah menyaksikan bersama materi pembahasan tentang  Kalimat Baku dan Tidak Baku Untuk lebih jelasnyan sahabat sekalian bisa simak ulasannya sebgai berikut ini.

Pengertian Kalimat Efektif

Kalimat Efektif dan Tidak Efektif
Kalimat Efektif dan Tidak Efektif

Apa yang dimaksud dengan Kalimat efektif? yakni merupakan sebuah kalimat yang telah disusun dengan disesuaikan oleh suatu kaidah yang telah diberlakukan, baikpada unsur-unsur yang sangat penting misalnya Misalnya seperti subjek dan juga predikatnya.

Dengan menggunakan kalimat efektif ini akan membuat tulisan yang dibuat menjadi lebih sangat mudah untuk dipahami dan terkesan tidak berbelit-belit.

Namun selain itu ada juga pendapat lainnya mengenai pengertian dari kalimat efektif. Yakni merupakan, salah satu jenis kalimat yang dapat memberikan efek tertentu dalam komunikasi.

Dalam makna Efek disini ialah kejelasan terhadap sebuah informasi. Dimana ditegaskan kembali bahwa kalimat efektif tidak memakai kata-kata mubazir, namun ia juga tidak pernah kekurangan kata.

Ciri-Ciri Kalimat Efektif

Kalimat Efektif dan Tidak Efektif
Kalimat Efektif dan Tidak Efektif

Selanjutnya setelah membahas mengenai apa itu pengertian Kalimat efektif,maka dibawah ini terdapat beberapa ciri-ciri dari kalimat efektif. Berikut penjelasannya:

  • Memakai Diksi yang Tepat atau Penggunaan Kata yang Tepat

Dengan ditandai penggunaan diksi merupakan salah satu ciri dari kalimat efektif. Sehingga dalam hal ini dengan memilih diksi yang tepat maka akan menjadikan kalimat nampak tidak terkesan berbelit-belit.

  • Memiliki Unsur Pokok atau Penting, Minimal Subjek Predikat (SP)

Pada saat pembuatan suatu kalimat pastinya mempunyai sebuah subjek dan juga predikat.

Dalam hal tersebut merupakan sebuah contoh yang sangat dasar. Apabila pada unsur dalam sebuah kalimat secara lengkap terdiri dari Subject, Predikat atau kata kerja, dan juga Objek serta keterangannya.

  • Taat Kepada Tata Aturan Ejaan yang Disempurnakan (EYD) yang Berlaku
Baca Juga :   Perubahan Sosial

Dengan berdasarkan kaidah Bahasa Indonesia yang mana mempunyai beberapa aturan berupa EYD atau disebut dengan Ejaan yang sudah disempurnakan.

  • Melakukan Penekanan Ide Pokok

Kemudian dalam membentuk suatu tulisan agar dapat menjadi sangat mudah dipahami bagi yang membacanya, maka hal yang paling penting ialah dengan cara mencantumkan sebuah ide pokok di dalamnya.

  • Mengacu Kepada Penghematan Penggunaan Kata

Kemudian memnghemat dalam memakai kata-katnya. Dalam ini sangat sangat rekat kaitannya dengan memilih sebuah kata yang akan dipakai di dalam sebuah kalimat.

  • Memakai Kesejajaran Bentuk Bahasa yang Dipakai

Dengan menerapkan Kesejajaran bahasa menjadi sebuah cara yang tepat dalam menempatkan ide yang sama pada tulisan yang telah dibuat. Hal tersebut bertujuan agar tidak keluar dari topik pembahasan.

  • Memakai Variasi Struktur Kalimat

Kemudian agar tulisan yang sobat buat tak terkesan monoton, maka sobat bisa memakai variasi struktur kalimat dengan cara menggunakan baik itu frase menunjukan keterangan tempat, lalu frase keterangan waktu, dan selanjutnya frase keterangan cara, serta keterangan verbum maupun partikel penghubung.

Syarat Kalimat Efektif

Dibawah ini merupakan 6 syarat yang musti dipenuhi pada saat akan menulis kalimat efektif, Berikut ini penjelasannya:

Kesatuan

Dengan berdasarkan pendapat Amran Tasai dan Arifin, Ddimana menurut bahwa kesatuan ialah merupakan suatu keseimbangan diantara pikiran atau disebut dengan (gagasan) dan juga struktur bahasa yang dipakai.

Berikut ini adalah ciri-ciri yang disebut dengan kesatuan kalimat;

  • Adanya Subject dan Predikat yang Jelas
  • Tidak Memiliki Subjek Ganda
  • Pada Kalimat Tunggal Tidak memakai sebuah Kata Penghubung Intra kalimat

Contoh kalimatnya:

  • Kami datang agak terlambat. Sehingga kami tidak dapat mengikuti acara pertama. (Salah)
  • Kami datang agak terlambat. Oleh karena itu, kami tidak dapat mengikuti acara pertama. (Benar)
  • Predikat Kalimat Tidak Didahului Oleh Kata “yang”

Misalnya:

  • Bahasa Indonesia yang berasal dari Bahasa Melayu. (Salah)
  • Bahasa Indonesia berasal dari Bahasa Melayu. (Benar)
Baca Juga :   Kalimat Langsung

Kehematan

Kemudian dengan berdasarkan pendapat Lamuddin Finoza, bahwa yang dimaksud dengan kehematan ialah merupakan sebuah upaya untuk menghindari dalam penggunaan sebuah kata yang tidak perlu.

Kemudian makna hemat dalam kalimat ini yang dimaksud dengan tidak memakai kata-kata mubazir, atau sebuah kata yang tidak bisa diterjemahkan kata yang sudah berbentuk jamak, dan juga tidak mengulang subjek.

Berikut ini ialah Contoh kalimat kehematan:

  • Penggunaan kalimat yang salah : Karena dia tidak sakit, dia tidak pergi ke dokter.
  • Penggunaan Kalimat yang benar : Karena tidak sakit, dia tidak pergi ke dokter.

*****

  • Pemakaian Kalimat yang salah: Para Tamu-Tamu
  • pemakaian Kalimat yang benar: Para tamu atau Tamu-Tamu

Perbedaan Kalimat Efektif dan Tidak Efektif

Dalam penggunaan Kalimat efektif secara umum kerap dijadikan sebuah kalimat yang dapat berfungsi guna mewakili suatu gagasan dalam penulisan atau dalam percakapan sehingga nantinya akan dapat diterima terhadap sipembaca.

Di dalam kalimat terkandung sebuah mak yang ditunjukan khusus bagi si penulis dan sifatnya musti untuk disampaikan, dengan jelas, lalu padat dan juga singkat.

Namun berbeda dengan pemakaian kalimat tidak efektif dimana pada kaliamat ini merupakan sebuah kalimat yang di dalamnya tidak terdapat suatu sifat – sifat yang mengarahkan pada kalimatnya. Tidak terdapat aturan seperti dengan kalimat efektif.

Kalimat Efektif:

Saya ialah seorang mahasiswa universitas Diponegoro. Saya kos di daerah Tembalang. Agar saya bisa sampai ditujuan maka, saya kerap naik alat angkutan umum, yakni Trans semarang.

Kalimat Tidak Efektif:

Saya ialah merupakan salah seorang mahasiswa dari Universitas diponegoro. Jadi agar saya bisa sampai ditujuan saya biasanya menaiki alat angkutan umum misalnya seperti trans Semarang.

Contoh Kalimat Efektif dan Tidak Efektif Memakai Variasi Pembukaan

Frase Keterangan Tempat

  • Dengan adanya penggunaan kereta rel listrik di daerah Jabodetabek dirasakan oleh sejumlah kalangan merupakan sebuah solusi sebagai alat transportasi untuk mengurai kemacetan.

Frase Keterangan Waktu

  • Pada Tanggal 1 Mei 2013, dimana usia Papua genap 50 tahun telah bergabung dalam NKRI
Baca Juga :   Kesimpulan

Frase Keterangan Cara

  • Pengerukan terutama untuk tambang C berupa tanah timbun.

Frase Verbum

  • Dalam Peresmian itu ditandai dengan acara resepsi yang dihadiri sejumlah pejabat.

Contoh Kalimat Efektif dan Tidak Efektif

Kalimat tidak efektif : Tahapan terakhir dalam penyelesaian gedung tersebut ialah kegiatan pengecatan tembok, serta pemasangan alat penerangan, kemudian pengujian terhadap sistem pembagian air dan pengaturan tata ruang.

Pada kalimat diatas Predikat tidak paralel. Sebab terdapat nomina dengan afiks peng-an, dan juga terdapat pula verba berafiks meng-. Kalimat yang efektif ialah berikut penjelasannya:

Kelogisan

Dengan berdasarkan pengamatan Arifin dan Amran Tasai, kemudian dituturkan olehnya bahwa kelogisan ialah merupakan sebuah ide kalimat dimana itu bisa diterima oleh akal dan juga terhadap penulisannya yang sesuai dengan ejaan yang berlaku.

contohnya:

  • Kalimat salah : Waktu dan tempat kami persilahkan
  • Kalimat benar : Bapak Dokter kami persilahkan

Waktu dan tempat merupakan benda mati dan taka dapat dibutuhkan demikian.

  • Kalimat  salah : Untuk mempercepat waktu, mari langsung saja kita selesaikan acara ini.

Oleh karena itu, kalimat yang efektif dan logis ialah untuk menghemat waktu, langsung saja kita mulai acara.

Kepaduan (Koherensi)

Kemudian dengan berdasarkan pendapat dari Finoza, bahwa menurutnya koherensi ialah merupakan tempat terjadinya suatu hubungan yang padu antara unsur-unsur pembentukan kalimat.

Dan juga termasuk sebuah prinsi pada kalimat efektif yang berharap agar nantinya dari setiap informasi yang diterima tidak terpecah-pecah.

Contoh:

  • Ikan memakan adik Tadi Pagi (Kalimat salah)
  • Adik memakan ikan tadi pagi (kalimat benar)
Apa yang dimaksud dengan kalimat efektif?

Yakni merupakan sebuah kalimat yang telah disusun dan disesuaikan dengan sebuah kaidah yang telah diberlakukan ,baik itu pada unsur-unsurnya merupakan bagian yang terpenting misalnya pada subject predikatnya.

Apa yang dimaksud dengan kalimat tidak efektif?

Yakni merupakan, salah satu jenis kalimat yang dapat memberikan efek tertentu dalam komunikasi.

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan mengenai kalimat efektif dan tidak efektif, semoga bisa bermanfaat bagi sahabat semua.

Daftar Artikel Lainnya :