Fungsi Dinding Sel

Posted on

Fungsi Dinding Sel – Hay sahabat semua.! Diperjumpaan kali ini akan kembali Quipper.co.id sampaikan materi tentang fungsi dinding sel secara lengkap beserta pengertian, struktur, gambar dan Penjelasannya. Namun diperjumpaan sebelumnya juga dimana quipper.co.id telah menerangkan materi tentang Fungsi Miofibril Baiklah untuk melengkapi apa yang menjadi tema pembahasan kita kali ini, maka mari kita saksikan bersama ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Dinding Sel

Fungsi Dinding Sel
Fungsi Dinding Sel

Apa yang dimaksud dengan dinding sel atau kerap disebut juga dengan tembok sel ? yakni merupakan suatu lapisan yang ada di luar membran sel yang mengitari pada jenis sel tertentu dan menajdi sebuah pembatas antar ruang terhadap sel agar dapat megalami pertumbuhan kembang .

Selain itu dinding sel merupakan suatu ciri khas yang ada pada tumbuhan, misalnya seperti jamur, lalu alga, dan bakteri.

Pada dinding sel ini hanya terdapat pada tumbuhan saja ptidak pada hewan dan juga protozoa.

Dimana pada dinding sel sendiri mempunyai struktur yang sangat elastis atau fleksibel, lalu koh atau kuat, namuada juga yang kaku.

Dengan adanya dinding sel sehingga memnyebabkan sel tidak dapat mengalami perkembangan dan juga dapat melakukan gerak dengan bebas, seperti pada sel tumbuhan.

Namun dengan adanya dinding sel ini sangat berdampak positif sebab dengan keberadaannya dapat memberikan perlindungan yang ekstra, dan juga mendukung serta sebagai penyaring (filter) terhadap struktur dan juga terhadap fungsi dari sel itu sendiri.

Fungsi Dinding Sel


Di bawah ini terdapat beberapa fungsi dari dinding pada tumbuhan , berikut ini penjelasannya :

Berfungsi menyusun struktur dan juga bentuk pada tumbuhan.
Dinding sel berfungsi untuk melindungi sel dari adanya tekanan supaya tidak mudah pecah.
Berfungsi untuk melindungi sel dari berbagai infeksi.
Berfungsi untuk memberikan kekuatan pada jaringan tumbuhan sehingga tumbuhan bisa berdiri dengan tegak dan kuat.
Berfungsi untuk mencegah masuknya mikroorganisme atau hewan kecil masuk kedalam sel tumbuhan.
Berfungsi dalam mencegah proplas mengalami pecah oleh sebab banyaknya air yang diserap. proplas sendiri ialah merupakan salah satu bagian dari sel tumbuhan.
Berfungsi untuk membantu dalam aliran osmotik.
Berfungsi untuk membantu mengantarkan air, gas dan berbagai zat lainnya yang dibutuhkan oleh tumbuhan.
Berfungsi untuk melakukan pencegahan agar tumbuhan tidak kekurangan air.
Dinding sel berfungsi untuk membentu didalam difusi gas.
Pada dinding sel juga berfungsi untuk mendukung struktural tumbuhan.
Baca Juga :   Fungsi Badan Golgi

Struktur Dinding Sel

Sebuah dinding sel tersusun atas glukosa yang berpadu kemudian menyusun selulosa.

Kemudian pengertian selulosa sendiri ialah suatu karbohidrat atau suatu gula yang kompleks yang kerang difungsikan terhadap kedua perlindungan atau struktur.

Kemudian pada selulosa tersebut akan membentuk sebuah benang yang sangat tipis yang akan membantu dalam mengikat satu sama lainnya dan kemudian akan membentuk suatu struktur yang dikenal dengan sebutan mikrofibril.

Selanjutnya pada mikrofibril tersebut akan menyatu dan membentuk suatu benang halus yang lebih besar.

Pada dinding sel sendiri tersusun atas tiga lapisan yang melaisinya dan dari tiap-tiap pelapis tersebut mempunyai struktur dan fungsinya masing-masing.

Kemudian dari tiap lapisan tersebut tergantung dengan jenis dari tumbuhan yang disesuaikan dengan kebutuhannya tumbuhan tersebut.

Pada bagian tengah dikenal dengan sebutan lamela, adapun kegunaan dari lamela sendiri ialah untuk memberikan kekuatan terhadap tumbuhan sehingga membuat tumbuhan mempunyai kemampuan dalam menahan kompresi.

Pada lapisan yang kedua ialah dinding primer yang di dalamnya terdapat selulosa yang sebelumnya sudah dibentuk oleh mikrofibril.

Pada lapisan yang ketiga ialah dinding sekunder, yakni merupakan sebuah lapisan yang mempunyai bentuk sangat kaku dan juga bisa membantu dalam memberikan kekuatan kompresi.

Dalam hal ini bisa sangat membantu bagi tumbuhan jika ia mengalmi keretakan atau pecah.

Nah itulah yang bisa quipper.co.id paparkan mengenai fungsi dinding sel, semoga apa yang yang sudah quipper.co.id rangkum kali ini, bisa menjadi sajian materi yang bisa meningkatkan wawasan dan pengetahuan sahabat sekalian.

Baca Juga Artikel Lainnya :