Fungsi Kambium

Posted on

Halo bastie setia quipper.co.id semua, kembali lagi bersama mimin yang akan membagikan berbagai informasi penting dan menarik untuk bastie baca.

Nih buat bestie semua yang mungkin penasaran dan ada yang bertanya tentang apa yang dimaksud dengan kambium dan apa fungsi kambium itu ?

Semua pertanyaan ini akan quipper dengan penjelasan yang sudah mimin bagikan di dalam artikel ini, untuk itu simak sampe habis ulasan yang akan mimin bagiin sebagai berikut ini.

Pengertian Kambium

Fungsi Kambium
Fungsi Kambium

Apa yang dimaksud dengan Kambium ? yakni merupakan suatu lapisan jaringan meristematik yang terdapat pada tumbuhan yang mana pada sejumlah selnya aktif dan sangat bertanggung jawab serta membelah sekunder aktif pada tumbuhan.

Kemudian letak Kambium sendiri berada pada bagian akar dan batang. Dengan didasarkan sebuah jaringan tetap yang mana pembentukannya, dapat dibedakan menjadi 2 kelompok kambium, yakni kambium gambus dan juga pembuluhan.

Kemudian untuk kambium sendiri hanya dapat dijumpai pada sebuah tumbuhan yakni gymnospermae dan juga pada tumbuhan dikotil.

Sebab pada jenis tumbuhan monokotil tidak mempunyai kambium sehingga akhirnya mengakibatkan batang dari tumbuhan monokotil tidak dapat tumbuh menjadi besar atau tidak mengalami penebalan sekunder.

Kemudian pada kambium ini mempunyai bentuk menyerupai suatu lendir yang terdapat pada kulit dan juga kayu batang.

Dimana pada batang berkayu, kambium sangat berfungsi untuk dijadikan sebagai medium atau sebagi sebuah jalur lintasan dari zat hara yang melakukan pergerakan dari tanah menuju ke daun.

Apabila diperhatiakn dengan secara teoritis, dimana pada kambium terdapat sebuah lapisan sel yang dikenal juga dengan sebutan sel awal; praktis, dalama hal ini sangat sulit untuk bisa membedakan inisial atas sel anak mereka yang masih berdiferensiasi, dan pada sejulah lapisan sel dengan secara kolektif disebut juga kambium, atau zona cambial.

Baca Juga :   Fungsi Porifera

Ciri-Ciri Kambium

Fungsi Kambium
Fungsi Kambium

Kambium hanya bisa ditemukan pada tumbuhan dikotil dan juga tumbuhan gymnospermae, yang mana aktivitasnya dapat menghasilkan jaringan gabus (cork atau phellem, felem) ke arah luar.

Jaringan ini berfungsi mengendalikan masuk dan keluarnya air, untuk mencegah serangan dari hama, dan juga fungsi mekanik yang lain.

Fungsi Kambium

Sebelumnya sudah Quipper.co.id sampaikan bahwa kambium ialah merupakan sebuah lapisan jaringan meristemik yang terdapat pada tumbuhan denagn beberapa sel-selnya yang dapat aktif yang sangat berperan dalam membelah sekunder tumbuhan.

Kemudian pada Kambium ini sendiri dapat dijumpai berada pada bagian akar dan batang.

Selain itu kambium juga merupakan bentuk tumbuhan yang mempunyai sifat sangat keras. Kemudian untuk peranan kambium terhadap batang dan juga daun tumbuhan, berikut ini penjelasannya :

  • Agar dapat menyusun xylem dan floem.
  • Guna membawa hasil yang diperoleh dari fotosintesis dari daun dan kemudian dikirim keseluruh bagian pada tumbuhan.
  • Guna membewa air dari akar munuju ke bagian daun agar dapat melakukan proses fotosintesis.

Macam Macam Jenis Kambium

1. Kambium Primer

Apa yang dimaksud dengan kembium primer? yakni merupakan salah satu jenis dari kambium yang letaknya berada diantara floem dan juga xylem pada tumbuhan dikotil ataupun tumbuhan Gymnospermae.

2. Kambium Sekunder / Kambium Gabus

Apa itu kambium sekunder? yakni merupakan salah satu jenis kambium yang letaknya berada pada bagian permukaan batang dan juga akar yang pecah yang disebabkan dengan adanya proses pertumbuhan sekunder.

Adapun fungsi dari kambium gabus sendiri, yakni membantu dalam menyusun sel gabus yang keluar dijadikan sebagai pengganti dari epidermis. Namun sementara itu kedalam guna menyusun sel feloderm yang hidup.

Dengan Berdasarkan kemampuan penyusunan pada jaringan Kambium dapat dibedakan menjadi sebagai berikut:

Baca Juga :   Komponen Biotik

3. Kambium Vaskuler

Yakni salah satu kambium yang terdapat di dalam berkas pengangkutan. Kemudian pada kambium fasikuler ini yang mana sel selnya kearah dalam maka akan membentuk Xilem sedangkan apabila ke arah luar , maka akan membentuk floem, kemudian apabila ke samping akan menyusun jaringan meristematis yang sangat berfungsi untuk memperluas kambium.

4. Kambium Intervaskuler

Yakni salah satu jenis kambium yang terletak berada di antara 2 berkas yang terdapat di luar berkas pengangkutan. Kemudian untuk fungsinya yakni guna menyusun sejumlah jari-jari empulur.

Nah demikianlah ulasan tentang fungsi kambium kali ini, semoga apa yang sudah Quipper.co.id rangkum kali ini bisa menjadi sajian materi yang bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian.