Fungsi Tulang Dada

Posted on

Fungsi Tulang Dada – Hay sahabat semua.! Diperjumpaan kali ini akan kembali quipper.co.id sampaikan materi pembahasan tentang fungsi tulang dada beserta pengertian, anatomi, fungsi dan gambarnya.Namun diperjumpaan sebelumnya juga quiiper co.id telang menerangkan materi tentang  Fungsi Tulang Jari Kaki Nah untuk melngkapi ulasan pembahasan kita kali ini, maka, yuk simak ulasannya sebagai berikut ini.

Pengertian Tulang Dada

Fungsi Tulang Dada
Fungsi Tulang Dada

Apa yang dimaksud dengan Tulang dada? yakni merupakan suatu bagian tulang yang mempunyai bentuk seperti pipih dimana letaknya berada pada bagian tengah dada.

Dimana pada bagian sisi kanannya merupakan sebuah tempat untuk melekatnya rusuk, sehingga nantinya tulang dada dan tulang rusuk dijadikam sebuah tulang pelindung bagi jantung, dan setiap organ yang ada di dalamnya seperti paru paru, serta pembuluh darah besar.

Fungsi Tulang Dada

Seperti yang kita ketahui bahwa pada tulang dada saling bekerja sama dengan tulang rusuk guna melindungi semua organ yang terdapat di dalamnya, berikut penjelasan selengkapnya:

Menjaga Organ Pada Bagian Dada

Dimana adanya susunan dari tulang dada ini berfungsi untuk memberikan perlindungan dari adanya kemungkinan kerusakan serta menjaga organ-organ penting yang terdapat pada bagian di tulang dada, misalnya seperti : jantung dan paru-paru.

Dimana dari kedua organ tersebut sangat berpengaruh dalam kelangsungan hidup manusia, sehingga sangat penting untuk dilindungi

Menjaga Organ Tubuh Sekitarnya

Kemudian fungsi lainnya yakni memberikan perlindungan terhadap setiap organ yang terdapat sekitarnya misalnya seperti lambung, ginjal, beserta limpa.

Baca Juga :   Kromatid Adalah

Sebab dangan adanya tulang dada dan dibantu oleh tulang rusuk , keberadaannya sangat penting guna melindungi organ–organ dalam .

Dimana pada tulang-tulang tersebut mempunyai bentuk yang sangat keras dan padat sehingga dapat melindungi adannya berbagai macam benturan, misalnya seperti : alat ekskresi ginjal dan sistem ekskresi paru paru.

Membantu Proses Pernafasan

Seperti yang kita ketahui bahwa tanpa tulang dada, maka kita tidak akan bisa bernafas secara normal

Keadaan tersebut disebabkan oleh tidak adanya pelindung terhadap paru-paru yang mana ia merupakan sebuah alat pernafasan bagi manusian.

Sebagai Kerangka

Kemudian peranan lainnya dimana ia merupakan sebuah kerangka yang kerap digunakan sebagai tempat berkumpulnya otot-otot dada, punggung, perut, serta bahu atas bisa menempel.

Lalu kemudian pada bagian dalam, dimana letaknya berada di bawah tulang rusuk dan mempunyai fungsi sebagai tempat melekatnya diafragma.

Anatomi Pada Tulang Dada

Fungsi Tulang Dada
Fungsi Tulang Dada

Hal yang musti sobat pahami bahwa tulang dada yang terdapat di dalam tubuh manusia hanya tersusun dari satu buah sajadalam penysunannya memng sudah ada sejak sama lahir. Berikut penjelasan dari 3 bagian tulang dada :

Tulang Hulu / Kepala

Letak dari tulang ini berada dibagian atas dalam dari tulang dada dan juga diantarnya terdapat sebuah persendian didalamnya.

Apa yang dimaksdu dengan Tulang hulu? yakni merupakan suatu tempat menempelnya susunan tulang rusuk, yang kerap dikenal dengan sebutan tulang kepala.

Sebab secara anatomi pada tulang ini letaknya berada pada bagian paling atas atau kepala dari tulang dada, dan dengan sifat yang keras dan padat sehingga tulang tersebut dapat memberikan perlindungan bagian yang ada disekitarnya dan juga semua organ dalam.

Tulang Badan

Kemudian pada tulang badan dimana letaknya berada dibagian tengah, dan merupakan sebuah tempat menempelnya tulang rusuk yang ketiga hingga yang ke tujuh, dan juga sebagai penyatu antara tulang rusuk ke delapan hingga sampai kesepuluh.

Baca Juga :   Mengenal Struktur Tubuh Amoeba

Tulang Taju Pedang

Apa yang dimaksud dengan tulang taju pedang Yakni merupakan sebuah tulang yang letaknya berada pada bagian bawah dari tulang dada, dan mempunyai bentuk seperti tulang rawan.

Proses Pembentukan

Dalam proses berlangsungnya sebuah pembentukan tulang yang dikenal dengan sebutan osifikasi, dimana dapat berlangsungnya proses ini terbagi atas dua, yakni : proses osifikasi intramembranosa dan juga osifikasi intrakartilagenosa.

Proses Osifikasi intramembranisa ini juga kerap disebut dengan penulangan secara langsung dimana proses ini berlangsung pada tulang pipih.

Kemudian untuk contoh dari proses osifikasi intrakartilagenosa ialah merupakan sebuah proses pembentukan tulang pipa yang membatu dalam pertumbuhan tulang yang berlangsung pada bagian daerah cakra epifise.

Dalam proses belangsungnya penulangan ini hanya dapat berlangsung sekali dalam umur manusia dan setelahnya tidak akan terjadi lagi.

Apa itu tulang dada?

yakni merupakan suatu bagian tulang yang mempunyai seperti pipih dimana letaknya berada pada bagian tengah dada.

Fungsi Tulang dada adalah?

Berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap setiap organ yang terdapat di dalamnya guna memaksimalkan fungsi dan peranannya sebgai mana mestinya, apabila terjadi kecelakan sehingga adanya benturan yang sangat keras terjadi, maka disinilah tulang dada ini memainkan peranannya sebagai pelindung sebab bersifat sangat keras dan padat.

Tulang Hulu adalah?

yakni merupakan suatu tempat menempelnya susunan tulang rusuk, yang kerap dikenal dengan sebutan tulang kepala.

Apa yang dimaksud dengan tulang taju pedang ?

Yakni merupakan sebuah tulang yang letaknya berada pada bagian bawah dari tulang dada, dan mempunyai bentuk seperti tulang rawan.

Apa yang dimaksud dengan osifikasi intrakartilagenosa ?

Yakni merupakan sebuah proses pembentukan tulang pipa yang membatu dalam pertumbuhan tulang yang berlangsung pada bagian daerah cakra epifise.

Nah itulah materi pembahasan yang bisa quipper.co.id sampaikan tentang fungsi tulang dada, semoga sajian materi kali ini dapat bermanfaat bagi sobat sekalian.

Baca Juga Artikel Lainnya :