Faktor Penyebab Pelanggaran HAM

Posted on

Faktor Penyebab Pelanggaran HAM – Hay sahabat semua.! Pada perjuampaan kita kali ini akan kembali quipper.co.id paparkan materi pembahasan tentang faktor penyebab pelanggaran HAM beserta pengertian, Internal dan eksternal secara detail. Untuk yuk mari kita simak bersama ulasannya sebagai berikut ini.

Faktor Penyebab Pelanggaran HAM

Faktor Penyebab Pelanggaran HAM
Faktor Penyebab Pelanggaran HAM

Apa yang dimaksud dengan Pelanggaran HAM? Yakni merupakan sebuah kata yang merujuk pada sebuah tindakan ayng mengambil atau merampas yang menjadi hak -hak dasar manusia.

Namun tidak semua pelanggaran yang berkaitan dengan suatu hak dapat diartikan sebagai sebuah pelanggaran ham.

Di bagian bumi manapun jelas sangat melarang adanya tindakan pelanggaran HAM ini.

MIsalnya seperti dinegara kita yakni Indonesia ,yang mana telah di atur dengan ketentuan serta undang-undang yang berlaku.

Salah satunya yakni yang sudah termuat pada UU No. 39 tahun 1999, dimana pelanggaran HAM didefinisikan sebagai:

Pada semua tindakan perbuatan secara individu maupun berkelompok atau termasuk dari segenap instansi aparat Negara, disengaja maupun tidak disengaja sehingga akibat yang ditimbulakn dari kelalaian yang melawan hukum, baik berbebntuk mengurangi, lalu menghalangi, dan membatasi, kemudian mencabut hak asasi orang lain yang telah dilindungi oleh UU sehingga tidak diberikan atau dikhawatirkan tidak mendapatkan penyelesaian hukum yang benar dan adil yang sesuai dengan mekanisme hukum yang berlaku.

Maka dari definisi tersebut sangat jelas sehingga dapat disimpulkan bahwa HAM itu sesuatu yang hal sangat dilindungi oleh Negara.

Baca Juga :   Kata Kerja Material

Jenis-jenis Pelaggaran Ham

Faktor Penyebab Pelanggaran HAM
Faktor Penyebab Pelanggaran HAM

Di bawah ini terdapat beberapa macam jenis pelanggaran ham, yang akan quipper.co.id paparkan secara jelas. Berikut ini penjelasannya.

Kejahatan Genosida

Apa yang dimaksud dengan Kejahatan genocide? yakni merupakan suatu tindak perbuatan yang melakukannya dengan maksud untuk merusak maupun menghancurkan baik itu seluruh ataupun hanya dari sebagian kelompok bangsa atau ras.

Pada jenis tindakan pelanggaran ini dapat dikatagorikan sebagai salah satu pelanggaran yang sangat menakutkan serta akan dapat membahayakan terhadap kehidupan sebuah bangsa.

Kejahatan Kemanusiaan

Apa yang dimaksud dengan Kejahatan kemanusiaan? yakni merupakan suatu tindak perbuatan yang dilakukan dari terjadi suatu serangan yang meluas dan sistematik .

Pembajakan dan Perampokan

Apa itu pembajakan? yakni merupakan suatu tindakan kejahatan yang bisanya kerap dilakukan di dalam pesawat udara, dimana sebelumnya telah dijelaskan bahwa merampok ialah sebuah tindakan kriminal dan dapat merugikan orang lain.

Kejahatan Perang

Apa itu Kejahatan perang? yakni merupakan suatu tindakan perbuatan dalam kejahatan yang secara umum dilakukan oleh seseorang indivdu ketika sedang terjadi sebuah peperangan hingga mengakibatkan banyak korban yang berjatuhan dari adanya peperangan tersebut, misalnya seperti kejahatan Perang Dunia II.

Faktor Internal Penyebab Pelanggaran HAM

Adanya penyebab tentunya ada faktor yang mempengaruhi terjadinya pelanggaran HAM tersebut.

Sehingga bisa dimaknai sebagai sesuatu yang ada dalam diri seseorang yang memcu terhadap orang tersebut agar melakukan tindakan pelanggaran HAM. Berikut terdap 10 penyebab Faktor internal tersebut yakni sebgai berikut:

  • Sifat Egois
  • Individualis
  • Kondisi Psikologis Pelaku
  • Intoleransi
  • Mendendam
  • Tak memiliki Empati
  • Kurangnya memahami mengenai HAM
  • Mempunyai Padangan yang keliru terhadap HAM.
  • Tak mempunyai rasa hormat, harkat serta martabat manusia
  • Diskriminasi¬†

Faktor Eksternal Penyebab Pelanggaran HAM

Kemudian selanjutnya faktor lainnya yakni eksternal yang menjadi masih merupakan sebagai penyebab adanya suatu tindakan pelanggaran HAM. Dalam faktor ini tersusun 5 , yakni:

  • Tidak adanya ketegasan aparat dan hukumnya.
  • Disebabkan oleh struktur politik dan juga sosial
  • Adanya Kesenjangan Ekonomi
  • Kurangnya Sosialisasi tentang HAM
  • Penyalahgunaan Teknologi
Baca Juga :   Tanah Regosol

Bentuk-Bentuk Pelanggaran HAM

Di bawah terdapat 2 macam bentuk dari pelanggaran ham, berikut ini penjelasanya.

Pelanggaran HAM Berat

Yakni merupakan sebuah pelanggaran HAM dengan didasarkan Undang-undang No. 39 Tahun 1999 pasal 104 ayat (1) menerangkan bahwa pada suatu tindakan yang tergolong ke dalam jenis pelanggaran HAM genosida : yakni dalam bentuk sebuah tindak kejahatan kemanusiaan, lalu pembunuhan dengan tanpa didasarkan keputusan pengadilan dan penyiksaan, kemudian perbudakan serta diskriminasi yang dilakukan secara sistematis.

a). Genosida

Dengan berdasarkan UU No. 26 Tahun 2000 mengenai pengadilan HAM, genosida yakni sebuah tindak perbuatan yang dilakukan yang bertujuan untuk merusak maupun menghancurkan sebagian kelompok ras, suku bangsa atau agama tertentu.

b). Kejahatan Kemanusiaan

Kemudian merujuk dari adanya tindakan maupun serangan secara sistematis tersebut yang ditujukan terhadap individu, lalu kelompok maupun penduduk sipil yang didasari oleh konflik di bidang politik serta kepentingan.

Pelanggaran HAM Ringan

Walaupun masih tergolong sebuah bentuk pelanggaran terhadap hak, Diamana pada pelanggaran HAM ringan ialah merupakan salah satu jenis pelanggaran hak yang tak mempunyai dampak yang perlu dikhawatirkan sebab pasalnya tidak menghilangkan nyawa orang lain.

Adapun Bentuk dari pelanggaran HAM ringan ialah : Kasus pemukulan, lalu merampas kebebasan dalam berpendapat serta perampasan maupun mengambil dengan paksa hak orang lain. Pada kasus ini kerap dijumpai pada lingkungan disekitar kita, misalnya seperti dalam keluarga dan juga di sekolah.

Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia

Di bawah terdapat beberapa contoh kasus pelanggaran HAM yng pernah terjadi di Indonesia:

Kasus Pelanggaran di Tanjung Priok

Pernah terjadi sekitar pada tahun 1984 yakni sebuah penembakan serta beberapa bentuk kekerasan massal lainnya yang pernah dilakukan oleh Warga sekitar dan aparat. Sehingga dengan adanya hal tersebut mengakibatkan banyak merenggut korban jiwa dan tidak sedikit orang yang mengalami luka luka akibat terkena berbagai senjata.

Baca Juga :   Contoh Surat Pengalaman Kerja

Kasus Dayak dan Madura

Diperkirakan pada terjadi sekitar tahun 2000, bentrok antara kedua suku yakni suku madura dan Dayak yang di duga dipicuh oleh adanya kesalah pahaman sehingga terjadi sebuah pertikaian akibat kepentingan etnis. Dengan adanyapelanggaran HAM ini hingga akhirnya banyak merenggut korban jiwa dari kedua suku tersebut.

Apa yang dimaksud dengan pelanggaran HAM?

Yakni merupakan sebuah kata yang merujuk pada sebuah tindakan yang mengambil atau merampas yang menjadi hak -hak dasar manusia.

Apakah faktor penyebab terjadinya pelanggaran Ham di Indonesia?

Tidak adanya ketegasan aparat dan hukumnya.
Disebabkan oleh struktur politik dan juga sosial
Adanya Kesenjangan Ekonomi
Kurangnya Sosialisasi tentang HAM
Penyalahgunaan Teknologi

Penyebab Pelanggaran HAM dan Kewajibannya adalah?

Tak memiliki Empati
Kurangnya memahami mengenai HAM
Mempunyai Padangan yang keliru terhadap HAM.
Tak mempunyai rasa hormat, harkat serta martabat manusia
Diskriminasi 

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan mengenai faktor penyebab pelanggaran HAM, semoga bisa bermanfaat.

Daftar Artikel Lainnya :