Kebutuhan Sekunder

Posted on

Kebutuhan Sekunder – Hallo sahabat semua! Pada perjumpaan kali ini quipper.co.id akan menyampaikan pembahasan materi makalah tentang Contoh kebutuhan sekunder. Namun pada perjumpaan sebelumnya, yang mana kami juga telah menyampaikan materi makalah tentang Landasan Struktur Koperasi Di Indonesia. Yuk langsung kita simak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan Sekunder
Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder ialah kebutuhan yang sepemenuhnya bisa dipenuhi apabila kebutuhan primernya telah terpenuhi semuanya.

Kebutuhan sekunder tidak harus wajib terpenuhi serta juga tidak akan menghambat kelangsungan hidup pada manusianya bila kebutuhan itu tidak dipenuhinya.

Sedangkan, kebutuhan sekunder sering menjadi alasan untuk membutuhkannya agar dapat mempermudah aktivitas hidup manusianya sendiri.

Faktor – Faktor Kebutuhan Sekunder

Bahwasannya pada setiap individu manusia mempunyai presentase kebutuhan serta keinginan yang pastinya berbeda -beda juga.

Apabila dicari tahu lebih umum lagi, akan ditemukan begitu banyak faktor yang dapat menjadi pengaruh atas beberapa perbedaan itu, serta berikut ini faktor – faktor yang dapat mempengaruhi kebutuhan sekunder antara lain :

Perkembangan Zaman

Zaman ialah penentu waktu yang sangat sulit sekali ditebak masanya, perbedaannya kebutuhan dengan zaman dulu atau zaman sekarang begitu mudah kita lihat saat ini.

Sedangkan bagi orang zaman dulu itu hidup tanpa memiliki smartphone sudah biasa.

Dan di era modern saat ini dapat diketahui bahwa orang – orang sangat begitu memerlukan smartphone sebagai salah satu alat yang mampu membantu keberlangsungan hidup pada zaman sekarang.

Dengan sebuah perkembangan zaman saat ini, sangat menuntut manusianya agar dapat mengikuti adanya perkembangan makanan yang banyak variatifnya, tempat tinggal yang mewah serta lain – lainnya.

Lingkungan

Lingkungan ialah salah satu faktor yang bisa berpengaruh besar pada kebutuhan individu manusianya, serta dapat dilihat bahwa beberapa individu yang bertempat tinggal di sebuah lingkungan yang terpisahpun bisa mempunyai presentase kebutuhan yang tidak sama pastinya.

Adat Istiadat

Tradisi ataupun adat istiadat ialah suatu perbedaan yang di dalamnya akan berbeda pula disetiap suku bangsa, menurut salah satu perbedaan suatu adat istiadat tersebut dapat membuat beberapa kebutuhan pada individu manusianya berbeda – beda.

Baca Juga :   Arti Mimpi Berenang

Agama

Agama sendiri ialah faktor yang sangat berpengaruh besar dalam menentukan kebutuhan pada masing – masing individu manusianya, contohnya saja kebutuhan pada umat Islam maupun umat Kristen yang begitu berbeda – beda.

Apabila umat Isalam sangat dilarang (haram) mengkonsumsi daging babi, tetapi bagi umat kristen itu sendiri tidak dilarang (boleh) mengkonsumsinya.

Berikut ialah 10 contoh kebutuhan sekunder. Mari di simak penjelasannya dibawah ini :

Contoh Dari Kebutuhan Sekunder

1. Alat Elektronik

Contoh kebutuhan sekunder yang pertama ialah sebuah Alat Elektronik misalnya : rice cooker, kipas angin, mesin cuci serta barang – barang elektronik lainnya.

Dalam memanfaatkan suatu barang seperti alat elektronik itu bisa memudahkan kita untuk menyelesaikan pekerjaan ataupun kegiatan (aktifitas) harian kita.

Antara lain dalam memanfaatkan mesin cuci itu kita bisa mempercepat waktu kerja kita saat mencuci pakaian sendiri, sehingga akhirnya membuat kegiatan harian kita menjadi mudah.

2. Perabotan Rumah

Contoh kebutuhan sekunder yang ke – dua ialah barang perabotan rumah tangga.

Misalnya ialah seperti perlengkapan kursi, kulkas, oven, tempat tidur, lemari, kipas angin, meja makan serta beberapa barang yang lain disebut juga kebutuhan sekunder tambahan yang bisa memenuhi kebutuhan hidup harian kita.

Memiliki barang perabotan tersebut, kita juga bisa lebih mudah berkegiatan selama berada didalam rumah.

3. Rekreasi

Sebagian orang sangat membutuhkan yang namanya rekreasi atau pergi ke suatu tempat wisata yang begitu indah.

Untuk memenuhi sebuah kebutuhan sekunder maupun kebutuhan lainnya dalam menjalani kehidupan saat ini.

Misalnya : hiburan atau ke tempat wisata manusia juga bisa mendapatkan kesenangan serta kebahagiaan dalam menikmati kegiatan kerohanian sehingga dapat jadi obat lelah atau kebosanan dalam menjalani kegiatan harian hidupnya.

4. Olahraga

Olahraga ialah salah satu contoh kebutuhan sekunder yang penting juga. Sebab Olahraga dapat membuat otot-otot atau bagian tubuh lainnya terangsang untuk bisa bergerak.

Manfaat penting olahraga untuk tubuh kita bisa digambarkan pada suatu mesin yang sudah tidak bisa dipergunakan lagi.

Seperti itu juga pada tubuh kita, pabila kurang aktivitas geraknya / kurang berolahraga, tubuh dapat menjadi lemah atau rusak.

Karena itulah betapa pentingnya olahraga untuk tubuh kita saat ini.

5. Jam Tangan

Di zaman kehidupan yang serba modern saat ini, jam tangan telah jadi sebuah aksesoris yang sangat penting dipakai dalam aktivitas harian kita.

Baca Juga :   Arti Mimpi Sekolah

Dari sebagian kehidupan banyak orang sibuk memanfaatkan jam tangan sebagai pengingat waktu yang paling cepat dan dapat membuat penampilan kita juga menjadi keren.

Yang terpenting sebagai pengatur waktu kita agar disiplin waktu yang teratur disetiap melakukan aktifitas keseharian kita.

6. Hiburan

Manusia begitu membutuhkan adanya suatu hiburan sebagai kebutuhan sekunder agar tidak bosan dalam melakukan aktivitas yang sama setiap harinya.

Misalnya : hiburan bermain game, bermain playstation serta banyak yang lainnya.

Menurut penelitian hiburan bagi manusia itu bisa menghasilkan suatu kesenangan bahkan kebahagiaan yang begitu nikmat saat melakukannya sampai bisa membuat orang yang lelah menjadi bersemangat lagi.

7. Kendaraan Pribadi

Kendaraan Pribadi ialah contoh umum kebutuhan sekunder yang memiliki peran yang begitu penting untuk membantu dikehidupan harian manusianya sendiri.

Kendaraan Pribadi dipergunakan untuk alat transportasi yaitu misalnya : sepeda motor ada juga mobil yang pada era saat ini begitu dibutuhkan oleh banyak orang untuk membantu aktifitas – aktifitas kesehariannya.

Dan dengan mempunyai kendaraan pribadi kita juga bisa dimudahkan pulang pergi kemana pun sacara cepat serta efisien setiap harinya.

8. Peralatan Belajar

Peralatan belajar misalnya saja : meja belajar, buku, pena, serta masih banyak lagi lainnya.

Manfaat dari adanya peralatan belajar bagi kebutuhan sekunder ialah dapat membuat kehidupan kita itu berubah menjadi lebih baik lagi serta membuat kita nyaman untuk belajar.

9. Smartphone

Smartphone ialah barang penting lainnya dari kebutuhan sekunder yang bisa menjadi pembantu utama di kehidupan harian manusia, apa lagi memudahkan untuk berkomunikasi.

Misalnya : menggunakan hp untuk mengirim SMS bisa juga menelpon beberapa orang dengan cepat.

Walaupun sebagian pengguna dari smartphone tersebut begitu dekat oleh banyak orang di dalam smartphone nya sendiri. dan bila kita tidak bisa memanfaatkan smartphone kita sendiri, itu bisa membuat kita banyak ketinggalan informasi penting bagi kita serta orang lain.

10. Surat Kabar

Surat kabar ialah salah satu kebutuhan sekunder yang dibutuhkan sebagai info penulis dari suatu jurnalis.

Misalnya : koran, dengan membacanya kita dapat mendapatkan sebuah informasi / berita juga wawasan yang baru dari sering – sering membacanya dikehidupan harian kita.

Cara Mengatur Keuangan Untuk Kebutuhan Sekunder

Setelah kita ketahui beberapa contoh daftar kebutuhan sekunder, dibawah ini juga akan dijelaskan beberapa cara untuk dapat mengatur keuanganmu serta mencukupi kebutuhan sekundermu antara lain :

Baca Juga :   Permainan Bola Kecil

1. Membuat Daftar Kebutuhan

Sebagai melengkapi kebutuhan sekunder, hal yang utama bisa kamu lakukan ialah segera buatlah daftar apa saja yang akan kita masukan ke daftar kebutuhan sekunder pilihan kita sendiri.

Sehingga kita bisa dengan mudah membuatnya dan berpacu pada suatu faktor yang sudah diberi penjelasannya diatas, menurut panduannya bahwasannya tidak adanya barang – barang ini pun tidak akan mengganggu kehidupan harian kita.

Sesungguhnya, apabila hidup kita masih berjalan dengan begitu baik serta kegiatan harian pun masih lancar tanpa adanya barang – barang itu, artinya hal itu dapat dikatakan bukan menjadi kebutuhan sekundr yang penting untuk kita.

2. Memenuhi Skala Prioritas

Yakinkah diri kita untuk memprioritaskan kebutuhan primer sebelum memilih beberapa kebutuhan sekundeer.

Menurut daya ingat kita kebutuhan primer lah yang begitu sangat penting dan mendasar untuk dapat terpenuhi.

Sebenarnya apabila hal itu sudah terpenuhi, barulah setelah itu kita dapat memenuhi semua kebutuhan sekundr yang ingin kita miliki.

3. Belanja Dengan Efektif

Sebelum kita memastikan untuk dapat memenuhi semua kebutuhan sekundeer, seharusnya kita pastikan terlebih dahulu bahwasannya kita telah menggunakan uang kita secara efektif.

Kita bisa saja melakukan sebuah perbandingan harga dan juga memilah produk yang memiliki kualitas bagus sehingga lebih tahan lama serta tidak membiarkan kita sesering mungkin membelinya lagi di hari – hari berikutnya.

4. Menabung Dan Menabung

Tidak banyak cara mengatur keuangan yang lebih baik tanpa berusaha untuk menabung secara rutin asert disiplin.

Prinsip agar bisa menabung sendiri itu masih banyak sekali orang – orang yang salah mengartikannya, sebenarnya dimanapun mereka bisa menabung dengan uangnya sendiri yaitu menyisihkan sedikit kembalian setelah membelikan beberapa kebutuhan primernya.

Sedangkan menabung yang baik itu dilakukan dengan cara menyisihkan beberapa lembar uang diawal kita mendapatkan sebuah penghasilan, setelah itu baru kita membelanjakan sisanya untuk membeli kebutuhan sekunder yang kita butuhkan saat ini.

Pada umumnya, kebutuhan utama yaitu premier hanya seputaran sandang, pangan, serta papan.

Demikianlah yang dapat quipper.co.id sampaikan. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan membantu rekan – rekan semua ya! Terimakasih sudah membaca pembahasan materi makalah tentang kebutuhan sekunder. Maaf jika masih ada kekurangan dalam penulisan ini ya sahabat.

Baca juga :