Proto Melayu

Posted on

Proto Melayu – Ciri Proto Melayu, Persebaran Proto Melayu, Kebudayaan Proto Melayu, Asal Usul Proto Melayu dan Peninggalan – Hay sahabat semua.! Diperjumpaan kali ini kembali akan Quipper.co.id sampaikan materi pembahasan tentang proto melayu secara lengkap. Namun diperjumpaan sebelumnya Quipper.co.id telah menerangkan materi tentang Saran Dalam Makalah Baiklah untuk ulasan selengkap mari kita simak berikut ini.

Pengertian Proto Melayu

Proto Melayu
Proto Melayu

Apa yang dimaksud dengan Proto Melayu ? yakni merupakan suatu Ras atau suku melayu yang mempunyai sebuah kebudayaan asli yang datang kedalam daerah nusantara dan merupakan gelombang pertama yang hadir sejak 1500 SM.

Kemudian pada rasa dijuluki sebagai Melayu Tua hal ini disebabkan oleh mereka datang lebih dahulu dari pada Deutro Melayu.

Bangsa Proto Melayu

Pada bangsa protto melayu merupakan salah satu tertuan dan juga merupakan nenek moyang bangsa Indonesia untuk pertama kalinya mereka datang ke Indonesia sejak tahun 1500 SM.

Bangsa ini ialah merupakan sekelompok orang yang berasal dari Austronesia yang kemudian mereka dapat masuk ke wilayah Nusantara dengan melewati dua jalur, yakni jalur malaysia-sumatera atau disebut dengan Jalur Barat dan juga melewati phipipin-Sulawesi atau disebut dengan Jalur Utara.

Pada bangsa Protto Melayu sangat dikenal sebagai suatu bangsa yang yang di dalamnya mempunyai kebudayaan yang dapat dikatakan lebih maju jika dibandingkan dengan bangsa purba lainnya dimasa itu.

Dalam Hal ini sangat terbuti atas berbagai penemuan berbagai fosil dan juga benda- benda yang merupakan yang memang sudah terbuti kebudayaan mereka.

Dimana hampir dari segala benda dan peralatan yang mereka buat merupakan sebuah bahan dasar batu yang sudah dibentuk dan dihaluskan.

Baca Juga :   Pemberontakan DI TII

Ciri-Ciri Bangsa Proto Melayu

Di bawah ini terdapat beberapa ciri dari bangsa Protto Melayu yakni sebagai berikut :

  • Dimana asalmuasal mereka dari wilayah China Selatan atau (Tiongkok).
  • Diperkirakan datang ke Nusantara dari 1500 SM sampai 500 SM.
  • Mempunyai tubuh tinggi dan juga langsing.
  • Warna pada kulitnya sawo matang.
  • Mempunyai bentuk Rambut lurus, dan hidung dan mulutnya berukuran sedang .
  • Dan merupakan hasil dari kebudayaan (neolitikum) batu muda.

Kebudayaan Proto Melayu

Pada bangsa Protto Melayu ini mempunyai suatu kebudayaan Neolithikum atau biasa dikenal dengan sebutan Batu Muda yang mana pada setiap benda dari hasil kebudayaan pada bangsa ini hampir semuanya terbuat dari batu yang sudah dihaluskan.

Adapun contoh dari hasil kebudayaan pada bangsa ini dapat kita lihat bersama hingga pada saat ini contohnya seperti kapak yang membentuk seperti sebuah persegi dan kapak lonjong.

Pada hasil budaya berjenis kapak persegi ini dibawa secara langsung oleh mereka dengan melewati jalur timur, dan hasil budaya kapak lonjong dibawa oleh mereka dengan melewati jalur barat.

Persebaran Proto Melayu

Dari kelompok ras ini ialah merupakan suatu ras Mongoloid yang pada awalnya datang dari daerah China bagian Selatan, Lebih jelasnya di Yunan, hampir sangat dekat dengansebuah lembah Sungai Yang Tze.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa bangsa ini masuk dengan melalui dua rute berikut penjelasannya:

  • Melalui Rute Barat : yakni dari Yunan – Thailand – Semenanjung Melayu – Sumatera – lalu khingga tersebar sampai keseluruh wilayah Nusantara, lebih tepatnya bagian barat.
  • Kemudian melalui Rute Timur : Yakni dengan melalui Yunan – Vietnam – Taiwan – Kepulauan Filipina – Sulawesi – Hingga menyebar luas ke setiap penjuru wilayah Nusantara, khusunya dibagian timur.
Baca Juga :   Arti Mimpi Melihat Laut

Asal Usul Proto Melayu

Proto Melayu
Proto Melayu

Banyak yang meyakini bahwa Protto Melayu merupakan salah satu ras yang menjadi asal usul manusia di indonesi dan disebut juga sebagai nenek moyang orang Melayu Polinesia yang sudah tersebar cukup luas berawal dari Madagaskar hingga sampai pada beberapa pulau yang terdapat paling timur di Pasifik.

Pada mulanya kehadiran bangsa ini dipatikan berasal dari Cina bagian Selatan.

Dimana mereka mempunyai ciri seperti yang sudah dijelaskan diatasyakni mempunyai rambut yang lurus, dan warna pada kulitnya berwarna kuning kecoklatan, dan mempunyai mata mata yang sipit.

Kemudian ketika sudah berada di Cina bagian selatan (Yunan) mereka melakukan imigrasi ke Indocina dan Siam, lalu selanjutnya kebagian Kepulauan yang ada di Indonesia

Pada awalnya bangsa ini bertempat tinggal di daerah pinggiran pantai Sumatera Utara, lalu Kalimantan Barat, dan selanjutnya ke Sulawesi Barat.

Kemudia pada pada Protto Melayu ini membawa suatu peradaban batu di Kepulauan Indonesia.

Kemudian setelah hadir para imigran baru, yakni seperti Deutero Melayu atau (Ras Melayu Muda)

Maka akhirnya Mereka melakukan perpindahan lagi hingga masuk ke daerah pedalaman untuk menemukan tempat yang baru ke daerah hutan agar dapat dijadikan sebagai tempat tinggalnya.

Dengan adanya bangsa Protto Melayu tersebut memberi desakan terhadap keberadaan penduduk asli.

Yang akhirnya dengan menjalani kehidupannya di dalam hutan sehingga membuat terisolasi dari kehidupan diluar, akhirnya membuat peradaban bangsa ini menjadi pudar dengan seiringnya waktu.

Sehingga kemudian para penduduk asli dan ras Protto Melayu itu pun perlahan mulai menyatu dan berbaur menjadi suku yang sampai saat ini masih ada yakni Batak, Dayak, Toraja, Alas, dan Gayo

Dengan terasingnya Kehidupan pada bangsa ini sehingga akhirnya membuat ras Protto Melayu sedikit terpengaruh atas kebudayaan Hindu maupun Islam di kemudian hari.

Baca Juga :   Arti Mimpi Tentang Naik Pesawat

Hasil Peninggalan Proto Melayu

Proto Melayu
Proto Melayu

-Kapak persegi
-kapak lonjong
-kapak bahu
-Gerabah
-Perhiasan(gelang dan manik-manik)Alat pemukul kayu

Suku Proto Melayu adalah?

-Suku  Mentawai
-Suku Dayak
-Suku Toraja
-Suku Batak

Apa yang dimaksud dengan Proto Melayu?

yakni merupakan suatu Ras atau suku melayu yang mempunyai sebuah kebudayaan asli yang datang kedalam daerah nusantara dan merupakan gelombang pertama yang hadir sejak 1500 SM.

Bagai manakan Bangsa Protto bisa masuk ke wilayah nusantara?

Yakni denga melalui dua jalur berikut penjelasannya :
Melalui Rute Barat : yakni dari Yunan – Thailand – Semenanjung Melayu – Sumatera – lalu khingga tersebar sampai keseluruh wilayah Nusantara, lebih tepatnya bagian barat.
Kemudian melalui Rute Timur : Yakni dengan melalui Yunan – Vietnam – Taiwan – Kepulauan Filipina – Sulawesi – Hingga menyebar luas ke setiap penjuru wilayah Nusantara, khusunya dibagian timur.

Sebutkan apa yang membuat bangsa protto melayu melakukan imigrasi dan pergi meninggalkan tempat asalnya?

Semua pakar ahli menyebutkan bahwa yang menjadi alasan bangsa proto melayu ini datang kewilayah nusantara ialah adanya sebuah peperangan terjadi yang dilakukan oleh antar suku, dengan berbagai desakan dari berbagai ras atau suku yang liar yang berasal dari Asia bagian Tengah, dan bencana alam juga menjadi faktor penyebabnya.

Nah itulah yang bisa Quipper.co.id sampaikan mengenai proto melayu, semoga apa yang menjadi sajian dari serangkaian materi kali ini bisa memberi banyak manfaat terutama untuk sahabat sekalian.

Baca Juga Artikel Lainnya :