Makna Sila Ke 2 (Dua)

Posted on

Makna Sila ke 2 (Dua) dan Contoh Dalam Kehidupan Sehari Hari,- Hay sahabat semua, pada perjumpaan kali ini kembali akan quipper.co.id sampaikan pembahasan tentang Makna Sila ke Dua. namun pada perjumpaan sebelumnya yang mana kami juga telah menyampaikan mmateri tentang Makna Sila Ke 3. Nah untuk melengkapi apa yang menjadi pembahasan kita kali ini maka, mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini

Pengertian Sila 2 (Kedua)

Makna Sila Ke 2
Makna Sila Ke 2

Kemanusiaan yang Adil dan Berada adalah bunyi sila kedua pancasila. Makna dari sila kedua ini adalah kita sebagai bangsa Indonesia harus saling menghargai satu sama lain.

Maksud dari manusia yang adil dan beradab ialah manusia merupakaan ciptaan tuhan yang memiliki derajat paling tinggi.

Oleh sebab itu, Sudah seharusnya kita mewujudkannya melalui sikap dan prilaku yang adil dan beradab.

Bisa dengan cara seperti, menyayangi, menghargai, menghormati, dan mencintai satu sama lain.

Didalam kata adil yang terdapat pada sila kedua pancasila, Memiliki maksud dalam melakukan sesuatu kita harus bersikap adil tanpa melihat derajat atau latar belakang seseorang.

Butir-Butir Pancasila

  • Ketuhanan yang maha esa
  • Kemanusiaan yang adil dan beradab
  • Persatuan indonesia
  • Kerakyatan yang dipimpinloleh hikmat kebjaksanaan dalam Permusyawaratan/perwakilan
  • Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia

Nah selanjutnya kita akan membahas isi dari pancasila terutama sila ke dua. simak ulasan nya sebagai berikut

Baca Juga :   Teknik Dasar Wall Climbing

Isi Dari Sila 2 (Dua)

Menciptakan kebudayaan yang tinggi, kita harus sadar dan mengerti bahwa adanya nilai-nilai dan norma yang mengandung bahwa suatu tindakan dan keputusan berdasarkan norma yang obyektif dan subyektif.

Dapat kita simpulkan Kemanusiaan yang adil dan beradab merupakan salah satu sikap dan kesadaran yang didasarkan kepada potensi manusia dalam suatu hubungan beragama.

Di dalam Sila Kedua ini juga menjelaskan bahwa kemanusiaan yang adil dan beradab sudah terikat dalam sebuah cita-cita Kemanusiaan yang sangat jelas untuk membantu menerapkan kan sikap yang adil dan beradap.

Lambang Dari Sila Ke 2

Kemanusiaan yang Adil dan Beradab di dalam butir pancasila,

Makna Sila Ke 2
Makna Sila Ke 2

Berlambangkan dengan lingkaran rantai yang membentuk seperti bulatan dan juga seperti sebuah persegi di bagian kiri bawah perisai berlatar merah.

Kemudian Rantai itu tersusun atas sejumlah rantai yang melingkar dan masing-masing mata rantainya ada dua bentuk yakni seperti sebuah segiempat dan juga satunya lagi membentuk sebuah lingkaran yang antara satu dengan yang lainnya saling berhubungan serta seperti membentuk sebuah lingkaran.

Kemudian pada Gelang yang berbentuk persegi mempunyai arti sebagai pria dan untuk yang berbentuk lingkarannya bermaknakan wanita.

Dalam hal ini memiliki artian bahwa adanya sebuah keterikatan dalam satu jalinan hubungan yang baik yang terjadi pada semua manusia baik pria maupun perempuan dengan saling tolong-menolong, serta bahu- membahu untuk bersatu

Contoh Prilaku dan Penerapan Sila Ke 2

Di bawah ini terdapat beberapa contoh perilaku dan pengamalan sila kedua, yang diantaranya ialah sebagai berikut.

Mendengarkan dan Menaati Nasihat Orang Tua

Didalam sila kedua ini mengajarkan kita untuk taat dan patuh terhadap orang tua sebagai manusia yang bermoral dan beretika.

Baca Juga :   Arti Mimpi Menangkap Belut

Segala bentuk nasihat yang diberikan oleh orang tua untuk kita tentu saja bukanlah sebuah alasan, karena orang tua ingin yang terbaik untuk anaknya.

Dengan mendidik anaknya menjadi anak yang taat, sholeh, cerdas dan berguna bagi orang lain.

Untuk itu sudah seharusnya kita menghormati orang tua.Hal ini juga merupakan dijadikan salah satu bentuk perwujudan atau penerapan dari sikap nilai Pancasila sila kedua.

Tidak Mencampuri Urusan dan Hak Orang Lain

Setiap orang atau individu pasti memiliki urusan dan hak nya sendiri. untuk itu kita tidak boleh dalam mencampuri urusan mereka.
Kecuali kita memberikan solusi atau masukan yang dapat membantu dalam urusan mereka.

Saling Menolong Dan Membantu Sesama Manusia

Saling membantu dan menolong sesama manusia merupakan hal yang harus dialakukan, karena manusia sebagai mahluk sosial dan tidak dapat hidup sendiri. contoh yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari merupakan penerapan dari nilai sila ke dua misalnya:

  • Membantu sesama manusia yang terkena musibah seperti bencana alam dan lain nya

Adil Dalam Bertindak

Sebagai Manusia kita harus bersikap adil dalam hal apapun, tanpa memandang suku dan bulu. contoh nya misalkan sebagai kepala desa kita harus adil terhadap warganya dalam pemberian bantuan.

Menunjukan Sikap Yang Sopan Santun

Prilaku ini mencerminkan diri seseorang. Sopan Santun bukan hanya di tunjukan kepada orang yang lebih tua dari kita tetapi kepada orang yang lebih muda dari kita juga harus bersikap sopan santun, bahkan kepada binatang sekali pun karena kita semua merupakan mahluk ciptaan tuhan.

Menghargai Pendapat Orang Lain

Jika kita ingin dihargai, maka kita juga harus dapat menghargai orang lain. tidak mementingkan dan memaksakan kehendak kita sendiri.

Baca Juga :   Kata Kerja Material

Pengamalan Sila Ke 2 (Dua)

  • Membangun sikap gotong royong
  • Lebih mementingkan kepentingan umum dari pada kepentingan sendiri.
  • Melaksanakan Kewajiban
  • Menunjukkan Sikap Sopan Santun Terhadap Siapapun
  • Menghargai Pendapat Orang Lain
  • Memiliki Rasa Empati terhadap orang lain yang sedang kesusahan
Apa itu adil dalam bertindak?

Adil dalam bertindak yaitu kita Sebagai Manusia kita harus bersikap adil dalam hal apapun, tanpa memandang suku dan bulu. contoh nya misalkan sebagai kepala desa kita harus adil terhadap warganya dalam pemberian bantuan.

Jelaskan lambang dari sila ke dua!

Kemudian pada Gelang yang berbentuk persegi mempunyai arti sebagai pria dan untuk yang berbentuk lingkarannya bermaknakan wanita. Dalam hal ini memiliki artian bahwa adanya sebuah keterikatan dalam satu jalinan hubungan yang baik yang terjadi pada semua manusia baik pria maupun perempuan dengan saling tolong-menolong, serta bahu- membahu untuk bersatu

Jelaskan Hal apa saja yang dapat kita lakukan dalam pengamalan pancasila?

Hal yang dapat kita lakukan adalah:
1.menumbuhkan dan Membangun sikap gotong royong
2.Lebih mementingkan kepentingan umum dari pada kepentingan sendiri.
3.Melaksanakan Kewajiban
4.Menunjukkan Sikap Sopan Santun Terhadap Siapapun
5.Menghargai Pendapat Orang Lain
6.Memiliki Rasa Empati terhadap orang lain yang sedang kesusahan

Nah demikian lah yang dapat kami sampaikan mudah-mudahan materi yang kami jelaskan dapat dipahami dan bermanfaat bagi teman-teman semua.

Baca Juga :