Persebaran Deutro Melayu

Posted on

Deutro Melayu – Hay sahabat semua.! Sebelumnya Sudah quipper.co.id sampaikan pembahasan tentang Proto Melayu Maka diperjumpaan kali ini kembali akan quipper.co.id sampaikan materi tentang Persebaran Deutro Melayu secara lengkap – beserta Kebudayaan, Ciri, Peta, Asal dan Peninggalannya. Nah untuk melengkapi apa yang menjadi tema pembahasan kita kali ini, maka bisa sahabat sekalian simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Deutro Melayu

Persebaran Deutro Melayu
Persebaran Deutro Melayu

Menyinggung mengenai Deutro Melayu ialah merupakan salah stau ras yang mempunyai asal yang datang dari daratan indocina di bagian selatan.

Yang mana Ras ini datang ke Indonesia dengan membawa suatu budaya baru dengan berupa suatu perkakas dan juga berbgai persenjataan lainnya berbahan besi atau dikelnal juga dengan kebudayaan Dongson.

Proses Perpindahannya dapat diketahui dengan cara melihat rute dari persebaran berbagai alat-alat peninggalannya yang terdapat di beberapa kepulauan di Indonesia.

Adapun berbagai Alat-alat dari hasil peninggalannya ialah berupa kapak kapak persegi panjang yang sudah quipper.co.id gambarkan di bawah.

Kemudian dari adanya peradaban tersebut dapat ditemukan didaerah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Malaka, Filipina, Jawa, dan juga daerah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dimana pada ras Deutro Melayu ini sudah dibekali berbagai kemampuan yang diantaranya ialah dalam membuat sebuah irigasi di tanah pertanian dan juga mempunyai keterampilan dalam bidang pelayaran, jika dibandingkan dengan ras yang sudah ada sebelumnya, dalam hal ini diperkuat dengan kemampuannya yang telah menguasai ilmu perbintangan sehingga sangat mendukungnya.

Maka dengan dasar kemampuan yang dimilikinya maka sehingga kemudian Deutro Melayu melayu mulai melakukan suatu imigrasi atau perpindahan dengan melalui jalur laut.

Baca Juga :   Sandi Pramuka

Dimana hampir dari sebagian ras Dutro Melayu memiliki kemampuan dalam melakukan pelayaran sampai ke Jepang dan juga Madagaskar.

Sehingga Pada akhirnya ras ini mulai mengalami perkembangan dan mendominasi di Indonesia.

Kemudian dari hasil perkembangan yang berlangsung terhadap ras Deutro Melayu dan Proto Melayu maka pada akhirnya mereka saling berbaur menjadi pernduduk di kepulauan Indonesia.

Kebudayaan Bangsa Deutro Melayu (Melayu Muda)

Mengenai bangsa Deutro Melayu atau biasa disapah salah satu jenis bangsa Melayu muda.

Yang mana hal tersebut dapat diketahui dari sebuah proses kedatangan dari bangsa Deutro Melayu yang dilakukan denga secara berkelompok atau bergelombang dengan menggunakan jalur barat sekitar tahun 500 SM. 

Selain itu pada Kebudayaan Deutro Melayu mempunyai ciri khas yakni lebih tinggi dari pada bangsa Proto Melayu.

Hal tersebut dapat diperkuan dengan adanya temuan dari hasil peniggalan berbagai barang barangnya yang dibuat dengan menggunakan sejenis bahan logam misalnya seperti perunggu, lalu kapak sepatu, bejana, nekara dan juga besi.

Selain itu Kebudayaan Deutro Melayu biasa akrab disapah atau dinamakan Don Song.

Kemudian pada bangsa Deutro Melayu ini mempunyai keturunan yang hingga sampai saat ini masih hidup yakni dikenla dengan bangsa Batak, Melayu, Jawa, Bugis, dan juga Minang.

Peninggalan Deutro Melayu

Peninggalan Deutro Melayu
Peninggalan Deutro Melayu
Peninggalan Deutro Melayu
Peninggalan Deutro Melayu

Persebaran Bangsa Deutro Melayu

Menyigung mengenai persebarannya dimana pada Bangsa Deutro Melayu kerap akrab disapah dengan sebutan Melayu Muda.

Dimana pada Bangsa ini juga dapat dikatakan sebagai bangsa yang kedatangannya pada gelombang ke dua dari yang pernah datang atas sebelumnya dari Asia Selatan.

Kemudian mengenai persebaran yang berlangsung pada bangsa Deutro Melayu ini yang mana bangsa ini mulai memasuki wilayah Indonesia sejak 500 SM (sebelum masehi).

Baca Juga :   Proto Melayu

Yang sebelumnya Bangsa Deutro melayu ini datang dan berasal dari daerah Indochina atau daerah Vietnam, Kamboja dan juga Laos bagian utara.

Adapun Rute yang diambil atau jalur masuknya bangsa Deutro Melayu ini yakni hampir sama dengan jalur yang digunakan oleh bangsa Proto Melayu yakni bagian barat, misalnya seperti melalui Thailand terus ke Semenanjung Malaya, hingga ke Sumatera dan menyebar melakukan penyebaran ke seluruh wilayah Nusantara.

Apabila apa yang telah disampaikan dinilai masih belum jelas mengenai proses persebaran yang terjadi pada bangsa Proto Melayu dan Deutro Melayu diatas, maka di bawah ini sudah quipper.co.id sajikan gambar peta perjalan yang ditempun oleh kedua bangsa yakni proto melayu dan juga deutro melayu , nah simak gambar petanya seperti berikut ini :

Peta Persebaran Bangsa Deutro Melayu
Peta Persebaran Bangsa Deutro Melayu

Ciri-Ciri Bangsa Deutro Melayu

  • Awal kedatangan atau asal dari daerah Dongson, yakni merupakan sebuah pusat dari aanya kebudayaan perunggu kuno di Vietnam.
  • Mulai Memasuki wilayah Nusantara sekitar pada tahun 500 sebelum masehi.
  • mempunyai kemampuan dalam membuat kebudayaan logam, dan juga dapat membuat berbagai peralatan dari bahan materi besi dan juga perunggu.
  • Bukti hasil dari keturunan alsi bangsa ini yakni Suku Bugis, lalu Sunda, Jawa, Minang dan juga Makassar.

Perbedaan Bangsa Proto Melayu dan Deutro Melayu

Perbedaan Deutro Melayu
Perbedaan Deutro Melayu
  • Bangsa Proto Melayu:
    • Mulai memasuki wilayah nusantara tahun 1500 sm.
    • Mulai memaski wilayah nusantara dengan melewati jalur barat dan timur.
    • Berasal dari daerah Yunan (Cina).
    • Mempunayi kebudayaan yang kurang berkembang.
    • Masih belum dapat menciptakan alat-alat dari logam.
    • Mempunyai Keturunan asli, Suku Batak, Toraja, dan juga Dayak.
  • Bangsa Deutro Melayu
    • Mulai memasuki Indonesia pada gelombang ke 2 tahun 500 SM.
    • Memasuki nusantar dengan melalui jalur barat.
    • Datang dari Dongson (Vietnam).
    • Sudah lebih berkembang jika dibandingkan dengan Proto Melayu.
    • Telah mempunyai kemampuan dalam membuat peralatan dari logam.
    • Mempunyai suku keturunan asli , Suku Jawa, Madura, Melayu, dsn lain sebagainya.
Sebutkan Jalur Yang digunakan Oleh Deutro Melayu?

Bangsa deutro melayu datang ke indonesia sejak pada gelombang ke 2 tahun 500 SM. Dan kemudian mulai Memasuki ke daerah nusantara dengan melalui jalur barat.

Sebutkan salah satu perbedaan Antara Bangsa Proto Melayu dan Deutro Melayu?

Bangsa deutro melayu sudah lebih berkembang jika dibandingkan dengan Proto Melayu dalm segi kemampuan dan hasil dari kebudayaan.

Nah itulah yang bisa Quipper.co.id sampaikan kali ini mengenai deutro melayu atau melayu muda atau kebudayaan dong son,semoga sejian kali ini bisa sangat bermnfaat untuk sahabat sekalian.

Baca Juga :