Sandi Pramuka

Posted on

Sandi Pramuka – Pada perjumpaan kali ini kembali akan quipper.co.id sampaikan makalah sandi pramuka lengkap dengan pengertian, sejarah, macam, Tipe, Gambar dan Contoh sandi pramuka. Namun dipertemuan sebelumnya juga quipper.co.id telah menerangkan materi tentang Sandi Morse Nah untuk melengkapi apa yang menjadi tema pembahasan kita kali ini, maka bisa sahabat simak ulasan selengkapnya di bawah ini

Pengertian Sandi Pramuka

Sandi Pramuka
Sandi Pramuka

Dengan berdasarkan istilahnya, dimana kata sandi berasal dari bahasa sansekerta yang dapat diartikan sebuah rahasia.

Kemudian dengan berdasarkan keterangan yang terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sandi dapat di artikan sebagai sebuah rahasia atau kode.

Maka dapat disimpulkan, bahwa makna dari sandi pramuka ialah merupakan sebuah tulisan dengan bersimbolkan huruf dimana berdasarkan sifatnya yang sangat rahasia sehingga sandi ini yang akan sangat sulit dimengerti terutama oleh kaum awam yang belum mengenai dan mempelajarinya.

Walaupun sandi ini dikenal dengan sebutan sandi pramuka, akan tetapi dalam penggunaannya tidak hanya pada saat akan melakukan sbeuah aktivitas pramuka saja.

Akan tetapi tidak sedikit diantaranya, dunia kemiliteran pun banyak yang menggunakan termasuk juga para jajaran anggota kepolisian guan kepentingan tertentu.

Sehingga dengan demikian , mempelajarinya mengenai sandi pramuka ini bukanlah tanpa manfaat.

Sejarah Sandi Pramuka

Pada awalnya adanya sandi ini dikemukakan oleh para pahlawan yang ada pada zaman dahulu yang selama hidupnya kerap melakukan perjalanan dengan berkelana dan selalu berpindah-pindah tempat.

Sehingga dengan begitu yang mendorong mereka untuk ,menggunakan suatu komunikasi yang bersifat rahasia sehingga tidak akan diketahui oleh lawan.

Kemudian mereka mulai menciptakan suatu sandi agar dapat mengelabui semua para musuh-musuhnya.

Kemudian sekitar Pada tahun 3000 SM yang mana pada saat itu di salah satu kerajaan Babilonia dijumpailah sebuah tulisan cuneiform.

Dimana pada tulisan cuneiform ialah merupakan salah satu jenis tulisan kuno dengan berbentuk paku yang ditulisakan di atas permukaan tanah liat.

Dalam hal ini bertujuan untuk mengirimkan sebuah informasi yang bersifat rahasia antar daerah, diamna mereka menyukur rambut dari kepala para budak dan mereka menuliskan sebuah informasi tersebut di kepalanya.

Kemudian rambut dari budak tersebut untuk semetara waktu dibiarkan agar dapat tumbuh kembali baru nantinya budak tersebut akan dikirim ke tempat tujuan.

Kemudian apabila sudah mencapai dan berada di tempat tujuan, maka rambut dari kepala budak tersebut akan kembali dicukur untuk mengetahui pesan rahasia yang akan disampaikan.

Dengan adanya cara penyampaian ini dinilai sangat efektif kala itu yang digunakan oleh setiap para pemimpin agar dapat mengelabui musuh.

Kemudian Julius Caesar juga mengirimkan informasinya yang bersifat rahasia dengan menggunakan sandi loncat.

Diamana pembuatan Sandi loncat dapat dengan cara menuliskan huruf alphabet dalam sebuah garis kemudian dapat memilih suatu angka rahasia contohnya seperti 3.

Maka cara untuk dapat membaca sandi ini ialah dengan cara arahkan jari telunjuk pada huruf A selanjutnya loncat ke arah sisi/samping dengan sebanyak 3 huruf maka bertemu lagi setelah loncatan tersebut dengan huruf D, dan begitu seterusnya.

Baca Juga :   Arti Mimpi Melihat Badai

Tipe-Tipe Tulisan Rahasia

Sandi Pramuka
Sandi Pramuka

1. Kode dan Buku Kode

Pada setiap kode tertentu bisa dipakai guna menggantikan suatu kata atau kalimat.

Pada umumnya kode yang biasa dipilih pasti memakai kata yang singkat dan juga sangat efektif ketikan akan digunakan.

Kemudian pada kumpulan kode ini berada di dalam buku kode yang terdiri atas dua kolom.

Dimana pada kolom pertama berisikan sebuah daftar kata yang hendak disampaikan, kemudian pada kolom kedua berisikan sebuah daftar kode yang akan digunakan sebagai kode pengganti atas daftar kata yang akan disampaikan.

Contoh : Untuk kta yang akan disampaikanmisalnya “serangan di bukit”, maka bentuk penulisannya ialah : serangan = lebah, di = jus, bukit = bunga. Maka, pesan disampaikan ialah “lebah jus bunga”.

2. Steganografi

Tipe selanjutnya ialah Steganografi atau disebut dengan tulisan tersembunyi yakni merupakan suatu cara yang menutup bagian tulisan dengan cara memakai tinta invisible.

Dimana pada tulisan yang tertutup tersebut sangat kecil, maka suapaya bisa membaca tulisannya harus dengan menggunakan alat mikroskop.

Selain itu tipe pada tulisan ini sudah sangat dikenal dari zaman Mesir Kuno, Yunani, dan juga Romawi.

Kemudian selanjutnya tipe tulisan steganografi mulai dikembangkan oleh Marcus Tullius Tiro sekitar pada tahun 63 SM.

Yang mana tulisan ini dikenal dengan sebutan Notae Tironianae atau Catatan Tironian.

Lalu selanjutya seorang yang bernama Boden Powel melakukan analisa dan mempelajari jenis sandi ini.

Manfaat Sendi Pramuka

Sandi Pramuka

  • Dapat Dipergunakan sebagai alat kemunikasi antar Regu
  • Dapat menambah Daya Ingat
  • Dapat menambah Kecerdasan
  • Sebagai salah satu sarana dalam belajar untuk para anggota pramuka agar dapat mnyelesaikan masalah.
  • Sebagai salah satu sarana permaianan dalam Pramuka .

Macam -Macam Sendi Pramuka

Macam -Macam Sendi Pramuka
Macam -Macam Sendi Pramuka

Di bawah ini terdapat beberap jenis sendi dan sedikit contoh penggunaanya, simak berikut ini.

1. Sandi Koordinat/ Merah Putih

Sandi Pramuka
Sandi Pramuka

Pada umumnya Sandi koordinat sering dikenal dengan sebutan sandi merah putih.

Adapun metode penggunaanya yakni dengan cara memebentuk sebuah kata kunci MERAH PUTIH dengan berbentuk tabel, yang di dalamnya di mana kata MERAH untuk barisnya dan kata PUTIH sebagai kolomnya.

Selankutnya isi tabel tersebut pada kotak-kotak yang kosong dengan sejumlah huruf alphabet dari A sampai Z.

Maka nantinya Dengan akan terlihat bahwa huruf A dituliskan dengan PM yakni (baris P kolom M), dan begitu juga seterusnya.

Contohnya adalah: PRAMUKA ditulis dengan IM, IR, PM, TR, HM, TM, PM.

2. Sandi Napoleon

Sandi Napoleon
Sandi Napoleon

Istilah dari sebutan atau nama dari sandi napoleon ini yakni merupakan sebuah sandi pramuka yang sebutannya diambil dari nama yang pertama kali mengemukakakan atau menemukan sandi ini yakni Napoleon Bonaparte yang meropakan seorang kaisar dari Perancis.

Upaya yang diambil dalam membuat sandi ini anda harus menghitung terlebih dahulu jumlah huruf dalam setiap kalimatnya, setelah itu selanjutnya dibagi menjadi 3 bagian dengan takaran yang sama banyak.

Pada penulisan Baris yang pertama ditulis dari arah kanan ke kiri,dan untuk baris kedua ditulis dari arah kiri ke kanan, kemudian baris ketiga ditulis lagi dari arah kanan mengarah ke kiri kembali.

3. Sandi Jam

 Sandi Jam
Sandi Jam

Kemudian mengenai sandi jam yakni merupakan sebuah sandi yang proses pembuatannya yakni dengan cara menentukan waktu tertentu untuk dijadikan sebagai patokannya.

Baca Juga :   Arti Mimpi Tentang Banteng

Contohnya saja seperti pada pukul 06.00 yang artinya menunjukkan huruf A , namun apabilla beda waktu yang akan dipergunakan ialah misalnya setiap 5 menit maka akan mengarahkan pada pukul 06.05 yang berarti menunjukkan huruf B, dan begitu juga seterusnya.

Dari perbedaan waktu yang dapat anda pergunakan bisa misalnya anda buat menjadi 10 menit, lalu 15 menit, bahkan 30 menit sesuai dengan apa yang akan anda sampaikan.

4. Sandi Angka/ Nomor

 Sandi Angka/ Nomor
Sandi Angka/ Nomor
 Sandi Angka/ Nomor
Sandi Angka/ Nomor

Apa yang dimaksud dengan Sandi angka yakni merupakan salah satu jenis sandi pramuka dengan mengapliksikan sejumlah angka pada tiap-tiap alphabet. Dimana pada Huruf A dapat disimbolkan dengan angka 1, sedangkan untuk huruf B bisa diartikan sebagai angka 2, begitupun seterusnya sampai pada huruf Z yang berarti nomor 26.

Contoh dalam penulisannya ialah seperti misalkan kalian akan menuliskan kata PRAMUKA maka kalian bisa menggunakan sandi ini dengan 16 – 18 – 1 – 13 – 21 – 11 – 1.

5. Sandi Siput

Kemudian metode penggunaan agar dapat membaca sandi siput yakni dengan cara anda harus berputar seperti layaknya rumah siput.

Dan biasanya pada awal huruf yang ada pada sandi ini sering diberi suatu tanda tertentu dan selanjutnya anda cukup dengan membacanya saja dengan perkirakan terlebih dahulu arah gerakannya.

adapun cara membacanya ialsh dengan berputar membentuk seperti sebuah rumah siput, kemudian mulailah mencari kata yang paling tengah (ada tandanya).

Contoh :

U  D  U  N  I  A

D  O  W  E  L

N  P   B  A  L

A  N  E   D  B

P  K  A   P  A

Baden Powell Bapak Pandu Dunia

6. Sandi Semaphore

Sandi Semaphore
Sandi Semaphore

Kemudian mengenai Sandi semaphore ialah merupakan sebuah sandi pramuka yang biasanya menggunakan objek bendera dengancara digerakkan oleh kedua tangan kita.

Maka nantinya dari beberapa simbol-simbol dalam semaphore akan diterjemahkan dan bentuk menjadi sebuah huruf dan angka.

Agar kalian bisa merumuskan sandi angka, maka sebelum kalian memulai sandi tersebut maka terlebih dahulu harus diawali dengan sandi juga.

Kemudian “Nomor”  maka apabila anda ingin membuat suatu sandi  huruf  maka terlebih dahulu anda bisa membuat sinyal “J” Sejumlah sandi lainnya yang sering biasa dipakai dalam semaphore ialah;

  • U-R : berita siap dimulai
  • K : siap menerima berita
  • E (8 kali) : error / ada kesalahan
  • I-N-I : ulangi
  • A-R : berita selesai
  • R : dapat menerima dengan baik
  • A-S : tunggu
  • M-K : geser kanan
  • M-L : geser kiri

7. Sandi And

Kemudian mengenai Sandi AND yakni merupakan sebuah sandi yang memekai sebuah kata kunci AND dalam setiap penulisan katanya.

Maknanya ketika anda ini akan menuliskan sautu kalimat maka maka anda bisa menyelipkan kata AND pada masing-masing katanya.

Kemudian metode membacanyapun terbilang cukup mudah, yang mana anda hanya harus menghapus kata AND tersebut dan pesan yang dituliskan untuk disampaikan tersebut akan bisa anda mengerti.

Contohnya :

 Sandi And
Sandi And

8. Sandi Braille

Sandi Pramuka
Sandi Pramuka

Kemudian sandi braille ialah merupakan sebuah sandi pramuka yang mana sandi sangat bermanfaat khususnya didalam kehidupan sehari-hari. Sebab banyak diantaranya semua kaum tuna netra menggunakan jenis sandi ini.

Dimana pada sejumlah Huruf-huruf braille tersusun dari enam titik yang timbul sehingga akan sangat mudah untuk diraba oleh para kaum tuna netra dalam membacanya.

9. Sandi Helen Keller

Sandi Pramuka
Sandi Pramuka

Kemudian selanjutnya Sandi Helen Keller yakni sebuah sandi yang manfaatnya hampir sama dengan sandi braille.

Namun dalam penggunaanya biasanya jenis sandi ini banyak dipakai oleh para kaum tuna rungu dan tuna wicara.

Dimana penggunaan sandi Helen Keller ini menggunakan sebuah simbol dari jari tangan kita untuk membentuk suatu pola dengan berdasarkan huruf alphabet.

Baca Juga :   Contoh Norma Hukum

10. Sandi Morse

Sandi Pramuka
Sandi Pramuka

Kemudian selanjutnya mengenai Sandi morse yakni merupakan sebuah sandi pramuka yang pertama kali diciptakan oleh Samuel Finley Breese Morse.

Dimana pada jenis sandi ini tersusun atas sejumlah kumpulan titik dan garis yang nantinya akan menyusun sebuah huruf atau suatu kalimat.

Kemudian pengaaplikasian pada sandi morse ini biasa dipakai untuk membentuk berbagai jenis sandi-sandi yang lainnya.

Pada umumya jenis sandi morse bisa dilakukan dengan cara memakai sejumlah media misalnya seperti :

  • a. Suara, memakai media peluit
  • b. Sinar, bisa dengan memakai senter
  • c. Tulisan, bisa dengan memakai sebuah simbol titik ( . ) dan garis ( – )
  • d. Bendera, bisa dengan memakai sebuah media bendera morse

11. Sandi Rumput

Sandi Pramuka
Sandi Pramuka

Kemudian selanjutnya mengenai sandi rumput yakni merupakan salah satu bentuk aplikasi dari turunan sandi morse.

Dimana pengaplikasian jenis sandi ini nantinya akan membenti seperti layaknya sebuah rumput, yang mana titik yang ada pada sandi morse dituliskan dan sandingkan dengan rumput yang pendek.

Kemudian pada garis yang ada pada sandi morse akan dituliskan dengan cara disandingkan pada rumput yang tinggi.

12. Sandi Kimia

Sandi Pramuka
Sandi Pramuka

Pada jenis dari sandi ini memakai rumus kimia misalnya seperti H20, -CO2-H2, -O2, -KOH,-NACI.

Dimana penggunaan sandi kimia ini huruf hidup AIUEO yakni dengan menggunakan titik untuk dijadikan sebagai sebuah penanda.

Nah sendangkan untuk huruf mati atau konsongan dapat dengan memakai garis.

13. Sandi Ular

Sandi Pramuka
Sandi Pramuka

Kemudian pada jenis sandi ini diaplikasikan tanpa menggunakan kunci khusus. Sebab pada sandi ini kalian cukup dengan cara menjumlahkan kalimat yang akan anda tulis kemudian urutkan dengan secara baris berbaris.

Contohnya apabila kalian akan menuliskan suatu kalimat “ misalnya seperti pelajari apa yang sudah kuajarkan”. maka kalian cukup dengan membentuknya dan susun menjadi 3 baris dari atas ke arah bawah.

 14. Sandi Bata

Sandi Pramuka
Sandi Pramuka

Kemudian Sandi bata yakni merupakan salah satu jenis sandi yang meyerupai seperti layaknya tumpukan bata yang disusun sesuai dengan apa yang akan di sampaikan.

 Sandi Abjad (Sandi Balik)

Sandi Pramuka
Sandi Pramuka

Cara penggunaanya:

  • Kunci : A = Z atau Z = A, bisa juga dengan menulis a = z atau sebaliknya.
  • Contoh : seperti GUDEP dan kemudian ingin dituliskan menjadi TFWVK (G terdapat di atas huruf T, kemudian U ada di atas huruf F, dan begitu pula seterusnya)
Apa yang dimaksud dengan Sandi angka?

yakni merupakan salah satu jenis sandi pramuka dengan mengapliksikan sejumlah angka pada tiap-tiap alphabet. Dimana pada Huruf A dapat disimbolkan dengan angka 1, sedangkan untuk huruf B bisa diartikan sebagai angka 2, begitupun seterusnya sampai pada huruf Z yang berarti nomor 26.

Sandi Pramuka Adalah?

sandi pramuka ialah merupakan sebuah tulisan dengan bersimbolkan huruf dimana berdasarkan sifatnya yang sangat rahasia sehingga sandi ini yang akan sangat sulit dimengerti terutama oleh kaum awam yang belum mengenai dan mempelajarinya.

Sandi And Adalah?

Yakni salah satu jenis sandi pramuka yang memakai sebuah kata kunci AND dalam setiap penulisan katanya. Maknanya ketika anda ini akan menuliskan sautu kalimat maka maka anda bisa menyelipkan kata AND pada masing-masing katanya.

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan mengenai sandi pramuka, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk sahabat sekalian.

Baca Juga :