8 Bentuk Sikap Perduli Terhadap Sumber Daya yang Terbatas

Posted on

8 Bentuk Keperdulian Terhadap Sumber Daya yang Terbatas – Hay sahabat sekalian.! Pada perjumpaan kali ini, kembali akan kami sampaikan materi tentang 8 Bentuk Sikap Perduli Terhadap Sumber Daya yang Terbatas. Namun pada perjumpaan sebelumnya kami juga telah menyampaikan materi tentang 35+Contoh Perilaku Yang Menentang Hukum Nah untukmelengkapi apa yang menjadi tema pembahasan kita kali ini, maka mari langsung aja kita simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Keterbatasan Sumber Daya

8 Bentuk Sikap Perduli Terhadap Sumber Daya yang Terbatas
8 Bentuk Sikap Perduli Terhadap Sumber Daya yang Terbatas

Keterbatasan ialah merupakan salah satu bagian dalam kehidupan, termasuk di dalamnya sumber daya yang telah tersedia.

Baik itu sumber daya alam, sumber daya manusia ataupun sumber daya yang berupa modal, yang mana hampir dari semuanya mempunyai keterbatasan.

Ada yang diantaranya cepat habis bahkan hingga tidak dapat diperbaharui lagi, Namun ada yang dapat diperbaharui lagi.

Maka oleh sebab itu, guna melastirakan lingkungan dan juga menjaganya untuk kelangsungan hidup manusia dan generasi yang akan datang, manusia harus memiliki rasa keperdyulian terhadap kondisi sumber daya yang dijadikan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan supaya tidak cepat mengalami kepunahan.

Perilaku Yang mencerminka Rasa Perduli Terhadap Sumber Daya Alam

Nah berikut ini merupakan perilaku yang mencerminkan sebuah rasa kepedulian terhadap sumber daya yang terbatas ialah seperti berikut.

Pemanfaatan Sumberdaya secara Efektif dan Efisien

8 Bentuk Sikap Perduli Terhadap Sumber Daya yang Terbatas
8 Bentuk Sikap Perduli Terhadap Sumber Daya yang Terbatas

Dalam penggunaan dan memanfaatkan sumber daya harus dengan secara efisien dan efektif serta menggali apa yang belum dimanfaatkan. Dimana dalam hal ini bisa dilakukan dengan lima cara, yang diantaranya ialah:

  • Melakukan sebuah perubahan bentuk pada suatu benda untuk memaksimalkan harga nilai hasilnya. Contohnya seperti tebu yang diubah menjadi gula, kemudian rotan diubah dan dimanfaatkan menjadi perabot rumah tangga, dan lain sebagainya.
  • Melakukan sutu kombinasi terhadap salah satu kegunaan benda, Contohnya coklat yang dicampur dengan gula dan susu.
  • Melakukan suatu perbaikan terhadap barang yang rusak, contohnya mengelem buku yang rusak jilidannya dan lain sebagainya.
  • Melakukan pendaur ulangan terhadap sejumlah barang bekas yang layak guna dijadikan barang yang dapat bernilai guna. Contohnya botol kemasan air mineral yang diubah menjadi kap lampu atau hiasan dinding, dan lain sebagainya.
  • Melakukan pemilihan dalam penebangan untuk memanfaatkan hasil hutan dan melakukan reboisasi. Contohnya hanya memilih untuk menebang pohon yang memiliki diameter tertentu saja.
Baca Juga :   Proyeksi Peta

Menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan untuk Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

Kemudian mengenai keterbatasan dari kemampuan yang dimiliki oleh manusia bisa diatasi dengan cara melakukan suatu kegiatan pendidikan dan pelatihan.

Kemudian proses alih dalam bidang teknologi dan negara maju ke negara berkembang hanya bisa terjadi dengan melalui proses yang berlangsung dalam pendidikan dan pelatihan. Nah hal ini bisa dilakukan dengan upaya:

Mengikuti pendidikan formal

Pendidikan formal yang dimkasud disini yakni menyediakan suatu layanan mengenai pendidikan dan jenjang pendidikan dasar hingga mencapai menuju ke jenjang pendidikan berikutnya/tinggi.

Maka guna meningkatkan profesionalitas bisa dilakukan dengan cara mengikuti pendidikan selanjutnya.

Kemudian bagi siapa saja yang sudah dapat meraih gelar sarjana S1 maka dialah yang mampu melanjutan ke jenjang pasca sarjana selanjutnya untuk mendapatkan gelar sarjana S2 dan juga S3.

Mengikuti kursus-kursus formal

Dalam hal ini dengan seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, maka dalam penguasaan keterampilan selalu mengikuti perkembangan teknologi yang berlangsung saat ini.

Dengan mempunyao berbagai keterampilan, maka akan mempunyai banyak peluang bagi siapa saja di era globalisasi ini.

Mengikuti program magang

Mencari pengalaman secara langsung dengan cara langsung terjun di dunia kerja untuk semua para siswa atau para calon tenaga kerja dapat dilakukan dengan cara mengikuti magang yang ikut serta melakukan kegiatan yang berlangsung di dalam suatu instansi/perusahaan yang sesuai dengan bidang yang tengah ditekuninya.

Maka dengan melalui magang ini, nantinya siswa akan mendapatkan pengalaman yang sangat praktis berhubungan dengan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah dipelajari.

Dimana dengan adanya pengalaman menjadi salah satu faktor yang dinilai dapat menentukan tingkat profesionalitas terhadap seseorang.

Baca Juga :   Sandi Pramuka

Mengelola dan Mendayagunakan Sumber Modal dengan Tepat Guna

Kemudian mengenai modal yang mana dalam hal ini merupakan suatu bentuk sumber daya yang sangat menentukan dalam proses produksi.

Dimana bentuk dari modal bisa berupa uang atau sebuah sarana, mesin-mesin produksi. Akan tetapi, apabila dalam pengelolaannya tidak tepat, maka pada modal tersebut akan habis denga percuma.

Menyinggung mengenai kebangkrutan pada suatu usaha merupakan salah satu contoh yang sangat konkret dalam bentuk ketidakmampuan dalam mengatur dan mengelola sumber daya modal yang tersedia.

Nah itulah yang kali ini bisa quipper.co.id sampaikan mengenai 8 Bentuk Sikap Perduli Terhadap Sumber Daya yang Terbatas, semoga serangkaian ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk sahabat sekalian.

Baca Juga :