Perbedaan Geologi Dan Geografi

Posted on

Perbedaan Geologi Dan Geografi – Banyak orang yang kebingungan dengan perbedaan dari suatu ilmu geologi dan juga geografi.

Keduanya sama -sama membahas mengenai bumi dan hal ini banyak yang mengira bahwa kedua jurusan ini ialah merupakan suatu jurusan yang sama.

Padahal geologi bukanlah geografi, begitu juga yang sebaliknya akan tetapi hal ini tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kedua hal ini terdapat kesamaan dan juga hubungan di atara keduanya.

Apakah kalian bisa menjelaskan mengenai perbedaan Geologi dan Geografi?.

Walaupun hal ini terdengar sama sebenarnya kata istilah dari geoglogi ini berbeda dengan istilah geografi.

Walaupun pada dasarnya ke dua ilmu ini mempelajari tentang bumi, akan tetapi ada perbedaan yang sangat mendasar di antara keduanya.

Nah pada kesempatan kali ini quipper.co.id akan membahas materi tentang Perbedaan Geologi Dan Geografi, kita simak bersama yuk pembahasannya dibawah ini.

Perbedaan Geologi Dan Geografi
Perbedaan Geologi Dan Geografi

Perbedaan Geologi dan Geografi

Kedua ilmu ini pada dasarnya sama – sama mempelajari mengenai bumi secara khusus.

Baca Juga :   Persebaran Penduduk Di Indonesia

Selain dari itu geologi juga berarti suatu pengetahuan yang dapat mempeljari sejarah pada perkembangan bumi beserta mahluk yang pernah hidup didalam permukaan bumi ini.

Pengertian Geologi Menurut Para Ahli

Nah berikut ini quipper.co.id menyajikan pengertian Geologi menurut para ahli.

Holmes (1965)

Menurut Holmes geologi ialah merupakan suatu ilmu yang menggambarkan evolusi pada bumi dan juga penduduknya pada awal pembentukannya sampai saat ini yang dapat diakui dibatuan.

Katili (1970)

Geologi ialah merupakan suatu pengetahuan yang menyelidiki lapisan pada batuan geologi yang ada di kerak bumi.

Written & Brooks (1972)

Menurut written & brooks pada tahun 1972 geologi ialah ilmu bumi yang stuktur, komposisi, sejarah serta asalnya termasuk perkembangan dari kehidupan.

Serta pada suatu proses yang dapat menyebabkan keadaan bumi menjadi seperti ini.

Bates & Jackson (1990)

Geologi ialah merupakan suatu ilmu yang mempelajari sebuah planet, terutama pada bahan penyusunannya, dan pada suatu proses yang terjadi padanya.

Serta hasil dari proses dan juga sejarah planet maupun pada kehidupan sejak bumi terbentuk.

Munir (1996)

Geologi ialah merupakan cabang ilmu yang mempelajari mengenai gejala yang berkaitan dengan pembentukan suatu bumi, dan keberadaan bumi, serta pada fenomena lainnya yang terkait dengan bentuk yang alami.

Noer Aziz M., dkk (2002)

Geologi menurut Neor Aziz., ddk ialah studi mengenai bumi dan bumi ini sebagai seluruh kelompok dari asal, stuktur,studi, dan komposisi.

Serta sejarah pun termasuk perkembangan dari kehidupan dan juga proses alami yang telah ada dan sedang berlangsung serta membuat keadaan bumi menjadi seperti hari ini.

Tugas Ahli Geologi

Seorang ahli geologi masing – masing memiliki tugas untuk melakukan sebuah penelitian – penelitian dan untuk mengungkapkan sebuah kemisterian.

Yang masih menyelimuti suatu proses – proses yang sangat berhubungan dengan bahan – bahan untuk membentuk bumi yang berhubungan dengan bahan-bahan yang membentuk suatu bumi.

Yang gerak – gerak dan juga pada suatu perubahan yang terjadi pada meletusnya gunung api, dan gempa bumi.

Baca Juga :   Rasio Ketergantungan (Defendency Ratio)

Maka dari itu dapat mencari dan juga menemukan bahan – bahan yang kita butuhkan yang diambil dari dalam bumi yaitu seperti gas bumi, tambang, dan minyak.

Dimana banyak benda – benda dan juga kebutuhan manusia yang dibuat dan memerlukan bahan – bahan tambang yaitu seperti tembaga, perak, emas, dan juga besi.

Kemudian batu bara dan juga minyak bumi ialah sebagai sumber energi, karena mereka harus mengambil dari dalam bumi.

Maka ilmu geologi ini berkembang sebagai ilmu terapan, dan hal ini sangat berfungsi sebagai penuntun penting di dalam eksplorasi.

Selain dari itu dengan seiring perkembangannya dimana penghuni bumi sebelumnya merupakan pemilihan wilayah pada pemukiman bukan merupakan permasalahan.

Pada wilayah perkembangan sekarang harus memperhatikan dukungan terhadap lingkungan.

Yang telah ditentukan oleh faktor – faktor geologi supaya pembangunan ini tidak dapat merusak ke seimbangan pada alam.

Maka dari itu hal ini juga mempelajari sifat – sifat pada bencana alam, yaitu seperti longsor, gempa bumi, banjir, dan lain sebagainya.

Pengertian Geografi

Geografi ialah merupakan suatu ilmu secara khusus yang mempelajari tentang penampakan yang ada di bumi.

Contohnya yaitu seperti bentuk gunung, laut, sampai berbagai negara yang ada di bumi ini bentuknya sama seperti yanga ada dimasa lalu dan masa sekarang ini.

Apa saja perubahan yang ada dipermukaan bumi ini nah permukaannya akan dibahas dalam ilmu geografi ini.

Disini kalian akan belajar tantang bagaimana permukaan bumi ini dibedakan dari sebuah sebaran vegatasi, industrinya, tata guna laha, dan bagaiamana faktor pada kepadatan pendudukannya.

Yang meliputi ilmu Geografi ini terbagui menjadi 2 yaitu geografi manusia dan juga Geografi fisik yang merupakan suatu cabang dari ilmu geografi tersebut.

Geografi Manusia

Geografi manusia ialah merupakan suatu ilmu untuk melihat mengenai suatu hubungan terhadap manusia dan juga pada pengaruhnya yang ada pada lingkungan dibumi ini.

Ilmu ini dapat mencakup banyak hal yaitu seperti populasi pada politik, agama, budanya, persebaran bahasa, dan juga penduduk.

Baca Juga :   10 Teori Pembentukan Jagat Raya

Geografi pada manusia ini merupakan salah satu dari ilmu dengan faktor ketergantungan pada manusia dan lingkungan serta bagaimana cara manusia untuk melakukan modifikasi.

Maupun beradaptasi pada lingkungan tempatnya tinggalnya ialah merupakan fokus penting dari ilmu tersebut.

Contohnya yaitu migrasi atau suatu perpindahan dari penduduk yang akan terjadi dan adanya akibat pola pada permukiman yang terjadi karena perang.

Geografi Fisik

Pada ilmu fisika ini sangat berkaitan dengan karakteristik pada fisik yang di miliki oleh bumi kita.

Contohnya yaitu seperti bentuk dari permukaan air, permuaan tanah, iklim, serta persebaran pada bioma dan juga fauna.

Serta bentuk – bentuk dari hasil budaya yang dibuat oleh manusia yaitu seperti sawah, desa, kota, dan juga jembatan.

Di dalam ilmu ini dikenal sebagai istilah geografi regional yang sangat fokus melihat pada perbedaan yang ada pada wilayah maupun oleh region yang ada pada permukaan bumi ini.

Yaitu dengan menggunakan berbagai macam faktor yang digunakan untuk menentukan persamaan dan juga perbedaan yang ada pada suatu wilayah.

Perbadingan ini di ambil dari sebuah karakteristik tertentu yang ada di bumi yaitu seperti jenis pegunungan, sujmber daya alam, vegatasi, tanah, dan juga iklim yang ada di dunia ini.

Ilmu ini dapat membantu bumi untuk di kelompokkan dan dibagikan kedalam wilayah maupun pada daerah pertama yang cocok dengan kesamaan yang di miliki oleh nya.

Jadi dari sini kita bisa menentukan bahwa perbedaan pada geologi dan juga geografi ini ialah hanya tentang ilmu yang dibahasanya saja.

Apabila geologi ini fokus pada yang ada dibumi dan apa saja yang akan terjadi di bumi ini saja.

Sedangkan pada geografi hanya fokus pada ilmu mengenai permukaan bumi saja.

Itulah yang dapat quipper.co.id bahas kali ini mengenai Perbedaan Geologi Dan Geografi, semoga dengan adanya pembahasan ini dapat bermanfaat dan menambahnya wawasan kalian semua.

Artikel Terkait Lainnya :