Arti Amanah

Posted on

Arti Amanah – Hay sahabat semua.! Pada perjumapaan kali ini kembali akan kami sampaikan Materi tentang arti dan pengertian Amanah.

Apa itu Amanah?

Salah satu sikap orang yang baik adalah dapat dipercaya, lalu apa yang dimaksud dengan amanah? Dan apakah rasa percaya yang paling lengkap? Dan apa saja contoh kepercayaan umum dalam kehidupan sehari-hari?

Terkait dengan pertanyaan sebelumnya, pengurus menyimpulkan bahwa yang dihadapi pengurus pada kesempatan kali ini adalah masalah kepercayaan. Jadilah pemahaman, rasa dan contoh kepercayaan diri dalam kehidupan sehari-hari.

Namun sebelumnya yang perlu anda ketahui, bagi anda umat muslim sebaiknya sudah mengetahui definisi amanah karena itulah salah satu sifat Nabi Muhammad SAW. Nah untuk melengkapi isi dari tema pembahasan kita kali ini, maka simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Amanah

Arti-Amanah
Arti-Amanah

Apa itu amanah? amanah ialah merupakan suatu kejujuran yang memang benar-benar bisa dipercaya. jadi dengan kata lain, apabila suatu urusan yang diserahkan kepada orang yang amanah maka orang itu akan segera melaksanakannya dengan sebaik-baiknya.

Selain itu pendapat lain mengungkapkan bahwa definisi amanah ialah merupakan sesuatu yang dipercayakan kepada seseorang. Kemudian Amanah juga bisa diartikan sebagai sebuah titipan (Al wadiah) agar dapat dijaga, dilindungi, dan bisa dilaksanakan dengan baik.

Kemudian pengertian amanah dalam bahasa arab ialah merupakan segala sesuatu mengenai sebuah tanggung jawab yang diserahkan oleh Tuhan untuk manusia agar dapat dijalankan yang di dalamnya mencakup Khilafah ilahiyah, lalu Khilafah takwiniyah, dan juga erat kaitannya dengan hubungan hablum minallah serta hablum minannas.

Baca Juga :   Arti Bismillah

Kemudian dari suatu amanah yang telah diberikan dari seseorang, jika amanah tersebut dijalankan dengan baik maka akan memperoleh banyak kebaikan.

Begitu juga sebaliknya, jika amanah yang diberikan dicedrai atau tidak dilaksanakan dengan sebagaimana mestinya maka akan memperoleh banyak berupa keburukan.

Jenis-Jenis Amanah

Berdasarkan ajaran Islam Amanah bisa dibagi atas dua jenis, yang dinataranya ialah sebagai berikut.

1. Amanah Fitrah

Apa itu Amanah fitrah ? Dalam fitrah ini menerangkan bahwa pencipta alam semesta sudah menjadikan fitrah manusia selalu senantiasa cenderung terhadap suatu kebenaran, tauhid dan kebaikan.

Maka oleh sebab itu amanah fitrah sesuai dengan segala aturan yang telah ditetapkan oleh Allah yang berlaku di alam semesta.

Kemudian terhadap amanah fitrah mempunyai makna sebagai salah satu bentuk kewajiban yang musti dilaksanakan terutama oleh umat manusia sebab karena sesuai dengan kodratnya yakni merupakan khalifah di muka bumi.

Walaupun demikian adanya amanah fitrah tidak menjadi tolak ukur atau jaminan bahwa semua manusia akan selalu tetap berada dalam kebaikan dan kebenaran sebab manusia sendiri sudah diberikan akal dan hawa nafsu serta sejumlah penyakit hati.

Nah Itulah menbgapa sebabnya manusia selalu musti memperjuangkan amanah fitrah supaya tetap menjadi sumber kekuatan dalam menegakkan kebenaran.

2. Amanah Taklif Syar’i

Apa yang dimaksud dengan Amanah taklif syar’i ? yakni merupakan suatu amanah yang diberikan oleh syari’at.

Dimana Amanah ini menjadi suatu bentuk ketaatan dari seseorang terhadap syariatnya jadi dengan kata lain bisa dijadikan sebagai suatu bentuk ujian kehambaan seseorang kepada Tuhannya.

Bentuk Amanah dalam Islam

  • Amanah yang kaitannya dengan hak Allah tabaraka wa ta’ala atas para hamba nya
  • Amanah untuk bertauhid
  • Amanah tentang pemahaman kepada Allah
  • Amanah dalam menunaikan hak hak Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
  • Amanah dalam perbuatan
  • Amanah yang berkaitan dengan hak sesama manusia
  • Amanah terhadap diri sendiri
  • Amanah mengenai hak
  • Amanah dalam ketaatan
  • Amanah fitrah
  • Amanah taklif syar’i
  • Amanah dalam menjaga titipan
  • Amanah dalam menjaga rahasia
  • Amanah dalam jabatan
  • Amanah dalam memelihara nikmat
Baca Juga :   Pengertian Maf'ul Bih

Ayat Al Qur’an tentang Amanah

Amanah
Arti Amanah

Contoh Sikap dan Perilaku Amanah

Di bawah ini terdapat beberapa contoh yang menggambarkan sikap dan perilaku amanah yang bisa dilaksanakan dalam setiap aktifitas sehari-hari. Simak ulasan selengkapnya seperti berikut ini.

1. Menjaga Rahasia

Pada saat seseorang diserahkan kepercayaan suapay bisa menjaga sebuah rahasia, baik itu suatu rahasia yang bersifat pribadi, keluarga, organisasi, bahkan rahasia negara, jadi informasi yang menjadi sebuah rahasia itu ialah merupakan suatu bentuk amanah.

Jadi apabila kita merupakan manusia yang memiliki tanggung jawab maka orang yang diserahkan amanah dengan berbentuk sebuah informasi, jadi rahasia tersebut musti dijaga kerahasiaannya supaya tidak ada yang mengetahui selain kita.

2. Menjaga Jabatan

Kemudian suatu Jabatan atau kedudukan yang disandang oleh seseorang juga ialah merupakan suatu amanah yang sangat wajib untuk kita jaga dengan sebaik-baiknya selain itu sudah sepantasnya kita juga menggunakan jabatan itu dengan sebagaimana mestinya.

Maka dalam hal ini dengan menyalahgunakan jabatan yang dimiliki untuk suatu kepentingan pribadi, keluarga, atau kelompok, ialah merupakan suatu bentuk dari penghianatan terhadap amanah yang diterima.

3. Menjaga Diri Dengan Baik

Secara umum semua orang pasti mempunyai sesuatu yang sangat berharga di dalam hidupnya, baik itu berupa kesehatan, keluarga, pekerjaan, harta benda, dan lain sebagainya.

Kemudian beberapa hal yang berharga itu adalah suatu bentuk amanah yang dimiliki hampir semua orang, sehingga sudah sepantasnya harus dilindungi dan dijaga dengan sebaik-baiknya.

4. Menjaga Hak Orang Lain

Kemudian hampir dari sebagain orang biasanya sudah pernah menerima suatu titipan dari seseorang, baik itu berbentuk sebuah informasi atapun suatu benda.

Dimana titipan itu ialah merupakan suatu bentuk amanah yang diserahkan dari orang lain kepada seseorang.

Baca Juga :   Doa Masuk Kelas dan Keluar Kelas

Maka dengan cara menjaga apa yang dititipan itu dengan baik dan memberikannya kembali terhadap orang yang berhak menerimanya merupakan suatu bentuk dalam pelaksanaan suatu amanah.

Maka apabila terdapat beberapa hal yang diluar kendali sehingga akhirnya mengakibatkan titipan itu mengalami kerusakan atau tidak bisa kembali ke pemiliknya, walaupun gagal dalam melaksanakan amanah namun sesungguhnya hal itu bukanlah suatu bentuk penghianatan.

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan mengenai materi Arti Amanah, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk sahabat sekalian.