Arti Fii Amanillah

Posted on

Arti Fii Amanillah Adalah?Lantas bagaiman cara menjawab kepada seseorang yang mengucapkan Fii Amanilah? Di sini akan kami paparkan secara lengkap Arti Fii amnillah beserta Balasan, Jawaban, Dan Cara mengucakannya. Nah untuk ulasan lebih lengkapnya,yuk kita simak penjelasannya di bawah ini.

Fii Amanillah Artinya?

Arti Fii Amanillah
Arti Fii Amanillah

Di dalam Islam sudah banyak tersedia suatu ucapan atau kata-kata yang sangat baik yang bisa diucapkan atau disampaikan terhadap orang yang akan melakukan bepergian.

Kalian juga bisa menggunakan ucapan Fii Amanillah. Sebab di dalam sebuah ucapan ini mengandung makna yang sangat luar biasa.

Selain merupakan salah satu penggunaan kata dalam penyampaian yang sangat baik dan juga ucapan ini sangat cocok sebagai sebuah ucapan perpisahan, dan selain itu Fii Amanillah juga bisa digunakan sebagai sebuah doa bagi orang yang akan melakukan bepergian.

Lalu, apa makna dari fii amanillah? Berikut ini sudah kami rangkum penjelasan arti fii amanillah, dengan di lengkapi tata cara menjawab atau membalasnya.

Selain itu kami juga akan menjabarkan dengan detail mengenai arti yang terkandung dari ucapan tersebut.
Mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini…

Baca Juga : Arti Tafadhol

Arti Fii Amanillah

Arti Fii Amanillah
Arti Fii Amanillah

Arti Fii amanillah ? yakni ucapan yang tertulis dengan menggunakan bahasa arab yang di dalam terkandung sebuah makna”semoga engkau selalu dalam lindungan Allah”.

Untuk metode penulisan kalimat ini dapat kalian lihat gambar yang terdapat di atas.

Ketika kita mulai membaca dan memahami apa artinya, mungkin kita semua akan sepakat bahwa kandungan yang tersirat dalam ucapan ini terbilang sungguh sangat cocok apabila dilahfadzkan atau diucapkan terhadap sesorang yang hendak melakukan bepergian.

Baca Juga :   Fii Hifzillah Artinya

Dimana makna dari Ucapan ini terkandung sebuah doa beserta harapan supaya orang yang dituju atau di Doakan tersebut selalu dalam lindungan Allah semasa perjalanannya.

Apabila kita ihklas dalam melahfadzkannya Insyaallah, Allah akan mengabulkan doa tersebut.

Terutama terhadap keluarga atau kerabat dekat kita yang hendak akan bepergian Insyaallah akan selalu berada dalam lindungan Allah SWT .

Kemudian tak luput dari itu kepada orang yang menerima ucapan ini tentunya akan amat sangat senang mendengarnya, sebab secara tidak langsung kita sudah mendoakan keselamatan kepadanya.

Nah untuk sahabat semua yang mungkin sedang berbagai aplikasi yang bermanfaat, maka kami rekomendasikan agar sobat semua dapat mencarinya ke situs aptoide.co.id untuk mendapatkan /download secara gratis.

Cara Mengucapkan Fii Amanillah

Lantas Bagaimanakan cara menyampaikan atau mengucapkan kata fii amanillah yang baik dan benar? Dalam hal ini, perlu kalian pahami dalam pengucapan suatu kata-kata yang berbasis bahasa Arab merupakan hal yang sangat sensitif, sebab apabila terdapat kesalahan dalam pengucapannya walau hanya sedikit, maka bisa sangat berpangaruh dan bisa mengubah makna yang sebenarnya, maka dalam hal ini bisa berakibat sangat fatal.

Misalnya seperti kita akan mengucapkan kata Takbir Allahu Akbar yang artinya “Allah Maha Besar”, namun apabila pada ketika kita membacanya dengan sedikit menambahkan huruf alif sehingga menjadi sangat panjang, contohnya seperti Aallahu akbar, maka dalam hal ini akan mengalmi perubahan akan makna yang semestinya menjadi “Apakah Allah Maha besar?

“Demikian juga pada saat kita mengucapkan kata fii amanillah ini, yang mana kata “fii” ini harus diucapkan dengan sedikit panjang, yakni dengan sedikit menambahkan huruf “i”, sehingga kata ini akan mempunyai makna”di dalam”.

Baca Juga :   Doa Masuk Rumah Dan Keluar Rumah

Penggunaan Ucapan Fii Amanillah

Pada umumnya, untuk penggunaan kata fii amanillah bukan hanya ditujukan terhadap seseorang yang hendak akan bepergian saja. Namun Ucapan ini juga bisa pakai dalam keadaan lainnya.

Sebab, apabila dinilai dari kandungan maknanya (semoga engkau ada dalam lindungan Allah), maka berarti kata Fii Amanillah ini dapat diucapkan dalam kondisi seperti berikut ini:

  • Menjumpai seseorang yang sedang terkena musibah
  • Menghadapi seseorang yang tengah mengalami masalah
  • Kepada seseorang yang mempunyai kedudukan /jabatan tertentu
  • Mengakhiri percakapan di telpon, sebelum kita mengucapkan salam
  • Kepada seseorang yang sedang berkerja dengan resiko yang sangat berbahaya

Jawaban Fii Amanillah Artinya

Lalu, harus bagaimanakah cara membalas/ menjawab ucapan fii amanillah? Dalam kasus ini seperti halnya ketika kita sedanga mengucapkan sebuah kata Assalamu ‘alaikum, maka pada seseorang yang ditanya dengan perkataan tersebut akan membalas dengan menggunakan ucapan Wa ‘alaikumus salam.

Nah begitu juga dengan ucapan fii amanillah ini, yang mana mempunyai sebuah jawaban terhadap seseorang yang mengucapkannya. 

Maka, ketika kita diberikan sebuah ucapan Fii Amanillah, kita bisa menjawabnya ungkapan tersebut dengan sambil mengucapkan Ma’assalamah, yang memiliki”semoga-keselamatan-selalu menyertaimu”.

Maka, kalian bisa menggunakan ucapan ini sebagai jawaban atas doa terhadp orang yang mengucapkan Fii Amanillah terhadap kalian.

Sebab di dalam Islam sendiri kita sangat dianjurkan agar senantiasa memberikan jawaban terhadap orang yang memberikan penghormatan terhadap kita, sebagaimana dengan firman Allah SWT yakni di dalam surah An-Nisa’ ayat-86, yang maknanya :

Arti Fii Amanillah
Arti Fii Amanillah

Kandungan Makna Fii Amanillah

Kandungan yang tersirat dalam Ucapan Fii Amanillah mempunyai makna yang sangat dalam pada ketika diucapkan terhadap orang lain.

Sehingga itulah mengapa kita sangat dianjurkan agar senantiasa selalu bisa membiasakan ucapan ini terhadap orang yang hendak akan bepergian atau dalam keadaan lainnya seperti yang sudah kami paparkan di atas.

Baca Juga :   Arti Wa Iyyakum

Berikut ini ialah sebagian dari makna fii amanillah, yang diantarnya ialah seperti di bawah ini :

1. Mendoakan Keselamatan

Dimakan Ucapan dari Fii Amanillah ini mempunyai makna untuk dijadikan sebagai suatu doa keselamatan terhadap siapa saja terutama saudara kita yang hendak akan melakukan bepergian.

Sehingga makna yang terkandung ialah kita memohohkan kepada Allah Swt agar senantiasa diberikan perlindungan atas segala bentuk mara bahaya atau berbagai hal yang buruk lainnya.

Sebab, sebaik-baiknya perlindungan ialah haya perlindungan Allah SWT, sebab segala sesuatu yang akan terjadi semua atas ketetapan dan kehendak Allah SWT.

2. Menunjukkan Rasa Kepedulian

Pada ketika kita mendoakan saudara kita, maka hal tersebut bertanda bahwa kita peduli terhadapnya.

Sehingga kita sangat berharap supaya saudara kita yang sedanga tengah melakukan suatu perjalanan bisa sampai dan selamat di tempat tujuan.

Sebab dengan Membangun rasa kepedulian terutama antara sesama umat muslim memang sangat dianjurkan sebab dengan hal tersebut bisa akan memperkuat ikatan persatuan dan kesatuan umat.

3. Rasa Cinta Sesama Muslim

Kemudian pada Ucapan fii amanillah juga terkandung sebuah makna yakni adanya sebuah rasa cinta terhadap sesama muslim.

Maka dengan adanya rasa cinta itulah yang akhirnya membuat kita ingin mendoakan dan menanamkan rasa kepedulian terhadap semua saudara kita yang hendak akan melakukan bepergian.

Yang mana kita tidak ingin ada sesuatu musibah atau keburukan yang menimpa saudara kita kecuali semua sudah menjadi ketetapan Allah S.wt.

Nah itulah yang bisa kami sampaikan kali ini mengenai Arti Fii amanilah. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian.