Arti Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati

Posted on

Arti Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati – Apakah anda belum mengerti yang dimaksudkan oleh sepenggalan potongan ayat dari doa iftitah ini?

Kalau anda penasaran dengan arti dari doa iftitah ini sebaiknya anda tetap membaca artikel ini sampai habis ya. Karena pada kesempatan kali ini quipper akan membahasnya secara lengkap.

Doa iftitah ini salah satu lantunan ayat yang dibaca oleh banyak umat islam dalam beribadah setiap harinya. Karena arti dari doa iftitah ini sangat bagus.

Dari pada berlama – lama lagi dan membuat anda semakin penasaran, langsung saja yuk mulai menyimak ringkasan ulasannya yang ada di bawah ini.

Arti Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati

Arti Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati
Arti Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati

In na sholati wanu suki wamah yaya wama mati lil lahi rob bil ala min adalah bagian dari bacaan doa iftitah. Apakah doa Iftitah itu? Doa Iftitah merupakan salah satu doa sunnah yang di baca pada saat Sholat fardhu atau Sholat Sunnah.

Doa iftitah dibaca pada saat sholat antara takbiratul ihram dan pembacaan surat al-fatihah pada rakaat pertama. Disebut doa iftitah karena memiliki arti bahasa arabnya yaitu fataha yang artinya pembukaan.

Inilah sebabnya mengapa doa Iftitah dibacakan pada awal rakaat pertama. Nah, di bawah ini gambaran lengkapnya bacaan doa iftitah.

Perhatikan gambar di bawah ini :

Baca Juga :   Syirik

Dengan membaca Doa Iftitah di dalam doa, maka kita akan mendapatkan pahala. Cara membaca Sholat Iftitah saat sholat adalah Sunnah, tetapi jika kita tidak membaca Sholat Iftitah maka sholat kita tidak lengkap.

Ada juga yang menganggap shalat iftitah sebagai doa wajib. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda :

Perhatikan bacaan di bawah ini :

“Tidak akan sempurna shalat seseorang jika dia belum sampai kepada memuji Allah dan membaca takbir untuk memujinya, lalu kemudian membacakan Al-Qur’an yang mudah untuknya.” (Narasi: Abu Daud dan Hakim)

Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati Lillahi Robbil Alamin Arab dan Artinya

Seperti yang sudah kita ketahui, Inna sholati wanusuki wamahyaya wamamati lillahi robbil alamin merupakan bagian dari bacaan doa iftitah.

Inna sholati wanusuki wamahayaya wamamati lillahi robbil alamin terjemahan indonesianya adalah sesungguhnya doaku, ibadahku, hidup dan matiku hanya untuk Allah SWT semesta alam.

Dan inilah tulisan arabnya :

Do’a Iftitah atau Bacaan Iftitah

Doa Iftitah merupakan salah satu doa sunnah yang di baca pada saat Sholat fardhu atau Sholat Sunnah. Dan hukum doa Iftitah itu sendiri adalah Sunnah.

Jadi apa yang dimaksud dengan wajjahtu wajhiya? Berikut ini adalah tiga versi doa iftitah dalam bahasa arab dan artinya.

Doa Iftitah Versi Pertama

Artinya :

Ya Allah, jauhkan aku dari pelanggaran dan dosaku sebagaimana Engkau telah memisahkan timur dari barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dari kesalahan dan dosaku, seperti bersihnya pakaian putih dari kotoran. Ya Allah, bersihkan dosa – dosaku dengan air, salju dan embun.

Doa Iftitah Versi Kedua

Artinya :

Allah adalah sang maha besar sebesar – besarnya dan dalam setiap pujian yang banyak itu harus diberikan kepada Allah SWT. Maha Suci Allah di pagi dan malam hari.

Doa Iftitah Versi Ketiga

Artinya :

Baca Juga :   Arti Ya Muqollibal Qulub

Allah Maha Besar. Sesungguhnya aku hadapkan wajahku hanya kepada Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan atau dalam keadaan tunduk, dan aku bukanlah dari golongan orang – orang yang menyekutukanNya. Ya Allah, Engkaulah penguasa, tidak ada yang berhak disembah selain diriMu. Maha Suci Engkau dan Maha Terpuji.

Akhir Kata

Doa iftitah bisa dibacakan dengan cara yang tidak besar maupun keras. Gaya membaca doa iftitah ini berlaku untuk imam dan magmum.

Menurut Panduan Sholat dan Dzikir Ust, A Solihin As Suhaili tahun 2019, iftitah berarti keterbukaan secara bahasa. Arti iftitah di dalam doa adalah bacaan yang berisi puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT.

Sholat iftitah berisi puji serta kekaguman atas segala kebesaran Allah S.W.T. Doa ini pun menggambarkan bahwa manusia itu sebagai orang yang memerlukan pertolongan, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.

Mengutip website NU Online, doa ini dibacakan setelah takbiratul ihram dan ta’awudz dibacakan di semua sholat kecuali jenazah. Di sisi lain, salat jenazah bukanlah sunnah karena salat disusun secara singkat.

Syekh an-Nawawi Banten berkata :

“Adalah suatu sunnah untuk membaca doa iftitah setelah takbiratul ihram dan sebelum pembacaan taawudz, selain doa pemakaman.”

Demikianlah artikel Arti Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati ini quipper.co.id jelaskan kali ini. Semoga penjelasan ini dapat menambah ilmu bagi anda yang membacanya.

Artikel Lainnya :

5/5 - (1 vote)