Arti Wa Iyyakum

Posted on

Apa Arti Wa Iyyakum Artinya – Bahasa Arab (وَ اِيَّكُمْ) Wa Iyyakum ? Tahukah kamu apa artinya? Lantas bagaimana cara menjawab jika ada yang mengucapkan kalimat wa iyyakum? Kalimat ini sudah banyak digunakan oleh semua masyarakat khususnya di indonesia.

Dimana hampir semua kalangan menggunakan kalimat ini, Dimana kata Wa Iyyakum, adalah sebuah kosakata yang tertulis dalam bahasa Arab.

Tentunya banyak diantara sobat sekalian yang masih bingung dan penasaran dalam menanggapi jika mendapatkan ucapan atau kata/kalimat Wa Iyyakum ini .

Nah untuk itu berikut ini akan admin uraikan penjelasan secara rinci mengenai makna, Arti Wa Iyyakum Dalam Bahasa Arab dan Terjemahannya

Wa Iyyakum (وَ اِيَّكُمْ) Artinya

Arti Wa Iyyakum
Arti Wa Iyyakum

Dari hasil pengamatan kami, begitu maraknya kalngan umum yang ingin mengetahui dan hampir dari sebagian mulai mencari tahu mengenai Wa Iyyakum artinya apa.

Dimana kalimat ini tertulis dalam bahasa arab, sehingga membuat banyak orang yang ingin mengetahui mengenai pengertian dan makna dari kata Wa Iyyakum apa artinya?

Walaupun kalimat/kata ini berasal dari Arab dan tulisan yang digunakan pun dalam bahasa arab, namun tak membuat sesorang surut dan berhenti untuk mencari dan ingin memahami arti dan makna kalimatnya.

Jadi sudah tak heran rasanya di indonesia sendiri hampir sering ungkapan ini kita dengar yang diucapkan baik dalam suatu forum islam, pasantren, bahkan di tengah kehidupan masyarakatpun kalimat ini sudah mulai berkembang. Baca Juga: Bahasa Arab Aku Cinta Kamu

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia merupakan suatu negara diman jumlah muslimnya paling terbesar dan terbanyak di dunia dan jarang diantaranya banyak yang mengadopsi sejumlah kalimat maupun kata yang berasal dari Arab.

Baca Juga :   Pengertian Maf'ul Bih

Namun bukan hanya kalimat/kata Wa Iyaakum saja yang sering digunakan oleh masyarakatnya, dimana sejumlah kata/kalimat yang juga sangat populer diungkapkan ialah kata afwan, Syukron, Tafadhol, akhi, ukhti, dan masih banyak lagi kalimat lainnya .Lantas apa sih arti dari kata/kalimat Wa Iyyakum?

Nah, di bawah ini akan quipper.co.id sampaikan dengan jelas mengenai penjelasan Wa Iyyakum artinya apa.

Semoga sesudah membaca dan mempelajari isi dari penjelasan ini, bisa membuat tingkat pengetahuan sobat semua tentang kata/kalimat berbahasa Arab akan semakin meningkat.

Arti Wa Iyyakum (وَ اِيَّكُمْ)

Arti Wa Iyyakum
Arti Wa Iyyakum

Wa Iyyakum (وَ اِيَّكُمْ) ialah merupakan suatu kata yang mana baik dalam penulisan dan asalnya dari bahasa Arab yang mempunyai arti

Wa Iyyakum (وَ اِيَّكُمْ)

Artinya”semoga kalian juga dibalas dengan kebaikan”.

Dimana kata Wa Iyyakum kerap diucapkan atas sebuah jawaban dari ungkapan kata Jazakallahu Khairan جزاك اللهُ .

Lantas apa yang menjadi perbedaan antara kata Wa Iyyakum ” dan Wa Iyyaka serta kat Wa Iyyaki.

Kata Wa Iyyakum baasanya dipakai pada saat kita mendapatkan sebuah ucapan Jazakallahu khairan dari beberpa orang, nah sedangkan untuk kata wa iyyaka dipakai ketika kita akan menjawab adanya ucapan dari seorang pria, kemudian untuk kata wa iyyaki dipakai ketika akan menjawab apabila mendapat ucapan dari seorang wanita.

Jadi Harus sobat semua pahami Ketika mendapat ucapan Jazakallahu khairan dari seseorang maupun orang banyak sobat bisa menjawabnya sesuai dengan siapa yang bertanya:

  • Arti Wa Iyyakum” : Untuk orang banyak
  • Arti Wa iyyaka : Untuk Laki-laki
  • Arti Wa Iyyaki “: Untuk Seorang Perempuan
  • “Arti Jazaakallah khairan
    Kata ini Memiliki Arti; Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan (Untuk Pria)
  • “Jazaakillah khairan
    Kata ini memiliki arti; Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan (Untuk Wanita)
  • “Jaza-Kumullah Khairan Katsiiraa
    Kata ini memiliki arti: “Semoga Allah Membalas kalian dengan kebaikan (Jamak Untuk – Pria)
  • “Jaza-Kunallah Khairan Katsiiraa
    Kata ini memiliki arti: “Semoga Allah Membalas kalian dengan kebaikan” Jamak Untuk – Wanita)
  • “Jaza-Kamallah Khairan Katsiiraa”
    Kata ini memiliki arti: “Semoga Allah Membalas kalian dengan kebaikan (Jamak Untuk Semua Baik Pria maupun Wanita)
Baca Juga :   Aamiin Ya Robbal Alamin

Makna Wa Iyyakum 

Kemudian mengulas akan makna ang terkandung di dalam kalimat/kata Wa Iyyakum diman kata ini bermaknakan bahwasannya seorang hamba selalu senantiasa mengharapkan segala kebaikan yang dianugerahkan oleh sang penciptanya yakni adalah Allah SWT terhadap semua golongan/orang yang memberikan ucapan dalam bentu sebuah doa kebaikan kepada kita.

Dimana hal ini menjadi sebagai suatu bentukdari sebuah rasa terima kasih kita terhadap siapapun orang yang memberikan kita doa dalam bentuk kebaikan. Dimana di dalam agama Islam, kita sangat dianjurkan agar bisa saling mendoakan sesama muslim

Hadist Anjuran Saling Mendoakan

Seperti yang tertulis dalam sebuah hadits dari riwayat Muslim di bawah ini:

Arti Wa Iyyakum
Arti Wa Iyyakum
Arti Wa Iyyaka adalah?

Kata ini memiliki Arti ; “Dan kepadamu juga” (Untuk Pria)

Arti Wa Iyyaki Adalah?

 Kata ini memiliki arti “Dan kepadamu juga” (untuk wanita)

Wa Iyyakum Artinya?

Kata ini Memiliki Arti yakni :”Dan kepada kalian juga” (untuk Jamak baik laki-laki maupun Wanita)

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan kali ini mengenai Arti Wa Iyyakum, semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk sahabat sekalian.