Arti Jazakumullah Khairan Katsiran

Posted on

Arti Jazakumullah Khairan Katsiran (Tulisan Arab جَزَا كُمُ الله خَيْرًاكَثِيْرًا) dan Jazakallahu Khairan Artinya? Lantas bagaimana cara menjawab jika ada seseorang yang mengucapkan kalimat Jazakumullah Khairan Katsiran? dan Jazakallahu Khairan?

Nah penasaran bukan.! Baiklah untuk menjawab semua pertanyaan kalian semua tersebut simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Arti Jazakumullah Khairan Katsiran (جَزَا كُمُ الله خَيْرًاكَثِيْرًا)

Arti Jazakumullah Khairan Katsiran
Arti Jazakumullah Khairan Katsiran

Kalimat Jazakumullah Khairan Katsiran tertulis dalam bahasa arab (جَزَا كُمُ الله خَيْرًاكَثِيْرًا) ialah merupakan sebuah uagkapan bahasa Arab yang di dalamnya terdapat suatu kendungan arti “Semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan yang banyak”.

Ungkapan ini biasanya kerap dipakai ketika ada sekelompok orang yang mana dari kelompok tersebut sudah berbuat baik terhadap kita ataupun orang lain, maka sebagai bentu rasa terima kasih kita untuk membalas kebaikan tersebut, maka kemudian kita ucapkan doa yang berbunyi jazakumullah khairan katsiran.

Baca Juga :

Namun penting untuk sobat semua ketahui bahwa ucapan Jazakumullah Khairan Katsiran (Bahasa Arab جَزَا كُمُ الله خَيْرًاكَثِيْرًا) bersifat jamak atau tertuju pada orang banyak, artinya dua orang atau lebih.

Maka artinya ucapan ini, bukan tertuju kepada 1 individu saja, melainkan kebanyak orang.

Namun apabila sobat sekalian ingin mengkhusukan kepada 1 individu saja atau orang tunggal, maka sobat bisa mengucapkan dengan ungkapan

Arti Jazakumullah Khairan Katsiran
Arti Jazakumullah Khairan Katsiran

Kemudian ada juga sebagian orang yang memakai ucapan ini dengan cara sedikit memberikan tambahan beberapa kata, sehingga kata tersebut akan menjadi sebuah ucapan

Baca Juga :   Bahasa Arab Peralatan Rumah

 Jazakumullah Khairan Katsiran wa Jazakumullah Ahsanal Jaza yang artinya “Semoga Allah Swt membalas kalian dengan kebaikan yang banyak dan semoga Allah SWT membalas kalian dengan balasan yang terbaik”.

Pengertian Jazakumullah Khairan Katsiran (جَزَا كُمُ الله خَيْرًاكَثِيْرًا)

Telah kita ketahui bersama bahwa ucapan jazakumullah khairan katsiran berasal dari bahasa Arab. Jika diartikan secara kata per kata, maka terjemahannya adalah sebagai berikut:

  • Jazaa (جَزَ) = Semoga memberi, menambahkan, membalas
  • Kum (كم) = Kalian
  • Allah (اللهُ) = Allah
  • Khairan (خَيْرًا) = Kebaikan
  • Katsira (كَثِيْرًا) = Banyak

Apabila semua kalimat yang terdapat di atas saling dikombinasikan, maka akan membentuk sebuah makna “Semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan yang banyak”.

Bagi seorang muslin, perkataan atau ungkapan ini merupakan suatu doa, permintta, harapan terhadap Allah Swt, yang mana supaya orang yang menerima ucapan tersebut akan diberikan balasan atas kebaikan yang sudah mereka kerjakan.

Dalam hal ini seorang muslim sangat percaya bahwa doa merupakan sebuah sajata yang sangat ampuh dan apabila doa tersebut disampaikan dengan hati yang tulus maka Allah akan mengijabahnya.

Kemudian ungkapan jazakumullah khairan katsiran juga dapat diartikan sebagai sebuah pujian dalam bentuk penghormatan yang sangat tinggi yang tertuju kepada sekelompo orang. 

Dalil Jazakumullah Khairan Katsiran (جَزَا كُمُ الله خَيْرًاكَثِيْرًا)

Pada dasarnya tiada dalil langsung yang merujuk terhadap ungkapan dari Jazakumullah Khairan Katsiran (جَزَا كُمُ الله خَيْرًاكَثِيْرًا).

Namun, ungkapan ini dapat dikaitkan kepada dalil yang berlaku dari ungkapan Jazakallah Khairan.

Rasulullah Saw pernah bersabda yang mana dari sabda beliau masih terkait dengan pemakaian dari ungkapan kalimat jazakallah khairan yang terdapat di dalam suatu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi. yakni sebagai berikut haditsnya:

Baca Juga :   Arti Barakallah

Dimana Usamah bin Zaid pernah berkata bahwa: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda:

Dasar penggunaan Jazakallahu Khairan terdapat dalam Hadits yang diriwayatkan Dari Usamah bin Zaid r.a, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda :

Arti Jazakumullah Khairan Katsiran
Arti Jazakumullah Khairan Katsiran

“Barangsiapa yang dibuatkan kepadanya kebaikan, lalu ia mengatakan kepada pelakunya: “Jazakallah khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh ia telah benar-benar meninggikan pujian.”

Cara Menggunakan Jazakumullah Khairan Katsiran

Di bawah ini terdapat sejumlah contoh dalam situaisi seperti apa saja ucapan dari jazakumullah khairan katsiran dapat digunakan, berikut penjelasannya:

  • Contohnya saja, ada sekumpulan anak KKN yang tengah mengarahkan sebuah pelatihan menjahi. Maka sebagai bentuk ungka rasa terima kasih, dari penduduk desa tersebut dapat mengucapkan kata “Jazakumullah khairan katsiran” 
  • Kemudian pada suatu acara kelulusan para siswa, dimana semua para siswa akan merayakan momen kebahagiaan tersebut sebab mereka sudah berhasil lulus selain itu mereka juga telah memperoleh ilmu pengetahuan semua itu tak luput dari bimbingan segenap para guru di sekolah. Maka sebagai bentuk rasa terima kasih dari semua para siswa, mereka dapat mengucapkan “Jazakumullah khairan katsiran” atas segala kebaikan dan jasa dari semua gurunya.

Jawaban atau Balasan Ucapan Jazakumullah Khairan Katsiran

Lantas, bagaimana cara membalas atau menjawab jika ada seseorang yang mengucapkan kata jazakumullah khairan katsiran?

Nah, ketika sobat semua berserta rekan ataupun keluarga yang sedang membantu seseorang, kemudian orang yang kita bantu tersebut mengucapkan kata jazakumullah khairan katsiran, maka kita bisa menjawabnya kembali dengan mengucapkan “Wa jazakallahu khairan” artinya “dan semoga Allah juga membalasmu dengan kebaikan”.

Namun apabila ungkapan tersebut datang dari sekelompok orang yang diberikan untuk kita, maka kita dapat menjawab atau membalasnya dengan mengucapkan “Wa jazakumullah khairan“Yang artinya “dan semoga Allah juga membalas kalian dengan kebaikan”.

Baca Juga :   Arti Baraka Allahu Lakuma

Kesimpulan

Maka, apabila sobat semua mendengar ungkapan jazakumullah khairan katsiran (Dalam bahasa arab جَزَا كُمُ الله خَيْرًاكَثِيْرًا) yang di ungkan dari seseorang, maka ungkapan itu memounyai arti “Semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan yang banyak”.

Maka untuk menjawab atau membalasnya ada dua cara, yakni dapat mengucapkan Wa jazakallahu khairan (jika itu bersefat tunggal atau satu orang) kemudian bisa membalas nya dengan mengucapkan Wa jazakumullah khairan (Bersifat jamak atau untuk orang banyak).

Arti Barakallah Fiik Adalah?

Kalimat ini memiliki Arti”  “Semoga Allah memberkahi mu”

Arti Syukron Katsiira Adalah?

Kalimat ini memiliki Arti “Terimakasih Banyak”.

Arti wa Iyyakum Adalah?

Kalimat ini memiliki Arti “semoga kalian juga dibalas dengan kebaikan”

Arti Barakallahu fiikum Adalah?

Kalimat ini memiliki Arti: “Semoga Allah memberkahi kalian”

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan mengenai Arti Jazakumullah Khairan Katsiran, semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk sahabat semua.