Arti Ya Muqollibal Qulub

Posted on

Apa Arti Ya Muqollibal Qulub (Bahasa Arab يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ) Ya Muqollibal Qulub Artinya – Hay Sahabat semua.! pada perjumpaan kali ini kembali akan quipper.co.id sampaikan materi tentang Ya Muqollibal Qulub Dalam Bahasa Arab Dan Artinya.

Namun Diperjumpaan sebelumnya kami juga telah menyampaikan materi tentang Allahumma Yassir Wala Tu’assir Artinya Nah untuk melengkapi isi dari pembahasan kali ini maka simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Arti Ya Muqollibal Qulub

Arti Ya Muqollibal Qulub
Arti Ya Muqollibal Qulub

Kalimat Ya muqollibal qulub (Bahasa arab يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ) ialah merupakan sebuah petikan yang didapat dari sebuah doa dengan menggunakan bahasa Arab yang mempunyai arti “Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati”.

Dimana pada istilah kata Dzat disini ialah Allah Swt, Tuhan yang Maha membolak-balikkan setiap hati manusia.

Apabila dirangkai dengan secara lengkap, maka bunyi dari doa tersebut ialah :

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ 

Ya muqollibal quluub tsabbit qolbi ‘alaa diinik

Artinya: Wahai engkau Zat yang dapat membolak-balikkan hati teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu.

Kalian harus mengawali Doa ini dengan sebuah pengakuan bahwa Allah Swt ialah merupakan suatu Dzat yang memiliki kuasa atas ciptaannya dan mampu membolak-balikkan setiap hati manusia.

Maka oleh sebab itu, kita dapat memohonkan apapun yang kita inginkan dengan berdoa kepada-Nya supaya hati kita diberikan keteguhan di atas agama Allah Swt.

Maka Dengan demikian, akan semakin membuat iman kita terhadap Islam dapat selalu tetap terjaga dari segala macam godaan yang dapat menyesatkan.

Baca Juga :   Bahasa Arab Selamat Sore

Pengertian Ya Muqollibal Qulub

Arti Ya Muqollibal Qulub
Arti Ya Muqollibal Qulub

Berdasarkan apa yang sudah quipper.co.id jelaskan di atas, maka dapat kita pahami bersama bahwa arti dari ya muqollibal qulub ialah “Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati”.

Selain itu terdapat sejumlah riwayat yang mengisahkan mengenai doa ini. Diantarnya ialah riwayat disampaikan oleh Ummu Salamah RA, yakni merupakan salah seorang istri baginda Rasulullah Saw.

Kemudian pada riwayat itu terangkum dalam sebuah hadits dari Tirmidzi, Ahmad, dan Hakim. 

Dimana Ummu Salamah RA berkata bahwa doa yang kerapkali dibacakan oleh baginda Rasulullah Saw ialah doa:

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ 
Yaa muqollibal qulub tsabbit qolbi ‘ala diinik

Artinya “Wahai Zat yang membolak-balikkan hati teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu” (HR. Tirmidzi, Ahmad, Hakim)

Makna Ya Muqollibal Qulub

Dengan memanjatka Doa ya moqollibal qulub menjadi salah satu bentuk permohonan yang ditujukan kepada Allah tuhan yang maha kuasa dengan berharap supaya hati tetap selalu terjaga di jalan-Nya.

Nah inilah yang biasanya banya dikenal dengan sebutan istiqomah hati. Sebab Hati manusia seumpama selembar kertas yang ditiup angin, sehingganya akan mudah terbolak-balik.

Selain itu sifatnya yang selalu berubah-uabh seolah tiada tetap, terkadang ia bersih, kuat akan iman, bercahaya, lemah lembut, namun tidak menutup kemungkinan suatu saat bisa menjadi kotor kembali, dan cahaya yang dimilikinya mulai memudar, imannya menjadi sangat tipis, seolah mengisyaratkan bagaikan manusia yang lupa terhadap Penciptanya.

Kemudian Hati manusia dapat diibaratkan berada di jari-jemari Allah S.w.t jadi semua berada atas kehendaknya. Seperti yang dijelaskan dari Anas RA, yang mana baginda Rasulullah selalu memperbanyak do’a, “Yaa muqollibal quluub tsabbit qalbii ‘alaa diinik,”

Kemudian saya mendengarkan berulang kali beliau mengucapkan doa tersebut, kemudian perlahan saya bertanya, “Ya Rasulullah, sesungguhnya kami beriman kepadamu dan juga terhadap apa saja yang engkau bawa serta ajarkan.

Baca Juga :   Aamiin Ya Robbal Alamin

Lantas mengapa engkau masih begitu sangat khawatir (kepada keadaan kejiwaan) kami?” Kemudian beliapun menjawab, ya sebab sebenarnya hati manusia semuanya berada diantara jari-jemari Allah, sehingga Dia dapat dengan mudah membalikkan sesuai dengan sekehendaknya. (H.R. Imam Ahmad, Tirmidzi dan al-Hakim).

Nah karena alasan Itulah sehingga Rasulullah Saw menganjurkan kita supaya setiap hari kita dapat membaca doa ya muqollibal qulub seperti di atas.

Hal tersebut disampaikan karena, hati manusia sangat mudah terbolak-bolik, sesuai dengan kehendak Allah Swt.

Sehingganbya kita harus berdoa dan memohon kepadanya supaya berkenan memberikan ketetapan terhadap hati kita di jalan kebenaran.

Khasiat Ya Muqollibal Qulub

Di bawah ini terdapat sejumlah makna yang terkandung yang ada di dalam doa ya moqollibal qulub, simak berikut ini ulasannya:

Hati Menjadi Tenang

Sudah pasti semua insan menginginkan agar selalu diberikan Ketenangan hati sebab hal itu merupakan hal yang sangat didambakan oleh semua orang.

Sehingga dengan hati yang tenang, maka akan membuat seorang bisa menjalan segala rutinitasnya dengan optimal dan baik.

Selain itu tentu saja hatinya akan jauh dari suatu perasaan gelisah atau gundah gulana sebab memperoleh penjagaan dari Allah Swt.

Iman Semakin Kuat

Kemudian Inti sari dari doa yang telah dijelaskan diatas ialah merupakan suatu bentuk permohonan seorang hamba kepada Tuhannya supaya selalu tetap istiqomah di dalam iman.

Selin itu banyak keterangan yang menjelaskan bahwa mengenai iman yang dimiliki oleh seorang muslim sangat mudah berubah.

Dimana bisa saja hari ini hidupnya seolah dikelilingi oleh cahaya iman, namun bisa saja keesokannya cahaya iman tersebut kembali memudar. yang diakibatkan karena karena banyaknya godaan yang datang dengan bertubi-tubi.

Baca Juga :   Rabbighfirli Waliwalidayya

Selalu Dekat dengan Allah

Kemudian hati yang tenang ialah merupakan sebuah perasaan, yang selalu senantiasa merasa dekat dengan Tuhannya.

Bahkan di dalam hatinya tiada siapapun yang bisa menempati rung-ruang yang kosong melainkan Hanya ada Allah S.w.T di dalamnya.

Maka oleh karena itu mari dawamkan Doa ya muqollibal qulub ini dengan harapan semoga Allah Swt senantiasa menjaga serta menetapkan Iman yang ada di dalam hati ini.

Nah itulah yang bisa kami sampaikan mengenai Ya Muqollibal Qulub Artinya, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua.