Arti Istiqomah

Posted on

Apa Arti Istiqomah Dijalan Allah Artinya Apa (Tulisan Arab الإستقامة) – Hay sahabat sekalian.! Pada perjumpaan kali ini kembali akan quipper.co.id sampaikan materi tentang Arti istiqomah – Dalil tentang Istiqomah, Manfaat Sikap Istiqomah, Makna Istiqomah dan Contoh Sikap Istiqomah. Namun pada perjumpaan sebelumnya yang mana quipper.co.id juga telah menyampaikan materi tentang Arti Qadarullah. Nah untuk melengkapi isi dari pada topik pembahasan kita kali ini maka, mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Arti Istiqomah الإستقامة

Arti Istiqomah
Arti Istiqomah

Kalimta Istiqomah (Tulisan Arab الإستقامة) ialah merupakan sebuah istilah dalam bahasa Arab yang umumnya dapat diartikan “berdiri lurus tegak, atau konsisten”.

Kemudian apabila menurut bahasa, yang mana kata istiqomah ini terdiri atas huruf qaf (ﻕ), wa (ﻭ), dan mim (م) yang memiliki makna, yakni kumpulan kaum (manusia) yang tegak berdiri dengan tekad yang mantap.

Selain itu penjelasan lainnya juga menjelaskan bahwa kata istiqomah bisa diartikan sebagai sebuah usaha atau sebuah kondisi dari seseorang yang teguh oendirinnya dalam melangkah ke jalan yang lurus (dalam agama Islam) yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT.

Kemudian berdasarkan keterangan yang di dapat dari dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, dimana arti dari kata Istiqomah ialah suatu sikap yang teguh akan pendirian dalam menetapkan sesuatu yang diyakini.

Sedangkan didalam kamus Arab-Indonesia, yang mana kata istiqomah ini juga dapat dimaknai dengan kelurusan dan keadilan.

Baca Juga :   Doa Masuk Kelas dan Keluar Kelas

Arti Istiqomah Menurut Khulafaur Rasyidin

Kemudian Arti dari kata istiqomah juga ternyata di sampikan pula oleh sejumlah para khulafaur rasyidin, yakni merupakan empat para kalifah pertama dalam meneruskan ajaran Islam sejak kepergiannya Rasulullah SAW.

Dimana mereka berempat berkontribusi dalam menyumbangkan semua ide dan hasil dari pemikirannya bagi islam terutama terkait dengan pengertian istiqomah. Dimana diantara mereka ditanya mengenai arti dari istiqomah, kemudian mereka pun menjawab sebagai berikut:

  • Menurut Abu Bakar as-Shiddiq: Arti dari kata istiqomah ialah merupakan suatu kemurnian tauhid, yang artinya tidak menduakan/menyekutukan Allah SWT dengan siapapun dan juga apapun.
  • Menurut Umar bin al-Khattab: Arti dari kata istiqomah ialah erupakan suatu komitmen dalam menjalankan segala apa yang diperintah dan apa yang menjadi larangan dan juga tidak boleh melakukan penipuan. Dapat mempertahankan pada satu perintah atau larangan kemudian tidak memalingkan dairnya terhadap sesuatu apapun seperti layaknya seekor musang
  • Menurut Utsman bin Affan: arti dari kata istiqomah ialah merupakan suatu pengikhlaskan atas sebuah amal kepada Allah. Kemudian apabila mengerjakan sesuatu hakikatnya semua karena Allah SWT dan menjalankan segala ibadah yang diperintahkan-Nya
  • Menurut Ali bin Abi Thalib: arti dari istiqomah ialah merupakan suatu perintah yang harus dilaksanakannya atas segala kewajiban-kewajiban yang diberikan.

Prilaku Yang Mencerminkan Sikap Istiqamah

Di bawah ini ialah terdapat beberapa contoh sikap yang mencerminkan ssuatu sifat istiqamah, berikut penjelasannya:

  • Melaksanakan segala yang diperintah oleh Allah dengan ikhlas
  • Dapat menerima ketika mendapat cobaan dengan sabar.
  • Menjalankan ibadah tepat waktu ( sholat )
  • Tidak terpedaya dengan kemewahan kehidupan dunia.
  • Senantiasa tawakal kepada Allah SWT.
  • Senantiasa berprasangka baik kepada Allah.
  • Mentaati semua perintahnya dan Menjauhi segala larangannya.
Baca Juga :   Biidznillah Artinya

Manfaat Berlaku Istiqamah

Di bawah ini ialah merupakan manfaat dari sikap istiqamah, berikut penjelasannya:

  • Sesorang yang memiliki sikap istiqamah akan senantiasa dihindarkan dari ketakutan dan rasa sedih.
  • Pada seorang yang istiqamah akan selalu mempunyai sifat penyabar meskipun sedang mendapat cobaan.
  • Pada seseorang yang istiqamah akan senantiasa memperoleh bimbingan dalam perjalanan hidupnya.
  • Pada seseorang yang istiqamah akan memperoleh kebahagian baik dalam kehidupan dunia ataupun diakhirat kelak.

Cara Agar Dapat Menumbuhkan Sikap Istiqamah

Di bawah ini terdapat sejumlah langkah yang dapat diterapkan dalam melahirkan sikap istiqamah, yang diantaranya ialah seperti berikut :

1. Bertaubat

Artinya ialah memohonkan ampunan Allah S.wt dengan bersungguh sungguh dan tidak akan lagi mengulangin apa yang pernah dilakukan.

2. Muhasabah (Intropeksi Diri)

Pada seorang muslim yang dianugerahkan akal yang sehat maka dalam mereka melakukan suatu perbuatan buruk akan mempertimabngkannya terlebih dahulu dan mereka juga senantiasa mengisntropeksi dirinya,

Keutamaan dan manfaat Muhasabah ini ialah untuk meningkatkan diri dari yang sebelumnya sering melakukan keburukan dan melakukan perubahan dengan senantiasa melakukan perbuatan yang baik dan beramal sholeh serta selalu sadar bahwa dirinya tiada daya dan upaya jika tanpa kehendak Allah S.wt.

3. Muraqobah (Persaan Selalu diawasi Allah)

Artinya ialah senantiasa dapat merasa dan terasa bahwa seorang tersebut senantiasa diawasi oleh Allah SWT.

Yang mana sifat muroqobah ini ada di dalam seseorang yang kedudukannya telah menempati di maqom ikhsan, yang mana maqom tersebut merepukan puncak kedudukan atas ketaatan dari salah seorang hamba terhadap Tuhannya.

4. Mujahadah (Bersunguh-Sunguh)

Arti dari Mujahadah disini ialah, terhadap seorang muslim musti selalu berupaya dengan bersungguh-sungguh dan harus menyadari bahwa musuh sebenarnya yang musti diperangi ialah hawa nafsunya sendiri.

Baca Juga :   Arti Qadarullah

5. Tadabbur

Arti dari Tadabbur disini ialah senantiasa dapat merenungkan segala yang menjadi tanda-tanda dari kebesaran Allah dengan cara selalu memandang besarnya kekuaasaan Allah yang telah menciptakan alam dan seisinya.

Contoh Istiqomah

Di bawah ini terdapat beberapa contoh dari sikap istiqomah, yang diantaranya ialah sebagai berikut.

  • Senantiasa selalu menjaga keyakinan bahwa Allah itu Esa walaupun beratnya cobaan yang sedang dihadapi
  • Senantiasa dapat konsisten dalam melaksanakan semua ibadah yang diperintahkan Oleh Allah Swt seperti misalnya ibadah shalat dan puas, walaupun dalam keadaan sulit
  • Senantiasa dapat ikhlas ketika memberikan pertolongan kepada orang lain, walaupun orang tersebut sudah berbuat buruk terhadap kita, kemudian setelah menolong jangan pernah mengharapkan sesuatu balasan apapun selain balasan dari Allah SWT.
  • Selalu takwa dan juga mentaati segala yang menjadi perintah Allah dan dapat menjauhi semua larangannya.
Apa arti dari kata Qadarullah?

Kalimat ini memiliki Arti: Takdir atau keputusan Allah

Apa arti dari ucapan La tahzan?

Kalimat atau ucapan ini memiliki Arti ” Janganlah kamu bersedih

Arti Innallah maana Adalah?

Kalimat ini memiliki arti”Sesungguhnya Allah bersama kita

Arti dari Istoqomah Adalah?

Kalimat ini memiliki arti “berdiri lurus tegak, atau konsisten”.

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan mengenai Arti Istiqomah, semoga ulasan ini dapat beramnfaat untuk sahabat sekalian.

Baca Juga :