Soal Matematika Kelas 5 SD

Posted on

Soal Matematika Kelas 5 SD – Nah pada perjumpaan kali ini akan quipper.co.id sampaikan materi pembahasan mengenai Soal Matematika Kelas 5 SD.

Sedangkan pada perjumpaan sebelumnya quipper.co.id sudah menjelaskan tentang materi 1 Sendok Makan Berapa Gram.

Sekarang untuk melengkapi isi dari tema pembahasan kita kali ini, maka simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga : Contoh Soal Matematika

Pengertian

Soal Matematika Kelas 5 SD
Soal Matematika Kelas 5 SD

Contoh soal matematika adalah kumpulan dari soal – soal yang sudah disusun dengan rapih dan bertujuan untuk bisa membantu anak – anak di dalam menjalankan aktifitas belajar mengajar yang materi nya disesuaikan dengan usia anak kelas 5 SD.

Contoh Soal Operasi Hitung

Bilangan Bulat

Bilangan bulat ialah merupakan sebuah bilangan yang terdiri dari kumpulan bilangan bulat positif, nol serta bilangan bulat negatife.

Contoh :

  1. Bilangan bulat positiv :
    1. 1,2,3,4, ….. seterusnya.
  2. Bilangan nol :
  3. Bilangan bulat negatif :
    1. -1, -2, -3, -4, ….. seterusnya.

Bilangan Cacah

Bilangan cacah ialah merupakan sebuah bilangan bulat positif yang dimulai dari angka 0 (nol) hingga hitungan tidak terhingga.

Baca Juga :   Bilangan Asli

Contoh :

  • 0, 1, 2, 3, 4, 5, ….. seterusnya

Bilangan Asli

Bilangan asli ialah merupakan sebuah bilangan bulat positif yang diawali oleh angka 1 (satu) hingga tidak terhingga.

Contoh :

  • 1, 2, 3, 4, 5, ….. seterusnya.

Contoh Soal Sifat Komutatif

Sifat Komutatif Pada Penjumlahan

Contohnya :

Maka rumus yang digunakan oleh sifat komutatif pada penjumlahan adalah :

a+b=b+a

Penjelasannya :

Pertukaran pada suku dengan cara penjumlahan sama sekali tidak merubah hasilnya

Sifat Komutatif Pada Perkalian

Contohnya :

screenshoot

Maka rumus yang digunakan oleh sifat komutatif pada perkalian adalah :

axb=bxa

Penjelasannya :

Pertukaran dengan faktor pada perkalian tidaklah dapat merubah hasilnya

Sifat Komutatif Tak Berlaku Dalam Pengurangan Serta Pembagian

Lihatlah!

Contoh Soal Sifat Asosiatif

Sifat Asosiatif Pada Penjumlahan

Contohnya :

Maka rumus yang digunakan oleh sifat asosiatif pada penjumlahan adalah :

a+(b+c)=(a+b)=c

Penjelasannya :

Penyatuan suku pada penjumlahan tidaklah dapat merubah hasilnya

Sifat Asosiatif Pada Perkalian

Contohnya :

Maka rumus yang digunakan oleh sifat asosiatif pada perkalian adalah :

ax(bxc)=(axb)xc

Penjelasannya :

Penyatuan faktor pada perkalian tidaklah merubah hasilnya

Contoh Soal Sifat Distributif

Sifat Distributif Perkalian Dengan Penjumlahan

Contohnya :

Maka rumus yang digunakan oleh sifat distributif pada perkalian dengan penjumlahan adalah:

ax(b+c)=(axb)+(axc)

Sifat Distributif Perkalian Dengan Pengurangan

Contohnya :

Maka rumus yang digunakan oleh sifat distributif perkalian dengan pengurangan adalah :

ax(b-c)=(axb)-(axc)

Contoh Soal Bilangan 0 (nol)

Bilangan 0 (nol) Adalah Bilangan Cacah

  • Penjumlahan serta pengurangan dengan 0 (nol), hasilnya ialah merupakan bilangan itu sendiri ataupun tak berubah hasilnya.

Contohnya :

4+0=4
52+0=52
837+0=837
4328+0=4328
4-0=4
52-0=52
837-0=837
4328-0=4328
  • Perkalian terhadap bilangan 0 (nol), hasilnya ialah merupakan 0 (nol).

Contohnya :

4×0=0
52×0=0
837×0=0
4328×0=0

Maka hasil dari bilangan berapapun yang dikalikan dengan 0 akan tetap sama yaitu 0 (nol).

Baca Juga :   1 Cm Berapa mm

Baca Juga : Contoh Bilangan Komposit

  • Pembagian pada bilangan 0, hasilnya yang tidak bisa didenfinisikan.

Contohnya :

Contoh Soal Bilangan 1 (satu)

Bilangan 1 Ialah Bilangan Cacah Dengan Bilangan Asli

  • Perkalian serta pembagian dalam bilangan 1 (satu), akan menghasilkan bilangan itu sendiri.

Contohnya :

9×1=9
51×1=51
82×1=82
600×1=600
9:1=9
51:1=51
82:1=82
600:1=600

Maka hasil dari bilangan berapapun apabila di kalikan ataupun di bagi dengan angka 1, hasilnya tetap (tidak akan berubah).

Contoh Soal Pembulatan bilangan

Pembulatan Kepuluhan Terdekat

Peraturannya :

  • Bila satuannya kurang dari 5, maka akan di bulatkan kebawah di anggap 0 (nol).
  • Bila satuannya = 5 ataupun lebih, maka akan dibulatkan ke atas.

Contohnya :

33 dibulatkan menjadi 30
48 dibulatkan menjadi 50
56 dibulatkan menjadi 60
235 dibulatkan menjadi 240
534 dibulatkan menjadi 530
689 dibulatkan menjadi 690

Pembulatan Keratusan Terdekat

Peraturannya :

  • Apabila puluhannya kurang dari 5, maka akan di bulatkan kebawah dianggap 0 atau bisa di hilangkan saja.
  • Apabila puluhan = 5 ataupun lebih, maka akan di bulatkan keatas (di jadikan 100 genap).

Contohnya :

137 dibulatkan menjadi 100
174 dibulatkan menjadi 200
259 dibulatkan menjadi 200
261 dibulatkan menjadi 300
534 dibulatkan menjadi 500
689 dibulatkan menjadi 700

Pembulatan Kesatuan Terdekat Pada Pecahan Desimal

  • Apabila angka dibelakang koma itu kurang dari 5, maka angka itu akan dihilangkan.
  • Apabila angka di belakang koma = 5 atau bisa lebih, maka akan di bulatkan keatas.

Contohnya :

1,5 dibulatkan menjadi 2
2,6 dibulatkan menjadi 3
2,4 dibulatkan menjadi 2
3,9 dibulatkan menjadi 4
16,6 dibulatkan menjadi 17
28,3 dibulatkan menjadi 28

Contoh Soal Menaksir Operasi Hitung Bilangan

Menaksir Penjumlahan

Contoh Soal 1 :

Taksirlah penjumlahan berikut ini ke dalam satuan, menjadi puluhan serta ratusan terdekat.

Baca Juga :   Contoh Soal Matematika Kelas 2 SD Semester 1 Dan 2
3.772,5 + 2.594,1 = ….?

Jawabannya :

Taksiran kesatuan terdekat3.773 + 2.594=6.367
Taksiran kepuluhan terdekat3.770 + 2.590=6.360
Taksiran keratusan terdekat3.800 + 2.600=6.400

Contoh Soal 2 :

Taksirlah penjumlahan berikut ini menjadi taksiran rendah, taksiran tinggi dan juga taksiran baik pada ratusan.

553 + 293 = ….?

Jawabannya :

Taksiran rendah500+200=700
Taksiran tinggi600+300=900
Taksiran baik500+300=800

Contoh Soal 3 :

6.483+2.529=….?

Jawabannya :

Taksiran kepuluhan terdekat6.480+2.530=9.010
Taksiran keratusan terdekat6.500+2.500=9.000
Taksiran keribuan terdekat6.000+3.000=9.000
Taksiran rendah6.000+2.000=8.000
Taksiran tinggi7.000+3.000=9.000
Taksiran baik6.000 + 3.000=9.000
Hasil sebenarnya6.473+2.519=9.012

Taksiran baik adalah taksiran yang mendekati hasil sebenarnya.

Menaksir Pengurangan

Contoh Soal 1 :

Taksirlah pengurangan berikut ini ke satuan, puluhan, serta ratusan terdekat.

5.657,6-3.291,4=….?

Jawabannya :

Taksiran kesatuan terdekat5.658-3.291=2.367
Taksiran kepuluhan terdekat5.650-3.2800=2.370
Taksiran keratusan terdekat5.600-3.300=2.300

Contoh Soal 2 :

Taksirlah pengurangan berikut ini menjadi taksiran rendah, taksiran tinggi, serta taksiran baik.

682-399=….?

Jawabannya :

Taksiran rendah600-300=300
Taksiran tinggi700-400=300
Taksiran baik700-400=300

Contoh Soal 3 :

9.884-6.267=…..?

Jawabannya :

Dikarenakan tidak ada koma maka tidak perlu ada taksiran kesatuan terdekat.

Taksiran kepuluhan terdekat9.880-6.270=3.610
Taksiran keratusan terdekat9.900-6.300=3.600
Taksiran rendah9.000-6.000=3.000
Taksiran tinggi10.000-7.000=3.000
Taksiran baik10.000-6.000=4.000
Hasil sebenarnya9.884-6.267=3.617

Menaksir Perkalian

Contohnya :

845×296=….?

Jawabannya :

Taksiran kesatuan terdekattidak ada(tidak ada koma)
Taksiran kepuluhan terdekat850×300=255.000
Taksiran keratusan terdekat800×300=240.000
Taksiran rendah800×200=160.000
Taksiran tinggi900×300=270.000
Taksiran baik800×300=240.000
Hasil sebenarnya845×296=250.120

Menaksir Pembagian

Contohnya :

792:334=….?

Jawabannya :

Taksiran kepuluhan terdekat790:330=2,5
Taksiran keratusan terdekat800:300=3
Taksiran rendah700:300=2,5
Taksiran tinggi800:400=2
Taksiran baik800:300=3

Kata Penutup

Nah demikian materi yang dapat quipper.co.id sampaikan semoga dapat membantu teman – teman semua dalam memahami materi makalah tentang Soal Matematika Kelas 5 SD. Semoga bermanfaat untuk kalian semua.