Tinggi Gawang Sepak Bola

Posted on

Tinggi Gawang Sepak Bola – Hallo sahabat semua! Pada perjumpaan kali ini quipper.co.id akan menyampaikan pembahasan materi makalah tentang tinggi gawang sepak bola. Namun pada perjumpaan sebelumnya, yang mana kami juga telah menyampaikan materi makalah tentang Jumlah Pemain Sepak Bola. Yuk langsung kita simak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Tinggi Gawang Sepak Bola

Tinggi Gawang Sepak Bola
Tinggi Gawang Sepak Bola

Dalam permainan sepak bola, gawang adalah komponen yang tidak dapat dihilangkan dan juga sangatlah penting dalam permainann sepakk bola.

Dalam permainan sepak bola, ada dua gawangg yang harus ada dan berfungsi sebagai penjaga bola ketika pemain mencetak gol.

Secara fisik, tentu saja, kita sudah tahu bagaimana bentuk dari gawang sepak bola terletak di setiap ujung tengah lapangan.

Bentuk persegi panjangnya dibuat dari ringg besi dan memiliki jaring untuk menahan bola bila pemain lawannya berhasil untuk memasukkan bola ke dalam gawang.

Namun, yang dimaksudkan gawang di sini bukan hanya persegi panjang yang diletakkan di atas lapangan, tetapi ada aturan internasional untuk ukuran gawang sepakbola yang telah disepakati oleh dunia.

Aturan – aturan ini umumnya mencakup bentuk gawang, ukuran gawang dan ketahanan gawang.

Berdasarkan informasi di atas, kita akan mengetahui informasi secara rinci, secara singkat dan jelas tentang ukuran standar tujuan sepak bola internasional.

Anda mungkin tertarik untuk membangun lapangan sepak bola dengan standar umum hingga standar internasional.

Bentuk gawang, gawang yang ditempatkan di tengah setiap gawang terdiri dari dua tiang tegak dan mistar dipasang di atasnya.

Jaring juga diberikan untuk menahan bola, sehingga tidak melebihi batas gawang.

Ketahanan / Kekuatan Gawang

Mengenai ketahanan gawang, bahan tiangg dan misstar yang dapat digunakann ialah besii atau beberapa bahan yang sudah di setujui oleh FIFA, selama itu tidak membahayai bagi para pemainnya.

Baca Juga :   Arti Mimpi Motor Hilang

Khususnya si penjaga gawangg, bentuknya elips dan juga diberi warna putih.

Mengenai ketahanan gawang, itu tidak boleh berubah ketika pertandingan terjadi.

Entah gawang tertanam di tanah atau hanya ada di atas lapangan. Selain gawang, jaring harus melekat pada tiang dan tanah dan tidak mengganggu kiper di penjaga gawang.

Gawang Sepak Bola

Gol sepak bola adalah hasil dari konferensi FA pada bulan Desember 1882. Saat itulah sejarah gawang sepak bola dimulai.

Pada konvensi tersebut, diputuskan bahwa gawang adalah salah satu kelengkapan dari olahraga sepak bola dalam beentuk dua tiang yang sejajar dan bagiann atasnya diberi mistar.

Pada konvensi tersebut, juga diputuskan bahwa jarak kedua buah tiang sejajar ini adalah 8 yard, dengan ketinggian mistar dari tanah 8 kaki.

Sejak itu, gawang telah dipasang di semua lapangan sepak bola. Di awal penggunaannya, gawang ini tidak dilengkapi dengan jaring atau bola sarang.

Ada kekurangan dalam penggunaan gawang di awal – awal, yang seringkali sulit untuk menentukan apakah ada gol atau tidak, terutama ketika bola dilempar terlalu cepat.

Masalah ini kemudian berhasil diatasi oleh Brodie, seorang warga Liverpol yang mematenkan penggunaan jaring pada gawang.

Gawang di lapangan sepak bola ada di tengah garis gawang. Gawang terdiri dari dua tiang, yang dihubungkan oleh mistar horizontal di ujung atas kedua tiang.

Gawang dilengkapi dengan jaring yang dimulai di tiang gawang dan mistar gawang di bagian belakang garis gawang.

Jaring ini dibentangkan seperti kelambu, sehingga hanya bagian depan gawang yang terbuka.

Tiangg dan mistar gawang harus putih dan terbuat dari kayu, logam, atau bahan lain yang memenuhi persyaratan.

Pada dasarnya, bentuk tiang gawang dan mistar gawang tidak terlalu mengikat, asalkan tidak membahayakan atau menimbulkan efek tidak nyaman bagi para pemain.

Baca Juga :   1 Yard Berapa Meter

Di awal perkembangan pertandingan sepakbola, hanya ada dua tiang gawang dengan tali di bagian atas. Mistar gawang baru digunakan pada tahun 1875.

Suatu gol dianggap sah jika bola ditendang atau ditanduk oleh pemain masuk ke dalam gawang melalui garis gawang lawan, bahkan jika yang terakhir ditendang atau ditanduk adalah pemain lawan sendiri (gol/own goal).

Dalam sepak bola, setiap gol harus disetujui oleh wasit. Seorang wasit bahkan dapat membatalkan gol, misalnya, karena pelanggaran, off – side, kecurangan, atau alasan lainnya.

Tinggi Gol Sepak Bola Menurut FIFA

Ketinggian gol sepak bola diukur dari bagian bawah mistar. FIFA telah menetapkan aturan standar untuk ketinggian standar gol dalam sepak bola.

Setiap gawang di lapangan sepak bola harus mengikuti aturan ini sebagai ketentuan resmi FIFA, tidak lebih dan tidak kurang.

Tergantung pada usia pemain dan jenis permainan sepak bola, ada divisi yang berbeda sehubungan dengan ketinggian tiang gawang. Departemen ini meliputi :

  • Tinggi target sepak bola untuk dewasa / profesional = 2,44 meter atau 244 cm atau 2,7 meter atau 8 kaki.
  • Tinggi gawang sepak bola untuk pemain berusia 6, 7 dan 8 tahun = 1,37 – 1,98 meter atau 4,5 – 6,5 kaki.
  • Ukuran pemain sepakbola pada usia 9 tahun adalah 1,98 meter.
  • Ukuran kiper sepak bola untuk anak berusia 10 tahun = 1,98-2,13 meter atau 6,5-7 kaki.
  • Ukuran kiper sepak bola 11 tahun = 1,98 – 2,44 meter atau 6,5 – 8 kaki.
  • Ukuran kiper sepak bola untuk anak berusia 12 tahun = 2,13 – 2,44 meter atau 7-8 kaki.

Lebar Gawang Sepak Bola Menurut FIFA

Lebar tujuan sepak bola juga harus dipertimbangkan sesuai dengan aturan standar yang ditetapkan oleh FIFA. Lebar tiang gawang diukur dengan dua tiang paralel yang vertikal.

Baca Juga :   Pithecanthropus Soloensis

Setiap lapangan sepak bola yang digunakan dalam pertandingan resmi harus mematuhi aturan ini untuk semua tujuan. Lebar menyesuaikan dengan tipe usia pemain yang akan bersaing.

Berikut ini adalah pembagian ukuran gol sepak bola sesuai dengan standar FIFA :

  • Lebar target untuk sepak bola dewasa / profesional = 7,32 meter atau 732 cm atau 8 meter atau 24 kaki.
  • Lebar kiper sepakbola 6, 7 dan 8 tahun = 2,74 – 3,66 meter.
  • Lebar tujuan pemain sepak bola pada usia 9 adalah 3,66 hingga 5,64 meter.
  • Lebar tujuan pemain sepak bola untuk anak berusia 10 tahun adalah 5,64 – 6,4 meter.
  • Lebar kiper sepakbola berusia 11 tahun = 5,64 – 7,32 meter atau 18,5-24 kaki.
  • Lebar gol untuk pemain sepak bola berusia 12 tahun adalah 6,4 hingga 7,32 meter.

Gambar Gawang Sepak Bola

Untuk membantu anda memahami panjang dan lebar dari ukuran sepak bola, berikut adalah gambaran lengkap dari tujuan sepak bola tersebut dengan ukurannya :

Ukuran gawang sepak bola, ukuran gawang tinggi 2,44 m, sedangkan panjangnya 7,32 m.

Panjang dan tinggi gawang dihitung dari bagian dalam tiangg dan mistar di atasnya.

Nah, jaring di gawang memiliki ukuran lubang yang sangat renggang, 10 cm. Ukuran ini cukup untuk menjaring bola agar tidak keluar lintasan.

Kenapa ukuran lubang jaring gawang harus renggang 10cm?

Karena ukuran tersebut cukup untuk menjaring bola agar tidak keluar lintasan.

Demikianlah yang dapat quipper.co.id sampaikan. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan membantu rekan – rekan semua ya! Terimakasih sudah membaca pembahasan materi makalah tentang tinggi gawang sepak bola. Maaf jika masih ada kekurangan dalam penulisan ini ya sahabat.

Baca juga :