Fungsi Jaringan Areolar

Posted on

Fungsi Jaringan Areolar – Hay sahabat semua.! Pada perjumpaan kali ini kembali akan quipper.co.id sampaikan materi tentang Fungsi Jaringan Areolar – Struktur, Letak, Gambar dan Penjelasannya. Namun diperjumpaan sebelumnya, yang mana quipper.co.id juga telah menyampaikan materi pembahasan tentang Fungsi Jaringan Gabus Nah untuk melengkapi apa yang menjadi tema pembahasan kita kali ini, maka mari kita simak ulasannya sebagai berikut ini.

Pengertian Jaringan Areolar

Fungsi Jaringan Areolar
Fungsi Jaringan Areolar

Pada jaringan ini sering dianggap sebagai jaringan yang relatif sederhana, areolar atau jaringan ikat longgar ialah merupakan suatu jaringan yang distribusi di dalam tubuh yang paling besar atas tiga jaringan yang membentuk jaringan ikat longgar .

Dimana pada Areolar sendiri mempunyai sebuah matriks ekstraseluler homogen, yang dapat tembus dan gelatin, kemudian tersusun atas musin, glikoprotein, lalu kondroitin sulfat dan juga asam hialuronat.

Selain itu pada jaringan ikat longgar areolar juga menyajikan suatu serat yang disusun dengan secara longgar, sehingga meninggalkan areola, yakni merupaka suatu ruang yang ada di antara serat, dengan demikian karakteristik yang memberi sebutan atas jaringan ini.

Kemudian pada areolar bisa dijumpai dengan membentuk suatu lapisan kontinu yang berada di bawah kulit, dan kemudian mengisi bagian ruang antara otot, peritoneum dan juga organ.

Letak Jaringan Areolar

Pada Jaringan areolar dapat dijumpai di hampir disegenap lokasi di yang ada di seluruh tubuh. Yang mana yang merupakan salah satu bidang penting ialah seperti misalnya kulit (pada areolar dapat dijumpai pada lapisan dermis dan pada lapisan sub-kutan kulit).

Kemudian pada jaringan areolar terletak di kulit yang berperan dalam mengikat lapisan luar kulit ke bagian otot-otot yang terdapat di bawahnya.

Baca Juga :   Fungsi Tulang Spons

Selain itu pada jaringan areolar juga dapat dijumpai di sekitar selaput lendir, dan pada bagian disekitar pembuluh darah, lalu saraf, dan berbagai organ tubuh lainnya.

Baca Juga :   Fungsi Jaringan Palisade

Serta mempun memberikan suatu dukungan dan bantalan terhadap berbagai organ dan jaringan.

Adapun fungsi yang paling utama pada jaringan areolar ialah seperti berikut ini:

  • Sebagai pendukung
  • Memberikan sumber Kekuatan
  • Elastisitas.

Nah itu lah yang bisa quipper.co.id sampaikan mengenai fungsi areola, semoga ulasan ini bisa sangat bermanfaat untuk sahabat sekalian.

Baca Juga :

3.3/5 - (3 votes)