Lari Cepat

Posted on

Lari Cepat – Hallo sahabat semua! Pada perjumpaan kali ini quipper.co.id akan menyampaikan pembahasan materi makalah tentang lari cepat.

Namun pada perjumpaan sebelumnya, yang mana kami juga telah menyampaikan materi makalah tentang Tinggi Gawang Sepak Bola. Yuk langsung kita simak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Lari Cepat

Lari Cepat
Lari Cepat

Berlari cepat merupakan olahraga yang pada dasarnya membutuhkan aksi untuk berlari dengan kecepatan yang sangat tinggi, meskipun terkadang jaraknya terlalu pendek untuk mencapai 100 hingga 200m.

Lari cepat ialah lari yang paling umum dan paling dikenal dari seseorang dalam pertandingan ditingkat SMA atau SMP, di Olimpiade nasional dan internasional.

Maka lari cepat ini juga harus disiapkan untuk meningkatkan kecepatan dalam berlari dan berlari lebih efisien, karena ia bergerak dengan energi yang sangat kuat sehingga dapat mencapai garis finish dengan sempurna.

Peraturan Lari Cepat

Peraturan untuk lari cepat diatur dan disahkan oleh Induk Organisasi Atletik Internasional dan IAAF (International Amateur Atloetik Federation) atau oleh PASI tingkat nasional (Persatuan Atletik Segala Indonesia).

Peraturan Dalam Lomba Lari Cepat

Ada juga peraturan – peraturan dalam perlombaan lari cepat alah :

  • Garis start dan finish di jalur lari yang ditunjukkan oleh garis hingga 5 sentimeter siku – siku dengan batas batas di lintasan.
  • Jarak lari harus diukur dari tepi garis start ke tepi garis finish yang paling dekat dengan garis start.
  • Aba – aba yang digunakan dalam lari cepat adalah “bersedia”, “siap” dan “ya” atau suara pistol.
  • Semua peserta mulai berlari ketika tanda “ya” atau suara alat yang ditembakkan di udara.
  • Peserta yang melakukan kesalahan saat memulai harus diperingatkan (kesalahan ideal tiga kali).
  • Lari cepat dalam balapan besar diadakan dalam 4 sesi, yaitu babak awal, babak kedua, babak semifinal, dan babak final.
  • Babak pertama akan diadakan jika ada banyak peserta, pemenang pertama dan kedua dari masing – masing heat akan memiliki hak untuk maju ke babak berikutnya.
Baca Juga :   Lari Jarak Pendek

Teknik Lari Cepat  

Setelah mengetahui beberapa penjelasan di atas, ada juga beberapa teknik untuk melakukan olahraga ini.

Berikut teknik – teknik yang harus diketahui dalam lari cepat ini yaitu :

1. Teknik Atur Pernafasan

Teknik pernapasan merupakan masalah yang harus diperhatikan ketika melakukan aktivitas ini, karena sebagian besar awal harus dimulai langkah demi langkah dengan pernapasan yang efektif.

Hal ini yang akan memungkinkan lari lebih cepat dan lebih efisien, sehingga menjadi panduan yang akan berjalan banyak dan tidak cukup kuat untuk menginjakkan kaki dan hembusan nafas.

2. Teknik Posisi Kaki

Teknik pemosisian kaki adalah teknik dasar dalam hal postur tubuh, yang akan berlari dengan sempurna, karena jika seseorang berlari, mereka dapat mempertahankan postur dengan mengarah ke depan.

Posisi kaki yang benar dan baik akan tampak lebih mudah melakukannya, karena tubuh tetap lurus dan pinggang tidak tertekuk di posisi yang salah.

Sementara itu, jika posisi kedua kaki bergerak dengan salah makan akan menghasilkan gerakan yang salah, pelari tidak akan bisa melakukannya dengan sempurna, bahkan bisa terjadi cidera .

3. Teknik Ayunkan Tangan

Teknik mengayunkan tangan adalah teknik yang terdapat dalam olahraga ini seperti dengan gerakan ayunan tangan, tangan akan terbiasa berlari dengan stabil dan sambil mengayunkan tangan mereka dengan menyilang sisi tubuh ke arah yang berlawanan.

Jika anda berlari dengan mengayunkan tangan dengan benar, anda bisa melakukannya dengan cara yang benar dan sapat memberi dorongan kecepatan terhadap tubuh anda saat berlari.

4. Teknik Sprint

Teknik sprint adalah teknik yang secara umum, orang dapat berlari dengan menepatkan telapak kaki dengan kaki gingga rata dengan tanah karena mereka dapat menunjuk ke depan.

Bahkan, sprint dapat membatasi langkah anda, karena membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengayuh selama gerakan dalam lari, sehingga kaki terasa lebih berat ketika melakukan gerakan pada kapasitas maksimum.

5. Teknik Jari Kaki 

Jari kaki adalah salah satu teknik ketika melangkah, sehingga jari-jari kaki rileks dan berbalik ke depan, dan jari – ari kaki akan membatasi gerakan sehingga mereka dapat membuat kaki lebih lama mengayuh dengan gerakan ini, karena merasa lebih berat.

Cara Melakukan Lari Cepat

Dalam beberapa olahraga, kita sudah tahu bahwa akan ada cara untuk melakukannya, sehingga setiap pemain lebih mudah untuk melakukannya.

Baca Juga :   Arti Mimpi Tentang Bus Kota

Berikut beberapa cara yang harus di ketaui dalam olahraga lari cepat ini adalah sebagai berikut :

  • Olahraga maksimal latihan dengan mandi shower air panas dan dingin.
  • Beristirahatlah secara teratur.
  • Buat awal yang baik untuk mendapatkan akhir yang memuaskan.
  • Dekatkan dengan garis finish sehingga Anda bisa mencapai garis finish lebih cepat.
  • Jika Anda mengikuti lomba, hembuskan napas selama lari dan jangan meninggalkan blok start.
  • Lakukan latihan cepat dengan pengulangan 150 atau 200 m.
  • Tetaplah Di Jalur anda.
  • Jika anda berkompetisi dengan pelari lain, berjabat tangan setelah lomba.
  • Tetap fokus pada garis finish sehingga anda tidak melihat ke belakang sebelum selesai.

Langkah Start Lari Cepat

Memulai persiapan dini seseorang adalah sesuatu yang dipersiapkan pelari sebelum berlari.

Tujuan utama dari start dalam lari cepat adalah untuk memaksimalkan pola lari kilat(Purnomo 2007: 23).

Ada 3 langkah start dalam lari cepat, ialah bagaikan berikut:

Start Pendek (Bunch Start)

  • Kaki kiri di depan dan lutut kaki kanan ditempatkan di sebelah kaki kiri, dekat dengan satu kepal.
  • Kedua tangan ditempatkan di belakang garis start, dengan jari – jari rapat dan jari terpisah.

Start Menengah (Medium Start)

  • Kaki kiri di depan, lutut kaki kanan ditempatkan di sebelah kanan tungkak kaki kiri, jaraknya dekat dengan kepalan.
  • Kedua tangan ditempatkan di belakang garis start dengan 4 jari yang rapat. Ibu jari terpisah.

Start Panjang (Long Start)

  • Kaki kiri ditempatkan di depan lutut kaki kanan di belakang kaki kiri, jaraknya dekat dengan kepalan.
  • Kedua tangan ditempatkan di belakang garis start, dengan jari – jari ketat dan ibu jari terpisah.

Metode Aba – Aba Lari Cepat

Menurut Bompa (1999), ada 3 urutan atau langkah dalam metode start lari cepat.

Dijelaskan 3 urutan aba – aba sebagai berikut :

Aba – Aba bersedia

Setelah memberikan aba – aba bersedia, pelari ingin menempatkan kedua kaki memegang blok depan dan belakang, setelah itu lutut belakang ditempatkan di lantai, selebar bahu.

Jari-jari membentuk V terbalik dan kepala rata dengan punggung, jika tidak mata selalu melihat lurus ke dasar.

Aba – Aba Siap

Setelah dapat aba – aba siap, posisi tubuh pelari adalah lutut ditekan ke balik, lutut kaki depan berada dalam posisi untuk membentuk siku 90 derajat, sedangkan kaki balik pelari membentuk 120 – 140 derajat.

Baca Juga :   Arti Mimpi Menemukan Uang

Dan posisi pinggang sedikit lebih tinggi dari bahu, tubuh sedikit miring ke depan dan bahu sedikit ke depan dengan kedua tangan.

Aba – Aba Ya

Setelah seseorang mulai membagikan aba – aba, sampai gerakan pelari diluruskan dan diangkat ketika kedua kaki menolak atau menekan keras pada start blok, dan kedua tangan diangkat dari lantai pada saat yang sama sehingga mereka di ayunkan secara bergantian.

Kaki balik mendorong dengan kuat, kaki depan mendorong sedikit demi sedikit, tetapi tidak lama, kaki balik diayunkan ke depan dengan kilat sementara tubuh condong ke depan, lutut dan pinggang sepenuhnya diluruskan penuh dikala akhir dorongan.

Metode Mencapai Garis Finish

Seorang pelari dikatakan telah mencapai garis finish, jika bagian – bagian tubuh sudah berada di bidang vertikal di sisi yang paling dekat dengan garis finish, sesuai dengan aturan dan garis yang disediakan. Bagian tubuh diartikan sebagai kepala, leher, lengan dan kaki.

Bagi Muhtar (2011: 14), terdapat 3 metode melewati garis finish pada lari jarak pendek, ialah :

  • Menjatuhkan dada kehadapan.
  • Menjatuhkan salah satu bahu ke depan.
  • Lari sekencang – kencangnya sampai sebagian tubuh melewati garis finish.

Cara yang cenderung dicoba oleh pelari cepat dengan melepaskan dada ke hadapan jika ada pelari yang bertepatan melewati garis finish, sampai pelari yang anggota tubuhnya memegang pita terlebih dahulu menjadi pemenang.

Diskualifikasi Atau Hal – Hal Yang Dikira Tidak Sah

Hal- hal yang dikira tidak legal dalam lari cepat ialah :

  • Melakukan kesalahan start – up lebih dari 3 kali.
  • Menambah lintasan pelari lain.
  • Menggoda pelari lainnya.
  • Keluar jalur.
  • Tertangkap menggunakan obat perangsang.

Manfaat Lari Capat Untuk Tubuh

Terkadang berlari tampak mudah, tetapi membutuhkan energi yang sangat kuat.

Beberapa manfaat dalam olahraga lari ialah :

  • Dapat menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan.
  • Dapat memudahkan meninggikan postur tubuh.
  • Membantu pembentukkan otot kaki dan tangan.
  • Membuat lebih muda.
  • Dapat mengembalikan kejantanan pria.

Demikianlah yang dapat quipper.co.id sampaikan. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan membantu rekan – rekan semua ya! Terimakasih sudah membaca pembahasan materi makalah tentang lari cepat. Maaf jika masih ada kekurangan dalam penulisan ini ya sahabat.

Baca juga :