Fungsi Sarkolema

Posted on

Fungsi Sarkolema – Hay sahabat semua.! diperjumpaan kali ini akan kembali Quipper.co.id sampaikan materi tentang fungsi, sarkomer beserta pengertian, gambar lengkap denga penjelasannya.

Namu diperjumpaan sebelumnya juga Quipper.co.id sudah menyampaikan materi tentang Fungsi Miofibril Maka untuk melengkapi apa yang menjadi tema pembahasan kita kali ini, yuk langsung aja kita simak ulasannya sebagai berikut ini.

Pengertian Sarkolema

Fungsi Sarkolema
Fungsi Sarkolema

Apa yang dimaksud dengan Sarkolema yakni merupakan suatu selaput sel yang bersifat khusus yang terdapat disekeliling serat sel otot lurik.Namun terkadang kerap dikenal dengan sebutan miolemma, sebab pada sarkolema ini hampi mirip menyerupai seperti dengan membran plasma yang khas namun tetap mempunyai peranan maupun fungsi terutama untuk sel otot.

Kemudian di dalam Sarkolema juga juga terkandung suatu matriks ekstraseluler yang tersusun atas berbagai polisakarida yang dapat memungkinkan sebuah sel untuk bisa berlabuh dan masuk ke dalam jaringan yang dapat membentuk dan juga memberikan dukungan terhadap serat otot.

Kemudian pada umumnya , pada sarkolema merupakan suatu penghubung antara membran basal yang melingkar disekeliling setiap jaringan ikat, atau juga pada sel otot lainnya, yang kemudian akan membentuk suatu serat yang sangat kuat sehingga nantinya bisa melakukan kontraksi secara bersama.

Fungsi Sarkolema

Suatu hal yang harus sobat pahami bahwa pada sarkolema ini mempunyai berbagai macam fitur yang sangat unik yang berperan dalam menyuplai ataupun menyediakan semua sel-sel otot dengan struktur serta berbagai sumber daya agar dapat berfungsi dengan baik.

Bentuk dari Sarkolema begitu sangat besar, jika dibandingkan dengan sejumlah selaput sel, yang musti terus dijaga atau dilindungi agar dapat menutupi berbagai miofibril yang berperan dalam membentuk sel otot.

Baca Juga :   Kromoplas

Kemudian pada Sarkolema yang hanya mempunyai satu sel akan melekat dengan melalui suatu koneksi ekstraseluler yang menuju ke sel yang ada di sebelahnya, sehingga pada kemudian akan mengarah menuju ke tendon dan melekat kembali pada otot yang terdapat di tulang.

Baca Juga :   Nukleus Adalah

Sebab di dalamnya banyak mengandung berbagai protein yang tertanam yang kemudian melaksanakan pekerjannya dengan secara serempak agar dapat mengontrol semua isi sel.

Sama halnya seperti semua membran sel yang lainnya, dimana sarkolema tersusun dari fosfolipid, yang kemudian bisa mempengaruhi aliran air, lalu ion, dan berbagai molekul lainnya.

Namun sarkolema yang terdapat pada spesies yang tidak sama mungkin mempunyai banyak protein dan juga komposisi yang tentunya tidak sama , sehingga bisa menggambarkan berbagai keperluan dalam evolusi spesies yang berlangsung mulai dari waktu ke waktu.

Apa yang Dimaksud Dengan Sarkolema?

yakni merupakan suatu selaput sel yang bersifat khusus yang terdapat disekeliling serat sel otot lurik.Namun terkadang kerap dikenal dengan sebutan miolemma, sebab pada sarkolema ini hampi mirip menyerupai seperti dengan membran plasma yang khas namun tetap mempunyai peranan maupun fungsi terutama untuk sel otot.

Nah itulah yang bisa Quipper.co.id sampaikan mengenai materi tentang fungsi sarkolema, semoga serangkaian dari materi pembahasan kali ini bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan sahabat sekalian.

Baca Juga Artikel Lainnya :