Fungsi Sendi Peluru

Posted on

Fungsi Sendi Peluru – Hay Sahabat semua.! DIperjumpaan kali ini kembali akan Quipper.co.id sampaikan materi tentang Sendi Peluru Beserta Pengertian, Gambar, Struktur dan Penjelasannya.

Namun diperjumpaan sebelumnya Quipper.co.id juga telah menerangkan materi tentang Fungsi Sendi Engsel Nah untuk melengkapi apa yang menjadi tema pembahasan kita kali ini, maka yuk, kita simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Sendi Peluru

Fungsi Sendi Peluru
Fungsi Sendi Peluru

Apa yang dimaksud dengan sendi peluru ? yakni merupakan salah satu bagian dari jenis persendian diartrosis.

Dimana sendi ini juga merupakan sendi yang menghubungkan antara tulang satu dengan tulang lainnya sehingga dapat memungkinkan adanya suatu gerakan yang bisa berlangsung ke semua arah.

Adapun contoh atas sendi jenis ini ialah seperti suatu keterkaitan antara tulang lengan atas dengan tulang belikat.

Kemudian yang membantu dan yang membentuknya diantaranya ialah kapsula sendi yakni merupakan sebuah lapisan yang mempunyai bentuk berserabut dan merpakan pelapis dari sendi.

Dimana dibagian dalamnya ada sebuah rongga, yang mengandung ligamen (ligamentum) yang mana ligamen tersebut merupakan sebuah jaringan pelekat sehingga berperan dalam melekatkan pada bagian luar ujung tulang yang masing-masing membentuk persendian.

Selain itu pada Ligamentum juga mempunyai fungsi dalam membantu untuk mencegah dislokasi, yang terjadi pada tulang rawan hialin (kartilago hialin) dimana jenis dari tulang ini ialah merupakan suatu jaringan tulang rawan yang yang berperan sebagai penutup dari kedua ujung tulang yang berguna agar dapat menjaga terjadinya suatu benturan ,

Baca Juga :   Fungsi Sendi Kaku

Dimana pada ligamen ini berperan dalam mengontrol suatu sistem gerak yang sedang berlangsung dan juga membantu dlam menstabilkan proses gerakan tersebut sehingga sistem gerak pada tulang bisa berlangsung dengan sempurna.

Kemudian pada Ligamen ini dapat menjadi memanjang dan dapat melakukan perubahan terhadap bentuknya, yang hanya akan terjadi apabila mereka sedang dalam ketegangan .

Kemudian mereka juga akan kembali normal persis ke bentuk aslinya pada ketika ketegangan sudah membaik.

Kapsul Sendi

Kemudian elemen penysusn yang kedua ialah Kapsul sendi ? yakni merupakan salah satu komponen dari pembentuk sendi yang tipis namun mempunyai tekstur yang sangat kokoh dan mempunai peran yang penting dalam membantu untuk menahan ligamen.

Kemudia pada Kapsul sendi ini terdapat dua lapis yang mana keduanya mempunyai fungsi yang bersifat umum yang masih berkaitan.

Pada lapiasan yang utama ialah kapsul sinovial yakni merupakan suatu jaringan yang tak mempunyai reseptor pembuluh darah yang bertanggung jawab dalam mendukung proses penyerapan makanan yang terjadi pada tulang rawan sendi.

Sedangkan pada Bagian kapsul yang kedua ialah merupakan salah satu kapsul fibrosa yang mempunyai reseptor dan juga pembuluh darah maka dengan demikian sendi tersebut dapat melakukan regenerasi serta dalam menjaga terhadap posisi sendi.

Tulang Rawan Hialin

Kemudian salah satu elemen penyusun selanjutnya ialah tulang rawan hialin? yakni merupakan salah satu bagian yang sangat berfungsi untuk dijadikan sebagai sebuah sandaran supaya sendi tidak mengalami rasa nyeri pada sat sedang bergerak.

Kemudian pada Tulang ini juga membantu dalam membentuk sendi yang saling menyatukan antara tulang yang membentuk sistem gerak dan juga mempunyai peranan sebagai suatu peredam dalam gerakan pada saatterjadi suatu gesekan secara mekanis yang terjadi diantara kedua susunan tulang manusia sehingga bisa menahan beban tubuh pada saat sedang melakukan pergerakan .

Kemduian pada komponen yang satu ini juga memiliki warna putih yang didominasi oleh adanya serat kolagen.

Cairan Sinovial

Kemudian pada elemen pembentuk selanjutnya ialah merupakan suatu jenis cairan sinovial.

Lantas’ Apa yang dimaksud dengan Cairan sinovial? yakni merupakan suatu cairan yang mempunyai tekstur yang sangat lengket dan berwarna bening yang memberikan dukungan agar proses gesekan ketika bergerak berjalan dengan lancar, dan didalamnya juga mengandung suatu nutrisi dengan besertakan suatu campuran gas oksigen, lalu nitrogen, dan juga karbondioksida.

Baca Juga :   Fungsi Sendi Luncur

Bursa

Kemudian elemen penyusun lainnya ialah bursa’ Apa itu bursa? yakni merupakan suatu kantong yang sangat datar dan ditutup dengan lapisan suatu membran sinovial yang letaknya berada dibagian rongga sendi, dan juga terletak disebuah sisi ketika sedang mengalami gesekan dan juga terkandung caran yang sangat sedikit.

Dimana pada bursa ini membentu dalam mempermudah proses gerakan sendi dengan secara normal dan juga mengurangi beban dar adanya gesekan.

Sedangkan untuk fungsi yang paling utama ialah kerap dijadikan sebagai suatu sandaran atau sebagai bantal dalam proses berlangsungnya pergerakan sendi yang mana mempunyai bentuk menyerupai seperti sebuah kantung gelembung udara, maka dengan adanya kentung tersebut yang akhirnya membuat sendi bisa menjadi sangat fleksibel dan juga mempermudah dalam bergerak.

Macam-Macam Sendi Berdasarkan Arah Gerakannya

Gambar Macam-Macam Sendi
Gambar Macam-Macam Sendi

Di bawah ini terdapat beberapa macam-macam sendi dan juga beserta contohnya, berikut inipenjelasannya :

Sendi Engsel

Yakni salah satu sendi yang merupakan penghubung antara tulang yang dapat memungkinkan berlangsungnya suatu gerakan hanya pada satu arah saja seperti misalnya gerakan maju atau mundur.

Contoh :
Adapun Contoh dari sendi engsel ini ialah seperti misalnya pada siku, kemudian lutut, dan juga persendian antararuas jari tangan.

Sendi Peluru

Yakni merupakan salah satu persendian yang menghubungkan antara tulang yang membantu dalam memungkinkan proses gerak yang berlangsung ke segala arah.
Contoh :

Adapun contoh dairi sendi peluru ialah persendian yag terdapat diantara tulang paha dan juga tulang gelang panggul serta kemudiam antara persendian bagian pangkal lengan atas dan juga bagian gelang bahu.

Sendi Putar

Apa yang dimaksud dengan Sendi Putar? yakni merupakan suatu penghubungan yang terjadi antara setiaptulang yang juga membentu dalam memungkinkanproses berlangsungnya gerakan tulang yang satu dan kemudian memutari beberpa tulang lainnya yang dijadikan sebagai poros.
Contoh :

Adapun contoh dari sendi ini ialah misalnya seperti persendian yang ada pada tulang tengkorak dan juga pada tulang atlas serta kemudian persendian yang terdapat pada tulang hasta dan tulang pengumpul.

Sendi Geser

Apa yang dimaksud dengan Sendi Geser ? yakni merupakan suatu sendi yang menghubungkan antara bagian tulang yang juga membantu dalam melakukan suatu gerakan yang terjadi pada tulang yang satu kemudian menggeser pada bagian tulang yang lainnya.
Contohh :

Adapun Contoh dari persendi geser ini ialah misalnya pada persendian yang terdapat diantara tulang karpal.

Sendi Pelana

Apa yang dimaksud dengan Sendi Pelana ? ialah merupakan suatu sendi yang saling menghubungkan antara bagian tulang yang juga membantu dalam melakukan suatu gerakan yang berlangsung pada tulang dengan ke dua arah yang diantaranya saling tegak lurus misalnya saja seperti gerakan pada sesorang yang sedang naik kuda.

Baca Juga :   Fungsi Vakuola

Contoh :

Adapun Contoh dari persendian pelana ini ialah misalnya seperti persendian yang terdapat pada tulang tumit dan juga tulang kering.

Kelainan Pada Sendi Peluru

Di bawah ini terdapat beberapa kelainan yang biasannya kerap mengganggu pada bagian persendian peluru, yang diantaranya ialah sebagai berikut

  • urai sendi.
  • ankikolis.
  • dislokasi.
  • arthritis.
Apa yang Dimaksud Dengan Cairan sinovial?

yakni merupakan suatu cairan yang mempunyai tekstur yang sangat lengket dan berwarna bening yang memberikan dukungan agar proses gesekan ketika bergerak berjalan dengan lancar, dan didalamnya juga mengandung suatu nutrisi dengan besertakan suatu campuran gas oksigen, lalu nitrogen, dan juga karbondioksida.

Jelaskan Apa Itu Sendi Geser dan Sebutkan Contohnya?

yakni merupakan suatu persendian yang saling menghubungkan antara bagian tulang yang juga membantu dalam melakukan suatu gerakan yang terjadi pada tulang yang satu kemudian menggeser pada bagian tulang yang lainnya.
Adapun Contoh dari persendi geser ini ialah misalnya pada persendian yang terdapat diantara tulang karpal.

Apa yang dimaksud dengan Sendi Putar?

yakni merupakan suatu penghubungan yang terjadi antara bagian tulang dan juga sangat membantu agar dapat memungkinkan proses berlangsungnya gerakan tulang yang satu dan kemudian memutari beberpa tulang lainnya yang dijadikan sebagai poros.

Jelaskan Fungsi dari Sendi Peluru adalah?

yakni merupakan salah satu bagian dari jenis persendian diartrosis. Dimana sendi ini juga merupakan sendi yang menghubungkan antara tulang satu dengan tulang lainnya sehingga dapat memungkinkan adanya suatu gerakan yang bisa berlangsung ke semua arah.

Apa itu Sendi Engsel?

Yakni salah satu sendi yang merupakan penghubung antara tulang yang dapat memungkinkan berlangsungnya suatu gerakan hanya pada satu arah saja seperti misalnya gerakan maju atau mundur.

Apa Itu Bursa?

yakni merupakan suatu kantong yang sangat datar dan ditutup dengan lapisan suatu membran sinovial yang letaknya berada dibagian rongga sendi, dan juga terletak disebuah sisi ketika sedang mengalami gesekan dan juga terkandung caran yang sangat sedikit.

Nah itulah yang bisa Quipper.co.id sampaikan kali ini mengenai Fungsi Sendi Peluru, semoga sajian kali ini dapat bermanfaat buat sahabat sekalian.

Baca Juga Artikel Lainnya :