Fungsi Tulang Pipih

Posted on

Fungsi Tulang Pipih – Hay sahabat semua.! Pada perjumpaan kali ini kembali akan quipper.co.id sampaikan pembahasan mengenai Fungsi tulang pipih Lengkap beserta Struktur, Gambar, Ciri, Letak, Kelompok dan Contoh. Namun diperjumpaan sebelumnya quipper.co.id juga telah menerangkan pembahasan mengenai Fungsi Tulang Pergelangan Kaki Nah untuk melengkapi apa yang menjadi tema pembahasan kita kali ini, maka yuk kita simak bersama ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Tulang Pipih

Fungsi Tulang Pipih
Fungsi Tulang Pipih

Apa yang dimaksud dengan Tulang pipih ? yakni merupakana sebuah tulang yang disusun oleh sebuah lapisan yang sangat tipis dan terdapat jaringan tulang spons di dalamnya yang letaknya berada di sumsum tulang. 

Adapun contoh tulang pipih ialah meliputi tulang belikat, tulang dada dan tulang tengkorak serta panggul.

Dimana pada susunan dari berbagai tulang rangka manusia bisa diklasifikasikan ke dalam sejumlah kategori, yang masih termasuk jenis tulang pipih lainnya ialah.

Dalam hal ini semua tergantung pada formasi dari bentuknya, dimana tulang bisa dibedakan menjadi tulang panjang, tulang pipih, tulang pendek dan tulang tidak teratur.

  • Tulang panjang
  • Tulang pendek
  • Tulang tidak teratur
  • Tulang sesamoid

Kemudian pada tulang panjang terus mengalami perkembangan terutama dalam ukuran pada panjangnya (misalnya seperti tulang paha, tibia, fibula, radius, ulna, humerus);

Ciri-ciri Tulang Pipih

Ciri-ciri Tulang Pipih
Ciri-ciri Tulang Pipih

Mempunyai ukuran panjang dan juga lebar yang melampaui ketinggian dari ketebalan (misalnya seperti tulang tengkorak, tulang belikat, tulang dada);

Kemudian pada tulang pendek dikembangkan juga dengan menggunakan cara yang serupa di ketiga dimensi (misalnya seperti karpus dan tarsus);

Sedangkan pada tulang yang tidak teratur kerap ditandai dengan tidak mempunyai suatu elemen morfologi dominan (misalnya seperti pada kasus vertebra).

Pada tulang apbila dalam kondisi yang normal, dimana tulang berhenti mengalami masa pertumbuhan pada saat seseorang sudah mencapai batas melebihi usia remaja menginjak usia diatas 20 tahunan.

Selain itu untuk bentuk dari tulang pipih sendiri yakni berbentuk tipis dan rata. Namun terkadang mereka juga mempunyai sedikit lengkungan.

Kemudian tulang pipih sangat berfungsi untuk dijadikan sebagai sebuah titik/tempat melekat sejumlah otot atau sebagai tempat perlindungan bagi organ internal. Baca Juga : Fungsi Sendi Engsel

Baca Juga :   Fungsi Jaringan Ikat

Struktur Tulang Pipih

Tulang pipih mempunyai struktur yang sedikit berbeda seperti pada tulang lainnya, dimana ia membentuk seperti tulang panjang. Adapun lapisan struktural yang berbeda dari tulang datar meliputi:

  • Yang pertama ialah Periosteum. yakni merupakan bagian permukaan luar tulang. Dimana di dalamnya berisi pembuluh darah dan juga saraf yang membantu dalam memberikan nutrisi ke setiap tulang.
  • Yang kedua Tulang kompak. Yakni merupakan lapisan tulang di yang terletak di bawah periosteum. Pada bagian ini merupakan jenis jaringan tulang yang mempunyai bentuk sangat keras dan padat.
  • Yang ketiga ialah Tulang spons. Yakni merupakan sebuah lapisan terdalam. Yang sangat Ringan dan membantu dalam menyerap stres mendadak, misalnya seperti adanya benturan atau pukulan ke bagian kepala.

Kemudian disamping itu tulang pipih di tengkorak juga mempunyai ciri struktural yang sangat unik.

Dimana mereka saling bertemu di bagian persendian unik yang disebut dengan sutura.

Namun tidak seperti sendi pada umumnya, sebab sutura tidak dapat melakukan pergerakan.

Selain itu mereka tidak sepenuhnya saling menyatu hingga sampai masa pertumbuhan manusia selesai, diperkirakan biasanya dalam kurun usia 20 tahun.

Dalam hal ini dapat memungkinkan otak manusia bisa mengalami pertumbuhan dan juga perkembangan dari mulai saat bayi dan anak-anak.

Fungsi Tulang Pipih

Pada Tulang pipih mempunyai fungsi yang berbeda-beda di dalam setiap tubuh manusia:(Baca Juga :Sistem Ekskresi Pada Manusia

  • Membantu dalam memberikan kekuatan, selain itu struktur dan mobilitas ke seluruh area tubuh dimana mereka terbentuk.
  • Mempunyai fitur perlindungan yang sangat luas dan sangat penting (sama halnya seperti tengkorak yang memberikan perlindungan terhadap otak dan berbagai organ internal lainnya yang ada di dalam tubuh).
  • Pada Sumsum tulang yang terdapat di dalamnya mampu menghasilkan sel darah (yakni sel darah putih dan juga sel darah merah serta trombosit).
  • Mempunyai peran sebagai sebuah permukaan yang sangat luas yang dapat digunakan sebagai sebuah tempat melekatnya berbagai kelompok otot besar.
  • Sama seperti tulang lainnya, dimana mereka juga mempunyai cadangan dan penyimpanan mineral, misalnya seperti kalsium, fosfor, natrium dan juga magnesium, yang merupakan asupan yang sangat penting dalam mengatur berbagai mekanisme fisiologis.

Contoh dan Kelompok Tulang Pipih

Tulang Tengkorak

Fungsi Tulang Pipih
Fungsi Tulang Pipih

Pada tulang-tulang tengkorak Anda dimana ia berperan untuk melindungi otak , selain itu pada tulang ini juga membantu dalam memberikan dukungan pada bagian wajah.

Baca Juga :   Fungsi Tulang Pendek

Di bawah ini terdapatn sejumlah tulang tengkorak yang merupakan tulang pipihyang diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Yang pertama ialah Tulang frontal. Diana pada tulang ini yang membentuk dahi manusia dan juga pada bagian atas rongga mata .
  • Yang kedua Tulang parietal. Dimana pada setiap manusia mempunyai dua tulang parietal yang terdapat di kedua sisi kepala . Mereka membantu dalam membentuk pada bagian atas dan juga pada bagian sisi tengkorak Anda.
  • Yang ketiga Tulang oksipital. Dimana pada tulang ini membantu dalam membentuk dari tulang tengkorak bagian belakang. Kemudian mempunyai sebuah lubang yang letaknya berada di dekat bagian bawah yang dapat memungkinkan pada sumsum dari tulang belakang bisa bertemu dengan otak.
  • Yang keempat Tulang hidung. Dimana pada umumny setiap manusia mempunyai dua tulang hidung dengan membentuk seperti jembatan hidung.
  • Yang kelima Tulang lingrimal. Semua manusia juga mempunyai dua tulang lakrimal yang sangat kecil yang membantu dalam membentuk bagian rongga mata kita.
  • Yang keenam Tulang vomer. Dimana pada tulang ini yang membentuk septum pada bagian hidung Anda, yakni pada ruang yang terdapat di antara lubang hidung Anda.

Baca Juga : Fungsi Tulang Dada

Tulang Dada dan Tulang Rusuk

Kemudian yang masih termasuk tulang pipih lainnya ialah Tulang dada yang mempunyai bentuk seperti huruf T yang letaknya berada di tengah dada sobat.

Pada tulang ini mempunyai fungsi untuk melindungi jantung dan paru-paru serta berbagai organel lainnya.

Kemudian selanjutnya Tulang rusuk yang juga masih merupakan contoh dari tulang pipih.

Dimana rusuk manusia mempunyai 12 yang letaknya bersebrangan di kedua sisi tubuh kita.

Dimana mereka terlihat seperti membentuk sebuah struktur pelindung yang hampir mirip sangkar yang terdapat di sekitar organ tubuh bagian atas kita.

Selain itu dari 12 tulang rusuk kia ini secara langsung saling terhubung ke bagian tulang belakang kita.

Kemudian dari ketujuh tulang rusuk yang paling teratas kita ini melekat secara langsung ke bagian tulang dada tepat di bagian depan.

Kemudian pada tiga tulang rusuk berikutnya secara langsung terhubung juga ke bagian tulang dada kita dengan melalui tulang rawan.

Baca Juga :   Fungsi Miofibril

Sedangkan pada dua tulang rusuk terakhir tidak diamana mereka tidak terhubung di bagian depan dan terkadang disebut tulang rusuk semu.

Tulang Belikat

Dimana tulang Skapula ialah merupakan tulang pipih yang biasa dikenal sebagai tulang belikat Anda.

Dimana manusia pada umumnya mempunyai dua tulang yang membentuk suatu segitiga yang terletak di punggung atas.

Fungsi Tulang pipih

Kemudian dengan berbagai Otot-otot yang dapat memungkinkan lengan dapat berputar dan melekat pada tulang belikat Anda.

Kemudian Fungsi skapula juga masih digabungkan dengan bersamaan tulang leher dan juga tulang humerus yang terletak di lengan atas untuk menyusun sendi bahu Anda.

Tulang coxal

Kemudian pada Tulang coxal yakni merupakan tulang yang berukuran besar dan pipih yang membantu dalam membentuk panggul . pada jenis tulang ini dapat dibedakan menjadi tiga bagian tulang:

Tulang coxal
Tulang coxal
  • Yang pertama Tulang pangkal paha. yakni merupakan sebuah tulang yang mempunyai bagian terluas, letaknya berada di dekat bagian atas panggul Anda.
  • Yang kedua Pubis. yakni merupakan salah satu bagian yang letaknya berada paling belakang di panggul.
  • Yang ketiga Iskium. yakni merupakan sebuah tulang yang membantu dalam membentuk dasar panggul manusia.

Dimana pada Tulang femur yang letaknya berada di kaki pada bagian atas melekat pada tulang coxal guna membentuk sendi pinggul. dan mempunyai fungsi untuk menyediakan sebuah tempat/titik melekat nya sejumlah otot, dan meliputi otot gluteal.

Apa Ynag Dimaksud Dengan Tulang Pipih?

yakni merupakana sebuah tulang yang disusun oleh sebuah lapisan yang sangat tipis dan terdapat jaringan tulang spons di dalamnya yang letaknya berada di sumsum tulang. 

Sebutkan Contoh Kelompok dari Tulang Pipih?

Adapun contoh tulang pipih ialah meliputi tulang belikat, tulang dada dan tulang tengkorak serta panggul.

Sebutkan Contoh Kelompok Dari Tulang Pipa?

Yakni meliputi tulang paha, tulang betis, tulang kering, tulang lengan atas, dan juga pada ruas-ruas dari tulang jari.  

Sebutkan Contoh Tulang Pendek?

Yakni meliputi seperti ruas tulang belakang, tulang pergelangan kaki, pergelangan tangan, telapak tangan, dan juga tulang telapak kaki.

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan mengenai fungsi tulang pipih, semoga serangkaian dari ulasan ini bisa menjadi sajian pelajaran yang sangat bermanfaat.