Fungsi Tulang Pergelangan Kaki

Posted on

Fungsi Tulang Pergelangan Kaki – Struktur, Bagian, Gambar dan Penjelasannya. Tema dalam materi pembahasan kita kali ini masih mengenai fungsi tulang pergelangan kaki manusia yang akan Quipper.co.id paparkan secara luas dengan beserta gambar tulang pergelangan kaki serta penjelasan dari setiap ligamen yang terdapat di dalamnya. Namun pada pembahasan sebelumnya, yang mana sudah Quipper.co.id sampaikan materi tentang Fungsi Tulang Jari Kaki. Nah untuk melengkapi apa yang yang menjadi tema pembahasan kita kali ini, yuk mari kita simak bersama atas ulasan yang sudah quipper.co.id rangkum di bawah ini.

Apa Itu Tulang Pergelang Kaki?

Fungsi Tulang Pergelangan Kaki
Fungsi Tulang Pergelangan Kaki

Apa yang dimaksud dengan tulang Pergelangan Kaki ? yakni merupakan salah satu jenis tulang yang tersusun atas bagian ujung pada tulang kering dan juga tulang betis serta tumit.

Kemudian pada sendi yang terdapat atas pergelangan kaki ini dimana tersusun atas bagian bawah tulang tibia, dan juga tulang fibula serta tulang talus yang mempunyai bentuk menyerupai sebuah kubah, yang kerap disebut Ankle Mortis.

Fungsi Tulang Pergelangan Kaki

Fungsi Tulang Pergelangan Kaki
Fungsi Tulang Pergelangan Kaki

Di bawah ini terdapat beberapa fungsi dari tulang pergelangan kaki yang sudah quipper.co.id rangkum ,yakni sebagai berikut

  • Agar dapat memungkinkan ketika sedanga melakukan suatu gerakan naik turun terhadap kaki, dengan didukung oleh adanya sebuah sendi yang berperan sebagai engsel.
  • Memberi kemudahan terutama bagi manusia ketika hendak melangkah maupun berjalan sehingga dapat memberi kenyamanan dalam segala aktifitasnya.
  • Sebagai tulang yang menghubungkan antara tulang tungkai lengan bawah dengan tulang pada bagian telapak kaki.
  • Sebagai sebuah tulang yang membantu dalam segala gerakan kaki yang didukung oleh adanya sendi putar sehingga dapat digerakan secara fleksibel.

Kemudian yang harus sobat quipper.co.id semua ketahui ialah, bahwa pada pergelangan kaki ini tersusun dari sejumlah struktur yang sangat penting.

Yang sudah di disein dengan begitu uniknya , sehingga dengan adanya pergelangan pada kaki inilah yang kemudian membantu dalam segala sistem pergerakan terjadi pada telapak kaki sehingga pergerkannyaakan sangat stabil.

Baca Juga :   Fungsi Leukoplas

Kemudian dengan berdasarkan kelenturan dan fungsinya, maka pada pergelangan yang terdapat pada kaki ini kerap disebut juga sebagai Ankle Mortis.

Dimana pada bagian dalam Ankle Mortis tersemmat sebuah Talus yang mempunyai peran sebagai sendi pegas, dan juga memiliki sebuah korpus, lalu kolum serta kaput dan mempunyai bentuk menyerupai cembung, kemudian pada bagian permukaan superiornya terlihat mirip seperti pelana kuda.

Selain sendi yang sudah dijelaskan diatas, namun ada juga sebuah sendi yang letaknya berada pada bagian bawah dari sebuah persendian pergelangan kaki itu sendiri yakni : sebuah sendi yang dikenal sebagai subtalar atau disebut juga dengan sendi talokalkaneal yakni merupakan salah satu sendi aksis tunggal yang mempunyai fungsi sebagai penghubung antara tulang talus dan jug tulang kalkaneus.

Ligamen Yang Melekat Pada Pergelangan Kaki

Setelah sobat quipper.co.id telah mamahami berbagai tulang dan sendi yang terdapat pada pergelangan kaki, maka selanjutnya sobat juga harus mengetahui mengenai beberapa ligamen yang biasanya melekat tepat pada bagian tulang di pergelangan kaki, berikut ini penjelasannya :

1. Ligamen Kolateral

Pada bagian dalam ankle atau dikenal juga dengan sebutan pergelangan Kaki khususnya manusia , dimana di dalnya ada sebuah ligamen yang mempunyai fugsi agar dapat menjadi penyangga yang sangat komo bagi sendi pergelangan kaki yang dikenal dengan sebutan ligamen kolateral yang biasanya berada dalam bagian lateral.

Berikut ini pembagian ligamen kolateral yang dapat dibedakan menjadi tiga bagian, yakni seperti di bawah ini penjelasannya :

  • Yang pertma ialah Talofibular Anterior 
    Yang mana pada awalnya ligamen ini di dapat dari kolum Talus yang menempel tepat di bagian ujung Fibula.
  • Yang kedua ialah Kalkaneofibular
    Yang mana asal dari adanya Ligamen ialah bermula dari kalkaneus yang menempel tepat pada bagian ujung fibula.
  • Yang ketiga ialah Talofibular Posterior
    Dimana asal mulanya ligamen ini dari korpus talus yang menempel tepat di bagian ujung fibula.

2. Ligamen Deltoid

Pada bagian ini merupakan suatu ligamen yang sangat kuat yang biasa dijadikan sebagai penyangga terhadap bagian medial dipergelangan kaki .

Dimana pada ligamen deltoid yakni merupakan suatu penghubung antara maleous medialis dengan navikular, kemudian antara sustentakum tali serta pada bagian posterior talus.

Baca Juga :   Tulang Pipa

Kemudian pada Ligamen Deltoid ini juga dapat dibedakan menjadi 4 bagian, yakni :

  • Yang pertama ialah = Tibionavikular.
  • Yang Kedua ialah = Talotibial anterior.
  • Yang ketiga ialah = Calcaneotibial.
  • Yang keempat ialah = Talotibial posterior.

3. Ligamen Corsal

Nah untuk ligamen yang satu ini ialah merupakan suatu ligamen yang pada umumnya, mempunyai bentuk yang tipis yang letaknya berada pada bagia atas arkus yang biasa dikenal dengan sebutan ligamen corsal.

4. Ligamen Plantar

Pada ligamen ini bnetuknya lebih tebal apabila kita dibandingkan dengan bentuk dari pada Corsal yang sudah dijelaskan diatas. Dan pada ligamen ini mempunyai fungsi duna dijadikan sebagai ‘tierods’ yakni merupakan suatu penyangga Arkus.

Nah pada ligamen ini dapat dibedakan menjadi dua jenis lidamen plantar yang merupakan suatu ligamen yang juga sangat penting , yakni seperti yang dijelaskan di bawah ini :

  • Yang pertama ialah Kalkaneonavikular
    Dimana ligamen berfungsi sebagai suatu pembatas ketika adanya sebuah gerakan terhadap talus ke arah bawah dan nantinyaligaen ini akan menjadi penyangga pada bagian tertinggi dari arkus, dan biasa dikenal dengan sebutan spring ligament’.    
  • Yang kedua ialah Plantar Panjang
    Yang pada Ligamen ini letaknya berada diantara kalkaneus, lalu kuboid serta pada bagian lateral yang terdiri atas 3(tiga) tulang metatarsal.

5. Ligament Interoseus

Adapun bentuk lainnya atas ligamen ini ialah ligamen talokalkaneal yakni merupakan salah satuligamen yang sangat penting yang letaknya berada di disepanjang bagian kanal tarsal dan juga di akhir dari pada fibula.

Dimana pada Ligamen ini menyerupai suatu serabut fibrosa yang merupakan suatu penghubung antar dua tuberkel yang kerap dikenal dengan sebutan Ligamentum Cervicis.

Cedera Yang Terjadi Pada Pergelangan Kaki

Di bawah ini terdapat beberapa cedera yang biasanya kerap dialami oleh pergelangan kaki, berikut penjelasannya :

1. Fraktur

Secara umum gejala ini sudah dianggap biasa kerap terjadi yang menyerang pada bagian pergelangan maupun berbagai tulang yang ada diantaranya .

Dengan gejala atau cedera Fraktur yang tarjadi pada bagian pergelangan maupun sekitar kaki ini nantinya akan mengakibatkan adanya gangguan berupa kesulitan pada saat berjalan untuk menanggung semua beban yang ditopangnya bahakan bisa mengakibatkan tidak bisanya berjalan.

Maka apabila terjadi suatu perpindahan tulang yang bergeser dari posisi asalnya, maka keadaan jangan dianggap sepele pasalnya perlu tindakan medis yang harus segera mungkin di lakukan agar dapat segera ditangani dengan cara di operasi .

Baca Juga :   Fungsi Tulang Pipih

2. Arthritis

Pada cedera Artritis yakni merupakan suatu keadaan yang mana adanya suatu peradangan terjadi pada bagian persendian.

Dimana pada biasanya gejala osteoartritis dan juga artritis rematoid ini merupakan suatu cedera atau penyakit yang memang sudah dianggap biasa sering menyerang pada bagian pergelangan maupun sekitar kaki .

Adapun bentuk yang ditimbulkan dari Osteoartritis ialah keadaan ini sering menampakan suatu bantalan pelindung antar sendi (tulang rawan) sehingga dapat terjadi suatu kerusakan yang diakibatkan dengan adanya penuaan maupun aus.

Kemudia faktor genetik juga bisa menyebabkan adanya ketidakstabilan pada sendi, dan adanya cederapu dapat menimbulkan adanay gejala yang berbahaya yakni suatu osteoartritis.

Jelaskan Sebuah Sendi yang Merupakan Penghubung Antara Tulang Talus Dengan Tulang Kalkaneus?

yakni sebuah Sendi subtalar atau biasa dikenal juga dengan sebutan sendi talokalkaneal yang merupakan salah satu jenis sendi aksis tunggal

Jelaskan Fungsi dari Ligamen Kalkaneonavikular?

Yakni berfungsi sebagai suatu pembatas ketika akan melakukan suatu gerakan yang berlangsung di bagian talus ke arah bawah dimana ligamen ini digunakan sebagai penyangga dan merupakan bagian tertinggi dari arkus, dan biasa dikenal dengan sebutan spring ligament’.    

Apa yang Dimaksud Dengan Tulang Pergelangan Kaki ?

yakni merupakan salah satu jenis tulang yang tersusun atas bagian ujung pada tulang kering dan juga tulang betis serta tumit. Kemudian pada sendi yang terdapat atas pergelangan kaki ini dimana tersusun atas bagian bawah tulang tibia, dan juga tulang fibula serta tulang talus yang mempunyai bentuk menyerupai sebuah kubah, yang kerap disebut Ankle Mortis.

Nah itulah yang bisa Quipper.co.id sampaikan kali, semoga apa yang sudah Quipper.co.id rangkum kali ini bisa menjadi suatu landasan untuk sobat semua lebih memahami mengenai berbagai fungsi dari berbagai tulang khususnya yang terdapat di dalam tubuh manusia salah satunya tulang pergelangan kaki/ Sekian dari Quipper.co.i semoga bisa bermanfaat.

Baca Juga Artikel Lainnya :