Mimikri Adalah

Posted on

Halo sahabat quipper.co.id semua mengacu pada istilah kata Mimikri Adalah berkaitan dengan salah jenis hewan yang dapat berkamuflase.

Dimana jenis hewan yang bisa berkamuflase ini adalah hewan yang bisa mengubah bentuknya sesuai tempat yang ia tempati atau sesuai keadaan disekitar.

Biasanya hal ini dapat hewan jenis ini lakukan ketika ia sedang merasa terdesak atau terancam dengan kehidupan yang ada disekitarnya.

Nah buat sobat yang mungkin ingin mengenai jenis hewan apa sih yang dapat melakukan kamuflase ini? simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu mimikri?

Mimikri Adalah
Mimikri Adalah

Apa yang dimaksud dengan Mimikri ? yakni merupakan suatu proses evolusi yang berlangsung terhadap spesies hewan agar dapat mentyerupai atau menjadi sama dengan spesies lainnya.

Kemudian secara umum mimikri biasanya dilakukan oleh suatu spesies tertentu agar dapat menyerupai suatu seperti spesies lainnya untuk menghindari ada suatu bahaya yang akan mengancamnya, tKhususnya untuk menghindari predator spesies tersebut.

Dimana biasanya mimikri hampir dari sebagian besar dilakukan pada spesies hewan yang memiliki kesamaan wujud atau bnetuk dan warna terhadap hewan lainnya yang tidak saling berkerabat.

Di bawah ini ialah merupakan contoh spesies hewan/serangga yang dapat melakukan mimikri.

Baca Juga :   Tulang Pipa

Selain itu jenis hewan ini kerap terlihat hinggap menempel ke setiap bunga melakukan suatu tindakan seperti layaknya tawon apabila ia sedang menghadapi sang predator maka ia akan berperan dan menempel pada bunga.

Kemudia sesuai dengan sebutannya yakni , lalat bunga dimana ia kerap nampak terlihat melayang-layang berada di bunga, sebab hampir dari sebagian besar lalat bunga yang sudah dewasa semua spesies mengambil dan memakan nektar dan juga serbuk sari yang terdapat pada bung, sedangkan pada larva akan memakan beragam makanan.

Lalat Buah

Mimikri Adalah
Mimikri Adalah

Sama halnya seperti lalat bunga, yang mnaa pada lalat buah juga kerap melakukan mimikri untuk menyerupai rupa dan warna dari lebah yang kerap terlihat menempel di buah.

Dalam hal ini dimana lalat buah hampir mempunyai suatu kemiripan dari segi bentuk seperti layaknya lebah madu yang pada umumnya.

Laba-Laba Peloncat

Laba-Laba Peloncat
Laba-Laba Peloncat

Kemudian contoh spesis mimikei selanjutnya ialah Laba-laba peloncat merupakan jenis laba-laba yang mempunyai bentuk yang sangat kecil, dan ukurannya hampir menyerupai semut.

Oleh sebab itu, laba-laba peloncat kerap merubah bentuk secara fisik dan perilaku seperti layaknya semut.

Gurita Penyamar

Gurita Penyamar

Kemudian selanjutnya spesis Gurita namun hanya pada spesies tertentu saja yang biasanya kerap menyerupai bentuk fisik dan juga perilaku ikan pipih atau seperti bintang laut.

Maka dalam hal ini dapat kita simpulkan bahwa mimikri ialah merupakan suatu tingkah laku dari sebagian spesies dalam upaya untuk meniru bentuk fisik dan perilaku terhadap spesies lainnya, yang mempunyai tujuan untuk melakukan kamuflase sehingga ia menyerupai seperti spesies lain.

Contoh Hewan Kamuflase

Di bawah ini terdapat beberapa contoh hewan yang melakukan kamuflase, berikut ini penjelasannya.

Baca Juga :   Latihan Soal Biologi Kelas 7 SMP

1. Bunglon (Chameleons)

Contoh Hewan Kamuflase
Contoh Hewan Kamuflase

Dimana pada jenis hewan ini Hampir dari sebgian spesiesnya berada dan tinggal di Madagascar, namun mereka juga dijumpai di daerah Afrika, bagian Timur Tengah, dan juga Eropa Selatan.

2. Macan Tutul (Leopard) 

Macan Tutul (Leopard)
Macan Tutul (Leopard)

Dari jenis Hewan ini banyak dikenal sebagai pemburu dan juga kerap disebut sebagai jenis harimau dahan sebab ia mempunyai kemampuan dalam memanjat. Hewan ini merupakan macan tutul yang mempunyai ukuran yang sangat besar, dengan panjang tubuh sekitar satu hingga dua meter.

3. Ikan Daun

Ikan Daun
Ikan Daun

Jenis dari ikan berasal dari sungai amazon yang mana jenis hewan atau ikan dapat melakukan kamuflase dengan merubah bagian warna dan tubuh seperti layaknya daun yang sudah mati, dimulai dari wujud pada tubuhnya hingga bahkan pada gerakannya yang dilakukan dengan secara perlahan dan terombang-ambing mengikuti arus di permukaan sungai seperti layaknya daun kering.

4. Tokek Ekor Daun

Tokek Ekor Daun
Tokek Ekor Daun

Pada jenis Tokek Ekor Daun kerap dukena dengan sebutan tokek ekor setan. Selain itui habitat Tokek Ekor Daun ini berasal dari daerah Madagaskar.

Dimana pada jenis Tokek ini mampu melakukan mkamuflase dengan cara memakai ekornya agar dapat menirukan bntuk dan warna daun.

Selain itu kamuflase ini digunakan dengan tujuan sebagai sebuah bentuk pertahanan diri dari berbagai para predator yang dapat membahayakannya dan dengan kamuflase ini akan memberikan kemudahan pada tokek ini dalam mencari mangsa.

Perbedaan Mimikri dengan Kamuflase

Pada awalnya mimikri kerap didefinisikan sebagai sebuah proses adaptasi dari suatu hewan dengan cara melakukan suatu perubahan baik pada warna tubuhnya dengan warna yang ada disekitarnya.

Akan tetapi setelah teori evolusi, sehingga akhirnya mimikri mempunyai artian yakni suatu cara dari suatu spesies agar dapat menyerupai seperti spesies lain atau perubahan dalam bentuk warna dan ukuran.

Baca Juga :   Fungsi Amiloplas

Sedang pada Kamuflase sendiri mempunyai makna tidak dapat melakukan perubahan dari warna kulitnya seperti lingkungan atau tempat yang ada disekitarnya, sebab ia hanya dapat menyesuaikan warna saja.

Misalnya seperti halnya ular hijau, diaman seperti yang diketahui bahwa pada spesis ular hijau tidak dapat merubah warna kulitnya melainkan ia hanya dapat melakukan penyesuai warna saja terhadap daun yang mempunyai wrana yang sama seperti warna pada tubuhnya yakni hijau.

Sedangkan Mimikri ialah merupakan suatu kemampuan suatu hewan yang dapat merubah warnanya yang disesuai dengan tempat yang sedang ia singgahi ataupun dapat menyerupai seperti spesies lainnya.

Misalnya saja seperti bunglon yang dapat melakukan perubahan warna yang disesuaikan dengan warna tempat yang sedang ia singgahi.

Nah itulah Yang bisa quipper.co.id sampaikan mengenai pengertian mimikri, semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat untuk sahabat sekalian