Konjungsi Kronologis

Posted on

Konjungsi Kronologis – Hay sahabat semua.! Diperjumpaan kali ini kembali akan Quipper.co.id paparkan materi tentang Konjungsi Kronologis – Pengetian, Ciri, Fungsi, Contoh Kata dan Kalimatnya. Namun diperjumpaan sebelumnya juga yang mana Quipper.co.id juga telah menerangkan materi tentang Verba Adalah Nah untuk melengkapi apa yang menjadi topik pembahasan kita kali ini, maka yuk simak bersama ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Konjungsi Kronologis

Konjungsi Kronologis
Konjungsi Kronologis

Apa yang dimaksud dengan Konjungsi kronologis atau disebut juga dengan Kata hubung ? yakni merupakan salah satu jenis kata yang dapat saling menyatukan atau menghubungkan diantara dua atau lebih kata , yang mana terhadap kedua kata atau disebut dengan klausa tersebut ialah merupakan sebuah kata yang di dalamnya tersemat suatu peristiwa yang berlangsung dengan secara bertubi-tubi atau disebut kronologis.

Adapun Contoh kata pada jenis konjungsi ini diantaranya ialah sesudah, sebelum, lalu dan kemudian.

Ciri-Ciri Konjungsi Kronologis

Dibawah ini terdapat berbagai ciiri-ciri dari kata hubung Kronologis yang dapat sahabat semua pelajari , berikut inipenejlasannya :

  • Pada konjungsi ini berperan untuk menyatukan sebuah kata supaya bisa dapat membentuk suatu kalimat yang utuh sehingga akan menjadi makna yang jelas.
  • Kerap digunakan untuk menghubungkan antara anak kalimat secara tertata dengan induk pada kalimat tersebut.
  • Secara umum selalu diberikan dengan imbuhan dan juga tanda baca yang berbentuk tanda koma ketika diperlukan.
  • Di dalamnya terkandung sebuah kata yang menerangkan serentetan suatu kejadian.
  • Di dalamnya berisikan penjelasan mengani waktu, dan juga tempat, kemudian sebab serta akibat.

Fungsi Konjungsi Kronologis

Di ini terdapat penjelasan menganai sejumlah fungsi pada konjungsi Kronologis atau kata hubung ini yang diantaranya ialah :

  • Pada konjungsi atau kata hubung ini berguna untuk membantu dalam proses penyusunan teks eksplanasi supaya bisa lebih sempurna, pengertian Eksplanasi sendiri ialah merupakan sebuah teks yang menerangkan tentang sebuah proses atau bisa disebut fenomena.
  • Untuk meberikan bantuan dalam menyusun sebua teks berita yang kerapkali menerangkan tentang berlangsungnya suatu kejadian dengan secara kronologis.
  • Berperan penting dalam pembuatan sebuah teks drama, lalu cerpen, dan juga berbagai teks narasi lainnya yang di dalamnya masih memakai jenis kata yang menerangkan suatu urutan waktu.
Baca Juga :   Konjungsi Kausal

Contoh Kata Konjungsi Kronologis

Di bawah ini terdapat beberapa contoh yang sudah Quipper.co.id rangkum yang merupakan sebuah contoh golongan sejumlah kata yang masih dikatagorikan kedalam kronologis atau kata hubung, berikut penjelasannya

Sebelum
Pertama
Kemudian
Sesudah
Mula-mula
Sementara itu
Lalu
Sejak itu
Pada akhirnya
Setelah itu
Kedua
Ketiga

Contoh Kalimat Kronologis Keterangan Waktu

  • Ketika sesampainya ibu di pasar,  lalu Ibu langsung berbelanja berbagai kebutuhan dirumh.
  • Obat tersebut bisa diminum sebelum Anda makan terlebih dahulu.
  • Rizal sudah sampai di rumah sebelum matahari tenggelam.
  • Setelah rizal mengantar aduknya sekolah, kemudian ia langsung berangkat kerja.
  • Semua siswa pergi keluar kelas sesudah mendengan suara bel istirahat berbunyi.
  • Rizal berangkat ke sekolah Sebelum pukul 07.00

Contoh Kalimat Konjungsi Kronologis

Di bawah ini terdapat beberapa contoh kalimat yang memakai jenis konjungsi iatau kata hubung kronologis ini, yakni berikut penjelasannya :

  • Sesudah sembahyang, kemudian robi menolong orangtuanya yang sedang menyapu halaman rumah.
  • Namun Sementara itu, terjadinya kecelekaan beruntun tersebut bukan hanya disebabkan oleh kelalaian yang dilakukan oleh sang pengedara saja, akan tetapi faktor lainnya ialah mobil yang dikendarai tersebut dianggap sudah tidak layak lagi untuk menempuh perjalanan jauh.
  • Kemudian Setelah Iwan berhasil menggapai segala impiannya dinegerin orang, maka pada akhirnya iapun kembali ke kampung halamannya.
  • Dengan ketekunan dan semangat juang yang besar maka, akan menjadi langkah Pertama dalam menggapai keberhasil yang diinginkan.
  • Terjadinya Evaporasi hal ini bisa diakibatkan yang mana air laut menguap karena panas yang disebabkan oleh matahari. Lalu, terjadilah suatu pemebntukan awan yang merupakan hasil dari berlngsung evaporasi tersebut.
  • Upaya agar selalu mengucpkan salam sebelum masuk kedalam rumah orang lain.
  • Penanggulangan Sebelum masuknya musim kemarau, yang pada awalnya sudah diperkirakan akan terjadi dalam kurun waktu yang sesingkat ini, maka langkah pertama yang dijalankan oleh masyrakat sekitar adalah menyimpan hasil panen yang diperuntukan agar ketika musim kemarau tersebut mereka sudah tidak terlalu bingung untuk mengoprasikan lahan tani mereka untuk memperoleh beras yang merupakan sumber penghasilan bagi semua masyarakat tersebut, kemudian upaya pemerintah setempat juga sangat diperlukan untuk mempersiapkan masyarakatnya agar sudah siap ketika musim kemarau tersebut tiba.
Apa yang Dimaksud Dengan Konjungsi kronologis?
Baca Juga :   Bilangan Asli

yakni merupakan salah satu jenis kata yang dapat saling menyatukan atau menghubungkan diantara dua atau lebih kata , yang mana terhadap kedua kata atau disebut dengan klausa tersebut ialah merupakan sebuah kata yang di dalamnya tersemat suatu peristiwa yang berlangsung dengan secara bertubi-tubi atau disebut kronologis.

Apa Itu Kata Penghubung(kata hubung) atau Dalam Istilah Bahasa indonesianya Adalah Konjungsi?

yakni merupakan sekelompok kata yang kerap digunakan untuk menghubungkan antara satu kata dengan berbagai kat lainnya yang terdapat dalam sebuah kalimat atau satu kalimat dengan setiap kalimat lainnya.

Jelaskan Fungsi Dari Konjungsi Kronologis?

– Pada konjungsi atau kata hubung ini berguna untuk membantu dalam proses penyusunan teks eksplanasi supaya bisa lebih sempurna, pengertian Eksplanasi sendiri ialah merupakan sebuah teks yang menerangkan tentang sebuah proses atau bisa disebut fenomena.
– Untuk meberikan bantuan dalam menyusun sebua teks berita yang kerapkali menerangkan tentang berlangsungnya suatu kejadian dengan secara kronologis.

Nah itulah yang bisa Quipper.co.id sampaikan tentang pengertian konjungsi kronologi beserta dengan Contoh kalimat konjungsi Kronologis dan juga penjelasan konjungsi atau kata hubung kronologis, semoga sajian dari serangkaian pembahasan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan sahabat semua.

Baca Juga :