Contoh Biodata Diri

Posted on

Contoh Biodata Diri Lengkap – Hay Sahabat quipper.co.id semua. Pada perjumpaan kali ini akan quipper.co.id sampaikan pembahasan tentang Biodata Diri – Sederhana, Siswa, Guru Lengkap Dengan Cara Membuatnya. Namun diperjumpaan sebelumnya quipper.co.id juga telah membahas materi tentang Letak Nomor Ijazah. Nah untuk melengkapi isi dari pembahasan kita kali ini, maka mari kita simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Cara Membuat Biodata Diri

Biodata Diri
Biodata Diri

Alangkah baiknya apabila kalian mengetahui lebih dahulu tentang apa saja sejumlah hal yang musti kalian pahami dan teliti pada saat sedang menyusun berupa biodata diiri.

Dibawah ini terdapat beberapa tips atau cara yang dapat dilkaukan ketika hendak akan membuat biodata diri, yang diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Pemakaian Bahasa
  • Pemilihan Font
  • Susunan/Struktur Biodata-Diri

Berikut dibawah ini susunan-susunan atau struktur untuk membuat biodata diri yang baik dan juga lengkap dengan menggunakan cara terbaru.

Struktur Pembuatan Biodata Diri

Nah untuk kalian yang ingin membuat data biodata diri yang baik dan juga benar namun kalian belum mengetahui seperti apa struktur dalam pembuatan diri yang baik dan juga benar, kalian bisa langsung saja menyimak pembahasan yang akan dibawah dibawah ini.

Karena dibawah ini kami akan membahas mengenai struktur pembuatan biodata diri yang baik dan benar. Selamat menyimak dan juga semoga bisa bermanfaat dan juga membantu teman-teman semua yang hendak membuat data biodata diri.

1. Nama

Langkah pertama ialah mencantumkan nama lengkap kalian. Selai itu ada juga di sejumlah contoh biodata diri yang memang membolehkan untuk mencantumkan hanya nama panggilan anda. Karena biasanya perusahaan membeutuhkan nama lengkap anda.

2. Tempat & Tanggal Lahir

Langkah kedua mencantumkan tempat dimana anda dilahirkan disertai dengan tanggal dan bulan.

Baca Juga :   Kalimat Inversi

Mengapa harus detail mencantumkan tempat, tanggal dan bulan sebab ini salah satu bentuk bahwa perusahaan emang membutuhkan seorang yang sudah cukup usianya agar tidak terjadi permasalahan dikemudian hari oleh sebab mempekerjakan anak yang masih di bawah umur.

3. Alamat

langkah selanjutnya adalah alamat yang mana bagian ini juga merupakan salah satu bagian yang tak kalah pentingnya dengan bagian nama dan tempat tanggal lahir diatas.

Disini keterangan alamat dari si pembuat data biodata juga sangat penting untuk dilibatkan dengan secara lengkap.

Mengapa ? karena ini masih berkaitan dengan si pembuatan data, agar pihak perusahaan mengetahui secara jelas mengenai asal usul dari si pembuat biodata.

4. Jenis Kelamin Manusia

Langkah selanjutnya adalah mengenai jenis kelamin hal ini juga merupakan hal yang sangat penting berkaitan posisi atau kedudukan yang akan diterima dari si pembuat data agar menjadi bahan pertimabangan dari perusahaan.

5. Agama

Langkah berikutnya adalah mencantumkan maslah keyakinan yang dianut yakni adalah agama bahkan bagian ini merupakan keharusan untuk dilibatkan.

Sebab dengan adanya berbagai permasalahan yang kerap terjadi sekarang ini sehingga kini agamapun bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan di dalam sebuah peruasahaan. agar nantinya tidak menuai kesalahpahaman .

6. Kewarganeraan

Langkah selanjutnya mengenai kewarganeagaraan yang merupakan sebuah identitas penting apabila kalian yang ingin menggunakan biodata diri tersebut untuk melamar suatu pekerjaan disalah satu perusahaan yang berada di luar negeri.

Bagian ini merupakan hal yang terpenting sebab ini menyangkut status hubungan diplomatik antar negara asal dan yang akan dikunjungi.

7. Pendidikan

Langkah selanjutnya mencantumkan riwayat pendidikan terakhir , yang mana apabila biodata diri tersebut digunakan untuk melamar suatu pekerjaan, maka penyantuman akan riwayat pendidikan terakhir ini sangat penting untuk dilibatkan. Sebab ini masih berkaitan dengan jabatan yang nantinya akan anda duduki.

8. Telephone

Nah yang terakhir adalah mencantumkam nomor telephone, yang mana ini bertujuan untuk menbgkorek secara detai sejumlah informasi mengenai diri si pembuat biodata sehingga akan membuat pihak perusahaan lebih mudah menjakaunya.

Baca Juga :   Arti Mimpi Dikejar Anjing

Dari sejumlah susunan yang harus di cantumkan pada uraian diatas merupakan bebebrapa bagian yang sangat penting di dalam membuat biodata diri dan harus kalian pastikan juga terlebih dahulu ketika kalian telah selesai membuat/ menysun biodata agar tidak terjadi kekurangan maupun kesalahan dalam penulisannya.

Maka selanjutnya kita akan bergesar ke langkah selanjutnya yang harus tertera di dalam membuat biodata diri.

Di bawah ini mengenai hal-hal yang juga dianggap penting yang harus diisi yakni mengenai latar belakang pendidikan dan juga mengenai pengalaman apa saja yang sebelumnnya pernah kamu lakukan.

Ya, meskipun pada keterangan di bagian atas ini sudah semuanya kalian cantumkan pendidikan terakhir, namun pada bagian yang ada di bawah ini yang sebaiknya kalian cantumkan kembali dengan penjelasan yang lebih jelas dan lengkap.

Dimana kalian juga bisa mencantumkan mengenai tahun kelulusan pada saat kalian dianggap telah selesai masa sekolah dan juga penting untuk dilibatkan adlah nomer ijazah.

Sebab dengan semakin lengkap sejumlah data-data diri yang telah kalian cantumkan kedalam biodata maka tentunya semua akan semakin terkesan baik.

Selain itu, tak lupa lampirkan juga mengenai data-data dari pengalaman-pengalaman kerja yang sebelumnya mungkin kalian miliki.

Akan tetapi apabila memang sebelumnya kalian belum memiliki pengalaman kerja ,maka pada bagian yang tercantun di dalam biodata tersebut kosongkan saja sebab tidak akan menimbulkan persoalan.

Kemudian pada bagian yang paling bawah, kalian bisa mencantumkan tempat dimana biodata tersebut dibuat dan sertakan juga tanggal pembuatan biodata.

Lalu setelah itu, berikan tanda tangan beserta nama lengkap dari si pembuat dari biodata tersebut.

Nah semoga dari rangkaian susunan cara membuat biaodata diri diatas bisa kalian pahamani, berikut contoh yang bisa kalian jadikan sebagai acuan untuk membentuk atau menyusun biodata diri.

Contoh Biodata Diri yang Baik dan Benar

Contoh Biodata Diri
Contoh Biodata Diri

Di bawah ini contoh yang sudah quipper.co.id rangkum yang sesuai dapat digunakan dengan kebutuhan kalian untuk membuat biodata diri yang baik dan benar.

Baca Juga :   Contoh Surat Undangan

Biodata Diri Pribadi

Nama: Safrizal Faharai
Tempat, Tanggal lahir: Bandar Lampung 14 September 1989
Jenis Kelamin: Laki – Laki
Agama: Islam
Alamat: Jl Turi Raya no.14 Bandar Lampung
Telp: 0721-546477 (Telpon Rumah)

Data Keluarga

Nama Ayah :Syahril
Nama Ibu :Haryana
Pekerjaan Ayah :Buruh Pabrik
Pekerjaan ibu :Ibu rumah Tangga
Alamat :Jln Turi Raya Rt 01 Rw 1 Bandar Lampung
Hobi Membaca Buku
Makanan Favorit Seafood
Warna Favorit Hitam

Latar Belakang Pendidikan
Formal :

2001– 2003: SMP N 13 Lampung
2004 – 2007: SMA N 7 Lampung
2007 – 2011: Universitas Diponegoro, Semarang Non Formal

Kemampuan :

  • Memiliki keahlian Dimesin
  • Memiliki Keahlian mengoprasikan (MS Excel, MS Word, MS PowerPoint, MS Access, MS Outlook dan Internet)
  • Memiliki kemampuan Koki memasak masakan Western dan Cahines

Pengelaman Pekerjaan :

Praktek Kerja Lapangan:
Praktek Kerja Lapangan di Sumindo Jawa Barat Priode: Maret 2011 sampai 2012 Juni Tujuan: Persyaratan Kelulusan SMA N 7 Lampung Posisi/Jabatan : Sebagai Staff Oparator PT K.A.I Jawa barat :

  • Oparasi sistem
  • Teknik Mesin
  • Mengatur perlengkapan

Rincian Pekerjaan

  • Mengontrol kas kecil
  • Mengatur dan memeriksa persediaan peralatan kantor
  • Mempersiapkan bagian surat menyurat bisnis
  • Mempersiapkan pembagian gaji terhadap semua karyawan
  • Menyusun dan menerima faktur yang diperoleh dari distributtor (pemasok)
Apa yang dimaksud dengan Biodata Diri?

Biodata dapat didefinisikan sebagai sebuah data biografis yang mana di dalamnya memuat sebuah pernyataan faktual mengenai kehidupan. Secara umum berisikan tentang data diri dan sejumlah pengalaman kerja. Namun terdapat dua istilah lain yang menyebutkan di dalam sebuah biodata yakni biografi dan autobiografi. Nah perbedaan dari keduanya adalah biografi merupakan sebuah cerita hidup yang dibentuk oleh orang lain sedangkan pengertian autobiografi justru sebaliknya yakni sebuah cerita hidup yang ditulis oleh dari sendiri/pribadi perihalpengalaman dirinya.

Apa saja syarat Dalam Penulisan Biodata?

– Pemakaian Bahasa
– Pemilihan Font
– Susunan/Struktur harus sesuai

Jelaskan 3 Jenis Biodata Yang sering digunakan Secara Umum?

– Pertama biodata kronologis,
– Kedua Biodata Fungsional
– Ketiga Biodata kombinasi.

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan mengenai contoh biodata diri lengkap, semoga serangkain dari susunan materi kali ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Apabila bermanfaat dukung artikel ini karena masih banyak lagi sejumlah artikel yang akan quipper.co.id paparkan disini. Terima kasih.

Baca Juga :