Makna Sila Ke 5

Posted on

Makna Sila Ke 5 – Hay sahabat semua.! Pada perjumpaan kali ini kembali akan kami sampaikan materi tentang Makna Sila Ke 5 (Kelima). Namun pada perjumpaan sebelumnya kami juga telah menyampaikan materi tentang Makna Sila Ke 2 (Dua). Nah untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Sila Ke-5 Pancasila

Makna Sila Ke 5
Makna Sila Ke 5

Konten dari sila kelima Pancasila bunyinya yaitu “Keadilan Sosial Bagi seluruh Rakyat Indonesia”.

Isi makna dari sila ke-5 ini adalah sebuah dasar sebagai tujuan Negara yang ditetapkan oleh sistem pemerintah dengan semua hak dan kewajiban warga negara.

Pemersatuan antara masyarakat dengan pemerintah di dalam suatu kenegaraan itu tidak akan dapat dipisahkan, semua itu dikarenakan kebiasaan masyarakat Indonesia yang selalu melakukan tindak musyawarah mufakat agar bisa mencapai keberhasilan suatu tujuan yang diinginkan. Perihal itu seperti yang dijelaskan dalam sila ke-4 Pancasila.

Isi Dari Sila-5 (Kelima) Pancasila

Makna Isi kandungan yang mencerminkan sila kelima itu pengertian umumnya yaitu untuk menuju tujuan negara yang merupakan sebagai tercapainya masyarakat Indonesia yang adil dan makmur, itu semua baik secara Iahiriah atau batiniah.

Disebutkan tujuan negara kita itu agar dapat dicapai bersama- sama dengan cara selalu mampu bersikap adil kepada sesama serta saling menghormati hak-hak orang lain.

Dikarenakan itu di setiap proses kegiatan pemerintah selalu tidak lupa memberikan hak DPR dan mengemban Tugas pada Presiden, sebab itulah tidak boleh keluar dari ketentuan negara yaitu menjaga kesejahteraan nasional.

Baca Juga :   Arti Mimpi Dikejar Monyet

Tetapi bila ada yang keluar dari ketetapan yang telah diatur, bisa saja itu akan mengakibatkan terjadinya suatu pemberontakan di dalam lingkungan  masyarakat itu sendiri.

Penerapan Sila Ke-5 Pancasila

Dibawah ini ada penjelasan makna peranan penting yang dikandung sila ke-5 sebagai nilai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Agar dapat mengambil pelajaran dari beberapa makna sila ke-5 itu dijelaskan sebagai berikut :

Makna sila tersebut ialah :

  • Bersikaplah adil kepada sesama.
  • Selalu menghormati hak-hak orang lain.
  • Saling menolong terhadap sesama.
  • Tanamkan sikap menghargai orang lain.
  • Menjalankan sebuah pekerjaan yang tentunya berguna untuk kepentingan umum maupun bersama.

Sikap Sila Kelima 5

  • Memperbaiki tindakan luhur yang dapat mencerminkan sikap serta menjalin kekeluargaan dan gotong-royong bersama.
  • Mempunyai sikap yang adil.
  • Saling menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
  • Dapat menghormati hak-hak orang lain.
  • Selalu memberikan pertolongan terhadap sesama.
  • Bersama- sama menjauhi sikap pemerasan kepada sesama.
  • Tidak memiliki bsifat boros.
  • Mampu tidak bergaya hidup mewah.
  • Tidak melakukan perbuatan- perbuatan yang dapat merugikan kepentingan umum.

Lambang Sila Ke 5 (Padi dan Kapas)

Bentuk lambang atau identitas sekaligus karakteristik dari sila ke-5 ini ialah Padi dan Kapas. Ilustrasi perlambangan ini dibuat untuk menjelaskan impelementasi ekplisit yaitu sebagai kebutuhan dasar manusia, artinya adalah sandang (kapas) dan padi (sebagai pangan).

Makna Sila Ke 5
Makna Sila Ke 5

Arti Padi dan Kapas di Sila Kelima :

  • Kapas diartikan sebagai Kebutuhan Sandang Manusia.
  • Padi diartikan sebagai Kebutuhan Primer Manusia, disebut pangan.
  • Paduan Warna diartikan sebagai lambang akan syarat utama untuk mewujudkan kemakmuran warga negara Indonesia.

Pengamalan Sila 5 (Kelima)

Pengamalan yang dikandung oleh sila kemanusiaan yang adil dan beradab itu begitu keterkaitan terhadap hubungan bagi negara dan antar warga kenegaraan. Beberapa nilai yang dikandung di dalam sila kemanusiaan yang adil dan beradab tersebut adalah :

  • Memiliki persamaan derajat
  • Memberikan penghargaan hak asasi manusia
  • Menjunjung tinggi norma nondiskriminatif
  • Bersikap solidaritas antar sesama manusia dan juga antar bangsa
  • Mempunyai sikap keadilan
  • Menghormati keberadaban
  • Menjaga perdamaian
Baca Juga :   Tanah Regosol

Contoh Sila 5 (Kelima)

Dan beberapa contoh dalam menerapkan sila ke-5 Pancasila yang terjadi di kehidupan berbangsa maupun bernegara, dijelaskan seperti berikut ini :

Masyarakat

Di kehidupan masyarakat yang dapat diartikan sebagai proses pengertian makna dalam sila ke-5 ini contohnya apabila adanya peranan penting masyarakat yang mempunyai persamaan derajat di mata hukum, yaitu seseorang harus dihukum atas dasar salah atau tidak bukan dihukum atas dasar miskin ataupun kaya.

Sekolah

Di lingkungan sekolah yang bisa diartikan sebagai proses pengertian makna dalam sila ke-5 ini contohnya apabila ingin memberikan hak terhadap warga non muslim yang bersekolah di sekolah Islam, hak yang akan diterapkan yaitu dapat memberikan kesempatan untuk dapat melaksanakan Ibadahnya, serta juga dapat dengan mudah merayakan Hari Raya, serta hari- hari besar lainnya.

Kebijakan Pemerintah

Di lingkungan pemerintah yang bisa diartikan sebagai proses pengertian makna sila kelima ini Contohnya apabila ingin menerapkan keadilan dalam sistem kepemerintahan presidensial seperti yang dikembangkan oleh Indonesia yaitu mencoba membangun Papua sebagai bagian dari Indonesia. Pembangunan disana sangat penting dikarenakan pada saat ini wilayah yang menjadi tujuan pembangunan adalah Indonesia Wilayah Barat.

Dalam Kehdiupan Sehari Hari

Di kehidupan sehari- hari yang bisa diartikan sebagai proses pengertian makna sila ke-5 Contohnya apabila ingin mewujudkan sikap impelemntasi dari sebuah nilai keadilan dalam masyarakat untuk di kehidupan sehari- hari, yaitu menjadi manusia yang selalu merasa mampu dalam bidang ekonomi, agar dapat memberikan kewajibannya untuk bersedekah atau sekedar memberikan uluran tangannya kepada orang- orang yang sedang membutuhkannya.

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan mengenai makna sila kelima, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Baca Juga :   Arti Mimpi Kehilangan

Baca Juga :