Pengertian Demografi

Posted on

Pengertian Demografi – Hay sahabat semua.! Pada perjumpaan kali ini kembali akan quipper.co.id sampaikan materi Demografi – Manfaat, Tujuan, Variabel dan Komponennya. Setelah sebelumnya quipper.co.id telah menerangkan materi tentang Proyeksi Peta Nah untuk melengkapi apa yang menjadi tema pembahasan kita kali ini, yuk langsung aja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Demografi

Pengertian Demografi
Pengertian Demografi

Istilah Kata demografi didapat dari bahasa latin yaitu demos dan nomos. Yang mana kata Demos diartikan sebagai rakyat, sedangkan kata nomos artinya menulis.

Maka kemudian disimpulkan bahwa demografi ialah merupakan suatu catatan tentang kependudukan yang terdapat pada suatu negara, dan tanpa terkecuali Indonesia.

Pengertian Demografi Menurut Para Ahli

Di bawah ini pengertian demografi menurut sejumlah para ahli yakni sebagai berikut:

  • Menurut George W. Barclay bahwa Demografi ialah merupakan suatu ranting ilmu yang menerangkan penduduk dalam, dengan berbentuk statistika. Yang mana demografi juga mempelajari mengenai bagaimana prilaku penduduk dari secara menyeluruh.
  • Menurut D.V. Glass Demografi ialah merupakan suatu ilmu yang mempelajari perihal penduduk yang di dalamnya miliputi fersilitas, mortalitas, dan migrasi.
  • Menurut United Nations Multilingual berpendapat bahwa Demografi ialah merupakan sebuah studi ilmiah yang menerangkan mengenai kependudukan, yang di dalamnya ada berbagai informasi mengenai jumah dari penduduk, struktur dan juga perkembangannya.
  • Berdasarkan pendapatr dari Philip M Hauser dan Duddley Duncan bahwa Demografi ialah merupakan suatu ilmu yang menerangkan tentang ukuran, struktur dan distribusi penduduk. Serta berlangsungnya suatu perubahan penduduk yang disebabkan meningkatnya angka kelahiran, perpindahan penduduk, kematian dan lainnya.

Manfaat Demografi

Di bawah ini terdapat beberapa manfaat dari demografi yang diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Mendukung dan membantu terhadap pemerintah dalam melakukan evaluasi kinerja pembangunan. Yang mana dalam kasus ini, pemerintah dapat melihat jumlah komposisi dari penduduk dari masa lalu hingga masa sekarang. Dan juga berbagai faktor-faktor yang dapat mempengaruhinya.
  • Mendukung dan membantu kinerja pemerintah dalam strategi pembangunan untuk segala bidang, mulai dari bidang pendidikan, pertanian, perpajakan, kemiliteran dan lainnya.
  • Bisa mendeteksi atau mengetahui terjadinya peningkatan dalam perkembangan ekonomi dari suatu negara, cukup dengan langkah melihat jumlah ketersediaan lapangan pekerjaan, kemudian jumlah persentasi dari penduduk yang sudah bekerja dan lain sebagainya.
  • Bisa juga mengetahui tingkat akan harapan hidup terhadap rata-rata penduduk.
Baca Juga :   Permainan Bola Kecil

Tujuan Demografi

Denagn berdasarkan pendapat dari sejumllah para ahli yang mengemukakan bahwa ilmu demografi secara umum dilakukan guna mencapai empat tujuan pokok, yang diantaranya ialah sebagai berikut.

  • Menerangkan dari setiap adanya perkembangan dari penduduk, misalnya seperti mengetahui apa masa lalu mereka, bagaimana tingkat perkembangannya, dan bagaimana tingkat persebarannya dengan cara menggunakan sejumlah data yang tersedia.
  • Memahami tingkat kuantitas dan distribusi penduduk yang terdapat pada suatu daerah atau wilayah tertentu.
  • Bertujuan untuk memprediksikan peningkatan atas pertumbuhan penduduk yang akan terjadi di masa yang akan datang serta kemungkinan konsekuensinya.
  • Bertujuab untuk menentukan adanya hubungan akan adanya sebab akibat antara perkembangan penduduk dengan beberapa jenis aspek organisasi sosial.

Komponen Demografi

Apa yang dimaksud dengan Komponen demografi yakni merupakan segala sesuatu yang menggambarkan mengenai dinamika sosial yang terjadi dikalangan masyarakat. Nah berikut ini terdapat berbagai komponen demografi yang diantaranya ialah seperti berikut:

1. Fertilitas (kelahiran)

Apa itu Fertilitas? secara umum fertilitas ini kerap dikaitkan dengan terjadinya tingkat kelahiran penduduk. Yang mana, fertilitas ini menyangkut jumlah dari seluruh bayi yang lahir dan hidup. Akan tetapi terkadang, untuk mengenalisa tingkat fertilitas juga kerap ukur berdasarkan jumlah anak per pasangan.

2. Mortalitas

Kemudian pada Mortalitas ini erat kaitannya dengan adanya tingkat kematian yang terjadi di penduduk pada suatu daerah. Namun dalam perkara ini tentunya tidak semua adanya peristiwa kematian selalu dicatat dalam demografi.

Sebab menurut pendapat dari PBB dan WHO, bahwa kematian ialah merupakan kejadian hilangnya sejumlah tanda-tanda kehidupan dengan secara permanen yang terjadi beberapa saat sesudah di lahirkan. Maka oleh sebab itulah, dari jumlah keguguran dan still birth tidak dimaksukan dan dicatat sebagai kematian.

Baca Juga :   Slogan Adalah

Kemudian tingkat kematian dari tiap-tiap daerah tentu saja tidak sama, hal ini tergantung dari berbagai faktor yang mempengaruhinya.

3. Perkawinan

Kemudian adanya perkawinan yakni merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pertambahan jumlah / bertambahnya pendduduk. Maka dengan adanya peningkatan pada angka perkawinan, akan sangat berdampak akan adanya peningkatan terhadap fertilitas.

4. Mobilitas Sosial

Kemudian Mobilitas sosial atau suatu gerakan sosial yang mana merupakan suatu perubahan atau adanya suatu pergeseran terhadap status penduduk.

Bisa juga didefinisikan bahwa mobilitas sosial ialah merupakan suatu perpindahan posisi pada individu ataupun kelompok dari lapisan yang satu masuk kedalam lapisan yang lain. Contohnya saja salah satu pegawai yang pensiun, kemudian ia beralih profesi menjadi seorang pengusaha.

5. Migrasi

Apa yang dimaksud dengan Migrasi ? yakni merupakan suatu perpindahan penduduk yang terjadi dari satu daerah ke daerah lain, yang memiliki tujuan baik hanya sementara waktu maupun menentap untuk waktu yang cukup lama. Nah selain itu Migrasi juga dikelompokan menjadi dua jenis, yang dinataranya ialah sebagai berikut.

  • Migrasi Internasional

Yakni merupakan suatu perpindahan penduduk dari suatu negara menuju ke negara lain. Kemudian pada migrasi internasional juga dapat dibedakan menjadi dua jenis yakni, imigrasi dan emigrasi.

Dimana Imigrasi iualah merupakan sebuah proses masuknya penduduk ke dalam suatu negara. Nah biasanya Orang yang melakukan imigrasi tersebut dikenal juga dengan sebutan imigran.

Sedangkan istilah emigrasi ialah merupakan suatu proses keluarnya penduduk dari suatu negara. Nah terhadap Orang yang melakukan suatu emigrasi ini biasanya dikenal dengan sebutan emigran.

  • Migrasi Nasional

Apa yang dimaksud dengan Migrasi internasional? yakni merupakan suatu perpindahan yang berlangsung di dalam satu negara.

Baca Juga :   Arti Mimpi Menangkap Burung

Seperti misalnya pindah kota atau pindah provinsi. Selain itu Migrasi nasional sendiri dapat dibedakan menjadi dua jenis yang diantaranya ialah urbanisasi dan transmigrasi.

Dimana Urbanisasi ialah merupakan perpindahan penduduk dari desa ke kota. Sedangkan istilah transmigrasi ialah merupakan suatu perpindahan penduduk dari kota ke desa.

Apa itu Fertilitas?

secara umum fertilitas ini kerap dikaitkan dengan terjadinya tingkat kelahiran penduduk. Yang mana, fertilitas ini menyangkut jumlah dari seluruh bayi yang lahir dan hidup. Akan tetapi terkadang, untuk mengenalisa tingkat fertilitas juga kerap ukur berdasarkan jumlah anak per pasangan.

Apa yang Dimaksud Dengan Migrasi ?

yakni merupakan suatu perpindahan penduduk yang terjadi dari satu daerah ke daerah lain, yang memiliki tujuan baik hanya sementara waktu maupun menentap untuk waktu yang cukup lama. Nah selain itu Migrasi juga dikelompokan menjadi dua jenis, yang dinataranya ialah sebagai berikut.

Sebutkan Tujuan Dari Demografi?

-Menerangkan dari setiap adanya perkembangan dari penduduk, misalnya seperti mengetahui apa masa lalu mereka, bagaimana tingkat perkembangannya, dan bagaimana tingkat persebarannya dengan cara menggunakan sejumlah data yang tersedia.
– Memahami tingkat kuantitas dan distribusi penduduk yang terdapat pada suatu daerah atau wilayah tertentu.
– Bertujuan untuk memprediksikan peningkatan atas pertumbuhan penduduk yang akan terjadi di masa yang akan datang serta kemungkinan konsekuensinya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Komponen Demografi ?

yakni merupakan segala sesuatu yang menggambarkan mengenai dinamika sosial yang terjadi dikalangan masyarakat. Nah berikut ini terdapat berbagai komponen demografi yang diantaranya ialah seperti berikut:

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan mengenai Pengertian Demografi, semoag ulasan ini bisa menambah ilmu pengetahuan sahabat sekalian.

Baca Juga :