Surat Keterangan Kerja

Posted on

Surat Keterangan Kerja – Hay sahabat semua.! Pada perjumpaan kali ini kembali akan quipper.co.id sampaikan pembahasan materi Surat Keterangan Kerja. Namun pada perjumpaan sebelumnya, yang mana kami juga telah menyampaikan materi tentang Contoh Kop Surat. Nah untuk melengkapi apa yang menjadi pembahasan kita kali ini maka, mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Surat Keterangan Kerja

Surat Keterangan Kerja
Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja adalah surat yang memuat pernyataan bahwa seseorang yang bekerja di suatu tempat.

Dalam surat ini, dijelaskan tentang biodata, posisi karyawan dan di tandatangani oleh manajemen perusahaan.

kecuali,surat keterangan kerja dapat juga ditambahkan mengenai catatan selama karyawan atau guru tersebut bekerja. Seandainya jika karyawan mempunya beasiswa atau prestasi selama bekerja.

Guru dan karyawan yang berprestasi tentu akan mendapatkan nilai tambah jika melamar pekerjaan dengan pangkat yang lebih tinggi atau gaji yang lebih besar di tempat lain.

Surat dengan keterangan kinerja prima juga akan menambahkan nilai pada karyawan atau guru yang mengajukan beasiswa dengan surat tersebut.

Isi dalam surat keterangan kerja disesuaikan dengan informasi seperti syarat pemohon surat maupun tujuan pembuatan surat.

Sebelum menyusun surat keterangan kerja, akan lebih baik jika karyawan yang bersangkutan mencari informasi terlebih dahulu mengenai surat seperti apa yang diinginkan oleh instansi yang di tuju.

Terdapat perusahaan dan instansi dengan membuatkan surat keterangan kerja yang karyawan butuhkan.

Namun, ada pula perusahaan yang mempersilakan karyawannya untuk membuat surat sendiri dengan kerangka standar.

Poin berikut dalam artikel ini akan membahas tentang fungsi surat keterangan kerja supaya di mengerti dalam pembuatan surat keterangan kerja sebagai berikut.

Fungsi Surat Keterangan Kerja

Dari pengertiannya bisa disimpulkan bahwa surat kerja memiliki fungsi dokumen yang menjelaskan kebenaran informasi tentang riwayat pekerjaan seseorang.

Sedangkan mengenai untuk apa surat keterangan kerja ini dibuatkan, inilah contoh- contoh dalam menggunakan surat keterangan kerja seperti yang telah dijelaskan untuk menjadi sebuah jawaban.

Syarat Membuat Rekening

Jika Anda berdomisili di daerah yang berbeda dari tempat kerja, maka saat mengajukan pembuatan rekening, pihak bank biasanya akan meminta surat keterangan kerja sebagai salah satu persyaratan.

Karena itu apabila keadaan Anda sama dengan penjelasan yang ada di atas, jadi ada baiknya sebelum muali hendak akan pergi ke bank terlebih dahulu mempersiapkan surat keterangan kerja agar proses pembuatan rekening berjalan dengan lancar.

Syarat Pengajuan Beasiswa

Surat keterangan kerja juga berguna ketika Anda ingin mengajukan beasiswa. penjelasan ini mempunyai tujuan sebagai pemberi contoh perihal perlakuan yang positif dan prestasi dalam berkerja untuk diberikan ke pihak pemberi beasiswa.

Syarat Melamar Pekerjaan

Selain surat lamaran kerja, daftar riwayat hidup(cv) dan dokumen lainnya, surat keterangan kerja di tempat sebelumnya akan sangat membantu proses Anda saat ingin mencari pekerjaan baru.

Dari surat keterangan kerja ini nantinya pihak pembuka lowongan kerja akan mengetahui seberapa professional dan seberapa bagus prestasi kerja Anda di tempat lain.

Apabila isi dari surat keterangan kerja tersebut menerangkan bahwasannya Anda merupakan karyawan yang sangat professional dan sangat berprestasi, maka bisa saja Anda dapat secara langsung berkerja di tempat kerja yang baru saat ini.

Baca Juga :   Arti Mimpi Berenang

Syarat Mengajukan Pinjaman

Terkadang seseorang membutuhkan uang tambahan untuk keperluan mendadak atau kebutuhan besar.

Tak jarang mereka harus mengajukan pinjaman ke Bank atau penyedia layanan kredit lain. Saat ini telah banyak penyedia kredit yang tidak memerlukan jaminan.

Tetapi, syarat utamanya untuk dapat mengajukan suatu pinjaman ialah mempunyai penghasilan yang tetap.

Kredit tanpa jaminan mewajibkan si peminjam harus menyerahkan juga surat keterangan kerja sebagai bukti bahwa ia memiliki usaha atau pekerjaan sehingga mampu membayar pinjaman setiap bulannya.

Surat keterangan kerja akan menjadi salah satu bukti selain slip gaji dan buku rekening peminjam.

Dengan menunjukkan surat keterangan yang menyebutkan bahwa dirinya bekerja di tempat yang bonafit, pengajuan pinjaman akan diproses dengan cepat dengan begitu uang yang diperlukan dapat segera ditransfer.

Surat ini nantinya dapat memudahkan pihak Bank atau penyedia pinjaman untuk menuntut jika seseorang mangkir dari kreditnya.Pencairan Dana BPJS

BPJS terikat secara langsung dengan suatu perusahaan maupun instansi karyawan.

Dalam waktu ini hampir semua pekerja diwajibkan untuk mempunyai kartu BPJS.

Apabila ingin menggunakan langsung jasa BPJS, khususnya dalam jumlah besar misalnya untuk kelahiran, opname, dan operasi yang karyawan butuhkan adalah surat keterangan kerja sebagai salah satu syaratnya.

Sebagai tindakan persiapan, akan lebih baik jika Anda memiliki surat keterangan kerja yang sering diperbaharui. Tujuannya adalah, saat anda berada di suatu kondisi yang darurat.

Anda dapat secara langsung menemukan serta memanfaatkan surat tersebut tanpa kendala dan harus tetap menunggu pimpinan yang bisa saja saat itu sedang ada diluar kota.

Syarat Bukti Masa Kerja

Bukti masa kerja semestinya diperlukan apabila adanya karyawan yang pindah dari suatu satu perusahaan ke dalam perusahaan lainnya.

Upayakan menggunakan surat keterangan kerja, agar pimpinan di perusahaan yang baru bisa dengan mudah mengetahui bahwa pegawainya tersebut sudah mempunyai pengalaman kerja sebelumnya.

Orang yang memiliki pengalaman kerja biasanya akan mendapat gaji lebih baik dibanding yang baru lulus sekolah, dikarenakan dalam pengalaman mengerjakan tugas dan kewajiban sehingga kinerja lebih dapat dipertanggungjawabkan.

Jika dibutuhkan, perusahaan dapat mengetahui kinerja karyawan untuk perusahaan lama hanya melalui kontak yang terdapat pada sertifikat kerja tersebut.

Karyawan yang mengundurkan diri dari sebuah perusahaan biasanya juga akan diberi surat rekomendasi karena telah bekerja dengan baik sesuai kontrak.

Sedangkan karyawan yang tidak keluar secara baik-baik atau dipecat karena alasan tertentu, tidak akan mendapat surat rekomendasi yang mendampingi surat keterangan kerja.

Syarat Melengkapi Curriculum Vitae

Curriculum Vitae merupakan salah satu komponen penting dalam mencari pekerjaan.

Beberapa lowongan memberikan kesempatan pada fresh graduate yang belum berpengalaman kerja.

Kemudian beberapa calon karyawan yang lain diharuskan berpengalaman atau pernah bekerja dalam kurun waktu tertentu.

Sebagai bukti dan pelengkap bahwasannya ada seseorang yang pernah bekerja, jadi surat keterangan kerja ini wajib diserahkan bersamaan dengan curriculum vitae juga.

Tempat kerja, durasi kerja dan hasil yang di capai dalam deklarasi akan memberikan nilai tambah pelamar kerja yang bersangkutan.

Kelima contoh fungsi tersebut, semakin menegaskan bahwa jika saat ini Anda sedang bekerja, akan lebih baik jika Anda membuat surat keterangan kerja.

Oleh karena itu untuk memperjelas pengetahuan tentang surat kerja,poin-poin berikut akan membahas kerangka dasar sueat kerja.

Format Surat Keterangan Kerja

Membuat surat keterangan kerja tidak boleh asal-asalan. Surat ini adalah salah satu jenis surat penting sehingga dalam membuatnya Anda harus mengikuti format surat keterangan kerja yang umumnya akan berisi poin-poin berikut ini:

  • Isi Kop surat tersebut harus sesuai dengan instansi atau sebuah perusahaan yang telah menerbitkan surat tersebut. Logo harus terlampir pada kop surat, nama, nomor, alamat, hingga nomor telepon perusahaan.
  • Perihal surat.
  • Inti surat keterangan kerja yang berisi biodata pribadi pembuat surat dan juga pihak atau karyawan yang diterangkan dalam surat. Setelah biodata, bagian inti dari surat keterangan kerja ini kemudian diisi dengan informasi rentang jangka waktu dalam berkerja dan juga jabatan oleh seseorang dengan ditetapkan,dan diteruskan bersama sebuah informasi yaitu suatu penilaian atasan kepada seseorang yang ditujukan.
  • Penutup surat.
  • Tempat dan tanggal surat dibuat.
  • Tanda tangan pembuat surat dan nama jelas.
Baca Juga :   Contoh Surat Pengalaman Kerja

Cara Membuat Surat Keterangan Kerja

Setelah mengetahui apa saja yang ada di dalam surat keterangan kerja, maka Anda tentu sudah memiliki gambaran dalam mengenai bagaimana cara membuatnya.

Namun untuk mempermudah pekerjaan, Anda bisa mengikuti cara membuat surat keterangan kerja yang baik dan benar berikut ini:

  • Yang pertama adalah mengisi bagian kepala surat dengan kop instansi atau perusahaan yang menerbitkan surat. Agar lebih rapi, convert saja kop instansi atau perusahaan ke dalam bentuk gambar beresolusi tinggi.
  • Berikan tentang keterangan mengenai tujuan pembuatan surat pada bagian-bagian perihal. Isi dengan keterangan singkat saja.
  • Tuliskan judul atau bab surat. Karena itu surat keterangan kerja, maka tuliskan judul sesuai nama surat dengan jelas dan sebaiknya menggunakan huruf kapital.
  • Isikan dengan teliti data-data yang harus termuat di bagian inti surat seperti nama, jabatan, NIK dan data pribadi lain pembuat surat serta orang yang diterangkan di dalam surat.
  • Tutup surat keterangan kerja dengan kalimat penutup yang sopan serta sedikit tambahkan sebuah kalimat yang bisa menjelaskan dengan jelas kepada dari surat ini. Kalimat-kalimat penutup ini seperti misalnya; oleh karena itu surat keterangan kerja ini kami buat untuk kepentingan pengajuan beasiswa.
  • Terakhir berisikan tempat dan tanggal dibuatnya surat berikut nama terang dan tanda tangan pembuat surat.

kerangka surat keterangan kerja tidak jauh berbeda dengan surat resmi yang lainnya juga seperti surat izin penelitian, surat undangan rapat, serta banyak lagi yang lainnya. Isi di dalamnya surat keterangan kerja itu berisikan hal- hal yang penting.

Kop Surat atau Kepala Surat

Isi kop atau kepala surat harus berupa identitas suatu perusahaan maupun sebuah instansi.

Wajib tertera nama instansi/perusahaan, alamatnya yang lengkap, nomor telfon dan jangan lupa logo perusahaannya.

Kepala surat juga menegaskan bahwa surat tersebut resmi dan dapat dipertanggungjawabkan.

Keberadaan kop surat ini cukup penting karena akan memberikan keterangan mengenai instansi asal pegawai.Contoh seorang pegawai mempunyai prestasi .

Pihak pemberi beasiswa akan mudah melakukan kroscek kepada instansi asal pegawai untuk mengetahui lebih lanjut kinerja dan kualitas pegawai.

Jika pegawai tersebut memberikan keterangan surat kerja untuk meminjam uang di Bank.

Pihak bank dapat dengan mudah memberi pinjaman andai perusahaan maupun instansi pemilik peminjamnya itu dalam kalangan kelas atas.

Nomor Surat

Surat yang resmi dikeluarkan oleh perusahaan pasti memiliki nomor identitas. identitas mempermudahkan pegawai dalam mengarsipkan surat masuk dan keluar.

Pada surat yang dibuat sendiri, nomor surat dapat saja dihapuskan, bisa juga diberikan kepada instansi agar segera diberikan nomor surat secara resmi.

Kalimat Pembuka

Surat keterangan biasanya di awali dengan kalimat pembuka. Misalnya ucapan salam, atau seperti kalimat “Dengan hormat”.

Baca Juga :   Bilangan Asli

Selanjutnya dilanjutkan sebagai pengutaraan dalam melampirkan suatu identitas karyawan.

Contoh untuk kalimat pembuka pada surat keterangan bisa dilihat dibawah ini :

“Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini, menerangkan bahwa : ”

Atau

“Assalamualaikum Wr. Wb
Bersama surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa :”

Kalimat pembuka selanjutnya dilanjutkan dengan biodata karyawan atau pegawai yang bersangkutan.

Identitas

Identitas dalam surat ini tidak perlu seperti dalam Curriculum Vitae. Cukup bagian penting saja, misalnya nama, alamat, nomor NIP pegawai, jabatan, dan tanggal lahir pegawai. Disesuaikan seperti kebutuhan misalnya,

  • Nama    : Muhammad
  • NIP        : 13372001 101135 2 001
  • Alamat.  :Jalan Anggrek nomor 5, RT 07, RW. 3, Tanjung Karang, Sidosari, Jawa Barat

Atau

  • Nama     : Muhammad
  • NIP         : 13372001 101135 2 001
  • Jabatan  : Guru Fisika
  • TTL        : Serang, 03 Febuari 1991
  • Alamat   : Jalan Anggrek nomor 5, RT 07, RW. 3, Tanjung Karang, Sidosari, Jawa Barat

Dapat dilengkapi lagi apabila dilampirkan juga nomor telfon baik seperti contoh dibawah ini :

  • Nama      : xxxxxxxxxx
  • NIP            : 19800806 199031 1 001
  • Jabatan    : Kepala Tata Usaha

Alamat     : Jalan Kebon Jeruk nomo 215, RT. 10 RW. 00, Kecamatan Terbanggi Lampung Timur

Pernyataan Bekerja di Perusahaan Tersebut

Bagian ini adalah yang paling penting dalam surat keterangan ini. Pada bagian ini, di nyatakan bahwa karyawan yang biodatanya tertulis di atas adalah sebenarnya bekerja di instansi tersebut.

Pengalaman karyawan dapat ditambahkan dengan keterangan sudah berapa lama karyawan bekerja di perusahaan atu tempat karyawan bekerja.berikut adalah contoh-contoh pernyataannya.

“Menyatakan bahwa nama yang tersebut di atas benar- benar merupakan karyawan di SMK 3 Sidosari”

Atau

“Menyatakan bahwa nama diatas tersebut telah bekerja di SMK 3 Sidosari selama 6 tahun.”

Kalimat Penutup

Kalimat penutup surat berfungsi untuk mengucapkan terimakasih atas perhatian Saudara/i. kalimat penutup adalah sebagai berikut.

“oleh karena itu surat keterangan ini kami buat, terimakasih atas perhatian Saudara/i. ”

Atau

“oleh karena itu surat keterangan ini kami buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian Bapak/ Ibu, kami ucapkan terimakasih.”

Dapat pula disusun sebagai berikut.

“oleh karena itu surat keterangan ini dibuat dengan sebenar-benarnya, agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.”

Tanggal

Tanggal yang tertulis dibagian atas dari tanda tangan tersebut, yaitu tanggal pembuatan surat tersebut.

Seperti surat yang dibuat pada tanggal 3 Januari 2015 harus ditulis sesuai dengan tanggal tersebut meskipun dapat juga digunakan pada waktu seminggu yang akan datang.

Penulisan tanggal diatur rata kanan, tepat di atas keterangan jabatan dari Perusahaan yang menandatanganinya. Berikut contoh penulisan tanggal yang benar akan diberikan pada poin selanjutnya.

Tanda Tangan

Tanda tangan dalam surat ini berfungsi untuk mengesahkan isi surat. Biasanya yang memberi tanda tangan atau yang menandatangani surat adalah pimpinan perusahaan atau instansi.

Direktur, Kepala Sekolah, atau Kepala Lembaga terkait.
Berikut adalah contoh penulisan tanggal dan tanda tangan yang benar.

Bandung, 02 Febuari 2017
Kepala Sekolah

Atau

02 Febuari 2017
Direktur

Nah demikianlah yang dapat quipper.co.id sampaikan semoga ulasan ini dapat membantu teman-teman semua dalam memahami cara menyusun atau membuat Surat Keterangan kerja.

Baca Juga