Pengertian Tabzir

Posted on
Pengertian Tabzir
Pengertian Tabzir

Pengertian Tabzir itu masih banyak sekali yang belum mengetahuinya. Sebenarnya tabzir itu merupakan salah satu sifat yang dikenal dalam istilah islam.

Lalu apa ya yang dimaksud dengan pengertian sifat tabzir ini? Ada baiknya jika anda penasaran dengan arti dari tabzir itu, anda membaca artikel ini sampai selesai.

Karena di kesempatan ini quipper akan membahas mengenai pengertian tabzir ini selengkap – lengkapnya di artikel yang akan segera anda baca ini.

Pilihan yang tepat memang jika anda memilih web kami untuk menemukan jawaban dari pertanyaan kalian tentang tabzir ini. Karena di web kami banyak sekali artikel – artikel yang berkaitan dengan agama islam.

Selamat membaca!

Pengertian Tabzir

Pengertian Tabzir
Pengertian Tabzir

Dikutip dari buku yang berjudul Dari Mana Masuknya Setan hasil karya seseorang yang bernama Abdul Hamid Al Bilali.

Menurut beliau sifat Tabzir adalah salah satu dari ciri – ciri setan dan kelompoknya. Yaitu yang berada di luar kebenaran karena dihabiskan dengan cara melakukan perbuatan boros seperti :

  • Dalam sebuah harta.
  • Dalam sebuah waktu.
  • Dalam sebuah kesehatan.

Hal tersebut sangat sesuai dengan hadits yang telah diriwayatkan oleh Imam Muslim. Rasulullah SAW bersabda menurut sahabat yang mulia bernama Abdullah bin Mas’ud, secara mendalam dan jelas itu mendefinisikan tindakan pemborosan (tabzir) dengan mengatakan bahwa tindakan pemborosan (tabzir) itu adalah sesuatu yang dilakukan di luar kebenaran.

Contoh dari sifat tabzir adalah bila menghabiskan segala sesuatunya itu tanpa merasa kenyang, tetapi juga dengan hal – hal yang sia – sia.

Di dalam Al-Qur’an surah Al Isra ayat ke 27 Allah pun berfirman innal-mubażżirīna kānū ikhwānasy-syayāṭīn, wa kānasy-syaiṭānu lirabbihī kafụrā yang artinya Sesungguhnya orang – orang yang berlebih – lebihan itu adalah saudara – saudara setan, dan setan – setan itu ingkar kepada Tuhannya.

Baca Juga :   Arti Mabruk Alfa Mabruk

Sedangkan sifat tabzir itu terbagi menjadi tiga bagian, yaitu diantaranya :

Mubazir dalam Kesehatan

Berdasarkan dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Al Bukhari, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : Ada dua nikmat yang paling banyak ditipu oleh manusia, yaitu kesehatan dan juga waktu luang.

Mubazir dalam Waktu

Mubazir dalam Waktu
Mubazir dalam Waktu

Menurut dari bunyi hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari, waktu luang juga merupakan hal yang sering disia – siakan oleh banyak orang.

Imam Ibnul-Jauzi berkata :

Bisa saja seseorang yang dalam keadaan sehat tetapi tidak memiliki sama sekali kesempatan untuk beramal. Dan dia mungkin cukup kaya, tetapi tidak merasakan sehat secara fisik.

Ketika dua hal tersebut dapat bersatu, maka dia dikalahkan oleh kemalasan dan juga meninggalkan ketaatannya, dan itu berarti dia telah tertipu oleh dunia.

  • Cara Menghindari Perilaku Tabzir

Agar terhindar dari yang namanya sifat tabzir, maka umat Islam seharusnya mampu menentukan nilai – nilai negatif yang terkandung di dalam perbuatan tabzir.

Allah SWT sendiri di dalam Al-Qur’an Surat Al A’raf ayat ke 31 telah berfirman yang berbunyi yā banī ādama khużụ zīnatakum ‘inda kulli masjidiw wa kulụ wasyrabụ wa lā tusrifụ, innahụ lā yuḥibbul-musrifīn yang artinya Wahai anak Adam! Di setiap masjid (saat masuk), kenakan pakaian yang bagus, makan dan minum, tetapi jangan berlebihan. Allah tidak menyukai orang yang berlebihan.

Mubazir dalam Harta

Mubazir dalam Harta
Mubazir dalam Harta

Di dalam ayat ke 26 pada Surat Al Isra, Allah SWT pun telah berfirman yaitu wa āti żal-qurbā ḥaqqahụ wal-miskīna wabnas-sabīli wa lā tubażżir tabżīrā yang artinya Dan untuk diberikan kepada kerabat dekat, juga kepada orang miskin dan orang yang sedang bepergian, dan janganlah kamu menyia – nyiakan (hartamu) secara boros.

Baca Juga :   Arti Aamiin Yaa Mujibas Saailiin

Akhir Kata

Nah itulah tadi yang dimaksud dengan sifat tabzir. Yang mana di artikel ini quipper.co.id juga mengulaskan tentang contoh dari sifat tabzir dan juga pembagian sifat tabzir yang di bagi tiga.

Semoga apa yang sudah kami sampaikan kali ini mengenai artikel pengertian tabzir ini dapat menjadi sebuah ilmu baru yang bermanfaat untuk anda semua.

Apalagi di zaman sekarang ini banyak sekali orang – orang yang kekurangan panduan untuk belajar ilmu agama yang baik dan benar.

Jika anda ingin belajar agama islam dengan berbagai aspek, sebaiknya anda masuk ke halaman website kami. Karena di web kami ini banyak sekali rekomendasi ilmu agama islam yang bisa anda gunakan dikehidupan sehari – hari.