Hamasah

Posted on

Arti Hamasah Artinya (Tulisan Arab Hamasah حَمَاسَة) – Hay sahabat semua.! Pada perjumpaan kali ini kembali akan quipper.co.id sampaikan materi tentang Namun pada perjumpaan sebelumnya, yang mana quipper.co.id juga telah menerangkan materi tentang La Tahzan Innallaha Ma’ana. Nah untuk melengkapi isi dari pembahasan kita kali ini maka, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Arti Hamasah (حَمَاسَة)

Arti Hamasah
Arti Hamasah

Kalimat Hamasah (bahasa arab حَمَاسَة) ialah merupakan sebuah kosakata yang tertulis dalam bahasa Arab yang mempunyai arti “suatu semangat, keinginan, dan juga gairah”.

Kemudian di dalam kamus Bahasa Arab-Indonesia, kalimat/kata hamasah ini dapat diartikan”keteguhan, antusiasisme, dan keikhlasan”.

Namun ada beberapa referensi yang lainnya menerangkan bahwa, hamasah memiliki arti”kegigihan, keinginan, dan juga rasa minat yang kuat”.

Walaupun memiliki banyak tarti, namun dapat kita lihat perhati dari semua arti yang disebutkan tersebut semuanya memilki makna yang sama meskipun penyebutannya berbeda.

Di dalam kehidupan sehari-hari, kata hamasah kerap dipakai untuk memberikan ucapan”semangat”, yang biasanya kerap ditambahkan kata “keep hamasah”.

Apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia akan memiliki arti “tetap semangat”.

Dimana dari dua kata itu merupakan hasil pengemabangan kreativitas dari pada netizen, yang mana mereka mengkombinasikan kata ‘keep” merupakan bahasa Inggris dan “Hamasah'”adalah bahasa Arab, sehingga dari kedua kata tersebut akan membentuk keep hamasah yang artinya “semangat”.   

Jadi dapat kita ketahui bersama bahwa kata Hamasah ini dapat difungsikan sebagai sebuah kata untuk memberikan motivasi, baik itu untuk diri sendiri ataupun orang lain.

Kemudian kata “keep hamasah” menyerupai kata “keep calm”, dimana mungkin sering kita jumpai kata-kata ini karena kalimat ini kerap digunakan untuk menghiasi jagat dunia maya, baik untuk dijadikan sebagai status disosmed, ataupun untuk mengometari di kolom komentar.

Baca Juga :   Arti Istiqomah

Misalnya saja seperti kata”keep calm bro”.

Maka, pada saat kalian melihat saudara atau sahabat yang mungkin tengah merasa down, capek, murung sesudah mereka menjalankan suatu kegiatan, maka kalimat ini dapat kalian gunakan”hamasah” agar dapat sedikit memberikannya motivasi untuk lebih semangat lagi.

Hamasah (حَمَاسَة) Artinya

Arti Hamasah (حَمَاسَة)
Arti Hamasah (حَمَاسَة)

Dengan berdasarkan penjelasan diatas, dapat kita ketahui bersama bahwa definis dari kata hamasah (Dalam bahasa arab حَمَاسَة) ialah merupakan suatu bentuk kalimat yang berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti “semangat” yang juga dapat difungsikan sebagai sebuah kata untuk memberikan suatu motivasi terhadap seseorang yang terlihat kurang bergairah dalam melakukan kegiatan dalam rutinitasnya.

Secara umum di indonesia sendiri kata ini sudah sangat populer, meskipun tertulis dalam bahasa arab, namun diantaranya sudah banyak yang mengerti akan arti yang terkandung di dalamnya.

Dalam hal ini mengingat, di Indonesia sendiri merupakan sebuah negara yang mayoritas muslimnya paling banyak dan besar dunia yang diantarnya sudah sangat familiar dengan ucapan kata/kalimat yang berasal dan tertulis dalam bahasa Arab ini.

Dimana seperti yang kita ketahui bahwa isi dari Al-Qur’an, yakni merupakan kitab suci agama Islam yang tertulis dalam bahasa Arab dari penyajian sejumlah ayat-di dalamnya.

Cara Menggunakan Hamasah

Nah apabila kalian sudah sepenuhnya mengetahui akan arti yang terkandung dari kalimat hamasah ini, maka selanjutnya mari sima bersama tentang bagaimana cara untuk menggunakan kalimat/kata ini untuk dipakai dalam percakapan sehari-hari.

Pada umumnya untuk menggunakan kata/kalimat ini sangatlah mudah, yakni dengan kita sedikit menambahkan kata/kalimat lainnya dan diletakan di depan maupun di belakang kata hamasah tersebut.

Untuk lebih jelasannya berikut terdapat tabel contoh penggunaan kata hamasah:

Baca Juga :   Yaumul Mahsyar

Tabel Penggunaan Hamasah dan Artinya

Tulisan ArabLatinArtinya
( حماسة أخي ) Hamasah akhi  Semangat Sudaraku (laki-laki)
(حماسة أختي) Hamasah ukhti Semangat Sudaraku (perempuan)
(حماسة لله) Hamasah lillah Semangat karena Allah
(حماسة في الله) Hamasah fillah Semangat di jalan Allah
(بسم الله حماسة) Bismillah hamasah Bismillah semangat
(تفضل، حماسة) Tafadhol Hamasah  Silahkan, semangat
  (حماسة ولا تحزن) Hamasah wa la tahzan Semangat dan jangan bersedih
(حماسة اخوة في الله) Hamasah ikhwah fillah Semangat Saudara, Karena Allah
(حماسة لله بالله في الله) Hamasah lillah billah fillah Semangat karena Allah dan atas nama Allah
(هجرة حماسة استقامة قدوة) Hijrah hamasah istiqomah qudwah Hijrah, semangat, istiqomah, jadilah teladan
(حماسة واستقامة) Keep hamasah wa istiqomah Tetap semangat dan istiqomah-lah

Balasan / Jawaban Hamasah (حَمَاسَة) 

Nah bagi kalian yang masih bingung tentang bagaimana cara menjawab , jika ada salah seorang yang mengucapkan kata hamasah?

Contohnya, pada saat kamu menerima ungkapan motivasi dalam bentuk kata semangat dari seorang, sudah pasti kamu akan menjawab ucapan tersebut dengan kata “terima kasih”.

Jika kamu hanya sekedar menjawab ucapan tersebut dengan ungkapan “terima kasih” saja rasanya masih kurang afdhol. Namun akan tepat rasanya apabila jawaban yang kamu berikan menggunakan bahasa arab.

Lantas bagaimana jawaban yang tepat untuk membalas ucapan “Hamasah”
Di bawah ini terdapat sejumlah contoh untuk menjawab ucapan hamasah tersebut:

(نعم، شكرا) Na’am syukron “Iya, terima kasih”
(شكرا) Syukron “terima kasih”
(شكرا يا أخي) Syukron yaa akhi “terimakasih saudaraku” (laki-laki)
(شكرا يا أختي) Syukron yaa ukhty “terima kasih saudariku” (perempuan)
(شكرا كثيرا / جزيلا) Syukron katsiiraa/Syukron jaziilaa “terima kasih banyak”.
(شكرا، وأنت كذلك) Syukron, wa anta kadzalik  “terimakasih, begitupun denganmu”.

Nah, sangat mudah kan? Atau kamu juga dapat menggunakan keratifitasmu sendiri dalam mempariasi balasan/jawaban yang kamu ukir sendiri atau kamu jugadapat memakai beberapa kalimat berikut ini, yang pada serangkatan contoh kalimat di bawah ini memiliki makna yang lebih tegas jika dibandingkan dengan ucapan balasan di atas:

Baca Juga :   Arti Mabruk Alfa Mabruk
(أستعد إن شاء الله) Asta’idd insyaAllah “saya siap, insyaAllah”
(نعم، أستعد) Na’am Asta’idd “Iya, saya siap”
(أستعد) Asta’idd  “saya siap” 
Arti Syukron Adalah?

Kalimat ini memiliki Arti “terima kasih”

Arti dari Hamasah ukhti Adalah?

Kalimat ini memiliki Arti “Semangat Sudaraku” (Untuk perempuan)

Apa Arti Hamasah Lillah?

Kalimat ini memiliki Arti ” Semangat Karena Allah”

Arti Hamasah Fillah Adalah?

Kalimat ini memiliki Arti” Semangat di jalan Allah “

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan mengenai arti hamasah, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat bagi sahabat semua.

Baca Juga :