Plat L dari Daerah Mana

Posted on

Plat L dari Daerah Mana? Apa itu daerah Sumatera? Jawa? Kalimantan? Sulawesi? Papua? atau Bali? Tenang saja anda dapat menemukan jawabannya di halaman ini.

Karena halaman quipper.co.id akan membahas dengan sangat lengkap mulai penjelasan tentang pengertian plat nomor, daerah plat L, daftar plat L beserta kode belakangnya, warna plat nomor dan informasi tambahan mengenai plat kendaraan dari jawa timur.

Jadi untuk anda yang ingin mencari jawaban atas pertanyaan anda tadi, alangkah baiknya jika membaca artikel yang ada di halaman ini sampai akhir.

Sebelum anda mendapatkan jawaban mengenai palat L itu dari daerah mana, ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu pengertian dari plat nomor, bacalah di bawah ini!

Pengertian Plat Nomor?

Plat L dari Daerah Mana
Plat L dari Daerah Mana

Plat nomor itu selain dijadikan untuk identitas dari kendaraan bermotor, ternyata plat nomor kendaraan juga bisa di identifikasi untuk plat registrasi kendaraan roda 4 maupun roda 2.

Namun jika di lihat dari segi bentuknya, plat kendaraan ini berbentuk seperti logam atau plastik. Dan Plat Kendaraan ini di pasangkan kepada kendaraan bermotor untuk identifikasi resmi.

Jumlahnya memang sepasang, karena plat kendaraan ini di pasangkan pada bagian depan juga belakang dari sebuah kendaraan.

Lalu untuk plat L ini dari daerah mana? temukan jawabannya pada penjelasan yang ada di paragraf selanjutnya ya!

Plat L itu dari Daerah Mana?

Berbicara tentang kode kendaraan bermotor, apa lagi untuk kode atau seri dari huruf L ini, diketahui bahwa plat kendaraan L ini khusus daerah atau wilayah atau juga area kota maupun kabupaten Surabaya, Jawa Timur.

Baca Juga :   Hakikat Ham

Perlu diketahui juga bahwa kode dari plat L ini menjadi satu – satunya kode nomor polisi yang dimiliki oleh satu daerah setingkat kota atau pun kabupaten.

Nah di bawah ini kami informasikan untuk anda beberapa daftar plat kendaraan huruf L beserta daftar dari kode belakangnya sebuah kendaraan.

Daftar Plat L beserta Kode Belakangnya

Plat kendaraan bermotor ini memiliki seri atau kode nomor, jadi susunan huruf dengan angkanya memang selalu dibuat khusus untuk setiap kendaraan.

Sedangkan seri nomor di Indonesia itu biasanya disebut dengan nomor polisi. Lalu biasanya juga dipadukan dengan beberapa informasi lainnya yang berhubungan dengan kendaraan tersebut.

Informasinya seperti tentang warna kendaraannya, merek kendaraannya, model kendaraannya, tahun pembuatan kendaraannya, nomor identifikasi (VIN) kendaraannya, dan pastinya juga nama beserta alamat yang mempunyai kendaraan.

Seluruh data – data pentingnya ini akan tertera di dalam STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor). Yang mana STNK ini merupakan menjadi surat bukti untuk nomor polisi kendaraan tersebut benar dan sudah ditetapkan untuk kendaraan yang dimiliki.

Nah berikut ini keterangan lengkap daftar plat kendaraan L beserta dengan kode belakang kendaraan yang wajib anda ketahui :

  • Surabaya Pusat mempunyai plat kendaraan huruf L dengan kode belakangnya N / Q
  • Surabaya Utara mempunyai plat kendaraan huruf L dengan kode belakangnya P / Q / R / S / T / U
  • Surabaya Selatan mempunyai plat kendaraan hururf L dengan kode belakangnya G / H / J / K / L / M
  • Surabaya Barat mempunyai plat kendaraan huruf L dengan kode belakangnya V / W / X / Y / Z
  • Surabaya Timur mempunyai plat kendaraan huruf L dengan kode belakangnya A / B / C / D / E / F

Warna Plat Nomor Kendaraan di Indonesia

Selama ini mungkin anda hanya biasa mengenal beberapa warna plat kendaraan bermotor yang sering digunakan di jalanan saja.

Seperti plat kendaraan yang menggunakan warna kuning, yang anda ketahui bahwa warna itu biasanya digunakan hanya untuk kendaraan umum (angkutan) saja.

Baca Juga :   Arti Mimpi Melihat Ular

Sedangkan plat kendaraan yang menggunakan warna merah yang anda ketahui, ini digunakan hanya pada plat kendaraan dinas atau biasanya itu digunakan oleh pemerintah.

Anda tahu tidak kalau ada 5 jenis warna plat kendaraan bermotor di Indonesia? Buat yang tidak tahu dan ingin tahu, bisa anda simak penjelasan lengkapnya di bawah ini :

  • Plat kendaraan dengan warna merah dan putih di tulisannya itu digunakan khusus kendaraan dinas atau milik pemerintah.
  • Plat kendaraan dengan warna putih dan biru di tulisannya itu digunakan khusus kendaraan dari Korps Diplomatik Negara Asing.
  • Plat kendaraan dengan warna hitam dan putih di tulisannya itu digunakan khusus kendaraan perorangan ataupun sewa.
  • Plat kendaraan dengan warna kuning dan hitam di tulisannya itu digunakan khusus kendaraan umum.
  • Plat kendaraan dengan warna hijau dan hitam di tulisannya itu digunakan khusus kendaraan pada kawasan perdagangan yang bebas (free trade zone), utamanya bagi kendaraan yang memperoleh fasilitas tentang pembebasan bea masuk.
    • Dengan peraturan yang dikeluarkan oleh Menteri keuangan, warna kendaraan bermotor beserta plat nomornya tidaklah boleh dioperasionalkan kedalam wilayah Indonesia lain.

Bila berbicara tentang plat kendaraan, tiap kendaraan itu pasti mempunyai plat kendaraan yang dilengkapi oleh huruf juga memiliki arti tersendiri.

Seperti yang ada di kendaraan bermotor yang berada diseputar kota Surabaya ini akan menggunakan plat kendaraan dengan seri atau kode huruf L.

Informasi Tambahan Mengenai Plat Kendaraan Jawa Timur

Untuk wilayah Jawa dibagian Timur ini biasanya terdapat beberapa bentuk plat kendaraan yang pastinya itu berbeda pada setiap daerahnya. Berikut inilah pembagiannya :

AG : Plat kendaraan wilayah Nganjuk, Trenggalek, Blitar, Kediri dan Tulungagung.

AE : Plat kendaraan wilayah kota Magetan, Ponorogo, Pacitan, Madiun dan Ngawi.

Baca Juga :   Lari Cepat

L : Plat kendaraan wilayah ibukota dari provinsi Jawa Timur, Surabaya.

M : Plat kendaraan wilayah kepulauan Madura. Daerah ini menggunakan plat M (Pamekasan, Sumenep, Sampang, Bangkalan dan Madura).

N : Plat kendaraan wilayah kota Lumajang, Batu, Probolinggo, Pasuruan dan Malang.

P : Plat kendaraan wilayah Situbondo, Jember, Bondowoso, Besuki dan Banyuwangi.

S : Plat kendaraan wilayah Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, Jombang dan Tuban.

W : Plat kendaraan wilayah Sidoarjo dan Gresik. 

Sekian.