R Tabel Spss

Posted on

R Tabel Spss – Hay sahabat sekalian pada perjumpaan kali ini kembali akan quipper.co.id sampaikan tentang materi makalah R Tabel Spss – Pengertian, Rumus, Cara Menghitung, Cara Membaca, Uji Validitas dan Contoh. Nah untuk melengkapi isi dari tema pembahasan kita kali ini maka, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian R Tabel

R Tabel Spss
R Tabel Spss

 Apa yang dimaksud dengan R Tabel ? yakni merupakan sebuah tabel angka yang biasa kerap dipakai guna melakukan sebuah pengujian mengenai hasil dari uji validitas suatu instrumen penelitian.

Fungsi R Tabel

Dengan Berdasarkan pada definis di atas, maka bisa diambil suatu kesimpulan bahwa r tabel ini memiliki fungsi yakni guna melakukan suatu pengujian terhadap hasil validitas dari suatu intstrumen yang didapat dari sebuah penelitian.

Pengertian Validitas

Apa itu Pengertian Validitas ? yakni merupakan standarisasi atau dasar dari sebuah ukuran yang menunjukkan terhadap sebuah ketetapan (appropriateness), kemanfaatan (userfulness) dan kesahihan yang mengarah kepada ketepatan interpretasi suatu prosedur evaluasi yang sesuai dengan apa yang menjadi tujuan dalam melakukan pengukurannya.

Pengertian Validitas Menurut Para Ahli

Kemudian selain keterangan diatas, yang mana ada juga suatu pendapat yang dinyatakan oleh beberapa para ahli tentang definisi validitas, yang diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Berdasakan pendapat yang dikemukakan oleh Sudjana yang mana menurutnya Pengertian validitas ialah merupakan suatu ketepatan alat penilaian terhadapsebuah konsep yang dinilai sehingga dapat dengan benar-benar menilai mengenai apa yang semetinya harus di nilai.
  • Berdasarkan pendapat yang dikemukakan oleh Suryabrata  yang mana menurutnya Pengertian validitas adalah merupakan derajat fungsi dalam pengukuran suatu tes, atau suatu derajat kecermatan ukurnya sesuatu tes. Dimana Validitas pada suatu tes berpendapat mengenai apakah sebuah tes itu betuk-betuk sesuai mengukur atap yang ingindiukur.
  • Berdasarkan pendapat yang disampaikan oelh Azwar mengenai Pengertian validitas menurut Azwar adalah merupakan sejauh mana keakuratan dan kecermatan pada suatu instrumen dalam melakukan pengukuran (tes) yang sesuai dengan fungsi ukurnya. Dimana pada suatu tes bisa dianggap memiliki validitas yang sangat tinggi apabila alat itu dapat berjalan dengan sebagaiman mustinya dengan secara tepat.
  • Berdasarkan pendapat dari Arikunto mengenai Pengertian validitas yakni merupakan suatu ukuran yang mengarah kepada tingkat kesalihan dari sebuah hasil tes. Dimana pada suatu tes dapat dianggap valid jika pada saat melakukan tes tersebut yakni dengan melakukan sebuah pengukuran apa yang semestinya harus diukur. Kemudian pada Tes tersebut memiliki validitas yang sangat tinggi jika dapat memperoleh hasil yang sesuai denga kriteria.
  • Berdasarkan pendapat yang dikemukakan oleh Kusaeri mengenai Pengertian validitas yakni merupakan suatu keakuratan (appropriateness), kebermaknaan (meaningfull) dan kemanfaatan (usefulness) mengenai sebuah kesimpulan yang diperoleh atas interpretasi suatu skor tes.
Baca Juga :   Fibonacci

Rumus Untuk Membaca R Tabel

Nah berikut merupakan Cara yang tepat agar dapat membaca r tabel dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

df = n – 2

Keterangan: Berikut ini terlebih dahulu tentukanlah taraf signifikan dari berapakah % atas nilai r yang hendak di cari.

Nah suapay lebih untuk memahaminya, maka coba simak pada gambar r tabel berikut ini yang didapat dari buku miliknya Sugiyono:

Baca Juga :   Fibonacci

yakni merupakan sebuah tabel angka yang biasa kerap dipakai guna melakukan sebuah pengujian mengenai hasil dari uji validitas suatu instrumen penelitian.

Apa itu Pengertian Validitas ?

yakni merupakan standarisasi atau dasar dari sebuah ukuran yang mengacu terhadap sebuah ketetapan (appropriateness), kemanfaatan (userfulness) dan kesahihan dan kemudian akan mengarah kepada ketepatan interpretasi suatu prosedur evaluasi yang sesuai dengan apa yang menjadi tujuan dilakukannya pengukuran tersebut.

Apa yang dimaksud dengan T hitung dan T tabel?

Yakni merupakan suatu uji Hipotesis Regresi Dengan T Hitung. Dimana proses Pengujian parsial (individual) tersebut dapat dilangsungkan dengan upaya melakukan suatu pengujian t hitung, lalu kemudian menentukan besarnya t hitung yang nantinya akan saling dibandingkan dengan t tabel. … Nah maka agar dapat menguji apakah pada hipotesis yang telah diajukan mendapat persetujuan atau justru ditolak yakni dapat dengan menggunakan statistik t (uji satu sisi)

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan mengenai materi R Tabel Spss, semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.

5/5 - (1 vote)