R Tabel Spss

Posted on

Hlo sobat quipper semua, balik lagi nih, mimin mau sedikit ngejelasin pembahasan tentang materi dalam ilmu matematikan yakni apa itu R Tabel Spss?

Materi tabel ini merupakan sebuah meteri yang biasanya selalu digunakan untuk melakukan pengukuran dari uji validitas sebuah instrumen.

Buat sobat yang mungkin masih bingung dan bertanya mengenai pengertian, rumus dan bagaimana cara kerjanya, maka sobat bisa simak penjelasan yang akan mimin sampaikan di bawah ini.

Pengertian R Tabel

R Tabel Spss
R Tabel Spss

 Apa yang dimaksud dengan R Tabel ? yakni merupakan sebuah tabel angka yang biasa kerap dipakai guna melakukan sebuah pengujian mengenai hasil dari uji validitas suatu instrumen penelitian.

Fungsi R Tabel

Dengan Berdasarkan pada definis di atas, maka bisa diambil suatu kesimpulan bahwa r tabel ini memiliki fungsi yakni guna melakukan suatu pengujian terhadap hasil validitas dari suatu intstrumen yang didapat dari sebuah penelitian.

Pengertian Validitas

Apa itu Pengertian Validitas ? yakni merupakan standarisasi atau dasar dari sebuah ukuran yang menunjukkan terhadap sebuah ketetapan (appropriateness), kemanfaatan (userfulness) dan kesahihan yang mengarah kepada ketepatan interpretasi suatu prosedur evaluasi yang sesuai dengan apa yang menjadi tujuan dalam melakukan pengukurannya.

Pengertian Validitas Menurut Para Ahli

Kemudian selain keterangan diatas, yang mana ada juga suatu pendapat yang dinyatakan oleh beberapa para ahli tentang definisi validitas, yang diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Berdasakan pendapat yang dikemukakan oleh Sudjana yang mana menurutnya Pengertian validitas ialah merupakan suatu ketepatan alat penilaian terhadapsebuah konsep yang dinilai sehingga dapat dengan benar-benar menilai mengenai apa yang semetinya harus di nilai.
  • Berdasarkan pendapat yang dikemukakan oleh Suryabrata  yang mana menurutnya Pengertian validitas adalah merupakan derajat fungsi dalam pengukuran suatu tes, atau suatu derajat kecermatan ukurnya sesuatu tes. Dimana Validitas pada suatu tes berpendapat mengenai apakah sebuah tes itu betuk-betuk sesuai mengukur atap yang ingindiukur.
  • Berdasarkan pendapat yang disampaikan oelh Azwar mengenai Pengertian validitas menurut Azwar adalah merupakan sejauh mana keakuratan dan kecermatan pada suatu instrumen dalam melakukan pengukuran (tes) yang sesuai dengan fungsi ukurnya. Dimana pada suatu tes bisa dianggap memiliki validitas yang sangat tinggi apabila alat itu dapat berjalan dengan sebagaiman mustinya dengan secara tepat.
  • Berdasarkan pendapat dari Arikunto mengenai Pengertian validitas yakni merupakan suatu ukuran yang mengarah kepada tingkat kesalihan dari sebuah hasil tes. Dimana pada suatu tes dapat dianggap valid jika pada saat melakukan tes tersebut yakni dengan melakukan sebuah pengukuran apa yang semestinya harus diukur. Kemudian pada Tes tersebut memiliki validitas yang sangat tinggi jika dapat memperoleh hasil yang sesuai denga kriteria.
  • Berdasarkan pendapat yang dikemukakan oleh Kusaeri mengenai Pengertian validitas yakni merupakan suatu keakuratan (appropriateness), kebermaknaan (meaningfull) dan kemanfaatan (usefulness) mengenai sebuah kesimpulan yang diperoleh atas interpretasi suatu skor tes.
Baca Juga :   1 Kwintal Berapa Kg - Cara Hitung, Rumus, Tabel dan Contoh Soal

Rumus Untuk Membaca R Tabel

Nah berikut merupakan Cara yang tepat agar dapat membaca r tabel dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

df = n – 2

Keterangan: Berikut ini terlebih dahulu tentukanlah taraf signifikan dari berapakah % atas nilai r yang hendak di cari.

Nah suapay lebih untuk memahaminya, maka coba simak pada gambar r tabel berikut ini yang didapat dari buku miliknya Sugiyono:

Rumus Untuk Membaca R Tabel
Rumus Untuk Membaca R Tabel

Pada tabel tersebut tertera bahwa N dan Taraf Signifikan, dimana N yakni merupakan suatu jumlah sampel yang dipakai.

Cara Mencari Nilai R secara Manual

Agar dapat menemukan nilai r tabel, maka kalian bisa melakukan dengan memakai rumus yang sudah kami uraikan di atas, yakni:

( df = n – 2 )

Contohnya, pada saat hendak melakukan suatu penelitian dengan memakai sebanyak 40 sampel guna dapat melakukan suatu pengujian hasil dari uji validitas instrumen yang didapat dari penelitian tersebut.

Kemudian oleh sebab penelitian yang dilakukan ialah merupakan penelitian pendidikan, maka taraf signifikansi yang bisa dipakai ialah yang 5% saja.

Kemudian berdasarkan data itu bisa diperoleh berapa nilai r tabel yang nantinya musti dipakai guna melakukan suatu pengujian hasil uji validitas yang ada di instrumenini df = 40 – 2 = 38.

Jika kita perhatikan tabel, maka dimana pada df atau N 28 dengan taraf signifikan 5% bisa didapat nilai r-tabel yang sebesar 0,374 kemudian untuk taraf signifikannya sendiri ialah sebesar 1% didapat r-tabel 0,478.

Berikutnya, nilai r-tabel yang sudha ditemui tersebut akan dipakai untuk dijadikan sebagai sebuah landasan apakah beberapa butir intrumen yang sudah disusun tersebut sudah benar-benar valid atau justru belum akurat maka dengan melihat perbedaan pada selisih antara nilai r-hitung dengan r-tabel itu.

Jika nilai r-hitung > nilai r-tabel, jadi item dalam instrumen dari soal itu dapat dinyatakan sudah valid. Namun jika pada nilai r-hitung < r-tabel, Sebaliknya jadi item dalam instrumen dari soal itu dinyatakan tidak valid.

Baca Juga :   1 Hektar Berapa Meter

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan mengenai materi R Tabel Spss, semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.