Perubahan Sosial

Posted on

Perubahan Sosial ialah salah satu analisis sosiologi yang amat dinamis, adanya hal ini karena perubahan selalu saja terjadi dan terkadang memang tidak dapat kita dihindari.

Perubahan sosial juga berbeda dengan perubahan yang lain yang membuatnya berbeda dengan perubahan yang lain ialah perubahan sosial ini lebih mengutamakan perubahan pada aspek kultural dan budaya serta dari aspek yang struktural atau bisa juga disebut dengan struktur masyarakat dan memiliki dampak pada kehidupan sosial.

Pengertian Perubahan Sosial

Perubahan Sosial
Perubahan Sosial

Apa yang dimaksud dengan Perubahan sosial? yakni sautu kajian sosiologi yang sangat dinamis, mengapa demikian? hal ini disebabkan karena perubahan ini kerap terjadi, bahkan seringkali tidak dapat dihindari.

Bentuk dari perubahan memiliki perbedaan terhadap beberapa macam perubahan lainya.

Dimana bentuk dari pada perubahan ini lebih menjelaskan adanya suatu perubahan yang terjadi dalam aspek budaya atau kultural dan juga terhadap struktural dari sejumlah masyarakat, dan memiliki dampak atau efek di dalam kehidupan sosial.

Ciri-Ciri Perubahan Sosial

Perubahan Sosial
Perubahan Sosial

1. Terjadi Di mana-mana

Dalam hal ini artinya berlangsungnya perubahan ini bisa dimana saja, masyarakat pedesaan dan juga perkotaan.

Namun dalam hal ini secara umum pada masyarakat yang masih tradiosional akan mengalami perubahan lebih lambat dibandingkan dengan masyarakat modern.

2. Dilakukan Secara Sengaja

Dalam hal ini biasanya berlangsungnya perubahan tersebut memang dilakukan dilakukan dengan secara sengaja, meskipun terkadang memang perubahan bisa terjadi tanpa adanya sebuah unsur kesengajaan.

3. Berkelanjutan

Dalam hal ini artinya secara umum perubahan sosial kerap terjadi yang secara berkelanjutan.

Jadi ini artinya masyarakat akan senantiasa selalu mengalami perkembangan atau perubahan, baik cepat atau lambat.

4. Imitatif

Kemudian dengan adanya sifat Imitatif atau menirukan sesuatu adalah merupakan salah satu karakteristik yang berikutnya.

Baca Juga :   Materi Bola Voli

Artinya masyarakat akan selalu mengalami perubahan karena adanya dorongan dari masyarakat lainnya yang semakin maju berkembang.

5. Hubungan Kausalitas

Dalam hal ini artinya perubahan sosial tersebut dapat berlangsung karena disebabkan aspek material atau imaterial yakni adanya suatu hubungan yang sifatnya timbal balik, jika hal tersebut dapat menguntungkan salah satu pihak atau untuk kedua belah pihak.

Dampak Perubahan Sosial

Dampak Positif:

  • Banyak bermunculan sejumlah hasil penemuan baru yang bisa mendukung segala aktifitas dari pada manusia. Misalnya saja seperti adanya penemuan dalam bidang teknologi seperti komputer, internet dan kemudian disusul dengan adanya alat komunikasi canggih sepeti ponsel pintar.
  • Kemudian banyak bermunculan beberapa norma dan nilai yang baru dan hal tersebut dianggap sangat relevan.

Dampak Negatif:

  • Dengan adanya perubahan yang cepat bisa mengakibatkan munculnya anomie, yakni seperti suatu kondisi dimana nilai yang lama sudah tidak lagi dianggap relevan, namun nilai baru pembentukan belum terjadi. Sehingga dengan demikian seluruh manusia akan kehilangan nilai yang seharusnya menjdai pedomannya.
  • Kemudian dampak lainnya adalah manusia atau masyarakat akan mengalami kemunduran moral.

Contoh Perubahan Sosial

Perubahan Sosial
Perubahan Sosial

Banyak sekali contoh perubahan sosial yang dapat kita temui diantaranya adalah sebagai berikut :

1 Pertanian semakin berkembang nya zaman banyak sekali para petani yang memanfaatkan perubahan sosial dengan cara meningkatkan kapasitas dibidang teknologi sehingga membuat para petani lebih mudah mengerjakan pekerjaan nya contoh nya seperti membajak sawah.

2. Komunikasi sebelum berkembang nya teknologi informasi dan komunikasi zaman dulu orang berkomunikasi dengan cara surat – menyurat.

Berbeda dengan sekarang semakin berkembang nya perubahan sosial dimasyarakat termasuk di Indonesia kini kita menggunakan Handphone yang bisa berkomunikasi melalui WhatsApp, Instagram, dan lain-lain.

3. Transportasi Zaman dulu orang berpergian dengan cara menggunakan hewan contoh nya seperti kereta kencana.

Namun kini terjadi perubahan sosial yang semakin canggih banyak transportasi yang sering kita jumpai yaitu transportasi pribadi maupun transportasi online.

Baca Juga :   Faktor Penyebab Pelanggaran HAM

2. Pakaian Saat ini Modernisasi kerap terjadi sudah banyak masyarakat yang mengubah cara berpakaian mereka.

Dulu masyarakat memakai baju tradisional atau juga baju adat dari masing-masing daerah, nah sekarang mereka kerap memakai baju yang lebih modern karena mengikuti trend atau bisa juga sesusai yang mereka suka .

4. Model Rambut saat ini zaman semakin trend banyak pelajar wanita maupun pria meniru model rambut para arti-artis yang di sukainya mulai dari warna maupun model rambut sehingga bisa membuat mereka menjadi sorotan.

Namun, butuh pengawasan agar cara yang mereka lakukan tidak menimbulkan hal yang tidak baik.

5. Permainan zaman dulu anak-anak lebih sering memainkan berbagai permainan tradisional dan juga bermain secara langsung.

Berbeda dengan sekarang kini anak-anak lebih banyak bermain menggunakan gadget dengan permainan modern atau yang sekarang lebih trend yaitu game online.

6. Kepercayaan dulu masyarakat lebih percaya dengan hal-hal mistis, tetapi sekarang masyarakat sudah memiliki kepercayaan yang dianut masing masing.

7. Gaya Hidup semakin berkembangnya zaman , gaya hidup berbeda dengan zaman dulu mulai dari cara berpakaian, tempat nongkrong, beragam wisata, pendidikan dan masih banyak lagi.

8. Tempat tinggal dulu banyak rumah daerah yang masyarakat tempati namun sekarang hampir jarang kita jumpai.

Kini masyarakat sudah banyak berpaling ke rumah yang lebih modern dan megah baik itu rumah pribadi maupun rumah apartemen.

9. Pendidikan sepertinya dibidang pendidikan banyak sekali terjadi perubahan sosial karena adanya teknologi yang semakin canggih.

Saat ini sistem pembelajaran pun dapat melalui dari bermacam-macam media online. Banyak sekali wawasan yang dapat kita temui di dunia internet.

10. Budaya sepertinya budaya juga banyak terjadi perubahan sosial karena dulu tidak ada perayaan di Indonesia seperti valentine, Party, perayaan menjelang tahun baru, merayakan ulang tahun dan lainnya.

11. Ekonomi Ekonomi adalah termasuk aspek penting dalam bentuk suatu negara. Perubahan nya terdapat dalam sektor ini ialah banyak sekali masyarakat sekarang yang memilih liburan, prewedding ke luar negeri lebih gemar produk luar negeri dibandingkan dalam negeri.

Baca Juga :   Arti Mimpi Tentang Hutan

12. Emansipasi Wanita zaman dulu wanita hanya menjadi ibu rumah tangga tugasnya hanya mengurus rumah, namun sekarang peran wanita bisa diterima dan bisa melakukan apa saja yang wanita inginka. Banyak wanita karir yang sekarang menjadi wanita sukses.

13. Musyawarah Pada tahun 1900 an masyarakat Indonesia lebih memilih untuk bermusyawarah dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Seluruh warga yang datang masing-masing memberikan pendapat dan pertimbangan.

Kemudian Pemimpin yang akan mengambil keputusan dari mufakat bersama.

Tetapi, kegiatan musyawarah ini pada tahun 2000 an mulai memudar karena masyarakat lebih memilih untuk menyelesaikan masalah secara individu.

14. Pekerjaan Perubahan sosial juga terjadi pada suatu pekerjaan dengan sebagian masyarakat Indonesia.

Dulu mata pencaharian mereka kebanyakan hanya bekerja sebagai Petani, Nelayan, Buruh, karyawan atau juga pedagang.

Namun kini banyak sekalibermacam-macam pekerjaan contohnya saja seperti Web designer, Blogger profesional, Penerjemah buku, dan lain sebagainya.

15. Makanan Sektor makanan juga banyak mengalami perubahan sosial. Jika dulu masyarakat Indonesia lebih sering memakan makanan tradisional.

Namun kini kurang diminati masyarakat karena adanya makanan modern yang cepat saji didalam negeri maupun luar negeri.

16. Sopan santun Sopan santun juga dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan juga kondisi di sebuah keluarga, sehingga dapat merubah sopan santun seorang Individu.

Yang dulu nya mempunyai etika yang baik sekarang mulai memudar dan hilangnya rasa hormat.

17. Masyarakat Yang Semakin Kritis Bertepatan kepopuleran teknologi informasi masa kini, Segala informasi semakin mudah kita temui melalui media cetak ataupun digital.

Akan tetapi untuk memperoleh dampak positif pada perubahan sosial, perkembangan tersebut harus tergarap agar informasi yang di dapat sesuai dengan fakta yang terjadi.

Itu saja yang dapat quipper.co.id sampaikan, semoga serangkaian ulasan diatas bisa bermanfaat.

Baca Juga :