Tujuan Permainan Sepak Bola

Posted on

Tujuan Permainan Sepak Bola – Hallo sahabat semua! Pada perjumpaan kali ini quipper.co.id akan menyampaikan pembahasan materi makalah tentang tujuan permainan sepak bola.

Namun pada perjumpaan sebelumnya, yang mana kami juga telah menyampaikan materi makalah tentang Materi Sepak Bola. Yuk langsung kita simak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Permainan Sepak Bola

Tujuan Permainan Sepak Bola
Tujuan Permainan Sepak Bola

Pengertian sepak bola adalah olahraga yang terdiri dari dua tim dan masing – masing tim terdiri dari 11 pemain utama dan ada beberapa pemain cadangan, sehingga olahraga ini dalam pertandingan dapat dimainkan di lapangan terbuka.

Menurut para ahli sepak bola adalah jenis olahraga yang dilakukan dengan kaki dengan tujuan mencetak gol atau memperoleh skor sebanyak mungkin.

Dengan demikian, tujuan sepak bola memiliki asosiasi dengan satu pihak dan sepak bola lain, dari abad ke – 21 yang dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang yang lebih suka dari semua penjuru dunia.

Sejarah Permainan Sepak Bola

Sejarah olahraga sepak bola dimulai pada abad ke – 2 dan ke – 3 SM di Cina. Selama Dinasti Han, masyarakat menggiring bola kulit lalu menendangnya dalam jaring kecil.

Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. Di Italia, permainan menendang dan membawa bola juga gemari, terutama dari abad ke – 16.

Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dan menjadi sangat populer.

Dalam beberapa kompetisi, permainan ini menyebabkan banyak kekerasan selama pertandingan, karena tidak ada aturan yang ditetapkan dalam sepak bola, jadi akhirnya Raja Edward III sangat melarang adanya olahraga ini pada tahun 1365an.

Raja James I asal Skotlandia ikut mendukung adanya larangan untuk bermain sepak bola.

Saat tahun 1815, disebuah perkembangan pesat dalam membuat permainan sepak bola yang terkenal diuniversitas dan sekolah – sekolahan

Kelahiran sepak bola modern terjadi di Masonic Tavern pada tahun 1863, ketika 11 sekolah dan klub bertemu dan merumuskan aturan standar permainan.

Pada saat yang sama, ada pemisahan yang jelas antara rugby dan sepak bola.

Pada tahun 1869, membawa bola dengan tangan mulai dilarang di sepak bola.

Selama abad ke – 19, olahraga itu dibawa oleh para pelaut, pedagang dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia.

Pada tahun 1904, asosiasi sepak bola tertinggi dunia (FIFA) dibentuk dan pada awal 1900 – an, beberapa kompetisi sepak bola diadakan di beberapa negara.

Baca Juga : Formasi Sepak Bola

Tujuan Permainan Sepak Bola

Tujuan dalam permainan sepak bola ini adalah :

Meningkatkan Kerja Sama Tim

Ini juga bisa menjadi tujuan pertandingan sepak bola untuk mendapatkan angka tertinggi, sehingga semua tim dapat meningkatkan kerjasama dan berkomunikasi dengan baik.

Menjaga Sportifitas

Dari permainan sepak bola ini adapat mempertahankan sportifitas semua anggota dengan tujuan mempertahankan sikap dewasa untuk memiliki tujuan yang sama.

Mencegah Lawan Melakukan Gol

Tujuan permainan sepakbola ini juga untuk mencegah lawan mencetak gol, sehingga tim lawan tentu tidak ingin kehilangan dalam permainan.

Manfaat Permainan Sepak Bola

Dalam kompetisi sepak bola olahraga ini, dapat membawa manfaat bagi kehidupan sehari – hari, membuat lebih mudah.

Berikut ini beberapa manfaat sepak bola bagi tubuh :

Dapat Mencerdaskan Daya Otak

Olahraga tidak hanya bergerak secara fisik, tetapi juga dapat mendidik otak, karena permainan ini dimainkan sesuai dengan kemajuan teknik, jika diolah dari kekuatan fisik dan kecerdasan.

Dapat Memperkuat Mental

Olahraga sepak bola, yang diibaratkan sebagai elemen menggunakan fisik yang kuat, sehingga jiwa seseorang lebih kuat dalam permainan dan dapat memperkuat daya ingat dan kekuatan mental.

Dapat Melatih Disiplin

Sepak bola bisa menjadi pemain yang handal dan bertujuan untuk melatih seseorang yang lebih disiplin dalam permainan.

Dapat Meningkatkan Kesehatan Fisik

Ini diperlukan dalam permainan sepak bola agar olahraga ini dapat berjalan terus dan melatih fisik yang lebih kuat dan lebih baik.

Dapat Menjaga Sosialisasi Dan Kerjasama Tim

Olahraga sepak bola dapat menjaga komunikasi dan sosialisasi dengan berkolaborasi dengan pemain lain.

Baca Juga : Permainan Bola Besar

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Sepak bola telah berkembang secara luas di seluruh dunia, jadi dalam permainan sepak bola, ada juga beberapa teknik yang harus dikuasai oleh semua pemain di tim.

Di antara beberapa teknik bermain sepak bola, ialah sebagai berikut :

Teknik Menggiring Bola

Teknik menggiring bola adalah teknik menendang dasar, sehingga dalam permainan menggiring bola, kaki pemain akan lebih mudah untuk membuat permainan, karena pemain mengarahkan bola dengan mudah melalui lawan.

Baca Juga :   Teknik Dasar Permainan Golf

Teknik Menghentikan Bola

Teknik menghentikan bola adalah gerakan stopping yang berguna untuk menyesuaikan kemajuan permainan, untuk memberi kemudahan kepada pemain lain dan untuk dengan mudah mencetak gol.

Teknik Menendang

Teknik menendang adalah gerakan menendang dan kicking, sehingga permainan sepak bola ini adalah hal yang paling dominan karena tujuannya dapat memberikan umpan balik saat menendang bola ke gawang lawan.

Posisi Pemain Sepak Bola

Penjaga Gawang (Goal – Keeper)

Penjaga gawang, kepper atau dalam bahasa Inggris disebut Goal – Keeper (GK) adalah pemain yang posisinya ada di baris pertama.

Seorang penjaga gawang diketahui identik dengan sarung tangannya. Kiper memiliki posisi khusus dalam sepak bola.

Artinya, hanya dia yang bisa menyentuh bola dengan tangannya, selama dia berada di area penalti sendiri.

Sebagai lapisan pertahanan terakhir tim, kiper adalah orang pertama yang menyerang.

Itulah sebabnya posisi ini ditempati oleh pemain berbadan besar dan tinggi.

Dia juga memiliki naluri kuat terhadap lawan, refleks sempurna, kecepatan tinggi dan bakat menangkap bola untuk mencegah gol.

Diajuga memiliki tendangan yang kuat untuk meluncurkan atau mengarahkan bola ke arah rekan satu timnya tanpa membuat blunder atau kesalahan yang dapat membahayakan tim Andanya sendiri.

Tanpa salah satu kriteria di atas, akan sulit bagi seseorang untuk menjadi penjaga gawang atau kiper yang handal.

Dalam sepak bola, kiper memiliki empat peran atau tugas utama, seperti menyelamatkan, membersihkan, mengarahkan pertahanan dan mendistribusikan bola.

Berikut penjelasannya :

  • Menyelamatkan 

Menyelamatkan yang disebut dengan saving adalah tindakan untuk mencegah atau menghindari terjadinya gol dengan beberapa upaya yang dilakukan. Seperti menepis, menangkap, dan meninju bola.

  • Membersihkan

Membersihkan istilah asli disebut clearing adalah upaya yang dilakukan oleh penjaga gawang atau kiper untuk menjaga bola menjauh dari area berbahaya.

  • Mengarahkan pertahanan 

Mengarahkan pertahanan di sini berarti bahwa sebagai pemain di belakang, seorang penjaga gawang dapat melihat di mana bek harus memposisikan diri untuk dapat mengarahkan mereka.

  • Mendistribusikan bola 

Mendistribusikan bola terjadi ketika kiper membuat keputusan untuk menendang atau melempar bola setelah saving.

Beberapa contoh kiper atau penjaga gawang terbaik dalam sejarah adalah Gianluigi Buffon, Oliver Khan, Van Der Saar, Casillas, Dida, Peter Schmeichel, Dino Zoff, Gordon Banks, Lev Yashin, dan banyak lainnya.

Bek / Pemain Bertahan (Defender)

Bek, permain bertahan, pemain belakang atau dalam bahasa Inggris disebut Defender adalah pemain yang menempati posisi di daerah pertahanan dan berperan dalam membantu penjaga gawang atau kiper untuk mencegah gol.

Salah satu tugas seorang bek adalah menjaga dan melindungi kiper saat ia menguasai bola.

Karena itu, pemain bertahan harus mempertimbangkan penjaga gawang sebagai pemain penting, yang tidak boleh didekati dengan pemain penyerang di tim lawan.

Selain itu, bek juga memiliki tugas untuk mencegah serangan lawan, serta memblokir tendangan lawan.

Posisi bek ditempati oleh pemain yang kuat, fit dan pekerja keras yang bergerak cepat, mengantisipasi serangan dan gerakan dari tim lawan.

Untuk memaksimalkan pertahanan tim, berikut adalah empat jenis posisi bek atau pemain bertahan dalam sepak bola :

  • Bek Tengah (Center – Back)

Dalam formasi sepak bola yang memiliki 4 bek atau pemain bertahan, Center Bek (CB) memiliki 2 bek di posisi tengah.

Peran bek tengah adalah sebagai penjaga area tengah pertahanan. Para bek tengah biasanya selalu berada di belakang formasi bersama kiper untuk menghindari terjadinya gol.

Kriteria untuk siapa pun yang ditempatkan di posisi ini harus berani, kuat dan dengan kemampuan yang baik ketika berduel dengan pemain dari tim lawan.

Bek tengah yang memiliki skill menyundul yang baik kadang – kadang dapat bergerak maju untuk membantu serangan ketika pelanggaran terjadi dan selalu maju ketika tendangan sudut terjadi.

Bek atau pemain bertahan yang memiliki sundulan yang bagus tidak perlu memiliki postur tinggi, misalnya Carles Puyol dari Spanyol.

Tinggi tubuhnya kurang dari 180 cm (tinggi rata – rata pemain Eropa). Namun meski begitu, memiliki postur tinggi adalah salah satu keuntungan bagi bek tengah.

Ini akan memudahkan dalam mendapatkan bola yang terbang di udara, yang penting terutama ketika ada tendangan sudut.

Beberapa pemain bertahan atau bek terbaik sepanjang masa adalah Franco Baresi, Fabio Cannavaro dan Ronald Koeman.

  • Bek Sayap (Wing – Back)

Bek sayap atau dalam bahasa Inggris disebut Wing – Back adalah Full- Back yang dapat maju ke gawang tim lawan.

Bek ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu Left Wing Back (LWB), yang diposisikan di area sayap kiri, dan Right Wing Back (RWB), yang berfungsi di area sayap kanan.

Wing Back ditugaskan sebagai penjaga di daerah pertahanan sayap dan terkadang untuk maju membantu serangan tim dari daerah sayap, memberikan serangan dukungan atau memberikan umpan balik kepada pemain menyerang.

Itulah sebabnya posisi sayap ini adalah yang paling dibutuhkan secara fisik sangat kuat di lapangan.

Salah satu dari dua legenda Wing – Back di dunia sepak bola adalah Roberto Carlos dan Cafu.

Penyapu (Sweeper)

Posisi penyapu atau sweeper (SW) berada di belakang garis pertahanan, tepatnya di depan penjaga gawang atau kiper .

Baca Juga :   Arti Mimpi Tentang Gunung

Biasanya, penyapu adalah bagian dari formasi yang menggunakan lima pemain bertahan dan ia diposisikan di belakang Centre Back atau bek tengah untuk menyapu setiap kali bola lolos dari pertahanan timnya.

Biasanya, Sweeper adalah pemain tengah yang bergerak lebih dari Center Back, karena ia harus bergerak untuk menutupi semua lubang yang terbentuk didalam pertahanannya.

Sebagai seorang Sweeper itu tidak perlu memiliki keterampilan atau kemampuan teknis khusus.

Karena tugas utama seorang Sweeper adalah mengawasi, mendeteksi bahaya, dan menyapu.

Tapi, umumnya pemain yang menempati posisi ini lebih terampil dalam hal merebut dan menyapu bola dari serangan pemain lawan.

Bahkan, posisi ini tidak lagi populer dan sangat jarang digunakan dalam pertandingan sepak bola.

Tetapi di masa lalu, posisi ini populer terutama dalam sistem Catenaccio Italia.

Franz Beckenbauer adalah legenda sepak bola Jerman yang paling luar biasa dari semua Sweeper.

Gelandang (Midfielder)

Gelandang, pemain tengah atau dalam bahasa Inggris disebut Midfield adalah pemain yang diposisikan antara bek dan penyerang.

Tugas seorang gelandang adalah untuk menghubungkan antara bek dan penyerang.

Ini untuk mencegah serangan lawan dari mencapai pertahanan dan menggiring bola ke depan, untuk diberikan kepada penyerang ketika tim dalam mode serangan.

Pemain dalam posisi ini umumnya lebih banyak menguras energi.Karena jarak tempuh mereka dalam permainan cukup jauh.

Ini karena gelandang merupakan posisi yang menghubungkan lini bagian belakang yang disebut defenders dan lini bagian depan yang disebut strikers.

Disaat melaksanakan tugasnya, terdapat gelandang yang lebih cenderung untuk tetap mempertahankan dan juga melakukan posisi yang hampir seperti penyerang.

Berikut ini adalah beberapa divisi dari posisi gelandang dalam pertandingan sepak bola dan peran masing – masing :

  • Gelandang Bertahan (Defending – Midfielder)

Gelandang bertahan atau Defending Midfielder (DM) adalah gelandang atau pemain tengah yang posisinya berada di belakang garis pertahanan dan di depan para bek.

Tugas utama gelandang bertahan adalah mencegah supaya bola jangan mencapai garis pertahanan.

Pemain yang menempati posisi ini haruslah seseorang yang lebih mampu menghentikan serangan pemain lawan, terampil menangkap bola lawan dan dapat memposisikan dirinya dengan baik dan strategis.

Dunga dan Claude Makelele sangat populer di masa mereka sebagai gelandang bertahan.

  • Gelandang Tengah (Center – Midfielder)

Gelandang tengah atau Center Midfielder (CM) adalah pemain yang diposisikan sesuai namanya, yaitu di tengah lapangan.

Beberapa tugas dari gelandang tengah meliputi :

  1. Pertahankan sektor menengah dalam permainan.
  2. Mengatur ritme permainan.
  3. Terkadang itu membantu pertahanan, baik di tengah maupun di sayap.
  4. Menciptakan peluang bagi striker.
  5. Hentikan serangan lawan.

Sifat gelandang ini adalah memiliki keterampilan teknis yang baik, resistensi tinggi, cepat, kuat, cerdas dan memiliki berbagai taktik.

Steven Gerrard, legenda hidup Liverpool, adalah gelandang tengah terbaik pada masanya.

  • Gelandang Serang (Attacking – Midfielder)

Gelandang serang ini juga disebut Attacking-Midfielder (AM). Secara umum, gelandang serang memiliki kemampuan atau skill mengendalikan bola dengan sangat baik.

Juga berkualitas dalam hal penguasaan bola. Di posisi yang sama ia juga ditempatkan seorang playmaker.

Namun, peran mereka berbeda. Secara umum, pemain yang menempati posisi ini dapat dianggap sebagai otak kesebelasan tim.

Dan yang paling ahli dalam menciptakan pola serangan strategis. Demikian pula dalam pendistribusian bola.

Seorang playmaker harus mampu membuat keputusan yang bijak. Biasanya, playmaker memakai kaos nomor 10.

Zinedine Zidane, Mesut Ozil dan Juan Riquelme adalah beberapa pemain playmaker paling terkenal di dunia sepak bola.

  • Gelandang Sayap (Winger)

Pemain sayap atau dalam bahasa Inggris bernama Winger adalah gelandang atau pemain tengah yang posisinya ada di sisi lapangan.

Secara rinci, pemain sayap dibagi menjadi dua, yaitu pemain sayap kanan atau Right – Winger (RW) dan pemain sayap kiri atau Left – Winger (LW).

Peran pemain sayap hampir sama dengan peran gelandang ofensif. Perbedaannya adalah mereka bertugas di area lapangan.

Baik di kanan dan di kiri. Biasanya, posisi gelandang sayap atau winger sering digunakan dalam formasi 4 – 3 – 3 dan 4 – 5 – 1.

Pemain di posisi ini harus memiliki kecepatan tinggi, keterampilan menggiring bola yang sangat baik dan dapat melewati lawan dengan akurat.

Pemain gelandang sayap modern umumnya fleksibel dan dapat menyerang dari tengah lapangan.

Terkadang, anda juga dapat mengubah peran menjadi penyerang. Dua contoh pemain gelandang terbaik pada masanya adalah Ryan Giggs dan Garricha.

Penyerang (Forward)

Penyerang atau forwardsd adalah pemain yang posisinya paling dekat dengan gawang lawan dan tugas utamanya adalah menciptakan gol.

Tiga hal utama yang dibutuhkan pemain penyerang adalah teknik, kecepatan dan bakat.

Jika salah satu dari ketiga hal ini kurang, akan lebih sulit untuk menjadi pemain yang handal.

Selain itu, naluri dan konsentrasi yang tajam juga diperlukan untuk pemain yang bertugas menyerang.

Dalam melakukan tugasnya, pemain penyerang tidak perlu melakukan gerakan sebanyak bek dan gelandang.

Namun ketika rekan satu timnya memberikan bola, ia harus bisa mengubahnya menjadi gol.

Dalam pertandingan sepak bola, penyerang atau forward dibagi menjadi beberapa jenis, sesuai dengan posisi dan peran masing – masing seperti berikut :

  • Penyerang Tengah (Center – Forward)
Baca Juga :   Arti Mimpi Tentang Ulama

Penyerang tengah atau Center- Forward (CF) adalah pemain penyerang yang posisinya dekat dengan gawang tim lawan. Penyerang tengah biasanya disebut striker.

Secara umum, striker memiliki dua peran, termasuk :

  1. Menciptakan gol dari umpan yang diberikan oleh rekan satu timnya.
  2. Berikan ruang untuk gelandang, pemain sayap, mengalihkan perhatian dari pertahanan lawan.

Selain menjadi pintar, kuat dan berani, menjadi seorang striker juga harus brilian dalam mendapatkan dan mengendalikan bola dan bisa memenangkan bola dalam duel udara.

Batistuta, Ruud van Nistelrooy dan Ronaldo adalah beberapa striker terbaik sepanjang masa.

  • Penyerang Sayap (Wing – Forward)

Penyerang sayap atau Wing – Forward (WF) juga dapat dipanggil dengan nama withdrawn striker atau second striker.

Dia adalah seorang penyerang yang ditarik kebelakang dan diserang. Selain menciptakan gol, penyerang sayap juga bertindak sebagai asisten serangan untuk sektor sayap.

Artinya, memberikan umpan balik kepada striker dan membuka ruang sehingga penyerang bisa mencetak gol.

Pele adalah legenda Brasil yang sepanjang kariernya selalu memegang posisi itu dengan permainan yang sangat bagus.

Peraturan Permainan Sepak Bola

Peraturan permainan pada sepak bola yaitu :

Ketentuan Lapangan Sepak Bola

Sesuai dengan peraturan sepak bola IFAB atau pedoman peraturan permainan sepak bola, kriteria lapangan sepak bola berikut ini sesuai dengan standar untuk pertandingan sepak bola :

  • Panjang lapangan sepak bola adalah minimal 90 meter (100 yard) dan maksimum 120 meter (130 yard).
  • Lebar lapangan sepak bola setidaknya 45 meter (50 yard) dan maksimal 90 meter (100 yard).

Ketentuan Pemakaian Bola

Sesuai nama permainan ini, yaitu sepak bola, bola adalah karakter utama. Posisi bola dalam olahraga ini sangat mendasar.

Untuk alasan ini, bola yang digunakan harus memiliki standar kualitas dan ukuran yang tinggi, terutama jika digunakan untuk pertandingan profesional.

Berikut ini adalah ketentuan untuk menggunakan bola sesuai dengan standar yang berlaku :

  • Bentuk bola harus benar – benar bulat.
  • Bola dibuat menggunakan bahan berkualitas dan sesuai.
  • Panjang lingkaran bola adalah antara 70 cm (28 inci) dan 68 cm (27 inci).
  • Berat bola pada awal pertandingan adalah antara 450 gram (16 ons) dan 410 gram (14 ons).
  • Jika bola rusak dalam pertandingan, permainan akan dihentikan dan diulangi dengan menempatkan bola pengganti di posisi bola sebelumnya.

Pemain Sepak Bola

  • Jumlah Pemain

Dalam aturan pertandingan sepakbola, sebenarnya kita sudah tahu bahwa sepakbola dimainkan oleh 2 tim, masing – masing dengan 11 anggota. Tentu saja, satu dari 11 orang menjadi penjaga gawang atau kiper.

  • Kekurangan Pemain

Jika dalam pertandingan sepak bola hanya ada kurang dari 7 pemain dalam satu tim, permainan tidak dapat dimulai.

Jika dalam pertandingan ada 4 pemain dari salah satu tim yang cedera atau menerima kartu merah, permainan akan terganggu. Tim yang tidak memiliki pemain didiskualifikasi atau dianggap KO.

Sebutkan tujuan permainan sepak bola?

1. mencetak gol sebanyak – banyaknya untuk meraih kemenangan.
2. meningkatkan kerja sama antar tim, menghilangkan rasa egoisme.
3. masing – masing pemain, agar terbentuk tim yang kompak dan hebat.
4. menyehatkan tubuh.
5. menjaga gawang agar tidak kemasukan tim lawan.
6. meningkatkan sportivitas.

Sebutkan dan jelaskan teknik permainan sepak bola?

1. Menendang ( kicking )
Menendang bola ialah salah satunya teknik dasar yang berkarakteristik di dalam permainan sepak bola yang paling dominan.
2. Menghentikan Bola ( Stopping )
Menghentikan bola ialah salah satunya teknik dasar yang dalam permainan sepak bola itu digunakan bersamaan dengan teknik dasar menendang bola.
3. Menggiring Bola
Pada dasarnya menggiring bola adalah menendang terputus – putus atau pelan, oleh karenanya bagian kaki yang dipergunakan dalam menggiring bola sama dengan menggunakan bagian kaki yang di gunakan sebagai proses penendangan bola.

Jelaskan cara menendang bola dalam permainan sepak bola?

1. Sikapkan badan dalam posisi menghadap sasaran di belakang bola.
2. Memposisikan kaki, atau kaki kiri untuk menjadi tumpuan disamping bola dan lutut tidak lurus atau sedikit ditekuk.
3. Posisi tubuh agak sedikit dicondongkan kebelakang.
4. Tekuk kedua bagian tangan disamping badan, hal ini sebagai titik keseimbangan disaat ingin menendang bola.
5. Kaki yang dipergunakan sebagai penendang bola untuk ditarik kebelakang dan ayunkan kedepan dengan sasaran bola berada di bagian samping.
6. Setelah selesai menendang bola, tumpu badan berada pada kaki yang digunakan untuk menendang atau kaki bisa mengikuti arah bola.

Organisasi sepakbola internasional adalah?

FIFA yang merupakan kependekan dari Federation Internationale de Football Association.

Berapa jumlah ukuran lapangan sepak bola?

Panjangnya 91,4m sedangkan lebarnya 54,8 m.

1. tujuan utama permainan sepak bola adalah?

Tujuan utamanya adalah memasukkan bola sebanyak – banyaknya ke gawang lawan, dan mencegah bola masuk ke dalam gawang sendiri.

Organisasi sepak bola dunia adalah?

FIFA yang merupakan kependekan dari Federation Internationale de Football Association.

Tujuan permainan rounders?

untuk melatih kecerdasan dan untuk melatih kelincahan.

Demikianlah yang dapat quipper.co.id sampaikan. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan membantu rekan – rekan semua ya!

Terimakasih sudah membaca pembahasan materi makalah tentang tujuan permainan sepak bola.