Arti Allahummaghfirlahu Warhamhu

Posted on

Arti Allahummaghfirlahu Warhamhu – Mungkin Anda sering mendengar istilah bacaan Allahummaghfirlahu Warhamhu dalam bahasa Arab? yang mana Lafadz ini adalah doa untuk almarhum yang sering diucapkan pada upacara doa pemakaman pada Takbir yang ke 3.

Ungkapan Allahummaghfirlahu Warhamhu sering digunakan untuk mendoakan almarhum atau orang yang sudah meninggal. Tak jarang banyak juga membagikan kalimat ini di media sosial seperti Facebook, WhatsApp, dll. Karena singkat, padat, jelas, dan maknanya bagus.

Allahummaghfirlahu Warhamhu adalah cara ketiga mengaji sholat takbir ketiga untuk upacara sholat jenazah, dimana mendoakan jenazah merupakan salah satu tata cara pengelolaan jenazah dalam Islam. Penyelenggaraan pemakaman dilakukan secara berurutan atau bertahap, dimulai dengan mandi, pembungkus, doa dan terakhir penguburan.

Arti Allahummaghfirlahu Warhamhu
Arti Allahummaghfirlahu Warhamhu

Hukum Mengurusi Jenazah

Dalam Islam, merawat jenazah merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan. Hukum merawat jenazah ialah fardhu kifayah, yang mana apabila seseorang merawat jenazah mulai dari mandi, mandi, sembahyang hingga penguburan, maka umat Islam yang lainnya sudah gugur kewajiban atasnya.

Merawat jenazah adalah fardhu kifayah atau wajib dilakukan oleh kaum mulimin. Namun apabila sudah ada seseorang yang merawat orang yang telah meninggal tersebut, orang lain tidak tidak diberatkan lagi atas kewajiban tersebut dan hukumnya tidak berdosa.

Baca Juga :   Arti Wa Iyyakum

Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu

Lafadz, atau frasea Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu ini sebenarnya adalah sebuah bacaan doa yang dibacakan pada saat takbir ke-3 sholat Janazah.

Di akhir surat pertama dibacakan Al-Fatihah, lalu pada takbir kedua membaca doa Nabi dan takbir ketiga berbunyi “Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu”. Di bawah ini kita membaca bahasa Arab, Latin dan artinya.

Arti Allahummaghfirlahu Warhamhu
Arti Allahummaghfirlahu Warhamhu

Ungkapan Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu adalah bacaan doa singkat pada saat takbir ketiga shalat Janazah. Nah sebanarnya doa yang dibacakan pada takbir ketiga dari shalat Janazah sebenarnya bacaannya cukup panjang dan berlaku baik untuk jenazah perempuan maupun laki-laki. Di bawah ini adalah doa pemakaman takbir ketiga lengkap untuk pria dan wanita.

Baca Juga :   Arti Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati

Ya Allah, Ampunilah ia, maafkan lah ia serta tempat-kan lah di tempat surga mu yang mulia, luas kan lah kuburan nya, mandi kan ia dengan air salju serta air es.

Bersihkan dia dari semua kesalahan, dengan cara seperti kau membersih kan baju yang putih dari sebab kotoran, berilah rumah yang lebih layak dan baik dari pada rumah nya di dunia, berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya di dunia, istri mau pun suami yang lebih baik dari pada istri nya mau pun suami nya, serta masuk kan ia ke Syurga, jaga dia dari fitnah kubur (siksa kubur) dan Neraka.