Arti Barakallah

Posted on

Apa Arti Barakallah Artinya – Hay sahabat quipper.co.id semua.! kalimat barakallah ini merupakan sebuah kalimat yang sangat luar biasa Mengapa? karena di dalamnya terkandung makna yang sangat baik dan bisa di ucapkan dalam berbagai hal dan memiliki nilai yang terkesan baik apabila kita bisa melafalkannya dan menerapkannya dalam kehidupan sehari hari.

Berikut ini akan quipper.co.id sampaikan Barakallah artinya? Lengkap dengan jawaban , balasan baik bagi perempaun ataupun laki-laki yang disertai dengan doa dan cara melafalkannya, yang semua ini sudah quipper.co.id himpun di bawah ini.

Arti Barakallah

Arti Barakallah
Arti Barakallah

Apa arti barakallahyang dalam bahasa arabnya (بارك الله) artinya ialah barakah Allah, atau suatu keberkah dari Allah.

Oleh sebab Ba’-nya panjang, jadi dalam penulisannya dengan menggunakan harakat baarakallah.

Apa arti barakah? Sejumlah para ulama menerangkan mengenai artinya secara singkat namun jelas, bahwa kata/kalimat barakah (باركة) yakni dapat diartikan sebagai bertambahnya kebaikan. Ziyadatul khair.

Kemudian Kalimat/kata barakah ini sudah diserap dalam bahasa Indonesia menjadi berkah. Bahkan hingga sampai saat ini kata berkah tersebut masith tetap sering digunakan.

Apabila dengan adanya satu peristiwa maka kemudian kebaikan kita bertambah, maka itulah yang disebut dengan barakah.

Selain itu bentuk salam kita terhadap sesama muslim merupakan suatu doa yang kita mohonkan agar Allah memberikah keselamatan serta rahmat dan barakah-Nya.

Kalimat/kata barakah sering kita jumpai terkandung di dalam kitab suci Al Quran dan hadits. Dimana kalimat yang paling populer adalah seperti janji Allah kepada semua penduduk negeri yang beriman dan bertaqwa.

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi.. (QS. Al A’raf: 96)

Pengunaan yang Benar

Arti Barakallah
Arti Barakallah

Namun terkadang sering kali masyarakat hanya mengucapkan“barakallah” padahal makna dari kalimat tersebut adalah sebuah doa yang artinya “semoga Allah memberkahimu” atau “semoga engkau diberkahi Allah.”

Yang Ucapan dari kalimat tersebut adalah sebagai doa yang ditujukan untuk orang yang sedang kita ajak bicara.

Namun sebenarnya kalimat tersebut tidaklah cukup hanya dengan mengucapkan kalimat “barakallah.”

Harus ada lanjutannya yakni dapat ditambahkan dengan kata fiik atau lak seperti berikut “baarakallaahu fiik” (بارك الله فيك) atau “baarakallaahu lak” (بارك الله لك).

Barakallahu fik

Kalimat ini merupakan sebuah ucapan doa umum. yang mana maksudnya adalah mendoakan orang yang sedang kita ajak bicara diberikan keberkahan oleh Allah SWT.

بَارَكَ اللَّهُ فِيكَ

Artinya: Semoga Allah memberkahimu

Ucapan kalimat ini dapat kita ucapkan dalam keadaa apa pun misalnya ketika kita hendak memberikan ungkapan selamat dan mendoakan seseorang agar Allah SWT memberikan keberkahan dalam hidupnya.

Ucapan doa yang terbilang singkat ini lebih baik dan dinilai tepat jika dibandingkan dengan ucapan “selamat” dan sejenisnya.

Yang mana seperti yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, bahwa Rasulullah SAW mengucapkan kalimat “baarakallahu fiik” ini sering beliau gunakan untuk mendoakan terhadap semua sahabat beliau.

Bahkan bisa juga untuk memberikan doa terhadap pengantin, secara singkat.

Namun apabila lawan yang kita doakan adalah wanita, maka ucapannya tentu berbeda yakni seperti berikut :

بَارَكَ اللَّهُ فِيكِ

(baarakallaahu fiik)

Artinya: Semoga Allah memberkahimu

Dalam mengucapkannya pun tidak terlalu banyak perbedaan sebab baik yang berakhiran fiika (untuk pria ) atau fiiki (untuk wanita ), semuanya tetap sama-sama dibaca fiik.

Namun apabila yang kita didoakan sifatnya banyak orang, maka ucapannya tentunya berbeda yakni dengan menambahkan fiikum diakhiran kalimatnya seperti berikut:

Barakallahu lak

Dengan mengucapkan kalimat ini yang artinya kita sudah mendoakan sesuatu keberkahan yang ditujukan kepada orang yang sedang kita ajak berbicara. Baca Juga : Arti Mabruk Alfa Mabruk

Terutama sebuah permohonann atas kenikmatan atau anugerah yang diterima atau dimilikinya.

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ

(baarakallaahu lak)

Artinya: Semoga Allah memberkahimu

Nah berikut ini adalah doa untuk pengantin yang telah diajarkan oleh Rasulullah , Yakni ucapan doanya sebagai berikut :

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ وَ بَارَكَ عَلَيْكَ وَ جَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

“Semoga Allah menganugerahkan barakah kepadamu, semoga Allah juga menganugerahkan barakah atasmu, dan semoga Dia menghimpun kalian berdua dalam kebaikan” (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud)

Selai itu para sahabat juga kerap melantunkankalimat barakallahu lak ini untuk para sahabat lainnya. Seperti Misalnya doa yang lantunkan oleh Abdurrahman bin Auf yang ditujukan untuk Said bin Rabi’ al Anshari.

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ فِى أَهْلِكَ وَمَالِكَ

“Semoga Allah menganugerahkan barakah kepadamu pada keluarga dan hartamu” (HR. Bukhari)

Apabila yang didoakannya kaum wanita/perempuan, maka ucapannya ialah :

بَارَكَ اللَّهُ لَكِ

(baarakallaahu fiik)

Artinya: Semoga Allah memberkahimu

Namun apabila yang didoakan bersifat banyak orang, maka ucapannya ialah :

بَارَكَ اللَّهُ لَكُمْ

(baarakallaahu lakum)

Artinya: Semoga Allah memberkahi kalian

Jawaban atau Balasan Barakallah

Lantas Bagaimana cara menjawab atas balasan apabil kita mendapat sebuah ucapan dengan barakallah baik berupa barakallahu fik maupun barakallahu lak?

Oleh sebab ini adalah sebuah doa yang baik, maka kita juga bisa juga menjawabnya dengan cara mengaminkan doa tersebut. Seperti contohnya“aamiin” atau “aamiin ya Rabb.”

Baca Juga :

Jawaban Barakallah Untuk Laki-Laki

Namun bisa juga dengan menjawab atau membalasanya dengan balik mendoakannya seperti berikut:

Jawaban Barakallah Untuk Perempuan

Apabila yang mengucakan doa tersebut adalah wanita,maka jawaban barakallah ialah:

وَ فِيكِ بَارَكَ اللَّهُ

(wafiiki baarakallah)

Artinya: Dan semoga Allah juga memberkahimu

Jawaban Barakallah Untuk Orang Banyak

Namun apabila yang mengucapkan dao tersebut adalah orang banyak yang mungkin kita tidak dapat membalas atau menjawab dengan satu persatu, maka jawaban barakallah ialah :

وَ فِيكُمْ بَارَكَ اللَّهُ

(wafiikum baarakallah)

Artinya: Dan semoga Allah juga memberkahi kalian semua.

Bagaman Cara Menjawab Jika ada yang mengucapkan kalimat Barakallah?

Oleh sebab ini adalah sebuah doa yang baik, maka kita juga bisa juga menjawabnya dengan cara mengaminkan doa tersebut. Seperti contohnya“aamiin” atau “aamiin ya Rabb.” atau menjawabnya dengan kalimat wafiika baarakallah (وَ فِيكَ بَارَكَ اللَّهُ ) Artinya: Dan semoga Allah juga memberkahimu

Jelaskan bagaiman cara menjawab barakallah jika diucapkan oleh Perempuan?

Yakni bisa dengan menjawab (wafiiki baarakallah) (وَ فِيكِ بَارَكَ اللَّهُ)yang Artinya: Dan semoga Allah juga memberkahimu

Jelasakan Cara menjawab Barakallah Jika yang mengucapkan orang banyak?

Yakni bisa membalasnya dengan kalimat (wafiikum baarakallah وَ فِيكُمْ بَارَكَ اللَّهُ ) Artinya: Dan semoga Allah juga memberkahi kalian semua.

Arti Barakallah Fiik adalah?

Kalimat Barakallahu Fiik adalah sebuah doa yang merupakan sebuah ucapan untu memebrikan ucapan selamat dalam agama islam yang tertuju untuk kaum Muslim. Yang mana kalimat ini mempunyai Arti dan makna yang cukup luas dan baik sebab bukan hanya sekedar ucapan kalimat kosong , namun merupakan sebuah doa yang dipanjatkan kepada Allah Swt untuk salah seseorang supaya orang tersebut senantiasa mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan mengenai arti barakallah dan balasannya, semoga apa yang telah disampaikan kali ini bisa sangat membantu dan bermanfaat untuk sahabat sekalian.Baca Juga : Biidznillah Artinya