Barakallah Fii Umrik

Posted on

Arti Barakallah Fii Umrik Artinya Apa (Tulisan Arab بارك الله في عمرك) Jawaban atau Balasannya Apa?- Hay sahabat semua.! Pada perjumpaan kali ini kembali akan quipper.co.id sampaikan materi tentang Barakallah Fii Umrik Artinya.

Apa arti dari kalimat barakallah fii umrik?

Barakallah Fii Umrik sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya semoga Allah memberikan keberkahan di usia yang semakin bertambah.

Kalimat sangat cocok untuk kalian gunakan untuk mengucapkan ucapan selamat pada teman atau saudara kalian yang sedang berulang tahun.

Nah untuk lebih jelasnya mengenai makna yang apa yang terkandung di balik ucapan ini, mari kalian simak ulasan selngkapnya di bawah ini.

Barakallah Fii Umrik Artinya

Barakallah Fii Umrik Artinya
Barakallah Fii Umrik Artinya

Kalimat Barakallah Fii Umrik ialah merupakan suatu ucapan yang tertulis dalam bahasa Arab yang mempunyai arti “semoga mendapat berkah dari Allah dalam usiamu”.

Biasanya kalimat Barakallah Fii Umrik ini kerap disampaikan terhadap salah seseorang yang tengah melangsungkan acara ulang tahun atau disebut yaumul milad.

Namun kalimat ini selain merupakan sebuah ungkapan rasa selamat, barakallah fii umrik juga merupakan sebuah doa yang memohonkan suatu keberkahan dengan harapan semoga yang sedang berulang tahun mendapatkan keberkahan dari Allah Swt.

Dimana kalimat barakallah terdiri atas dua kata yang tertulis dalam bahasa Arab, yakni kata “baaraka” memiliki arti”berkah” sedangkan “Allaah” artinya tetap “Allah”.

Baca Juga :   Arti Astaghfirullah Wa Atubu Ilaih

Kemudian apabila kedua kata itu saling digabungkan makan kata tersebut akan membentuk sebuah kata “barakallah”, yang memiliki arti “Semoga Allah memberkahi”.

Nah berikut ini merupakan Tulisan arab dari kata barakallah fii umrik sebagai berikut:

Barakallah Fii Umrik Artinya
Barakallah Fii Umrik Artinya

Sebagai seorang muslim, kita sangat dianjurkan agar dapat saling mendoakan sesamanya.

Seperti sabda dari baginda Rasulullah SAW dalam HR. Imam Muslim seperti berikut :

Arti Barakallah Fii Umrik
Arti Barakallah Fii Umrik

Arti Barakallah Fii Umrik باَرَكَ اللهُ فِى عُمْرِكَ

Kemudian dalam penggunaannya apabila kalimat atau ucapan ini ditujukan bagi kaum pria, maka dapat menggunakan kata “Umrika”, Pada akhir kalimatnya misalnya seperti berikut:

Arti Barakallah Fii Umrik Untuk Laki Laki

باَرَكَ اللهُ فِى عُمْرِكَ

  • Artinya: Semoga Allah memberkahi dalam umurmu (laki laki)

Arti Barakallah Fii Umrik Untuk Perempuan

Nah demikian juga jika kalimat/ucapan tersebut ditujukan terhadap kaum wanita maka pada kahir dari kalimatnya dapat ditambah kan kata “Umriki”.

Yang mana perbedaan antara jawaban untuk lelaki dan perempuan terdapat pada kata “Ka dan Ki’ nya saja, berikut penjelasannya:

Barakallah Fii Umriki

باَرَكَ اللهُ فِى عُمْرِكِ

  • Artinya: Semoga Allah memberkahi dalam umurmu (perempuan)

Arti Barakallah Fii Umrik Untuk Orang Banyak

Namun pada saat terdapat sejumlah orang yang mengucapkan kalimat atau kata barakallah fii umrik ketika sedang berada di suatu acara, sudah pasti sangat mustahil apabila kita menjawabnya dengan satu persatu sesuai dengan jumlah dari orang yang mengucapkan kalimat tersebut kepada kita.

Nah, dalam hal ini kita cukup menjawab atau membalas ucapan tersebut dengan jawaban :

Wa Fiikum Barakallah

  • Artinya: dan kepadamu semoga Allah memberkahimu juga

Jawaban/Balasan Barakallah Fii Umrik

Nah bagi sobat semua yang apabila mendapatkan/ menerima uangkapan Barakallah fii umrik dari seseorang, maka sobat dapat menjawab/mebalasanya dengan mengucapkan? berikut Penjelasannya:

Baca Juga :   Pengertian Maf'ul Bih

Jawaban Barakallah Fii Umrik Untuk Laki laki

Wafiika barakallah

Artinya: Dan Kepadamu Semoga Allah juga memberkati kamu (laki laki).

Jawaban Barakallah Fii Umrik Untuk Perempuan

Wafiiki Barakallah

Artinya: Dan Kepadamu Semoga Allah juga memberkati kamu (perempuan)

Nah pada huruf Ba dari kata barakallah berharakat jadi harus dibaca panjang seperti “Baarakallah”.

Kemudian sobat juga dapat sedikit memberikan variasi atau tambahan kata ukhti pada akhir dari balasan ucapan Barakallah fii umrik yang tertuju bagi perempuan misalnya “Wafiiki Baarakallah ya ukthi”.

Namun jika kata/kalimat tersebut untuk Pria / laki laki, maka sobat dapat menambahkan kata Akhi pada ujung dari balasan Barakallah fii umrik yang tertuju bagi pria diatas misalnya seperti” Wa Fiika Barakallah ya Akhi

Kemudian untuk hadis dari pada jawaban barakallah fii umrik di atas, dapat merujuk pada dalil sebagai berikut:

Pada saat ada seorang yang menyampaikan/mengungkapkan kalimat “Barakallahu Fiik” Artinya (semoga Allah memberkahimu), maka sobat dapat membalasnya dengan ucapan “Wa Fiika Barakallah” (semoga Allah juga memberkahimu). (Ibnu Sunni, hal. 138, no. 278, lihat Al-Waabilush Shayyib Ibnil Qayyim).

Doa Memohon Agar Diberikan Keberkahan Umur

Dalam hal ini selain kalimat/kata barakallah fii umrik, ternyata masih banyak lagi diantaranya suatu doa yang dapat digunakan untuk mendoakan semua saudara kita supaya mereka senantiasa selalu diberikan keberkahan umur.

Bukan hanya sekedar Do’a untuk orang lain saja, melainkan Doa ini juga dapat kita gunakan untuk mendoalan diri kiat sendiri, yakni dengan berdoa supaya tidak hanya sekedar diberikan umur yang panjang saja akan tetapi berdoa berharap diberikan keberkahan dalam setiap langkahnya.

Kemudian doa ini juga memiliki keutamaan yang lebih baik jika dibandingkan dengan ucapan atau sebuah nyanyian lagu “HappY Birthday”

Baca Juga :   Takdir Muallaq

Berikut ialah sejumlah doa yang diantaranya:

Arti Barakallah Fii Umrik
Arti Barakallah Fii Umrik

Yang kedua:

Arti Barakallah Fii Umrik
Arti Barakallah Fii Umrik

Yang Ketiga:

Arti Barakallah Fii Umrik
Arti Barakallah Fii Umrik
Arti dari Baarakallaahu fii umriki Adalah?

Kalimat ini memiliki arti” Semoga Allah memberkahi dalam umurmu (perempuan)

Arti Dari kalimat Barakallah Fii Umrika Adalah?

Kalimat ini memiliki Arti: Semoga Allah memberkahi dalam umurmu (laki laki)

Arti Dari Yaumul milad, barakallah fii umrik adalah?

Kalimat ini memiliki Arti”selamat hari kelahiran, semoga Allah senantiasa memberi berkah atas usiamu”

Nah itulah yang bisa quipper.co.id sampaikan mengenai Barakallah Fii Umrik Artinya , semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua.