Contoh Teks Pidato Yang Baik dan Benar Untuk Semua Topik

Posted on

Contoh Teks Pidato – Hallo sahabat quipper.co.id semuanya!! Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan materi mengenai Contoh Teks Pidato secara lengkap.

Seiring dengan berkembangnya dunia Teknologi , banyak sejumlah penyedia Aplikasi yang menawarkan kemudahan bagi setiap pengguna.

Entah itu berupa Situs Penghasil Uang Online Terbaik Langsung Ke Rekening 2022 Atau berbagai jenis Aplikasi Trading Saham Terbaik 2022, yang semunya itu merupakan Aplikasi yang menawarkan keuntungan bagi siapa saja yang menggunakan.

Selain itu tersedia juga beragam Aplikasi Android atau IOS lainnya, yang dapat Anda manfaatkan untuk menggali tentang berbagai informasi besaran Update! Gaji UMR UMP Dan UMK Tangerang Terbaru 2022 dan ilmu pengetahuan.

Sebagai contoh adalah Aplikasi untuk mencari informasi tentang bagaimana cara membuat contoh teks pidato, baik melalui exel atau melalui internet.

Pidato ialah merupakan suatu kegiatan untuk mengungkapkan sebuah pikiran mengenai sesuatu hal ataupun topik dalam bentuk kata – kata dengan berbicara di depan umum.

Dan dalam penyampaian pidatonya dapat berupa bahasa indonesia, bahasa inggris maupun bahasa lainnya yang sekiranya bisa di mengerti oleh pra pendengarnya.

Nah supaya kalian tidak bingung mengenai bagaimana Contoh Teks Pidato maka dari itu marilah kita simak baik – baik pembasannya sebagai berikut :

Struktur Teks Pidato

Contoh Teks Pidato
Contoh Teks Pidato

Salam Pembuka

Struktur kerangka pada teks pidato yang pertama ialah terletak dibagian pembuka yang berfokus kepada salam pembuka, mengapa begitu ? Karena semua pembicaraan baik itu secara formal maupun non formal sebaiknya harus menggunakan salam pembuka terlebih dahulu.

Baca Juga :   Kesimpulan

Pada salam pembuka pasti terletak di bagian awal teks pidato yang akan kalian bicarakan dan salam pembuka ini akan selalu menjadi awalan untuk membuka sebuah teks pidatonya.

Nah berikut ini kami akan memberikan kalian contoh salam pembuka pada teks pidato :

  • Yang pertama ialah harus mengucapkan salam yaitu (Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh)
  • Selamat pagi semuanya, salam sejahtera bagi kita semua
  • Setelah itu kalian harus menyesuaikan keadaannya dan juga para pendengarnya

Ucapan Penghormatan

Biasanya hal yang satu ini dilakukan sebagai tanda untuk menghargai para pendengar yang hadir didalam acara tersebut dan biasanya nama- nama yang disebutkan mempunyai hubungan dekat dengan seseorang pembacanya atau yang mempunyai jabatan tinggi yaitu seperti para mentri, pejabat negara bahkan presiden sekalipun.

Berikut ini ialah contoh ucapan penghormatan dalam teks pidato tersebut misalnya :

  • Yang saya hormati, Bapak Rektor Universitas Lampung, Prof. Dr. Ir. Sugeng P. Harianto, M.S
  • Yang saya hormati, Bapak dan Ibu guru beserta Staf SMA Merdeka Mandiri
  • Dan juga teman – teman yang saya sayangi

Ucapan Rasa Syukur

Dalam bagian pembuka teks pidato, selalu mengatakan ucapan rasa syukurnya kepada Tuhan Yang Maha Esa (dari orang yang berpidato tersebut) dan pada umumnya pengucapan rasa syukur itu dengan mengatakan terimakasih beserta pujian.

Nah inilah contoh dari ucapan rasa syukur dalam teks berpidato marilah disimak contohnya sebagai berikut :

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena telah melimpahkan rahmat dan juga karunianya sehingga kita dapat hadir dan berkumpul di tempat ini dan tak lupa sholawat serta salam kita limpahkan kepada Nabi Muhammad Saw dan lupa pula kepada kawan dan sahabat serta para umatnya di akhir zaman ini.

Baca Juga :   Permainan Bola Besar - Pengertian, Sejarah, Peraturan, Teknik

Ciri – Ciri Teks Pidato

Contoh Teks Pidato Yang Baik dan Benar Untuk Semua Topik
Contoh Teks Pidato Yang Baik dan Benar Untuk Semua Topik
  • Berupa fakta
  • Memiliki isi yang jelas
  • Memiliki struktur kerangka

Isi Pidato

Nah setelah itu bagian yang terpenting dalam teks berpidato ialah isi dari pidatonya yaitu yang berisi tema pidato yang akan kalian sampaikan dan isi pidatonya baik itu singkat ataupun tidak itu semua tergantung dari orang yang ingin berpidato dan usahakanlah jangan sampai membuat pidato yang dapat membosankan banyak orang.

Penutup Pidato

Perlu kalian ketahui bahwa didalam berpidato terdapat penutup pidato dan penutup pidato ini terdiri dari beberapa isi penutup yaitu sebagai berikut :

Kesimpulan Pidato

Biasanya orang yang sedang berpidato mestinya menyampaikan dengan cara singkat dan poin – poin terpenting dari isi pidatonya saja dan usahakan isinya membuat orang tertarik jangan sampai membuat orang merasa bosan mendengarnya.

Harapan

Dan biasanya pembicara harus menyampaikan suatu harapan supaya para hadirin bisa menjadi pribadi yang lebih baik yang sesuai dengan isi pidato yang kalian sampaikan tadi.

Contohnya yaitu seperti yang telah kami berikan dibawah ini :

Para hadirin yang terhormat, setelah kita mengetahui bahayanya merokok maka dari itu marilah kita kurangilah bahkan kalau bisa hentikanlah kebiasaan kita dalam merokok demi kesehatan kita semua yaa.

Ucapan Permohonan Maaf dan Terimakasih

Nah berikut ini kami akan memberikan contoh mengenai ucapan permohonan maaf dan terimakasih marilah kita simak contonya dibawah ini :

Sekian dulu pidato yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada perkataan saya yang kurang berkenan bagi anda dan salah dalam perkataan yang dapat menyinggung perasaan saudara – saudara semua dan tak lupa saya ucapkan terimakasih atas perhatiannya saudara – saudara semuanya.

Baca Juga :   Soal Bahasa Indonesia Kelas 3 SD

Salam Penutup

Dalam penutup pidato seseorang di perbolehkan juga untuk menyampaikan kata – kata mutiara atau mengutip pendapat dari seorang tokoh dan bisa juga dengan membacakan pantun yang sekiranya sesuai dengan tema pidato kalian.

Dan setelah itu akhirilah pidato kalian dengan salam penutup yaitu seperti (Wabillahitaufik Walhidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Tujuan Pidato

Dari sekian banyak orang yang menyampaikan sebuah pidato yang intinya itu mereka menyampaikan tentang pidato dengan tiga keutamaan yaitu sebagai berikut :

  • Memberikan informasi (Instruktif) yaitu dengan melakukan pidato di depan umum yang tujuannya untuk menyampaikan suatu berita atau memberitahukan sebuah informasi kepada para pendengar pidato. 
  • Mengajak (Persuasif) yaitu melakukan suatu pidato dengan tujuannya untuk mempengaruhi ataupun membujuk para pendengarnya untuk mengikuti apa yang di sampaikan didalam pidato yang disampaikan tersebut.
  • Hiburan ataupun rekreasi yaitu melakukan suatu pidato dengan tujuannya untuk membuat para pendengar pidato merasa terhibur dengan pidatonya.

Nah itulah yang dapat quipper.co.id sampaikan kali ini mengenai Contoh Teks Pidato, semoga pembahasan ini dapat bermanfaat bagi sahabat quipper.co.id semuanya. Terima Kasih!